Article

Homepage Article Fashion Design Tips Memilih Nama dan Logo…

Tips Memilih Nama dan Logo Untuk Usaha Butik

Pemilihan nama dan logo yang membekas dalam benak konsumen tidak dapat dipungkiri memang menjadi salah satu faktor penting yang akan menunjang keberhasilan bisnis. Karena alasan itu pula apabila anda ingin membuka usaha butik, nama dan logonya pun juga harus dipikirkan dengan matang.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Nama dan Logo

Menentukan nama dan logo usaha butik menjadi salah satu langkah awal yang harus dipikirkan dengan matang. Selain memberikan identitas pada suatu usaha dan meningkatkan kesuksesan brand awareness keberadaan nama pada suatu bisnis pada prinsipnya juga memiliki peran lain yang tidak kalah penting, beberapa diantaranya:

  • Menunjukkan kreativitas dan pemikiran bisnis yang matang.
  • Menggambarkan dan menjelaskan image perusahaan.
  • Sebagai sarana branding alias mengubah pembeli manjadi pelanggan setia.
  • Branding akan meningkatkan nilai bisnis.
  • Branding akan membuat masyarakat menyadari kehadiran brand.
  • Branding akan membantu advertising brand.
  • Memperbanyak pembeli dan memperbesar pangsa pasar.
  • Meningkatkan pride dan kenyamanan pegawai.

Nama dan Logo Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Nama dan Logo

Terkait dengan aplikasinya dalam suatu usaha, memilih nama bukan hal yang sederhana tetapi juga bukan hal yang sulit. Dalam praktiknya nama ini biasanya akan diikuti dengan tagline atau slogan yang mencerminkan identitas brand atau usaha butik. Beberapa hal penting yang wajib dipertimbangkan dalam memilih nama butik diantaranya:

1. Beda Dari Lainnya

Nama butik hendaknya memiliki karakteristik yang unik, memiliki nilai jual yang tinggi dan belum pernah digunakan oleh bisnis lain untuk menjaga keotentikan brand.

  • Penentuan nama butik dapat diambil dari nama pemilik atau nama lain yang memiliki arti khusus atau istimewa dari butik yang didirikan.
  • Beberapa pengusaha bahkan ada yang memilih untuk menggunakan nama mereka sekaligus dengan logo wajah untuk menghindari pemalsuan dan klaim dari orang lain.

2. Mudah Diingat

Nama butik harus mudah diingat (easy to remember) oleh banyak orang serta memiliki ciri khas atau berbeda dengan nama usaha milik orang lain untuk menghindari pelanggaran hak paten di kemudian hari.

3. Pendek (Short)

Dengan mempertimbangkan syarat sebelumnya yakni mudah untuk diingat, pemilihan nama bisnis sebaiknya juga jangan terlalu panjang.  Jika memungkinkan pilih nama usaha butik yang terdiri dari satu sampai dua kata saja.

4. Sederhana (Simple)

Pilih nama yang sederhana dan dapat merangkul semua kalangan. Nama yang sederhana umumnya akan lebih mudah membekas di benak konsumen dan lebih disukai oleh konsumen.

5. Mudah Dieja

Gunakan nama yang mudah dieja (easy to spell) agar nama yang anda pilih lebih mudah diucapkan dan diingat oleh konsumen.

6. Enak Untuk Dibaca

Pilih nama yang enak untuk dibaca (pleasing when read) namun tidak ketinggalan zaman (does not go out of date).

7. Memiliki Makna Positif

Gunakan nama butik yang memiliki makna positif dan baik, karena hal ini nantinya akan memberi pengaruh yang sangat besar terhadap bisnis yang anda jalankan.

8. Mewakili Bisnis

Nama butik harus mewakili bisnis agar konsumen bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi bidang dimana bisnis bergerak. Bisa juga menggunakan nama yang identik dengan produk yang ditawarkan atau ada hubungan dengan barang yang diperjual belikan.

Selain membuat nama usaha atau merek, logo usaha butik pun dibutuhkan sebagai identitas usaha yang disajikan berupa grafis yang memiliki nilai seni dan diharapkan dapat lebih menarik perhatian konsumen.

  • Nama yang mewakili bisnis dapat juga dimodifikasi dengan unsur visual pada logo.
  • Kombinasi nama dan logo yang tepat dapat dengan mudah mewakili bisnis.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat logo usaha butik diantaranya:

1. Desain Logo

Utamakan untuk membuat desain logo yang minimalis namun tetap berkesan karena memang logo ini memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan gambaran akan visi dan misi sebuah usaha butik.

  • Rancangan desain logo yang simpel bisa memberikan kesan brand yang berkelas kuat.
  • Rancangan desain yang simpel bisa memberikan karakter pada logo dan membuatnya tampak unik.
  • Rancangan desain yang simpel akan memberikan makna filosofis yang terkesan lebih dalam.

2. Warna Logo

Gunakan satu atau beberapa warna sekaligus yang paling sesuai dengan nilai brand supaya hasilnya lebih bagus. Tapi ingat sebelum memilih warna untuk logo pastikan anda sudah memahami makna dari setiap warna terlebih dahulu.

  • Warna menjadi sarana yang cukup efektif digunakan untuk mengomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand.
  • Perpaduan warna yang tepat  bisa membuat logo terlihat lebih hidup dan realistis.
  • Untuk menemukan warna yang tepat, lakukan riset terlebih dahulu dengan melihat brand pesaing di industri yang sama untuk menciptakan logo yang lebih baik.

3. Font Logo

Gunakan font yang sudah di-custom untuk memberi kesan yang lebih personal dan unik karena pada dasarnya font atau huruf ini merupakan salah satu elemen terpenting untuk desain logo suatu brand atau perusahaan.

  • Pahami jenis dasar font yang biasa dugunakan untuk membuat logo usaha butik.
  • Ketahui karakteristik font yang dipilih untuk logo usaha butik.
  • Setelahnya pilih dan gunakan font yang paling cocok dengan keseluruhan konsep desain.
  • Cari tahu juga bagimana cara yang tepat untuk menggabungkan font dalam sebuah desain logo.

4. Makna Logo

Selipkan makna pada setiap elemen yang digunakan untuk logo brand. Dalam hal ini makna yang ada di sebuah logo bisa hadir dalam bentuk tersirat ataupun tersurat.

Kesimpulan

Sejumlah hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih nama dan logo untuk usaha butik. Jadi intinya dalam memilih nama dan logo untuk usaha butik pastikan nama tersebut memiliki makna positif, singkat, mudah untuk dieja, belum pernah digunakan brand lain, mudah diingat oleh konsumen dan pastinya mewakili bisnis itu sendiri.

Nama dan logo yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik pula, begitu pula sebaliknya penggunaan nama dan logo yang kurang tepat akan membuat konsumen enggan melirik usaha bisnis yang anda miliki.

Ingin membuat busana wanita dan busana anak sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Busana Wanita dan Pola Busana Anak yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.