Article

Homepage Article Desain Fesyen Rekomendasi 7 Jenis Pakaian…

Rekomendasi 7 Jenis Pakaian Formal Wanita dan Bahan Yang Biasa Dipakai Untuk Membuatnya

Ingin selalu tampil keren dalam setiap kesempatan formal?. Untuk menunjang gaya penampilan anda berikut kami bagikan beberapa model busana wanita yang dapat anda kenakan ketika sedang mengikuti acara ataupun kegiatan yang bersifat formal beserta rekomendasi bahan kain yang bisa dipakai untuk membuatnya.

Blus Wanita

Blus merupakan salah satu baju formal wanita bermodel longgar dan berpotongan menggantung yang umum dipakai oleh para wanita untuk pelengkap busana kerja. Khusus untuk keperluan formal blus wanita biasanya memiliki ukuran yang pas badan dan terkadang dilengkapi pula dengan aksen ruffle di bagian dadanya.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.dhgate.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan blus dengan pakaian formal wanita yang lainnya yaitu:

  1. Blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  2. Baju formal wanita dengan model blus tidak selalu menggunakan manset.
  3. Beberapa blus ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  4. Bentuk kerah yang ada pada pakaian formal wanita ini sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  6. Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  7. Bagian bawah busna wanita modern dengan model blus kebanyakan dibuat menggantung.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://es.dhgate.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan trendy blus sendiri pada prinsipnya sangat mudah dipadupadankan dengan beraneka macam busana penutup tubuh bagian bawah dengan model rok maupun celana. Pilihan bahan kain yang digunakan untuk membuat busana wanita modern inipun juga tidak kalah beragam.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://boesana.com/

Beberapa contoh bahan kain yang paling umum digunakan pada baju formal wanita ini diantaranya:

  1. Kain katun dari serat kapas yang terasa dingin, mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut, tidak luntur dan harga kainnya relatif terjangkau.
  2. Kain poplin dari keluarga kain katun yang memiliki tingkat kelenturan cukup tinggi dan bersifat stretch (melar).
  3. Kain viscose dari serat hasil regenerasi selulosa. Karena tidak dapat dikategorikan kedalam serat alami atau serat sintetis kain viscose ini sering disebut sebagai kain serat semi sintetis.
  4. Kain shantung yang bertekstur halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal.
  5. Kain tertua di dunia yakni kain linen yang biasa dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum).
  6. Gingham sejenis kain tenun sederhana yang memiliki motif berbentuk kotak-kotak atau garis-garis yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna.
  7. Seersucker yang memiliki tekstur berkerut, tipis dan ringan dengan tampilan motif bergaris atau kotak-kotak.
  8. Kain baby kanvas dari keluarga kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.
  9. Kain batik tradisional indonesia yang bermotif unik dan eksklusif.

Lebih tertarik untuk membuat blus sendiri dari pada membeli blus wanita siap pakai tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis mungkin anda bisa mendownload pola blus wanita dari Fitinline.

1. Pola Blus Wanita

Blus wanita yang satu ini secara umum memiliki desain yang cukup simple karena dibuat sesuai pola dasar blus.

2. Pola Blus Variasi Ala Raisa

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola blus wanita yang dilengkapi dengan aksen godet pada bagian bawahnya untuk menambah kelonggaran sekaligus sebagai variasi baju blus wanita.

3. Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI

Pola blus wanita dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola blus wanita lengan panjang yang dibuat dengan ukuran sesuai SNI.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 25 Model Blus Wanita Untuk Tampil Lebih Stylish kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis baju formal wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan yang fashionable.

Kalau anda ingin mencari kain batik berkualitas dengan harga murah sebagai bahan dasar pembuatan busana wanita modern dengan model blus anda bisa mendapatkannya Di Sini.

Rok Wanita

Rok dapat didefinisikan sebagai busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, rok ini pada prinsipnya dapat dipadukan dengan blus yang berdesain simple maupun outer berbentuk blazer.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.amazon.in/

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan formal kebanyakan rok wanita biasanya memiliki bentuk menyempit di bagian bawah, berbentuk lurus ke bawah meski ada juga yang dibuat mengembang. Jenis kainnya pun juga bermacam-macam ada kain linen, kain katun, kain velvet, kain corduroy, kai n drill hingga kain plisket.  

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.jollychic.com/

Mau tahu lebih detail tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

1. Cara Membuat Pola Rok

Video ini menjelaskan cara membuat pola rok, mulai dari cara membuat pola dasar rok kemudian dikembangkan menjadi pola rok lurus, pola rok A, pola rok span dan pola rok setengah lingkaran.

