Article

Homepage Article Cara Menjahit Coba Perhatikan 5 Ciri Konveksi…

Coba Perhatikan 5 Ciri Konveksi Baju Berkualitas Ini!

Konveksi Baju

Sumber: Unsplash.com/elCarito

Liners, kalian ingin memulai bisnis di bidang fashion, tapi bingung di mana tempat untuk memproduksi pakaiannya? Masa harus menjahit secara mandiri? Tidak perlu khawatir karena konveksi baju siap membantu mewujudkan mimpi kalian dalam bidang busana. Di mana mereka akan memproduksi desain busana yang ada menjadi sebuah barang jadi.

Hah, Apa Itu Konveksi Baju?

Konveksi Baju

Sumber: Unsplash.com/Firdaus Roslan

Secara garis besar, konveksi baju adalah usaha yang menyediakan layanan untuk memproduksi kebutuhan pakaian atau kebutuhan sandang dalam jumlah besar. Konveksi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Contohnya seperti konveksi baju olahraga, konveksi baju wanita, konveksi baju anak, dan lain-lain.

Adapun jasa yang disediakan berkutat pada pembuatan baju, kaos, seragam, maupun segala hal yang berhubungan dengan aktivitas jahit-menjahit. Selain menjahit, biasanya para konveksi juga menerima jasa untuk membuat sablon pada pakaian. Baik sablon yang dicetak secara manual ataupun digital.

Meski begitu, kebanyakan konveksi baru mau menerima permintaan konsumennya apabila jumlah pakaian yang akan dibuat telah mencapai batas minimal kuantitas tertentu. Mengenai hal itu, jumlah minimal yang diterima konveksi pada umumnya berada pada kisaran angka satu lusin hingga 10.000 buah pakaian.

Menariknya, tempat untuk memproduksi pakaian tidak terbatas di konveksi. Ada dua tempat produksi pakaian lainnya jika dilihat dari kuantitas produksinya, yaitu:

1. Produksi Rumahan   

Merupakan tempat pembuatan pakaian, yang biasanya menerima satu sampai lima buah pakaian dalam kegiatan produksi. Mengingat kuantitas yang diterima sedikit, biasanya para penjahit hanya menggunakan peralatan jahit yang sesuai dengan standar.

2. Konveksi

Seperti penjelasan di atas, usaha ini juga tempat pembuatan pakaian namun dengan kuantitas produksi yang lebih besar, yaitu satu lusin hingga ribuan dalam satu kali pemesanan. Melihat jumlahnya yang lebih besar, usaha ini biasanya memiliki peralatan yang lumayan lengkap, seperti alat jahit, obras, press kaos, dan lain-lain.

3. Garmen

Merupakan tempat untuk memproduksi pakaian juga, tetapi bisa menerima jumlah pemesanan hingga angka 10.000 pakaian. Kapasitas produksi tersebut juga disertai dengan jumlah karyawan yang sangat banyak, dengan jam kerja khusus dan peralatan yang serba lengkap. Tidak heran pula, jika hasil produksi mereka bisa semakin melimpah dan bahkan memproduksi pakaian untuk diperjual belikan.

Melihat adanya perbedaan tempat produksi pakaian tersebut, Liners dapat menggunakan konveksi jika ingin memproduksi pakaian dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Perlu diperhatikan bahwa konveksi yang dicari haruslah yang baik dan berkualitas. Mengingat fungsi utama pakaian adalah untuk melindungi tubuh kita dari segala hal yang berbahaya.

Lantas, Bagaimana Cara Mencari Konveksi yang Berkualitas?

Konveksi Baju

Sumber: Unsplash.com/Volha Flaxeco

Mirisnya, ternyata tidak semua konveksi baju menggunakan bahan yang berkualitas. Buktinya seperti konveksi yang memberikan harga produksi di bawah rata-rata, namun baju tersebut tidak bisa bertahan lama. Berdasarkan hal ini, Liners maupun masyarakat perlu melihat dengan jeli serta teliti, manakah konveksi yang baik dan berkualitas.

