Article

Homepage Article Fashion Design 8 Kesalahan Yang Harus Dihindari…

8 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Memilih Konveksi Untuk Brand Sendiri

Ketahui sejumlah daftar kesalahan yang harus anda hindari dalam memilih jasa jahit konveksi untuk brand sendiri. Biar anda tidak makin penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk...

Berencana membuat baju untuk brand sendiri dengan menggandeng jasa jahit konveksi sebagai partner bisnis anda?. Untuk menjamin kelancaran proses produksi baju ketahui dulu yuk sejumlah daftar kesalahan yang harus anda hindari dalam memilih jasa jahit konveksi untuk brand sendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Konveksi Baju

Konveksi baju adalah industri kecil skala rumah tangga yang melayani pembuatan pakaian jadi secara masal dalam jumlah banyak. Model pakaian yang diproduksi pun biasanya cukup beragam bisa berupa pakaian anak, pakaian wanita hingga pakaian pria yang dipesan berdasarkan ukuran standar yang sudah ditentukan.

Konveksi Untuk Brand Sendiri

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dari pengertian konveksi tersebut dapat juga diartikan bahwa usaha konveksi adalah usaha yang menghasilkan pakaian jadi.

  • Konveksi dapat dijalankan oleh satu orang, dua orang atau lebih dengan atau tanpa badan hukum usaha dan kebnyakan merupakan usaha pribadi atau perorangan.
  • Jumlah produksi pakaian di konveksi lebih besar dibanding penjahit biasa. Selain itu alat yang digunakan biasanya lebih modern atau lebih canggih dibanding mesin jahit pada umumnya.

Konveksi Untuk Brand Sendiri

Sumber : http://sportsdevitara.com/

Kesalahan Memilih Konveksi Baju

Ingin memesan baju ke konveksi tapi belum menemukan konveksi yang sesuai dengan keinginan anda?. Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan berikut kami bagikan beberapa daftar kesalahan yang sebaiknya anda hindari dalam memilih jasa jahit konveksi untuk brand sendiri.

1. Memilih Konveksi Secara Asal

Memilih jasa jahit konveksi secara asal mempunyai resiko yang sangat besar dampaknya pada kelangsungan proses produksi baju, apalagi jika anda mendapatkan jasa konveksi yang tidak profesional.

Karena alasan itulah penting bagi anda untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai jasa jahit konveksi yang akan anda ajak untuk bekerja sama agar anda tidak mengalami kekecewaan di kemudian hari.

Beberapa informasi penting yang perlu anda perhatikan saat memilih konveksi untuk brand sendiri diantaranya:

  • Alamat lokasi konveksi dan contact person yang bisa dihubungi.
  • Testimoni dari orang lain yang sama-sama menggunakan jasa jahit konveksi tersebut.

2. Tidak Melakukan Survey

Kesalahan selanjutnya yang harus anda hindari dalam memilih jasa jahit konveksi yaitu tidak melakukan survey terlebih dahulu ke lokasi tempat konveksi. Meski terkesan sepele melakukan survey langsung ke lokasi konveksi bisa membuat anda mengetahui banyak hal, beberapa diantaranya:

  • Mengetahui seperti apa situasi dan kondisi yang ada di sebuah konveksi.  
  • Mengetahui bagaimana proses produksi baju pesanan konsumen lain dan mengetahui hal lainnya dengan lebih baik.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang tidak diinginkan sebaiknya lakukan survey langsung sebelum anda melakukan kerjasama dengan jasa jahit konveksi. Konsultasikan juga model dan desain pakaian yang akan dibuat dengan penyedia jasa jahit konveksi.

Jadi ketika anda mengetahui bahwa konveksi yang anda pilih ternyata tidak sesuai harapan, maka anda bisa memilih konveksi lainnya.

3. Tidak Membuat Daftar Konveksi

Jangan hanya fokus pada satu konveksi dan berfikir bahwa anda tidak perlu lagi membuat daftar konveksi lainnya. Justru dengan membuat daftar konveksi terlebih dahulu, anda bisa membuat pertimbangan yang lebih baik dan menemukan penyedia jasa jahit konveksi yang tepat.

Setelah anda memutuskan untuk melakukan riset buatlah daftar jasa jahit konveksi potensial yang akan anda ajak kerja sama.

  • Buat daftar nama konveksi, alamat, no yang bisa dihubungi serta layanan yang diberikannya.
  • Tempatkan secara berurutan jasa jahit konveksi yang memberikan layanan istimewa seperti harga yang murah, pengerjaan yang cepat dan lain sebagainya.

