Article

Homepage Article Fashion Design 11 Fashion Item Yang Dulunya…

11 Fashion Item Yang Dulunya Dipakai Oleh Para Tentara

Trend army look termasuk ke dalam salah satu jenis trend yang tidak pernah lekang oleh waktu karena selalu hadir di setiap musim dan menjadi inspirasi fashion bagi pria maupun wanita. Untuk anda yang ingin tampil tangguh tapi tetap modis dengan unsur military simak dulu yuk beberapa pilihan fashion item yang bisa anda andalkan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Army Look

Army look merupakan salah satu trend berbusana ala militer yang selalu di identikkan dengan kesan gagah serta tangguh. Karena pakaian yang dikenakan oleh militer didasarkan pada kepraktisan dan keseragaman maka nuansa yang diusung dalam trend army look ini kebanyakan lebih banyak menonjolkan kesan maskulin dan garis yang tegas.

Untuk memenuhi kebutuhan para pria dan wanita bahkan saat ini beberapa brand fashion ternama pun juga merilis sejumlah koleksi busana dengan motif camouflage. Selain berperan penting untuk kamuflase alias penyamaran khususnya saat berada di medan tempur, motif tersebut juga bisa dijadikan sebagai motif pakaian sehari-hari lho.

Fashion Item Bertema Army

Berbicara mengenai trend army look, jadi gaya berpakaian ala pasukan militer sendiri sedikit banyak juga mengadaptasi beberapa fashion item yang memang dulunya dipakai oleh para tentara. Untuk memaksimalkan gaya penampilan supaya lebih maskulin dan macho berikut kami bagikan fashion item ala militer yang bisa anda pilih.

1. Kaos Oblong

Dikenal sebagai salah satu item favorit bagi banyak orang karena desainnya yang simple terasa sangat nyaman dikenakan dalam cuaca panas, siapa sangka jika kaos oblong dulunya lebih sering digunakan sebagai pakaian dalam oleh tentara Inggris dan Amerika pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20.

Dari yang awalnya hanya dibuat untuk keperluan militer, kaos oblong kemudian mulai dikembangkan lebih lanjut ke dalam berbagai macam model dan ukuran yang disesuaikan dengan selera pembuatnya. Tidak berhenti sampai di situ, inovasi bentuk leher dari kaos oblong inipun sekarang juga dibuat bervariasi.

Kaos Oblong

Sumber : https://www.blibli.com/

Berdasarkan desain yang ditampilkan bagian leher kaos oblong sendiri secara garis besar dapat terbagi atas lima bentuk.

  • Bentuk O-Neck yang bagian lehernya dibuat dalam bentuk bulat.
  • Bentuk V-Neck yang memiliki bagian leher menyerupai huruf “V” di bagian depannya sehingga tampak memuncak lancip seperti segitiga ke bawah.
  • Bentuk U-Neck yang diperoleh dari perpaduan antara O-neck dengan V-neck sehingga bentuk lehernya tidak memuncak lancip tapi tidak juga bulat.
  • Bentuk Y-Neck yang memuncak lancip ke bawah ditambah sedikit garis lurus di ujungnya seperti huruf “Y”.
  • Bentuk Turtleneck yang dibuat dalam bentuk bulat dengan penambahan kain panjang (ribs) ke atas sehingga bisa menutupi keseluruhan leher saat dipakai.

Terkait dengan bahan kain yang dipakai untuk membuatnya, kaos oblong sendiri umumnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain yangsangat beragam. Lebih lanjut anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 10 Jenis Bahan Kain Terbaik Yang Sering Dipakai Konveksi Kaos Oblong.

Kalau anda butuh rib bermotif loreng untuk untuk pelengkap bagian leher kaos dan juga manset,  anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Rib PE Motif Loreng kami.

2. Jaket Parka

Jaket parka merupakan sejenis jaket penghangat tubuh yang mulanya dikenakan oleh para pemburu di kutub untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem. Dari yang awalnya dipakai untuk berburu jaket ini kemudian dibuat untuk kalangan militer, terutama awak penerbangan yang ditempatkan di daerah dingin.

Jaket Parka

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Karakteristik paling khas yang membedakan jaket parka dengan model jaket lain yaitu:

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya. Bahkan panjang jaket parka bisa mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dari kami.

3. Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom. Tujuan utama dibuatnya jaket ini yaitu untuk menjaga suhu tubuh pemakainya agar tetap hangat ketika berada di dalam pesawat yang tidak dilengkapi kokpit tertutup.

Jaket bomber sendiri mulai dibuat sebagai jaket penerbangan bagi keperluan pilot militer pada tahun 1917. Dari yang awalnya hanya dipakai oleh pilot pesawat tempur, kini jaket bomber  juga mulai dikembangkan dalam berbagai model yang beragam dan dapat digunakan oleh pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia.

