Article

Homepage Article Fashion Design 15 Seragam Sekolah Paling…

15 Seragam Sekolah Paling Unik dan Menarik Dari Berbagai Negara di Belahan Dunia

Menggunakan seragam sekolah saat mengikuti kegiatan belajar mengajar seolah sudah menjadi tradisi yang cukup umum bagi para pelajar di berbagai belahan dunia. Tidak hanya didominasi satu atau dua model pakaian saja, namun setiap negara yang ada di dunia ternyata punya model seragam sekolah masing-masing lho.

Pengertian Seragam Sekolah

Seragam sekolah dapat didefinisikan sebagai seperangkat pakaian standar yang biasa dikenakan di lembaga pendidikan. Dilihat dari sejarahnya, penggunaan seragam sekolah ini awalnya dimulai di Inggris pada abad ke-16 untuk alasan kesetaraan sosial dan identitas kemudian diikuti oleh banyak negara lain di dunia termasuk Indonesia.

Sekalipun tidak ada batasan khusus dalam penetapan baju seragam sekolah tapi tetap saja untuk mendapatkan seragam yang berkualitas terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, beberapa diantaranya:

  1. Seragam sekolah harus menjadi pelindung bagi pemakainya.
  2. Seragam sekolah harus berkualitas tinggi sehingga tidak mudah sobek, aus ataupun pudar.
  3. Seragam sekolah harus menekan biaya yang efektif sehingga orang yang memakainya tidak dirugikan.
  4. Seragam sekolah harus nyaman pada saat dipakai.
  5. Seragam sekolah harus sesuai dengan persyaratan operasional.
  6. Seragam sekolah harus mencerminkan image dari lembaga pendidikan.

Bila seragam sekolah yang dikenakan oleh para pelajar di Indonesia umumnya banyak didominasi warna putih biru atau putih abu-abu maka lain halnya dengan seragam sekolah di luar negeri. Beberapa negara ada yang mendesain seragam dalam warna-warna kalem namun ada juga yang memiliki rancangan unik dan lucu.

Penasaran seperti apa keunikan desain seragam sekolah yang biasa dipakai oleh para pelajar di sejumlah negara di dunia?. Untuk menjawab rasa penasaran anda langsung simak pembahasan berikut yuk.

Indonesia

Seragam sekolah yang wajib dikenakan oleh para pelajar Indonesia di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA atau SMK umumnya selalu memiliki ciri khas tersendiri. Tidak hanya sekedar asal pilih warna, tapi setiap warna yang digunakan pada seragam tersebut sebenarnya juga mengandung makna yang mendalam.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://shopee.co.id/

Ketentuan mengenai penggunaan seragam sekolah dengan warna berbeda untuk tiap tingkat pendidikan di Indonesia sendiri sebenarnya sudah sejak lama diberlakukan ketika pemerintahan Soeharto tepatnya pada tahun 1982, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982.

1. Seragam Putih Merah Untuk SD

Seragam SD yang terdiri dari atasan putih bawahan merah dipilih sebagai perlambang energi dan semangat tinggi yang menunjukkan keceriaan anak dengan rentang umur seusia SD.

2. Seragam Putih Biru Untuk SMP

Seragam SMP yang terdiri dari atasan putih dan bawahan biru biasanya biru tua dipilih karena warna biru mencerminkan rasa percaya diri dan mandiri sesuai jiwa pelajar SMP yang mulai menginjak usia remaja.

3. Seragam Putih Abu Untuk SMA

Seragam SMA dengan warna putih abu dipilih untuk menunjukkan kedewasaan dan ketenangan. Dimana pada masa ini para pelajar berkesempatan untuk mulai mengenal atau mencari jati diri mereka.

Sekalipun pemilihan warna seragam sudah diatur oleh pemerintah tapi ada juga sekolah dasar di Indonesia yang siswanya tidak berseragam putih merah melainkan memakai seragam putih hitam. Sekolah yang dimaksud yaitu Sekolah Dasar Negeri 351 yang berada di kawasan Adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.netralnews.com/

Ingin membuat baju seragam sekolah untuk anak usia SD tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Seragam Kemeja SD dari kami Di Sini.

