Article

Homepage Article Kain Tekstil Sudahkah Anda Tahu Siapa…

Sudahkah Anda Tahu Siapa Penemu Jas Hujan Pertama Di Dunia?

Menghadapi musim hujan seperti sekarang ini banyak diantara kita yang membutuhkan jas hujan. Entah itu sekedar untuk pesiapan berkendara saat perjalanan jauh maupun untuk dipakai di proyek khususnya bagi mereka yang bekerja di lapangan.

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://www.goodhousekeeping.com/

Bagi anda para pengendara sepeda motor mungkin sudah sering ya mengenakan yang namanya jas hujan. Tetapi sudahkah anda tahu siapa sebenarnya pembuat jas hujan pertama di dunia?. Pembuat jas hujan pertama di dunia adalah Charles Macintosh seorang ahli kimia dari Skotlandia. 

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://www.independent.co.uk/

Berdasarkan catatan sejarah, pria asal Glasgow yang lahir pada bulan Desember 1788 ini konon pertama kali mematenkan metode pembuatan bahan anti air  yang ditemukannya yaitu dengan mencampurkan karet yang telah dihancurkan dengan aspal cair pada tahun 1823.

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://www.lookandlearn.com/

Charles Macintosh awalnya melakukan percobaan dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa dari pabrik gas. Kemudian beliau mencoba menggunakan bahan wol dan menambahkan zat-zat temuannya pada bahan wol tersebut. 

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://www.telegraph.co.uk/

Temuan Charles Macintosh ini dikenal sebagai bahan anti air pertama di dunia meski hasilnya belum sempurna karena bahan ini masih memiliki kelemahan yaitu mudah sobek bila dijahit. 

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://raindropsofsapphire.com/

Perpaduan bahan minyak dan kain wol yang digunakan Macintosh menyebabkan lapisan karet tidak bekerja dengan baik. Sebab ketika musim dingin melanda bahan yang diciptakan oleh Macintosh ini akan menjadi kaku sementara di saat musim panas justru menjadi lengket. 

Penemu Jas Hujan

Sumber : https://www.solidrop.net/

Tepatnya sekitar tiga tahun sebelum Charles Macintosh mematenkan temuannya tersebut, sebenarnya Thomas Hancock lebih dahulu mematenkan temuanya yaitu teknik untuk membuat bahan elastis yang bisa digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tali selempang, stocking dan sepatu. 

Penemu Jas Hujan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Dalam proses pembuatan bahan elastis ini, Thomas Hancock merasa masih terlalu banyak membuang bahan. Untuk menghemat bahan dalam pembuatan karet, beliau akhirnya menciptakan sebuah mesin bernama Masticator.

Penemu Jas Hujan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Pertama kali diciptakan mesin ini terbuat dari kayu dan di bagian dalamnya terdapat lubang silinder dan gerigi. Funginya adalah untuk menghancurkan kembali bahan-bahan yang tak terpakai supaya dapat digunakan kembali dalam proses produksi berikutnya.

Penemu Jas Hujan

Sumber : http://hagbros.com/

Untuk menyempurnakan bahan anti air yang ditemukan Macintosh dan bahan elastis yang ditemukan oleh Hancock, akhirnya mereka sepakat untuk bekerja sama menciptakan bahan anti air yang nyaman di segala cuaca. Temuan Machintosh dan Hancock inilah yang kemudian dikenal sebagai asal muasal bahan dasar pembuatan jas hujan.

Penemu Jas Hujan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, mulai dikembangkanlah metode pembuatan jas hujan yang lebih praktis dan sederhana yaitu dengan menggunakan berbagai bahan yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Salah satunya menggunakan plastik mika.

Penemu Jas Hujan

Sumber : https://www.snapdeal.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan plastik mika yang bagus untuk membuat jas hujan?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Plastik Mika

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.