Article

Homepage Article Fashion Design Tips Membuat Foto Produk…

Tips Membuat Foto Produk Baju Yang Menarik Dengan Model

Berkeinginan untuk menggeluti bisnis fashion tapi belum menemukan cara foto produk baju yang bagus dan sesuai dengan keinginan anda?. Khusus untuk anda yang punya dana lebih untuk menyewa jasa foto model, mungkin anda bisa menggunakan jasa mereka agar foto produk yang anda miliki juga terkesan lebih menarik dan profesional.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Foto Produk Baju Dengan Model

Foto produk baju dengan model manusia menjadi salah satu alternatif cara yang dapat dipilih untuk menonjolkan keindahan suatu busana, baik itu berupa tekstur bahan maupun ornamen lain yang melekat pada busana tersebut. Dengan cara ini pula calon pembeli bisa membayangkan seperti apa tampilan suatu busana jika dikenakan oleh mereka.

Foto Produk Baju

Sumber : https://styleshoots.com/

Beberapa kelebihan dari cara foto produk baju dengan model diantaranya:

  • Baju atau produk fashion yang ditampilkan otomatis menjadi menarik dan lebih hidup.  
  • Detil produk fashion jadi terlihat lebih jelas dan sesuai dengan kontur tubuh manusia manakala dikenakan oleh model.
  • Pembuatan foto produk baju dengan model dapat menciptakan segala jenis berpose yang membuat sempurna tampilan produk anda dalam konteks foto.
  • Foto produk baju yang dihasilkan jadi terkesan lebih profesional.

Foto Produk Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, cara foto produk baju dengan model manusia pada prinspnya juga memiliki kekurangan tersendiri.

  • Kekurangan dari cara foto produk dengan model yaitu biaya yang diperlukan biasanya cenderung lebih banyak dibanding menggunakan manekin.
  • Selain mahal prosesnya juga akan cukup rumit karena harus menemukan kesepakatan waktu pemotretan yang disetujui bersama dengan model.

Foto Produk Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Foto Produk Dengan Model

Berencana untuk melakukan pemotretan produk fashion dengan menggunakan mmodel manusia sebagai alat peraganya?. Untuk memaksimalkan hasil foto produk baju yang anda dapatkan ada baiknya perhatikan sejumlah hal penting sebagai berikut.

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

  • Memilih lokasi yang tepat dan sesuai dengan tema busana menjadi suatu hal penting yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto produk baju.
  • Untuk pemotretan busana formal misalnya anda dapat memilih latar berupa ruang kerja.
  • Untuk pembuatan foto busana casual atau busana musim panas, anda dapat memilih latar berupa pantai, sawah atau hutan.
  • Untuk busana hangout anda bisa memilih lokasi seperti taman atau cafe.
  • Sementara untuk busana yang lebih glamor seperti busana pesta, kebaya dan busana pengantin pilih studio foto yang berlatar polos.

2. Pilih Model Yang Sesuai

Sebisa mungkin pilih foto model yang mencerminkan kepribadian para calon pembeli potensial sehingga foto produk yang dihasilkan lebih bernilai. Jangan lupa juga pilih foto model yang sesuai dengan konsep produk.

  • Sebelum melakukan pemotret sebaiknya temui langsung model yang akan bekerja sama dengan anda.
  • Pelajari segala kelebihan dan kekurangan fisik model.
  • Pelajari juga personality model yang anda pilih apakah dapat bekerjasama dengan baik atau tidak.

3. Properti Pendukung

Properti mempunyai arti yang mendalam dalam seni fotografi produk karena sangat membantu dalam menceritakan konsep suatu foto produk. Khusus untuk foto produk baju sendiri, beberapa contoh properti foto yang bisa anda gunakan antara lain berupa:

  • Cermin

Cermin menjadi salah satu properti terbaik untuk pembuatan contoh foto produk baju. Sebab dengan properti foto produk baju ini fotografer bisa lebih mudah untuk menampilkan bagian depan dan belakang model.

  • Backdrop

Untuk memudahkan anda dalam menyusun konsep foto gunakan backdrop sebagai latar belakang foto. Selain backdrop dengan warna polos anda juga dapat menggunakan backdrop dengan warna dan tema tertentu untuk properti foto produk baju.

  • Tanaman

Selain menggunakan cermin dan backdrop anda juga bisa memilih properti foto produk lainnya seperti ilalang kering dan indoor plant untuk memberikan kesan yang lebih fresh pada tampilan foto produk.

  • Payung

Payung yang biasa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari hujan pun akan terlihat bagus ketika dijadikan sebagai properti foto produk baju.

  • Untuk keperluan foto produk baju sesuaikan warna payung dengan warna outfit.
  • Dalam hal ini anda bisa memilih payung-payung dengan warna bening atau kontras.

Simak juga pembahasan mengenai Pemanfaatan Kain Kanvas dan Kain Blacu Untuk Background Photo kalau sabahat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis bahan kain yang bisa dipakai untuk backdrop foto produk.

4. Foto Detail Produk

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada calon pembeli mengenai produk yang anda jual, tampilkan foto detail produk. Beberapa contoh detail produk yang perlu diekspos antara lain berupa tekstur kain, detail seperti jahitan, kancing atau elemen lainnya.

  • Dalam proses pengambilan detail produk baju ini anda dapat mengeksplorasi pose atau gesture tubuh model.
  • Arahkan model untuk melakukan pergerakan yang lebih dinamis dan atraktif namun tetap terlihat natural.
  • Hindari pose duduk, pose melompat dan pose yang melakukan gerakan.
  • Sebagai gantinya cari pose yang modis dan sesuai dengan trend terbaru agar foto yang anda dapatkan terlihat lebih menarik dan sesuai dengan keinginan.

Untuk menunjukkan seperti apa tampilan suatu produk anda saat dipasangkan pada tubuh manusia anda juga memadupadankannya dengan beberapa aksesoris fashion dari brand lain. Tapi ingat pastikan anda tidak menambahkan aksesoris atau produk secara berlebihan.

5. Pencahayaan

Dalam proses pembuatan foto produk baju, pencahayaan menjadi suatu hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Khusus untuk foto studio misalnya ada baiknya gunakan lampu continous yang memiliki prinsip kerja seperti bohlam agar bayangan dihasilkan lebih halus. 

Untuk penggambilan foto produk baju yang dilakukan di studio terapkan pula logika lighting berikut.

  • Semakin besar dan semakin dekat bidang cahaya, semakin semakin lembut bayangan yang dihasilkan.
  • Semakin kecil dan semakin jauh bidang cahaya, maka semakin keras pula bayangan yang dihasilkan.

Sementara untuk anda yang ingin melakukan foto outdoor alias foto di luar ruangan sebaiknya pilih waktu antara jam 9 dan maksimal jam 12.

  • Saat foto outdoor, coba semua sudut untuk mendapatkan pencahayaan terbaik untuk foto produk baju.
  • Pastikan untuk menghindari bayangan yang mungkin jatuh di wajah atau tubuh model.

6. Terapkan Editing Sederhana

Untuk mempercantik tampilan foto produk baju yang dikenakan model lakukan trik editing sederhana dengan menambahkan kontras, mengedit pencahayaan serta membuat area berwarna putih lebih terlihat. Dengan cara ini maka foto yang anda dapatkan akan terkesan makin bersih dan profesional.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singat mengenai kelebihan, kekurangan dan cara foto produk baju dengan model yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda jadi lebih mudah untuk memutuskan mau menggunakan cara foto produk yang seperti apa untuk keperluan promosi produk fashion.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.