Article

Homepage Article Fashion Design Agar Tidak Salah Pilih,…

Agar Tidak Salah Pilih, Kenali 25 Model Blus Wanita Untuk Tampil Lebih Stylish

Sebagai salah satu busana wanita yang cukup populer, blus pasti selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Terbukti sampai saat ini saja model blus yang bisa dipakai untuk pelengkap gaya penampilan semakin banyak. Ada blus yang terkesan klasik dan vintage namun ada juga blus modern dengan lengan dan kerah yang unik.

Tergantung pada bagaimana cara anda memilih model blus dan memadupadankan blus dengan rok, celana, outer, aksesoris atau item fashion lain, blus pada dasarnya dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk kesempatan formal, casual, amupun semi formal. Sebelum membahas lebih jauh tentang model blus simak pengertian dari blus dulu yuk.

Pengertian Blus

Blus merupakan busana penutup tubuh bagian atas wanita yang memiliki desain cukup simple dan sederhana. Dari segi tampilan bluse wanita ini memang sangat cocok dipakai untuk berbagai kesempatan karena dapat memberikan kesan rapi dan elegan bagi orang yang memakainya. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Jika kebanyakan model blus wanita jaman dulu hanya dibuat polos tanpa kombinasi maka model baju yang berkembang saat ini biasanya cenderung lebih bervariasi mengikuti trend masa kini. Sebagian ada juga yang menggabungkan antara konsep klasik khas model baju jaman dulu dengan konsep modern. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Bahan yang digunakan untuk pembuatan blus sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Bisa memakai kain katun, kain chambray, kain linen, kain satin, kain denim, kain flanel yang bermotif kotak-kotak atau bisa juga memakai jenis kain lain yang memiliki karakteristik mirip atau hampir serupa dengan kain-kain tersebut. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Ciri-Ciri Khusus Blus Wanita

Dibandingkan dengan jenis pakaian lain seperti dress atau busana wanita yang lainnya,  blus ini sebenarnya punya ciri khas tersendiri. Supaya anda tidak kesulitan saat memilih blus berikut kami bagikan beberapa ciri-ciri khusus dari blus yang penting untuk anda ketahui.

  1. Pertama blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  2. Blus tidak selalu menggunakan manset.       
  3. Beberapa blus ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  4. Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  6. Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  7. Bagian bawah blus menggantung.

Model Blus Wanita

Setelah mengetahui ciri-ciri blus sekarang saatnya bagi anda untuk mulai mengenai model blus. Berdasarkan desain dan kegunaannya, blus ini ternyata juga memiliki banyak model dan varian lho. Buat anda yang penasaran dengan model blus yang dimaksud ada baiknya jika anda bisa menyimak dulu pembahasan berikut.

Blus Asimetris

Blus asimetris merupakan model baju wanita yang didesain dengan potongan menyamping atau menyerong sehingga secara keseluruhan tampilannya jadi tidak simetris. Detail asimertis pada blus sendiri biasanya dapat dijumpai pada beberapa bagian misal leher, lengan, dada dan bagian bahu.

  • Blus dengan detail asimetris pada bagian leher sangat sesuai bila digunakan untuk memberikan kesan lebih jenjang dan tirus
  • Blus dengan detail asimetris pada bagian lengan sangat sesuai jika digunakan untuk menyamarkan bentuk lengan yang besar dan berlemak
  • Blus dengan detail asimetris pada bagian dada bisa anda pilih untuk pelengkap gaya busana pada acara pesta atau acara semi formal.
  • Blus dengan detail asimetris pada bagian bahu sangat cocok bila dikenakan untuk anda yang memiliki bahu ramping dan sedang.

Model Blus Wanita

Sumber : https://people.com/

Baseball Shirt

Baseball shirt merupakan model baju yang diadaptasi dari baju para pemain baseball. Trend baseball shirt ini sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia fashion karena trend ini sebenarnya sudah pernah muncul beberapa puluh tahun silam. Ciri paling khas dari baseball shirt yaitu:

  • Pada bagian lengan baseball shirt terdapat tanda khusus berupa strip atau garis.
  • Baseball shirt kebanyakan dijual dengan warna hitam dengan strip dan sablon berwarna putih.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Bettina Blus

Bettina blus merupakan salah satu model busana wanita yang memiliki desain cukup unik. Blus ini umumnya dibuat dari bahan kemeja dengan bukaan leher yang lebar dan lengan bajunya penuh dengan detail bejumbai dari bahan katun motif. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.flickr.com/

Big Shirt

Big shirt merupakan model baju wanita yang memiliki potongan cukup besar dan longgar. Kemeja berukuran besar untuk wanita ini sering kali dibuat dalam potongan yang sangat mirip seperti halnya garis-garis kemeja santai pria.

