Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Komponen Penting Yang…

3 Komponen Penting Yang Terdapat Pada Jaket

Sering mengenakan jaket saat bepergian?. Sahabat Fitinline pasti sudah sangat hafal jika jaket itu sendiri pada prinsipnya termasuk ke dalam salah satu jenis outerwear atau pakaian luar yang berguna untuk menghangatkan tubuh. 

Komponen Jaket

Sumber : http://www.eiga-lover.com/

Jaket yang biasa digunakan sebagai pakaian hangat tersebut setidaknya tersusun atas tiga komponen penting yaitu berupa bahan utama jaket, kelengkapan jaket, serta furing (bahan pelapis). Tidak seperti kemeja atau blus pada umumnya, jaket ini pun kebanyakan dibuat dari kain berbahan tebal.

Komponen Jaket

Sumber : http://www.patagonia.com/

Bahan Utama Jaket

Bahan utama jaket merupakan material yang biasa digunakan untuk membuat jaket. Jenis dan variasinya sendiri sangat beragam, ada yang tebal namun ada juga yang tipis, ada yang bersifat anti air ada juga yang bersifat anti angin. Pemilihan bahan jaket hendaknya disesuaikan dengan model jaket seperti apa yang akan di buat.

Komponen Jaket

Sumber : https://www.thenorthface.com/

Untuk mengetahui jenis bahan apa saja yang bagus untuk membuat jaket sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan mengenai Memilih Bahan Jaket.

Kelengkapan Jaket

Kelengkapan jaket meliputi ritsleting, bur, skotlight, hoodie, serta berbagai macam jenis kancing.

Ritsleting merupakan sebuah alat sederhana yang biasa dipakai untuk menutup belahan jaket agar terlihat lebih rapi. Hampir semua jaket menggunakan bukaan dengan ritsleting yang terpasang dari leher hingga ujung bawahnya. 

Komponen Jaket

Sumber : http://www.bluemaize.net/

Selain menggunakan ritsleting ada juga beberapa jenis jaket yang dilengkapi dengan kancing pada bagian depannya. Kancing yang biasa dipakai pada jaket berbeda dengan kancing yang digunakan untuk baju atau kemeja. Kancing jepret atau kancing tekan merupakan jenis kancing yang bisa dijumpai pada jaket. 

Komponen Jaket

Sumber : https://www.blueinc.co.uk/

Bur jaket termasuk ke dalam salah satu jenis aksesoris jaket yang biasa dipasangkan pada bagian pergelangan tangan, bagian pinggang, dan bagian leher jaket. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat bur jaket tersebut diantaranya berupa cotton (katun), PE, TC, atau bahan lainnya. 

Komponen Jaket

Sumber : https://theawesomer.com/

Bahan scotlight adalah bahan yang biasanya digunakan pada jaket motor dan seragam pemadam kebakaran. Bahan ini berfungsi sebagai reflector yang bersifat memantulkan cahaya dalam keadaan gelap. 

Komponen Jaket

Sumber : https://www.instagram.com/anandarafashion/

Hoodie berasal dari bahasa inggris “hood” yang artinya adalah tudung (penutup kepala). Hoodie yang diaplikasikan pada jaket dapat difungsikan sebagai pelindung sekaligus penutup kepala dari cuaca panas atau hujan.

Komponen Jaket

Sumber : http://dissolve.com/

Furing Jaket

Dalam pembuatan jaket, kain furing (bahan pelapis) diperlukan untuk menciptakan kesan yang lebih rapi pada bentuk dan tampilan jaket. Bukan hanya itu saja, kain furing tersebut umumnya juga dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman sekaligus menambah rasa hangat pada jaket. 

Komponen Jaket

Sumber : http://www.urbanrider.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.