  • Pola seragam kemeja SD terdiri atas dua macam varian yakni berupa pola kemeja seragam lengan panjang dan lengan pendek.
  • Pola baju seragam sekolah yang ada di Fitinline merupakan pola yang dibuat untuk konsumsi rumahan dalam bentuk file PDF.
  • Setelah dicetak, pola baju seragam sekolah ini harus disusun sesuai dengan ukuran nomor yang tertera di halaman.
  • Cara penyusunan pola baju sekolah ada di lembar panduan yang ada di dalam paket pola.

Untuk referensi pembuatan celana anda bisa juga mendownload Pola Celana Anak Ukuran SNI dari kami Di Sini.

Jepang

Dibandingkan negara lainnya, Jepang bisa dibilang memiliki pilihan seragam sekolah lumayan banyak. Salah satu yang cukup terkenal yakni berupa seragam sekolah untuk siswi di Jepang “seifuku” yang bisa anda lihat pada kartun anime dan komik manga.

  • Dibalik tampilannya yang cukup unik seragam sekolah di Jepang tersebut ternyata juga menyimpan fakta yang tidak kalah menarik lho.
  • Baju sekolah yang dikenakan oleh pelajar Jepang mengacu pada model pakaian militer angkatan laut Eropa di zaman Meiji. Warna-warna yang ditampilkan pun cenderung gelap, seperti hitam atau biru gelap.
  • Baju sekolah untuk pelajar perempuan Jepang bentuknya mirip seperti seragam pelaut. Karena itulah model seragam sekolah inipun dinamakan sailor fuku atau biasa disebut “seifuku”.
  • Seifuku mulai dipakai di Jepang pada tahun 1921. Biasanya baju sekolah ini terdiri dari atasan berkerah dan berdasi pelaut dengan rok lipit atau rok berwiru yang menjadi semakin pendek seiring bertambahnya usia sang pemakainya.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.instagram.com/

Inggris

Seragam sekolah di Inggris umumnya terdiri dari blazer dengan lambang sekolah, kemeja putih, dasi dan rok lipit atau celana panjang yang berwarna gelap.

  • Seragam sekolah muncul pertama kali di Inggris pada abad ke-16 untuk anak-anak yang kurang mampu.
  • Berikutnya pada abad ke-19 penggunaan seragam sekolah ini mulai meluas karena pakaian tersebut dipakai oleh murid-murid di sekolah negeri dan swasta.
  • Seragam sekolah lantas menjadi kiblat seragam di seluruh dunia kolonialisme Inggris pada abad pertengahan.
  • Hingga kini baju seragam yang dipakai di sekolah-sekolah di Inggris memiliki simbol dan warna khasnya masing-masing.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.bst.ac.jp/

Australia

Untuk urusan seragam sekolah, Australia banyak mengadaptasi model busana dari Inggris Raya hanya saja warnanya dibuat sedikit lebih terang. Uniknya lagi saat cuaca panas beberapa sekolah juga memperbolehkan siswanya untuk memakai topi yang diseragamkan.

  • Pilihan seragam untuk siswi sekolah menengah terdiri dari rok, celana kulot atau terusan dengan atasan kemeja, polo shirt atau sweater.
  • Saat musim panas para pelajar di Australia diperbolehkan memakai seragam celana pendek.
  • Khusus untuk pelajar kelas XI dan XII mereka punya hak khusus untuk memakai sweater. Bahkan beberapa sekolah juga punya dasi dan blazer untuk para murid.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.schooluniformsaustralia.com.au/

Malaysia

Sebagai salah satu negara yang secara geografis berdekatan dengan Indonesia, Malaysia rupanya juga mempunyai seragam sekolah yang cukup unik dan menyimpan fakta cukup menarik.

