Article

Homepage Article Fashion Design 3 Keistimewaan Baju Seragam…

3 Keistimewaan Baju Seragam Sekolah Korea Selatan

Seragam sekolah Korea Selatan dikenal sebagai salah satu jenis baju seragam yang memiliki tampilan cukup unik dan berbeda dari kebanyakan seragam sekolah di negara lain. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang keistimewaan baju seragam sekolah yang satu ini langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan di bahas dalam artikel ini diantaranya:

Seragam Sekolah Korea Selatan

Seragam sekolah Korea Selatan termasuk ke dalam kategori pakaian wajib yang dikenakan oleh para pelajar Korea. Sama halnya dengan seragam sekolah yang ada di Indonesia, seragam sekolah yang ada di Korea secara keseluruhan juga didesain untuk membedakan strata atau tingkatan sekolah dari pelajar yang mengenakannya.

Perkembangan Seragam Sekolah Korea

Dilihat dari sejarahnya, konon seragam sekolah untuk siswa perempuan di Korea Selatan sendiri pertama kali dibuat tahun 1886 di sebuah sekolah bergaya barat yang didirikan Mary F Scranton, yaitu Ewha Girl’s School. Sekarang Ewha Girl’s School lebih dikenal sebagai Ewha Woman’s University.

Seragam sekolah yang dikenakan oleh para siswa perempuan kala itu terdiri dari busana penutup tubuh bagian atas dengan model jeogori (baju tradisional Korea) merah yang cukup panjang dan rok yang terbuat dari katun. Setelahnya pada tahun 1920 berubah menjadi kemeja putih dan rok hitam.

Lain halnya dengan seragam siswa perempuan, seragam untuk siswa laki-laki justru pertama kali dibuat pada tahun 1898 di sekolah khusus anak laki-laki bernama Paichai Hakdang School yang didirikan Henry Appenzeller. Seragam tersebut mirip seragam sekolah Jepang dengan ciri khas pita merah yang melilit di lengan, celana dan topi.

Sejalan dengan perkembangan jaman dan modernisasi negara barat, model seragam sekolah Korea Selatan berikutnya mulai bertransformasi menjadi lebih modern. Perubahan paling signifikan bisa dilihat dari bentuk rok seragam para siswa perempuan yang menjadi lebih pendek.

Keistimewaan Seragam Sekolah Korea

Dengan tampilannya yang sedemikian unik dan berbeda dengan baju seragam di negara lain, seragam sekolah Korea Selatan secara umum juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri lho.

1. Desainnya Lebih Fashionable

Dari segi desain atau tampilannya, seragam sekolah untuk para siswa di Korea Selatan bisa dikatakan memiliki tampilan yang sangat fashionable dan banyak menggambarkan kepribadian siswa yang dinamis. Warna pada masing-masing seragam pun biasanya dipilih sesuai ciri khas tiap sekolah.

Masyarakat Korea menyebut seragam Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama di Korea dengan nama Gyobok, sementara untuk siswa sekolah dasar Negeri tidak memiliki seragam kecuali beberapa sekolah dasar swasta. 

Sebagai pakaian wajib bagi pelajar di Korea Selatan, Gyobok sendiri secara umum terdiri dari kemeja putih, blazer dan dasi, dengan bawahannya berupa rok untuk siswa perempuan dan celana panjang untuk siswa laki-laki.

  • Kemeja Putih

Kemeja putih termasuk ke dalam jenis wardrobe essential yang wajib dimiliki oleh pelajar Korea Selatan. Pemilihan bahan, ukuran dan model kemeja yang tepat adalah kunci untuk kesempurnaan penampilan.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Blazer

Blazer merupakan item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Warna yang dipiih untuk blazer bisa disesuaikan dengan warna rok atupun celana bisa juga dibuat beda.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://www.hancinema.net/

Buat anda yang mau tahu perbedaan blazer dan jas simak kembali pembahasan mengenai 6 Hal Yang Membedakan Jas dan Blazer.

  • Dasi

Dasi dapat dideskripsikan sebagai aksesoris yang dipasang atau dikalungkan pada leher sehingga ujungnya menggantung di bagian dada. Dasi untuk siswa laki-laki umumnya memiliki bentuk yang panjang, sementara dasi untuk siswa perempuan lebih berbentuk seperti pita.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Rok Pendek

Rok pendek yang didesain dalam model lipit-lipit menjadi busana wajib untuk pelajar perempuan Korea Selatan. Selain simple rok ini juga bisa membuat gerakan pemakainya menjadi lebih fleksibel.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://www.newlook.com/

  • Celana Panjang

Celana panjang untuk seragam sekolah biasa didesain dalam potongan lurus dan sedikit longgar supaya lebih nyaman dipakai untuk para siswa.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://price-buckland.co.uk/

2. Dikenakan Sesuai Musim

Seragam sekolah di Korea Selatan umumnya dibuat berdasarkan musim, tidak seperti di Indonesia yang dibuat berdasarkan hari. Saat musim panas para pelajar wajib memakai seragam sekolah Korea musim panas, sementara saat musim dingin para pelajar wajib memakai seragam sekolah Korea musim dingin.

  • Seragam sekolah Korea musim panas umumnya terdiri dari kemeja dan rok pendek untuk anak perempuan, sementara untuk anak laki-laki memakai kemeja dan celana panjang.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Kalau untuk seragam sekolah Korea musim dingin biasanya ditambah lagi vest dan blazer supaya lebih hangat.

Seragam Sekolah Korea Selatan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pemilihan sepatu dan kaos kaki, sekolah di Korea Selatan saat ini sudah banyak memberikan kelonggaran untuk para peserta didiknya. Yang terpenting bisa memberikan kesan rapi pada penampilan.

3. Menjadi Simbol Kebanggan

Seragam sekolah Korea Selatan dirancang sebagus mungkin untuk memberi rasa bangga pada para siswa dengan kehidupan sekolah mereka. Seragam ini juga mencerminkan simbol dari sekolah dan juga attitude dari siswa yang memakainya.

  • Seragam menjadi simbol kebanggaan dan identitas sekolah yang penting bagi pelajar.
  • Dengan melihat kelengkapan yang dikenakannya seorang pelajar bisa terlihat sifat kedisiplinannya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keistimewaan seragam sekolah Korea Selatan yang dapat kami bagikan untuk anda. Asal dipilih dan dikenakan dengan cara yang tepat, pastinya baju seragam sekolah tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri bagi para pemakainya serta membuat gaya penampilan jadi makin keren.

Mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan model pakaian seragam  yang dikenakan oleh palajar dari negara lainnya?. Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 15 Seragam Sekolah Paling Unik dan Menarik Dari Berbagai Negara di Belahan Dunia.

Kalau sahabat Fitinline ingin membuat baju seragam sekolah sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya maka anda bisa mendownload Pola Seragam Sekolah siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.