Jaket Bomber

Sumber : https://www.jumia.sn/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan jaket bomber dengan jenis jaket lainnya yaitu:

  • Jaket bomber memiliki ciri khas berupa desain yang menggembung atau bulky.
  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber juga memiliki saku di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket yang dibuat menyerong.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.

Sebagai pelengkap keperluan militer awalnya jaket bomber sendiri dulunya banyak dibuat dari kulit domba. Setelah menjadi bagian penting dari dunia mode, mulailah diciptakan jaket bomber dari berbagai jenis bahan kain yang memiliki tingkat ketebalan berbeda-beda untuk pelengkap gaya formal hingga casual.

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami.

4. Celana Chino

Celana chino merupakan sejenis celana yang memiliki potongan seperti layaknya celana trouser. Selain dibuat dalam model lurus, celana chino ini umumnya juga banyak dibuat dalam bentuk baggy namun ada juga yang dimodifikasi hingga menyerupai celana jeans.

Sebagai salah satu celana yang menawarkan banyak keunggulan, celana chino sendiri diketahui pernah menjadi bagian dari trend Perang Dunia II. Karena dibuat untuk keperluan militer modelnyapun kebanyakan dibuat sesimple mungkin supaya dapat digunakan di medan yang ekstrim sekalipun.

Setelah perang berakhir, para prajurit militer kemudian menggunakan celana perangnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan menginspirasi massyarakat umum di daratan Amerika untuk mengenakan celana chino sebagai outfit andalan saat berangkat ke kampus atau ke kantor.

Celana Chino

Sumber : https://www.endclothing.com/

5. Celana Kargo

Celana kargo termasuk ke dalam jenis celana yang secara khusus didesain dengan banyak kantong penyimpaan. Celana kargo juga kerap disebut sebagai celana tempur karena awalnya memang dirancang untuk keperluan militer dan digunakan di lingkungan outdoor.

Dilihat dari sejarahnya celana kargo mulai populer di kalangan tentara Inggris pada tahun 1938 ketika angkatan darat mengeluarkan celana longgar dengan banyak saku. Tidak lama setelah itu, pada tahun 1940-an Angkatan Udara Amerika Serikat juga mengadopsi celana kargo untuk seragam mereka.

Celana Kargo

Sumber : https://www.harrysarmysurplus.net/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan celana cargo dengan jenis celana lainnya yaitu:

  • Kantong pada celana kargo normalnya berjumlah 6. Masing-masing 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah.
  • Tiap kantong pada celana kargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro.
  • Kantong dari celana kargo memiliki ukuran cukup besar, jadi bisa dipakai untuk menampung banyak barang, seperti dompet, kompas hingga gadget.

Terinspirasi dari celana cargo yang dipakai oleh para tentara Inggris dan Amerika, selanjutnya celana cargo juga dikembangkan untuk masyarakat umum. Tanpa menghilangkan ciri khasnya yang identik dengan celana tentara dan celana pekerja, kini celana kargo untuk pria dan wanita juga mulai dibuat dalam desain yang lebih elegan.

6. Cardigan

Fashion item berikutnya yang juga menjadi atribut militer yakni berupa cardigan. Meski sulit dipercaya jenis pakaian yang satu ini dulunya banyak dipakai oleh para tentara selama perang Krimea untuk menghangatkan tubuh mereka lho. Perang Krimea sendiri diketahui pecah pada musim gugur 1853 dan berakhir pada Maret 1856.

Cardigan

Sumber : https://www.nordstrom.com/

Dilihat dari bentuk dasarnya cardigan termasuk ke dalam jenis outer yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing atau ritsleting. Cardigan ini umumnya dapat dijumpai dalam berbagai jenis model dan dapat digunakan oleh semua gender dari berbagai kategori usia.

  • Khusus untuk anda yang ingin tampil keren dengan menggunakan cardigan mungkin anda bisa mencoba trik berikut ini.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan saat musim hujan anda bisa memakai model cardigan rajut yang dibuat dari kain kain berwarna netral atau cenderung gelap.
  • Untuk elengkap gaya penampilan saat musim kemarau anda bisa memilih cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah agar tidak panas.

7. Trench Coat

Trench coat merupakan sejenis fashion item yang diperoleh dari kombinasi jas dan jaket. Mantel yang juga biasa disebut sebagai overcoat ini mulanya diperkenalkan oleh desainer Thomas Burberry pada tahun 1914 sebagai pakaian kebesaran perwira Angkatan Darat Inggris dan Perancis pada Perang Punia Pertama.

Trench Coat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan trench coat dengan model coat yang lain yaitu:

  • Secara garis besar trench coat memiliki desain dasar berupa jas dengan potongan longar yang divarisaikan dengan lengan raglan, kerah yang lebar, saku serta kancing sebanyak 10 buah.
  • Sebagai fitur tambahan terdapat pula tali pengaman di sekitar pergelangan tangan, tali bahu yang dihiasi sejumlah kancing.
  • Trench coat juga memiliki sabuk pada bagian pinggang untuk menyamarkan bentuk tubuh yang lurus sehingga terkesan lebih berlekuk.