4. Tidak Melihat Hasil Jahitan

Merasa puas dengan tampilan luar hasil produksi dan tidak mempertimbangkan hal lainnya dengan lebih detail seperti kerapian jahitan pakaian, akan sangat berpengaruh pada kualitas pakaian yang anda pesan ke konveksi. 

Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk memesan baju ke salah satu penyedia jasa jahit konveksi, anda harus melihat dulu contoh hasil jahitan baju yang pernah mereka kerjakan.

  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik dari tiap pesanan  periksa pola jahitannya apakah rapi dan rapat atau tidak.
  • Khusus untuk baju yang disablon anda juga harus memeriksa hasil cetaknya sehingga apa yang sudah anda bayar sesuai dengan yang anda harapkan.

5. Terpengaruh Penawaran Yang Murah

Harga produksi yang murah belum tentu memberikan kualitas terbaik, tapi belum tentu juga memberikan kualitas yang buruk. Namun agar anda tidak menyesal di kemudian hari sebaiknya jangan mudah terpengaruh dan langsung percaya dengan penawaran yang diberikan penyedia jasa konveksi murah.

Sebelum anda memutuskan untuk memesan baju ke sebuah konveksi sebaiknya cari tahu dulu kisaran harga produksi yang sesuai untuk baju yang akan anda pesan. Dengan begitu anda bisa membuat pertimbangan yang lebih matang sebelum melakukan pemilihan konveksi untuk diajak kerja sama.

Agar anda tidak mudah terpengaruh dengan penawaran harga produksi yang murah dan langsung percaya dengan promo yang diberikan jasa jahit koveksi ada baiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Lihat kinerja, reputasi konveksi maupun kualitas pakaian yang dihasilkan dari penyedia jasa konveksi.
  • Buktikan promo dengan melakukan riset lebih mendalam terhadap jasa konveksi yang ditawarkan.
  • Pastikan anda memilih jasa konveksi murah yang sudah berpengalaman dalam menangani banyak klien.

6. Tidak Memastikan Skala Produksi

Memilih konveksi tanpa tahu skala pembuatan bajunya seperti apa hanya akan menghambat kelancaran produksi baju. Jadi sebelum anda memutuskan untuk bekerja sama dengan salah satu penyedia jasa jahis konveksi sebisa mungkin cari tahu terlebih dahulu berpa skala produksinya.

  • Skala produksi di sebuah usaha konveksi akan berpengaruh pada jumlah pesanan yang bisa dikerjakan oleh mereka.
  • Jika anda ingin memesan baju dalam jumlah banyak, maka pastikan anda memilih konveksi dengan skala produksi yang cukup besar.

7. Mengabaikan Ketepatan Waktu Produksi

Tidak terlalu memperhatikan ketepatan masa produksi yang diperlukan untuk baju yang anda pesan menjadi salah satu kesalahan fatal ketika memilih jasa konveksi. Maka dari itu sebelum memilih konveksi untuk diajak kerja sama, sebaiknya cari tahu masa produksinya terlebih dahulu.

  • Dengan mengetahui masa produksi pakaian anda bisa mengetahui kapan selesainya baju yang sudah dipesan.
  • Lama tidaknya masa produksi suatu baju biasanya juga tergantung dari jumlah baju yang dipesan.

8. Tidak Memastikan Adanya Garansi

Kesalahan terakhir yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang yaitu tidak memastikan apakah tempat konveksi yang dipilihnya memberikan garansi atau tidak. Padahal dengan mengetahui ada garansi tersebut pihak pemesan bisa merasa nyaman dan aman ketika melakukan kerjasama.

  • Dengan adanya garansi anda tidak harus kecewa karena mendapatkan hasil produksi cacat atau kurang memuaskan.
  • Sebab konveksi yang memberikan garansi biasanya akan bertanggung jawab untuk mengganti produk yang cacat dengan produk baju.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah daftar kesalahan yang sebaiknya anda hindari dalam memilih tempat konveksi baju lengkap dengan cara mudah untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih jasa jahit konveksi yang tepat untuk pembuatan baju.

Yang pasti jika anda ingin mendapatkan jasa jahit konveksi untuk brand sendiri yang tepat dan benar-benar berkualitas, pastikan anda selalu membuat perencanaan desain yang matang, melakukan riset dari konveksi ke konveksi lain, membuat daftar harga hingga mengecek hasil jahitan baju secara detail.

Khusus untuk anda yang mau mencoba peruntungan dalam bisnis konveksi baju simak juga pembahasan mengenai 5 Tips Memulai Usaha Konveksi Pakaian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.