Article

Homepage Article Kain Aplikasi Teknik Printing…

Aplikasi Teknik Printing Kain Dengan Tinta Sublim Terbaik Pada Bahan Polyester

Tahu teknik printing kain dengan sublim?. Sebagai salah satu inovasi sablon digital yang mulai banyak digunakan dalam industri garmen dan pakaian di Indonesia, sablon sublimasi umumnya bisa dengan mudah dijumpai pada jersey sepakbola, jersey sepeda, jersey motorcross dan atau jersey olahraga lain.

Print Sublim

Sumber : https://www.alibaba.com/

Sablon sublimasi sendiri merupakan teknik menempelkan gambar pada media kain dengan memanfaatkan panas atau suhu tinggi. Dalam pengaplikasiannya printing sublim ini membutuhkan kertas sebagai media untuk pemberian tinta sublim sebelum dicetak di kain.

Print Sublim

Sumber : http://keramik88.com/

Untuk hasil yang optimal, kertas yang dipakai untuk mencetak gambar harus berupa kertas yang memiliki lapisan khusus seperti halnya sublimation paper yang memang khusus digunakan untuk sublimasi. Sedangkan jenis tinta sublim terbaik yang biasa dipakai untuk sublimasi umumnya biasa disebut juga dengan nama tinta disperse.

Print Sublim

Sumber : https://gjs.co/

Tinta sublim terbaik yang biasa digunakan untuk mencetak gambar pada kain dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu low energy dan high energy. Tinta sublimasi jenis ini umumnya memiliki sifat sensitif terhadap suhu dimana tinta akan berubah menjadi gas dibawah pengaruh pemanasan. 

Print Sublim

Sumber : https://konveksimalang.com/

Sekali meresap pada serat kain tinta sublim ini akan menempel secara permanen pada kain sehingga memiliki daya cuci yang sangat baik. Hasil akhir dari sablon sublimasi pun sangat baik dimana seluruh detail warna akan terlihat di bahan kain, tahan lama, tidak mudah luntur, dan biasanya juga bisa disetrika secara langsung.

Print Sublim

Sumber : http://www.kaossukasuka.com/

Lantas apakah semua jenis kain itu bisa diprint dengan teknik sublim?. Penting untuk anda ketahui bahwa sablon sublimasi hanya dapat diaplikasikan pada kain-kain berbahan dasar poliester, baik seluruh atau sebagian. Semakin banyak unsur polyester suatu bahan kain, semakin bagus pula kualitas sablon sublimnya. 

Print Sublim

Sumber : https://www.epson.co.id/

Alasan utama mengapa kain poliester sangat bagus untuk sublim adalah karena karakteristik kain poliester dikenal lebih tahan panas bila dibandingkan dengan katun. Kain yang dibuat dari campuran polyester dan katun dengan perbandingan bahan 60% polyester dan 40% katun masih bisa dicetak menggunakan teknik sublim. 

Print Sublim

Sumber : http://www.techtradeasia.info/

Beberapa contoh jenis kain yang memenuhi syarat untuk sublim diantaranya kain drifit, kain fleece, kain higet, kain satin, kain velvet, kain chiffon, mesh/bilabong, PE single/double, polyester jersey, polyester lacoste/pique, kain paragon, kain spandex, linen poly, tricot, wafer, serena serta beberapa jenis kain berbahan dasar polyester lainnya. 

Print Sublim

Sumber : https://fjb.kaskus.co.id/

Selain harus memiliki banyak kandungan polyester, kain yang diprint sublim semestinya harus berwarna cerah seperti warna putih atau warna muda. Tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan desain kaos yang berwarna warni. Teknik sablon sublimasi tidak bisa diterapkan ke kain berwarna gelap. 

Print Sublim

Sumber :  https://www.dhgate.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.