Article

Homepage Article Fashion Design 12 Kriteria Jas Hujan Terbaik…

12 Kriteria Jas Hujan Terbaik Untuk Touring Yang Perlu Anda Ketahui

Butuh rekomendasi jas hujan terbaik yang bisa membuat anda tetap berkendara dengan aman dan nyaman saat berada di bawah guyuran hujan lebat sekalipun?. Biar tidak salah pilih simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa kriteria penting yang harus dimiliki jas hujan terbaik untuk touring berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jas Hujan

Jas hujan dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis pakaian tahan air yang dapat digunakan untuk melindungi bagian tubuh saat turun hujan. Adapun fungsi utama dari jas hujan ini yaitu untuk meminimisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian supaya tidak basah.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh tapi belum menemukan jas hujan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan sejumlah kriteria jas hujan terbaik untuk touring yang perlu anda ketahui.

1. Terbuat Dari Bahan Anti Air

Bahan jas hujan terbaik untuk touring harus mampu menahan air secara sempurna, hal ini bisa dilihat dari resistansi terhadap tekanan air. Semakin tinggi resistansi terhadap tekanan air maka semakin baik produk tersebut dalam menghalau rembesan air.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://zpacks.com/

2. Tahan Terhadap Terpaan Angin

Selain tahan air, bahan jas hujan untuk touring mestinya juga harus tahan terhadap terpaan angin kencang. Jadi ketika digunakan saat berkendara jas hujan tersebut bisa memberikan perlindungan yang maksimal pada tubuh agar tetap hangat saat berada di bawah guyuran hujan.

3. Bahannya Tidak Mudah Robek

Berikutnya bahan jas hujan untuk touring juga harus kuat dan tidak mudah robek. Dengan menggunakan jas hujan motor yang bagus dan tidak mudah robek, anda pun bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Kalau anda ingin membuat jas hujan sendiri tapi masih bingung dimana bisa mendapatkan bahan kain yang berkualitas, maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan parasut dan bahan taslan yang kami miliki.

4. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kriteria lain yang wajib dimiliki bahan jas hujan yang bagus yaitu tidak mudah kusut. Dengan memilih bahan jas hujan yang tidak mudah kusut andapun bisa tetap tampil percaya diri saat berkendara di jalanan.

5. Simple dan Mudah Dikenakan

Jas hujan setelan atas bawah termasuk ke dalam salah satu model jas hujan terbaik yang dapat dipakai untuk touring. Selain simple dan mudah dikenakan jas hujan ini juga terbilang lebih aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan dibanding jas hujan motor lainnya.

Sesuai namanya, jas hujan setelan sendiri termasuk ke dalam jenis jas hujan yang terdiri dari dua bagian yang terpisah. Dua bagian yang dimaksud yakni setelan atas berupa jaket dan setelan bawah berupa celana.

  • Jas hujan motor model setelan sangat cocok digunakan untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada tubuh.
  • Setelan atas dari jas hujan motor ini umumnya tersambung dengan tudung jas hujan.
  • Pada bagian lehernya terdapat pula tali pengencang untuk mengikat tudung jas hujan supaya tidak terbuka saat tertiup angin.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://www.indiamart.com/

Khusus untuk keperluan touring jarak jauh, sebisa mungkin hindari jas hujan model ponco karena akan sangat berbahaya jika tersangkut di gir belakang motor.Ukurannya

6. Sedikit Lebih Longgar

Jas hujan yang bagus untuk touring harusnya memiliki ukuran yang sedikit lebih longgar di badan saat dikenakan. Biar lebih nyaman anda bisa memilih jas hujan yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran baju biasa yang sehari-hari anda pakai.

  • Jas hujan motor yang longgar cenderung nyaman dikenakan dibanding jas hujan yang ukurannya ketat.
  • Jas hujan motor yang longgar juga bisa digunakan sekaligus untuk melindungi tas ransel serta barang yang ada di dalamnya saat hujan.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Sambungannya Dipress Bukan Dijahit

Jas hujan terbaik untuk touring hendaknya memiliki sambungan yang direkatkan dengan cara dipress bukan dijahit. Pasalnya jas hujan motor yang dibuat dengan cara dijahit biasanya masih menyisakan celah bagi air untuk merembes ke bagian dalam jas hujan.

8. Lengannya Dilengkapi Karet Elastis   

Untuk meminimalisir masuknya air ke bagian tangan anda pilih jas hujan motor yang bagian lengannya dilengkapi dengan karet elastis.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://www.aliexpress.com/

9. Memiliki Resleting Yang Kuat

Jas hujan yang bagus untuk touring juga harus memiliki resleting yang kuat. Lebih keren lagi kalau resleting tersebut juga bersifat waterproof agar tidak mudah tembus air saat hujan.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://m.made-in-china.com/

Beberapa kelebihan resleting waterproof yang tidak dimiliki jenis ritsleting lain diantaranya:

  • Resleting waterproof lebih tahan terhadap air.
  • Resleting waterproof bahannya tidak mudah melar.
  • Bentuk resleting terlihat kokoh.

10. Warnanya Cenderung Cerah / Terang

Dibandingkan dengan jas hujan yang gelap, jas hujan yang berwarna cerah atau terang memang lebih bagus dipakai untuk kepertuan touring. Salah satu alasannya yaitu untuk memudahkan pengendara lain melihat posisi pemotor ketika berkendara di jalan umum.

Tapi kalau anda kurang suka memakai jas hujan motor yang berwarna cerah atau terang, tidak masalah juga kalau memakai jas hujan yang berwarna gelap asal dilengkapi dengan pita scotlight untuk memantulkan cahaya.

11. Dilengkapi Dengan Pita Scotlinght

Untuk mendukung keselamatan berkendara, jas hujan perlu dilengkapi dengan fitur khusus yaitu berupa pita scotlight yang dapat memantulkan cahaya. Dengan begitu kemungkinan timbulnya kecelakaan akibat tabrakan antar pengendara motor bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk mengetahui cara kerja pita scotlight simak kembali pembahasan mengenai Pentingnya Keberadaan Pita Scotlight Pada Jas Hujan.

12. Ringan dan Mudah Untuk Dilipat

Jas hujan terbaik untuk touring harusnya bersifat ringan dan dapat dilipat hingga berukuran kecil agar tidak memakan tempat ketika dimasukkan ke dalam tas ataupun jok motor. Lebih bagus lagi jika jas hujan motor tersebut dilengkapi dengan kantong khusus untuk menyimpannya.

Jas Hujan Terbaik Untuk Touring

Sumber : https://www.tradeindia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kriteria penting yang harus dimiliki jas hujan terbaik untuk touring. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan jas hujan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Supaya jas hujan yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda juga merawat jas hujan tersebut dengan cara yang tepat.

  • Gunakan jas hujan motor dengan baik dan benar (tidak menarik paksa bagian jaket atau celana saat memakai jas hujan).
  • Bersihkanlah jas hujan setelah digunakan dengan menggunakan lap bersih dan keringkan (diangin-anginan).
  • Jangan menjemur jas hujan secara langsung di bawah sinar matahari karena cara ini hanya akan membuat bahannya menjadi cepat rusak.
  • Setelah kering lipatlah jas hujan dengan baik dan benar agar jas hujan lebih tahan lama (awet).

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.