  • Malaysia menggunakan seragam model “barat” yang mulai dikenal sejak akhir abad ke-19 seiring masa penjajahan Inggris.
  • Malaysia setidaknya memiliki tiga pilihan seragam untuk siswi sekolah menengah. Seragam yang diaksud yakni berupa overall hijau tosca di dan kemeja putih, rok hijau tosca dan blus putih atau baju muslim dengan rok panjang hijau tosca.
  • Beberapa sekolah swasta di Malaysia ada yang memperbolehkan siswanya memakai polo shirt sebagai atasan seragam.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : http://logianomi.blogspot.com/

China

Di negara Cina terdapat empat jenis seragam yang dapat dikenakan oleh siswa siswinya. Seragam yang dimaksud yakni berupa seragam saat liburan dan juga hari biasa, lalu seragam saat musim panas dan musim dingin. Meski demikian dalam kesehariannya mereka lebih sering menggunakan seragam yang mirip pakaian olahraga.

  • Baju seragam sekolah yang dipakai di China umumnya berupa pakaian olahraga.
  • Pakaian olahraga sengaja dipilih karena bisa dikenakan oleh siswa perempuan dan laki-laki.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.quora.com/

Khusus untuk para siswa siswi Taman Kanak terdapat pula seragam yang memiliki warna hitam secara keseluruhan. Tidak hanya pakaiannya saja yang seragam namun para pelajar di China juga diberikan tas yang seragam antara satu dengan yang lainnya.

Vietnam

Untuk urusan seragam sekolah, pelajar setingkat SD dan SMP di Vietnam biasanya lebih banyak menggunakan pakaian seragam yang berdesain simple. Lain halnya untuk seragam setingkat SMA mereka biasanya memakai pakaian tradisional berwarna putih yang dikenal dengan nama ao dai.

  • Ao dai sendiri merupakan sebuah gaun berukuran panjang hampir sebatas mata kaki dengan belahan panjang dikedua sisi.
  • Khusus untuk keperluan baju seragam sekolah ao dai banyak diciptakan dari kain sejenis sutra halus dan didominasi warna putih.
  • Gaun tradisional bernama ao dai ini biasa dikenakan bersama celana panjang gombrong yang dibuat dari bahan sutra.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://journeyonair.com/

Bhutan

Selain Vietnam, Bhutan juga menjadi salah satu negara di dunia yang menjadikan pakaian tradisional sebagai seragam sekolah mereka. Untuk pelajar perempuan pakaian yang digunakan berupa “kira” sementara untuk pelajar laki-laki memakai “gho”.

  • Kira merupakan gaun panjang berbahan kain tenun yang dapat dikenakan dengan cara dililitkan dan dilipat di sekitar tubuh dan dijepit di kedua bahu dengan bros perak. Kira ini biasanya dipakai dengan wonju (blus lengan panjang) dan toego (jaket pendek).

Baju Seragam Sekolah

Sumber : http://www.efratnakash.com/

  • Gho merupakan pakaian tradisional Bhutan yang bentuknya mirip seperti kimono namun memiliki panjang hanya sampai lutut. Untuk mengencangkannya biasa ditambahkan sabuk bernama kera yang diikat di bagian pinggang.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.aito.com/

Dimasa lalu para pelajar di Bhutan biasa membawa semua buku dan peralatan lainnya di dalam baju  yang mereka kenakan. Namu seiring berjalannya waktu sekarang ini mereka sudah memakai tas.

Korea Selatan

Penggunaan seragam sekolah di Korea Selatan secara umum diwajibkan dan diatur oleh masing-masing sekolah. Seragam sekolah di Korea inipun juga begitu populer karena dipakai oleh idola KPop yang menimba ilmu di sekolah tersebut.