2. Teknik Menjahit Rok Span

Video ini menjelaskan cara menjahit rok span termasuk penyelesaian bagian belahan belakang, pemasangan risleting, pemasangan ban pinggang serta penyelesaian berupa sum dan pemasangan kancing.

Blazer

Blazer merupakan salah satu busana wanita modern yang bisa diandalkan untuk menyempurnakan penampilan formal anda. Selain memberi kesan formal dan profesional pada penampilan, blazer inipun juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari hembusan angin dan memberi rasa hangat kala cuaca kurang bersahabat.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://onshopdeals.com/

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memakai baju formal wanita dengan model blazer diantaranya:

  1. Dengan mengenakan blazer, anda akan terlihat lebih rapi serta tampil lebih berwibawa.
  2. Desain blazer saat ini lebih beragam sehingga anda tidak perlu bingung memilih yang mana.
  3. Padukan blazer dengan blus wanita dan celana bahan untuk kesan tampilan yang keren.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://onshopdeals.com/

Berbicara mengenai bahan kain yang digunakan untuk membuatnya blazer sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain yang berbeda. Beberapa bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  1. Kain wool yang diproses melalui tahap penyisiran sehingga dihasilkan kain yang berkualitas tinggi. Blazer dari bahan wool sangat nyaman dikenakan untuk acara formal dan dipercaya mampu memberikan kesan elegan pada pemakainya.
  2. Kain corduroy dari bahan kapas tebal bertekstur halus yang secara sepintas tampak menyerupai beberapa tali yang diletakkan sejajar satu sama lain dan kemudian dijahit bersama-sama sehingga memiliki tekstur menyerupai garis-garis pada kain.
  3. Kain katun dari serat alami tanaman kapas yang memiliki karakteristik tidak mudah kusut, tidak luntur, sedikit kaku namun terasa dingin saat dipakai.
  4. Bahan kain drill yang bersifat sangat lembut dan tahan kusut. Dengan karakteristik bahannya yang ringan dan kuat bahan kain drill biasanya banyak dibuat dari katun atau polyester.
  5. Kain twill yang memiliki permukaan sama dengan bahan kain drill yaitu berserat garis-garis miring (diagonal). Meski sama-sama berserat diagonal tetapi kedua kain ini tetap memiliki beberapa perbedaan.
  6. Kain twill umumnya cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan kain drill.
  7. Jalinan benang yang menyusun kain twill ini juga terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Celana Formal

Celana dapat didefinisikan sebagai pakaian luar berbentuk pipa yang dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai kebawah sesuai panjang yang diinginkan. Ukuran panjang dari celana ini kadang ada yang hanya sampai lutut namun ada juga yang menutup pinggang sampai mata kaki dan membungkus batang kaki secara terpisah.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://m.made-in-china.com/

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan wanita jenis celana yang dapat dipakai bekerja pada prinsipnya tersedia dalam berbagai macam varian. Beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa:

  1. Celana khaki yang memiliki tampilan gaya dan trendy. Dengan warna dasarnya yang netral celana khaki sangat sesuai jika dipakai pada kesempatan formal.
  2. Paper bag pants yang didesain seperti memiliki kelebihan bahan di bagian pinggang dan dilengkapi dengan tali sebagai ikat pinggang.
  3. Celana tailored cut dalam bentuk lurus atau flared sebagai alternatif pelengkap gaya penampilan yang nyaman untuk dipakai bekerja.
  4. Celana palazzo bermodel lebar mulai dari bagian pinggang hingga bagian bawahnya. Desain dan potongannya yang lebar membuat celana palazzo tetap terkesan sopan untuk dipakai bagi anda yang berhijab.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://shopee.ph/

Ingin tampil gaya dengan celana formal tapi belum menemukan model dan ukuran yang pas?. Mungkin ide membuat celana sendiri bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba. Untuk polanya anda bisa mendownload Pola Celana Panjang Wanita siap pakai dari kami. 

Adapun standar ukuran untuk celana panjang wanita di Fitinline yang bisa anda pakai untuk membuat celana wanita yang trendy adalah sebagai berikut.

Ukuran Celana Wanita

Kalau anda masih bingung menentukan jenis bahan kain yang cocok untuk membuat celana formal wanita pilih saja satu diantara bahan kain berikut ini. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  1. Kain katun dari serat kapas yang terasa dingin, mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut, tidak luntur dan harga kainnya relatif terjangkau.
  2. Bahan kanvas myang emiliki tekstur tebal dan berat. Bahan yang satu ini sering diguanakn untuk bahan celana panjang.
  3. Kain corduroy dengan ciri khasnya yang unik yakni bernuansa vintage dan tekstur permukaannya tampak bergaris-garis.
  4. Bahan kain drill yang memiliki permukaan miring atau diagonal dengan jalinan benang yang amat kuat. Kain ini banyak dibuat dari serat katun maupun polyester.
  5. Kain polyester dengan karakteristik bahannya yang ringan dan flowy sehingga sangat cocok dipakai dalam segala kondisi dan situasi.

