Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Singkat dan Perkembangan…

Sejarah Singkat dan Perkembangan Kaos Kaki

Percaya tidak, kalau kaos kaki yang sering kita pakai sekarang ini ternyata sudah ada sejak lama lho?. Bagi anda yang belum pernah mendengar sejarah awalnya pasti anda tidak pernah menyangka jika kaos kaki itu sebenarnya berasal dari abad ke 8 SM. Tentu saja bentuknya tidak seperti yang sudah ada sekarang.

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : https://www.sockshop.co.uk/

Bukannya dibuat dari bahan kain katun, wool, acrylic, spandek, nylon, polyester, dan benang varia, tetapi dulunya kaos kaki yang berkembang pada jaman batu sebagian besar dibuat menggunakan bahan yang masih sangat sederhana yaitu dengan memanfaatkan kulit binatang yang dililitkan di bagian kaki.

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Terinspirasi dari kaos kaki yang berkembang pada abad ke 8 SM, bangsa Romawi kemudian mulai menggunakan kaos kaki yang dibuat dari campuran kulit dan bulu binatang. Pada masa itu kaos kaki lebih banyak dipakai sebagai pelindung sekaligus penghangat kaki dari udara dingin maupun panas.

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Popularitas kaos kaki di daratan Eropa nyatanya semakin berkembang sejak saat itu. Tapi karena proses pembuatannya dinilai sangat sulit, maka item tersebut umumnya hanya diproduksi dalam jumlah terbatas dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Bahkan sampai abad ke-10 hanya orang kaya dan bangsawan saja yang menggunakan kaos kaki.

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : https://matematikamenyenangkan.com/

Memasuki abad ke-15 mulailah bermunculan rumah rajut di Perancis maupun Skotlandia yang memproduksi kaos kaki berbahan sutra berwarna, wool hingga belundru. Dengan ditemukannya mesin rajut untuk kaos kaki pertama di dunia yang diciptakan oleh William Lee, maka dimulailah sejarah baru pembuatan kaos kaki modern. 

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : http://www.imgrum.org/

Untuk memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat, beliau kemudian terus berupaya untuk mengembangkan mesin rajut yang ditemukannya pada tahun 1589 tersebut. Berkat kerja kerasnya, mesin rajut yang dibuat oleh William Lee akhirnya dapat diterima dan di gunakan di seluruh benua Eropa.

Sejarah Kaos Kaki

Sumber :  http://www.businessinsider.co.id/

Seiring dengan berkembangnya zaman dan perubahan kebutuhan manusia, sampai sekarang ini kaos kaki telah mengalami banyak perubahan baik dari segi model, jenis, motif, dan warna. Fungsinya pun tidak hanya terbatas sebagai penutup kaki saja, namun anda juga bisa menggunakannya untuk pelengkap gaya sehari-hari. 

Sejarah Kaos Kaki

Sumber : http://www.whowhatwear.com/

Simak juga pembahasan mengenai 7 Macam Bahan Yang Bagus Untuk Membuat Kaos Kaki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.