Tidak bisa dipungkiri bahwa lahirnya konveksi yang tidak bagus, dikarenakan adanya perkembangan yang pesat dalam bisnis secara online saat ini. Di mana semakin banyak orang yang berusaha masuk dalam pasar industri fashion akibat banyaknya minat pada dunia fashion. Mereka berupaya untuk menyediakan model baju yang menarik tetapi dengan harga miring dan harus mengorbankan kualitas bahan.

Maka dari itu, Liners perlu menemukan konveksi yang terpercaya dan memakai bahan yang berkualitas, Namun tetap dalam harga yang wajar. Alangkah baiknya apabila tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan onveksi. Sebab, memberikan produk yang tidak bermutu, akan berujung pada munculnya protes konsumen.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan, agar Liners bisa lebih cerdas memilih konveksi yang berkualitas, yaitu:

1. Konveksi Tersebut Menyediakan Foto Produk yang Asli.

Lihat suatu konveksi menggunakan foto produk yang branded atau sudah cukup terkenal tapi harganya murah? Eh, kalian harus hati-hati terhadap hal ini. Sebab, terdapat beberapa konveksi yang mengambil foto produk yang sudah terkenal agar bisa menarik minat para konsumen untuk memproduksi sandang dengan harga murah.

Lebih baik, Liners mencari jasa konveksi yang menampilkan hasil dari foto produk mereka sendiri. Biasanya foto diambil dengan cara memotret produk yang diproduksi secara langsung, digantung, ataupun menggunakan patung manekin.

2. Menawarkan Harga yang sesuai standar

Harga yang murah memang terkadang menggugah keinginan untuk memilih tempat produksi tersebut. Hanya saja, hal tersebut patut untuk dipertimbangkan sebaik-baiknya. Sebab, memberikan harga yang terlalu murah, memiliki asumsi ada hal lain yang harus dikorbankan. Salah satunya seperti kualitas bahan dan model jahitan pakaian.

Untuk menghindari fenomena tersebut, Liners bisa melakukan observasi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Contohnya dengan melihat apakah jahitan sudah rapi dan bahan yang digunakan sudah bagus. Produk yang bernilai dan tahan lama, akan terlihat lebih menggiurkan dibandingkan produk yang menarik tapi tidak berkualitas.

3. Mempunyai Tim Jahit Profesionalnya Sendiri

Salah satu kriteria konveksi yang baik dan perlu diperhatikan, adalah mereka memiliki perlengkapan dan tim penjahit profesionalnya sendiri. Hal ini dikarenakan adanya konveksi yang harus melemparkan pesanannya ke jasa lain karena mereka tidak memiliki tempat produk sendiri.

Tindakan tersebut pun punya potensi yang berujung pada kekecewaan terhadap kualitas produksi.  Sebab, jika konveksi yang digunakan hanyalah pihak ketiga, Liners tidak bisa memantau kualitas dari proses produksi dan menghasilkan produk yang tidak memuaskan. 

4. Memberikan Penawaran Ongkos Kirim yang Terbaik.

Mengingat saat ini sudah banyak usaha yang menyediakan jasa pengiriman, jasa konveksi yang baik bisa membantu memberikan referensi jasa pengiriman lain yang akan digunakan. Sebab, mereka akan berusaha untuk menyediakan alternatif harga pengiriman yang paling murah terhadap konsumennya.

5. Memberikan Garansi.

Memberi garansi terhadap produk maupun pelayanan terhadap konsumennya, terdengar seperti hal sulit yang dilakukan konveksi. Meski begitu, Liners bisa tetap mencoba cari konveksi yang bisa menyediakan garansi dan meningkatkan rasa aman terhadap hasil dari produk nantinya. Biasanya, para konveksi akan memberikan garansi apabila konsumennya melakukan pemesanan dalam jumlah yang besar.

Itulah beberapa ciri atau kriteria yang dapat diperhatikan apabila Liners ingin mencari sebuah konveksi yang baik atau berkualitas. Diharapkan dengan adanya penjelasan tersebut, Liners bisa menghindari rasa penyesalan akibat produk yang dipesan tidak sesuai dengan harapan.

Pantengin terus website Fitinline buat Liners yang mau belajar membangun bisnis fashion.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.