Pantsuit

Pantsuit merupakan semacam setelan outerwear berbentuk blazer dan celana yang memiliki bahan sama baik warna maupun teksturnya. Sebagai pelengkap gaya busana wanita modern, pakaian ini dapat dikenakan untuk menghadiri acara-acara kantor yang tidak memerlukan seragam seperti pada kesempatan makan malam bersama klien.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.zalora.com.ph/

Bila anda ingin mencari pantsuit untuk keperluan formal sebaiknya pilih yang berwarna hitam, abu-abu atau biru gelap. Untuk alasan kenyamanan anda pun bisa dengan bebas memilih bahan pantsuit, mulai dari kain berbahan wool, semi wool, drill hingga polyester.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Little Black Dress

Gaun hitam berpotongan sederhana yang dikenal dengan istilah little black dress menjadi salah satu pakaian yang wajib yang harus dimiliki setiap wanita khususnya wanita karir. Sebab dress warna hitam ini akan selalu cocok dikenakan dalam berbagai suasana tidak terkecuali saat menghadiri acara kantor yang bersifat formal.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : http://www.outfitseek.com/

Terkait dengan bahan kain yang dipakai untuk membuatnya, sebuah little black dress pada prinsipnya dapat dibuat dari bahan kain apa saja. Tapi kalau anda membutuhkannya sebagai pelengkap gaya busana formal sebaiknya pilih yang bahan kainnya benar-benar berkualitas.

  1. Memilih material anti kerut dan cepat kering sangat membantu anda untuk tampil maksimal terutama saat ada acara di luar kota.
  2. Untuk memudahkan anda saat melakukan pencucian pilih bahan little black dress yang mudah dicuci.
  3. Utamakan untuk memilih bahan little black dress yang berbahan ringan namun tidak mudah robek meski sudah dipakai berulang kali.
  4. Saat cuaca panas pilih bahan little black dress yang nyaman, mudah menyerap keringat, serta tidak membuat gerah ketika dikenakan untuk beraktifitas.

Simak juga pembahasan mengenai Perkembangan Model Little Black Dress Lengkap Dengan Cara Memilih dan Membuatnya Yang Bisa Anda Coba kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk little black dress dan juga cara pembuatannya.

Long Coat

Untuk tampil keren dengan nuansa formal anda tidak harus selalu memakai blus selama seminggu berturut-turut. Sesekali cobalah untuk menambahkan penggunaan long coat yang berpotongan longgar agar penampilan anda tetap terkesan rapi dan stylish sementara tubuh anda juga tidak akan kedinginan ketika beraktifitas di musim haujan.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Long coat sendiri dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama mantel. Sebagai salah satu pakaian formal wanita yang trendy long coat ini sering dipakai di atas setelan jas maupun cardigan dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh pemakainya.

  1. Long coat paling pas jika digunakan untuk pelengkap penampilan bagi wanita yang bekerja di dalam ruangan.
  2. Dari segi desain dan ukuran baju formal wanita ini biasa dibuat lebih panjang dari pada jaket. Bila rata-rata panjang jaket hanya sampai sebatas pinggang, maka untuk coat panjangnya bisa sampai di bawah lutut.
  3. Long coat akan membuat tubuh tetap hangat tanpa membuat penampilan anda berantakan, tapi justru bisa terkesan sangat trendi dan juga smart.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://juepell.en.made-in-china.com/

Sama halnya dengan blus, blazer maupun pakaian formal wanita yang lainnya, coat sendiri pada prinsipnya bisa dibuat dari berbagai jenis kain sesuai kebutuhan penggunanya. Supaya coat tidak mudah kotor warna cokelat atau hitam bisa jadi pilihan yang aman, tapi kalau mau mencoba warna lain juga tidak ada salahnya.

Pakaian Formal Wanita

Sumber : https://juepell.en.made-in-china.com/

Berencana untuk membuat long coat sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Untuk memastikan bahwa pakaian formal wanita dengan model long coat yang anda buat terasa nyaman pastikan pemilihan bahannya sudah tepat. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa memilih bahan  yang sama dengan bahan blazer.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis busana wanita modern yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan dalam setiap kesempatan formal lengkap dengan rekomendasi bahan kain yang bisa anda pakai jika ingin membuatnya sendiri sesuai model dan ukuran yang anda kehendaki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.