8. Pea Coat

Pea coat yang diciptakan dengan ukuran panjang hingga sebatas lutut dan identik dengan banyak kancing juga termasuk ke dalam jenis fashion item yang terinspirasi dari seragam militer. Pertama kalinya dipakai oleh pelaut Eropa pada abad ke-18, lalu diadaptasi oleh tentara angkatan laut AS sebagai seragam militer mereka.

Pea Coat

Sumber : https://www.tradekey.com/

9. Kacamata Aviator

Kacamata aviator merupakan sejenis kacamata yang didesain khusus untuk para pilot pesawat militer untuk melindungi mata mereka selama penerbangan. Dilihat dari asal usulnya nama aviator sendiri merupakan nama yang diambil dari kata aviation yang berarti “penerbangan” dan dibuat pertama kali pada tahun 1930.

  • Kacamata aviator umumnya dilengkapi  lensa berukuran lebar sehingga dapat melindungi mata secara maksimal.
  • Kaca mata aviator juga kebanyakan juga dibuat dari bahan metal dengan lensa smokey.
  • Lensa pada kacamata aviator sengaja dibuat berwarna gelap karena memang tujuannya untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Kacamata Aviator

Sumber : https://www.shopbop.com/

10. Tas Tactical

Tas tactical termasuk ke dalam jenis perlengkapan militer yang kini juga banyak dijadikan sebagai aksesoris untuk masyarakat sipil. Ditinjau dari asal bahasanya istilah tatical sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris "taktis", sesuai dengan pekerjaan tentara yang membutuhkan strategi, taktik atau siasat.

Tas Tactical

Sumber : https://www.dhgate.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, tas tactical yang dipakai oleh tentara jsendiri dulunya kebanyakan dibuat dari bahan kanvas. Seiring berkembangnya teknologi, bahan kanvas tersebut kemudian mulai digantikan oleh polyester coating sehingga lebih cepat kering apabila terkena air.

Tertarik untuk mengenakan tas tactical sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Supaya tidak salah pilih sebaiknya perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Desain Tas

Dalam memilih tas tactical sesuaikan desainnya dengan kebutuhan anda. Untuk keperuan hangout anda bisa memilih tas tactical model cselempang yang berukuran kecil, kalau untuk membawa banyak barang anda bisa memilih tas punggung yang lebih besar.

  • Bahan Tas

Utamakan untuk memilih tas tactical yang dibuat dari bahan kain yang berkualitas dan tidak mudah rusak meski sudah digunakan berulang kali.

  • Kualitas Resleting

Perhatikan kualitas resleting yang ada pada tas tactical. Dalam hal ini anda bisa mencoba resleting tersebut beberapa kali untuk memastikan bahwa resleting dapat berfungsi dengan baik.

  • Harga Tas Tactical

Jangan asal tergiur dengan tas tactical yang dijual dengan harga murah. Untuk investasi jangka panjang tidak masalah bila anda membeli tas yang harganya sedikit mahal asal kualitasnya benar-benar terjamin.  

11. Combat Boots

Biasa dikenakan oleh anak Punk, combat boots ternyata juga terinspirasi dari sepatu dinas para tentara. Sepatu ini konon pertama kali dipakai oleh prajurit kerajaan Asiria 2500 SM lalu desainnya dikembangkan untuk tentara pada Perang Dunia I dan II karena terbukti tangguh dalam berbagai macam medan yang ekstrim.

Combat Boots

Sumber : https://www.pinterest.cl/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan combat boots dengan jenis sepatu yang lain yaitu:

  • Combat boots memiliki bentuk yang tinggi melebihi pergelangan kaki namun ada juga yang ukurannya tidak terlalu tinggi, sekitar 8 sampai 10 cm dari pergelangan kaki.
  • Combat boots dirancang dengan menggunakan bahan kulit yang kokoh dan tahan lama.
  • Combat boots didesain khusus untuk memberikan perlindungan bagi pemakainya, ketika berada di lingkungan maupun cuaca yang kurang bersahabat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam fashion item bertema military yang dulunya juga sering digunakan oleh para tentara ketika bertempur di medan perang. Di antara sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, mulai dari kaos hingga combat boots kira-kira mana yang lebih menarik perhatian anda?.

Satu hal yang harus anda ingat, jika anda ingin mengenakan style army look sebaiknya jangan pernah memakai motif loreng dari ujung kepala hingga ujung kaki, kecuali jika anda ingin dianggap tentara sungguhan. Sebagai gantinya padupadankan fashion item yang bermotif dengan busana polos agar tampilan yang dihasilkan lebih seimbang.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.