  • Seoul School of Performance Arts (SOPA) yang didirikan tahun 1996 memiliki seragam sekolah yang sangat khas yaitu berwarna kuning dengan detail biru navy.
  • Hanlim Multi Arts High School memiliki seragam sekolah yang didominasi warna abu-abu dan blazer biru navy dengan kacing emas.
  • Lilla Art High School mempunyai seragam yang unik yakni terdiri dari atasan putih dan rok kuning kotak-kotak dengan dasi dan pita bergaris kuning serta biru navy sebagai pemanisnya.
  • Korean Art High School mempunyai seragam sekolah yang sederhana.
  • Selama musim panas siswi di sekolah ini biasa mengenakan rok kotak-kotak dengan kemeja putih. Sedangkan para siswa laki-laki biasa mengenakan rompi biru tua yang dilengkapi dasi berwarna merah.
  • Untuk seragam musim dingin, baik laki-laki atau perempuan memakai rompi abu-abu dan blazer.
  • Apgujong High School yang berdiri sejak tahun 1986 memiliki seragam sekolah yang terdiri dari kemeja putih dan jumper berwarna merah maroon atau blazer biru navy.
  • Anyang Arts High School mempunyai seragam dengan warna cokelat senada. Meskipun tidak dilengkapi dasi atau pita tetapi tetap terlihat rapi dan elegan.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : http://koreanstyle99.blogspot.com/

Somalia

Sesuai dengan pengaruh budaya yang berkembang di negara setempat, pelajar perempuan di Somalia umumnya menggunakan seragam sekolah berwarna biru yang menutup rapat seluruh aurat mereka. Digunakannya seragam sekolah semacam ini bukan tanpa alasan sebab penduduk Somalia sendiri mayoritas beragama Islam.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.insider.com/

Rusia

Lain halnya dengan di Rusia, pelajar perempuan di negara ini umumnya biasa menggunakan seragam sekolah yang terdiri dari kemeja putih dan rok formal, sementara untuk anak laki-laki umumnya menggunakan luaran berwarna abu-abu dengan syal merah.

  • Peraturan mengenai penggunaan seragam sekolah di Rusia sempat dibatalkan pada tahun 90-an, namun sejak 2013 administrasi sekolah dapat membuat peraturannya masing-masing.
  • Seragam resmi untuk pelajar Rusia umumnya berupa atasan putih dengan bawahan berwarna gelap.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://travel.detik.com/

Ghana

Sama halnya dengan Indonesia, Ghana ternyata juga memiliki seragam sekolah yang berwarna coklat. Jika umumnya di Indonesia para pelajar hanya mengenakan pakaian pramuka yang berwarna coklat di hari Jumat maka di Ghana para siswa dan siswinya menggenakan pakaian yang berwarna coklat setiap harinya.

  • Untuk pelajar laki-laki pakaian seragam yang dikenakan umumnya terdiri dari celana dan kemeja lengan pendek.
  • Sementara untuk pelajar perempuan pakaian seragam yang dikenakan memiliki bentuk seperti layaknya dress lengan pendek.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.pulse.com.gh/

Meksiko

Pakaian seragam di negara Meksiko secara umum memiliki kesamaan bentuk seperti pakaian olahraga di Indonesia dan pakaian seragam sehari-hari di China. Warna seragam yang dikenakan oleh para pelajar laki-laki dan perempuan di Meksiko pun memiliki warna yang sangat khas.

  • Diantara sekian banyak negara yang ada di dunia mungkin Meksiko mejadi satu-satunya negara yang memilih warna hijau untuk seragam wajib.
  • Seragam yang dipakai oleh pelajar laki-laki dan perempuan pun memiliki desain yang sama persis alias tidak ada bedanya.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://commons.wikimedia.org/

India

Para pelajar di beberapa tempat di India seperti Ladakh biasa menggunakan pakaian seperti biksu. Lain lagi dengan di kota-kota besar baju sekolah yang digunakan biasanya berupa pakaian bebas atau seragam formal.

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://medium.com/

Kuba

Seragam sekolah di Kuba umumnya terdiri dari atasan putih dengan bawahan kuning dan atasan biru dengan bawahan biru gelap. Mereka juga memiliki seragam dengan atasan putih dan luaran menyerupai dress berwarna merah atau celana dengan elemen penting seperti dasi, yang sangat umum bagi siswa Soviet (bisa berwarna merah dan biru).

Baju Seragam Sekolah

Sumber : https://www.nbcnews.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam seragam sekolah yang biasa dikenakan oleh pelajar di berbagai belahan dunia. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi menarik seputar desain fashion yang tidak kalah seru jangan bosan untuk menantikan artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.