Article

Homepage Article Desain Fesyen Jenis-Jenis Jaket Untuk…

Jenis-Jenis Jaket Untuk Kegiatan Sehari-Hari

Sahabat fitinline, jaket merupakan jenis pakaian luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari angin dan cuaca dingin, selain itu jaket juga dapat digunakan untuk kebutuhan fashion. Ada berbagai jenis dan model jaket untuk kegiatan sehari-hari diantaranya yaitu:

1. Bomber Jacket

Bomber Jacket awalnya adalah sebuah jaket penerbangan yang dibuat untuk pilot militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom, sehingga jaket ini disebut dengan istilah bomber jacket. Jaket ini sebenarnya diperuntukkan bagi militer, tetapi telah beralih menjadi bagian dari budaya populer. Hal ini tidak terlepas dari turut andilnya selebriti dunia yang ikut mengenakan jaket ini, baik dalam film maupun kegiatan sehari-hari.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://jurnal.maskoolin.com

2. Harrington Jacket

Harrington Jacket adalah jaket ringan setinggi pinggang yang terbuat dari katun, poliester, wol, atau suede. Desainnya menggunakan lapisan dalam/lining motif kotak-kotak berwarna.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://jaketharrington.wordpress.com/

3. Parka Jacket

Parka Jacket adalah jenis jaket tebal, dipakai dalam cuaca dingin, dilengkapi dengan hoodie, panjangnya selutut, dan biasanya dibagian dalam dilapisi bulu atau bulu sintetis agar menjaga tubuh tetap hangat. Jenis jaket ini biasanya menggunakan kain cotton twill, kain kanvas, kain taslan, kain kombinasi nylon dan katun serta kain kombinasi wol, dakron, dan nylon polyester. 

Jaket Sehari-Hari

Sumber : http://www.dutakonveksi.com

4. Windbreaker Jacket

Windbreaker Jacket adalah jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Istilah itu populer di Amerika Utara dan Jepang. Sementara di Inggris dikenal dengan “windcheater”. Bahan yang umum digunakan yaitu fiber sintesis, polyester atau nilon.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : Sumber : https://www.galerikonveksi51.com/

5. Varsity Jacket

Varsity Jacket adalah istilah untuk jaket yang digunakan oleh seorang letterman dimana pengertiannya dalam aktivitas atau olahraga Amerika, yaitu siswa SMA atau perguruan tinggi yang telah memenuhi tingkat tertentu dalam partisipasi atau kinerja pada tim universitas. Ciri dari jaket ini yaitu warna bahan pada badan dan lengan berbeda, serta pada bagian dada sebelah kiri terdapat symbol huruf. Jaket varsity ini biasa disebut juga dengan jaket baseball atau jaket college. Bahan yang umum digunakan yaitu cotton fleece dan babyterry.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://konveksigarmen.wordpress.com

6. Coach Jacket

Coach Jacket adalah sebuah jaket windbreaker dengan ciri khusus karet di pergelangan tangan, tidak menggunakan restliting tapi menggunakan kancing knop dan biasanya berkerah. Bahan yang biasa digunakan yaitu bahan parasut.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.galerikonveksi51.com/

7. Windrunner Jacket

Windrunner Jacket adalah sebuah jaket berbahan kain parasut tipis yang memiliki tali pada bagian tudungnya. Jaket ini biasa digunakan untuk olahraga ringan seperti lari, namun cocok juga digunakan untuk fashion.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.galerikonveksi51.com

8. Caguole Jacket

Caguole Jacket adalah sebuah jaket yang memiliki tudung bulat, elastis dengan tali dan restliting pendek atau kancing dileher, serta biasanya memiliki kantung dibagian perut. Jaket ini tidak terbuka sepenuhnya di depan dan harus ditarik ke atas kepala.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.circa.co.uk/

9. Sport Jacket

Sport Jacket paling banyak digunakan pada saat olahraga. Kebanyakan atlit, selalu memakai jaket ini pada saat sebelum pertandingan. Jaket ini bisa juga dipakai sebagai tampilan harian. Terlebih lagi banyak artis atau musisi yang memakai jaket ini.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://jaketparasutnike.wordpress.com

10. Sukajan Jacket

Model jaket sukajan memiliki warna-warna kontras yang mencolok dan terdapat bordir khas jepang dengan bentuk jaket yang menyerupai letterman, varsity atau bomber.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.galerikonveksi51.com

11. Jaket Kulit

Jaket kulit adalah pakaian luar terbuat dari kulit binatang bagi pria atau wanita yang digunakan sebagai pelindung atau baju rangkap untuk melindungi dari cuaca dingin dan angin.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.jaketkulitasgar.com

12. Denim Jacket

Denim merupakan jenis kain yang biasanya ditenun dengan serat katun berwarna biru pada pakan dan serat katun warna putih pada lungsin, itulah sebabnya warna kain denim terlihat putih pada bagian dalamnya. Denim dibuat dengan jenis tenun silang kepar (Twill Weave), sehingga menghasilkan garis diagonal sebagai salah satu karakteristik dari kain tersebut.

Jaket Sehari-Hari

Sumber : http://www.lazada.eksista.com/

13. Touring Jacket

Jaket ini biasa dipakai klub atau community motor  yang relatif sering mengadakan riding/touring. Fungsi utama jaket ini adalah sebagai pelindung, baik dari terpaan angin dan hujan, maupun dari benturan. Oleh karena itu jaket model ini memakai hard protector. Protector bisa diletakkan di pundak/bahu, lengan/siku, belakang, dan atau depan. Bahan protector  biasanya memakai fiber atau karet press yang tebal dan kuat. Untuk touring dianjurkan memakai jaket berwarna cerah, terang atau model yang dapat memantulkan cahaya (scotlight).

Jaket Sehari-Hari

Sumber : https://www.merdeka.com/

Nah itu tadi pembahasan tentang jenis jaket sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat fitinline.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.