Article

Homepage Article Desain Fesyen Uniknya Detail Embroidery…

Uniknya Detail Embroidery Pada Shirtdress Andien Aisyah di New York Fashion Week

Event peragaan busana kelas dunia, New York Fashion Week baru saja digelar pekan lalu sebagai pembuka trend busana untuk Musim Semi 2019. Selain dihadiri oleh sederet selebriti dunia, dalam acara tersebut tampak pula selebriti sekaligus penyanyi tanah air Andien Aisyah. 

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : https://www.instagram.com/andienaisyah/

Saat menghadiri paameran busana Michael Kors di New York Fashion Week pada rabu 12 September 2018 yang diselenggarakan di Pier 17 New York City, Andien Aisyah tampil begitu cantik dan fresh dalam balutan shirtdress warna putih berdetail ruffle dan embroidery bunga di bagian lengan. 

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : https://www.instagram.com/andienaisyah/

Untuk menyempurnakan penampilannya Andien juga membawa mini hand bag Michael Kors berwarna hijau serta ankle strap shoes. Michael Kors sendiri diketahui merupakan desainer yang sudah merilis lini busana wanita sejak 1981 dan lebih dari 1.500 butiknya tersebar di seluruh dunia.

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : https://www.instagram.com/andienaisyah/

Meski dari segi tampilan terkesan sederhana namun busana yang dikenakan oleh Andien Aisyah tersebut nyatanya cukup mencuri perhatian. Terlebih dengan keberadaan detail ruffle dan aksen embrodiery yang terdapat pada shirtdress semakin menambah kesan eksklusif dan vintage pada penampilannya. 

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : http://daily.fadhil.org/

Berbicara mengenai embroidery, selama ini mungkin banyak orang yang mengenal embrodiery sebagai teknik membuat pola-pola indah menggunakan jarum dan benang. Namun sudah kah anda tahu kalau jenis dan variasi bordir yang berkembang saat ini ternyata ada banyak jenisnya lho.

Sebagai karya seni yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu, bordir telah menyebar ke seluruh dunia dan bercampur dengan kebudayaan lokal yang memberinya keunikan tersendiri. Berdasarkan gaya pola tusukan atau dimana desain tersebut dijahitkan, bordir bisa dibuat di permukaan kain atau dimasukkan ke dalam kain. 

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : http://www.agustinianolavega.com/

Kalau berdasarkan penempatan bahan dan jahitannya, bordir dapat dibedakan menjadi dua kategori, yakni berupa free embroidery dan counted-thread embroidery. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai kedua jenis bordir tersebut.

Free embroidery

Free embroidery atau biasa dikenal sebagai bordir bebas merupakan jenis bordir yang desainnya tidak bergantung pada tenunan kain yang digunakan.

  • Di banyak negara bentuk bordir bebum digunakan pada free embroidery. Penggunaan wol dalam bordir bebas akan memberi tampilan menonjol pada desain dan meas ini biasanya hanya dijahitkan pada permukaan kain.
  • Bordir bebas umumnya banyak dikerjakan pada kain rajutan ringan seperti katun atau linen, namun sangat jarang dikerjakan pada kain berbahan sutra atau katun velvet, rayon velvet, dan kain berjaring-jaring.
  • Kain yang dibutuhkan untuk membuat free embroidery hendaknya merupakan kain yang memiliki kerapatan tinggi dan dapat menopang berat bordir yang dijahitkan di permukaannya.
  • Jarum yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembuatan free embroidery umumnya berbeda dengan jarum jahit biasa, yaitu yang memiliki mata besar dan ujung yang lebih tajam.
  • Material wol merupakan elemen yang ummberi kesan 3 dimensi yang lebih menarik.

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : http://www.pfaff.com/

Counted-Thread Embroidery

Counted-thread embroidery dapat didefinisikan sebagai bentuk lain dari bordir yang lebih terkesan modern dibandingkan teknik pengerjaan lainnya. Sebab sebelum proses pembuatan bordir dikerjakan, jumlah benang yang akan digunakan untuk membentuk pola telah lebih dulu ditentukan pada kain.

  • Teknik pembuatan counted-thread embroidery konon lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan kain yang memiliki rajutan lebih besar seperti kanvas. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan kain berbahan katun seperti linen.
  • Jenis jarum yang digunakan pada counted-thread embroidery umumnya adalah jarum yang berujung keci. 

Shirtdress Andien Aisyah

Sumber : https://www.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.