Model Blus Wanita

Sumber : http://wheretoget.it/

Blouson

Blouson atau "blusong" merupakan blus dari bahan ringan yang dikerut pada bagian pinggulnya kemudian dijahit pada sebuah ban. Kerutan yang terdapat pada blouson ini secara otomatis akan memberikan kesan agak menggembung dan menggantung di bagian bawah pinggang. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.ebay.com/

Camp Shirt

Camp shirt merupakan kemeja wanita berpotongan longgar yang biasanya dilengkapi dengan saku-saku di dada dan kancing baju sebagai bukaan didepan. Model baju wanita yang dikenal dengan mana camp shirt ini umumnya juga memiliki lengan baju yang cukup longgar hampir mencapai siku tangan.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.jcrew.com/

Cold Shoulder

Cold shoulder merupakan model blus wanita yang yang memiliki potongan terbuka pada bagian bahunya. Khusus di negara yang memiliki empat musim seperti Korea dan Jepang, busana cold shoulder ini biasanya memang lebih banyak dikenakan pada musim panas. Kalau di Indonesia model baju ini bisa anda pakai saat musim kemarau.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Bila anda tertarik untuk membuat sendiri blus cold shoulder di rumah anda bisa mendownload Pola Blus Cold Shoulder dari kami Di Sini.

Blus Sabrina

Blus sabrina juga termasuk ke dalam model baju yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu seperti halnya cold shoulder. Meski sama-sama memiliki potongan terbuka blus sabrina dan cold shoulder sebenarnya tetap memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

  • Blus sabrina benar-benar membiarkan seluruh bagian bahu terlihat.
  • Blus cold shoulder hanya sebagian bahu yang terlihat.

Model Blus Wanita

Sumber :  https://harga.timbangharga.com/

Chinese Top

Chinese top merupakan model baju wanita yang berkerah tegak, memiliki bentuk kancing yang sangat khas yakni berupa kancing shanghai sementara bagian lengannya dibuat dalam model lengan baju setali.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.amazon.com/

Wrap Blus

Wrap blus merupakan model baju wanita yang biasa dikenakan dengan cara dililitkan di sekitar tubuh bagian atas. Karena blus ini dibuat tanpa menggunakan tambahan kancing maupun ritsleting jadi untuk memakainya anda perlu melilitkan blus ke badan dan mengikatkan pita yang ada pada blus.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.zaful.com/

Cross Over Tops

Cross over top hampir serupa dengan wrap blus, yakni ketika dipakai sama-sama tampak seperti baju yang dililitkan pada tubuh. Kalau wrap blus itu benar-benar dililitkan pada tubuh maka cross over tops ini sebenarnya sudah dibentuk dan dijahit sedemikian rupa jadi tinggal dipakai langsung. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Blus Brokat

Blus brokat merupakan model baju wanita yang menghadirkan pesona mewah dan elegan karena dibuat dari bahan brokat. Blus ini sangat cocok untuk dikenakan sebagai pakaian andalan saat menghadiri undangan makan bersama teman. Khusus anda yang berhijab anda juga dapat mengenakan blus brokat yang dilapisi dengan furing di bagian dalamnya.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.instagram.com/

Ingin membuat blus brokat tapi menemukan sedikit kesulitan saat membuat polanya?. Sahabat Fitinline busa mendownload Pola Blus Brokat dari kami Di Sini

Blus Lengan Dolman

Blus lengan dolman merupakan model baju yang model lengannya dibuat longgar dan lebar pada bagian atas. Lengan dolman sendiri biasanya selalu mempunyai ukuran yang cukup besar dengan bentuk kerung lengan agak dalam mulai dari bahu sampai tujuh setengah cm di atas garis pinggang.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.everydaymode.com/

Blus Double Breasted

Blus double breasted merupakan blus wanita yang penutup pada bagian mukanya dibuat lumayan lebar sampai melampaui garis tengah muka sehingga saling tumpuk antara satu dengan yang lainnya. Desain blus wanita seperti ini sebenarnya mirip dengan salah satu potongan jas yakni jas double breasted hanya saja garis lehernya biasa dibuat berbeda. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://us.asos.com/

Draped Blus

Model baju wanita yang dikenal dengan nama draped blus ini secara umum memiliki bentuk yang sangat istimewa karena bagian garis lehernya dibiarkan lepas menggantung sehingga tampak seperti sebuah draperi. Blus dengan tipe seperti ini sangat cocok dipadukan dengan rok atau celana yang pas badan. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Blus Halterneck

Blus halterneck merupakan model blus wanita yang dilengkapi dengan tali atau pita panjang pada bagian depan dan dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian leher pemakainya sehingga bagian depannya tampak seperti menggantung. Karena blus halterneck ini ditalikan disekitar leher jadi bagian pundak serta punggungnya cenderung terbuka.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.lyst.com/

Ingin membuat baju halterneck sendiri di rumah?. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Teknik Menjahit Drawstring Halter Dress.

Hawaiian Shirt

Hawaiian shirt merupakan model baju wanita berbentuk kemeja yang biasa dibuat dengan warna-warna terang. Motif yang diaplikasikan pada baju wanita ini kebanyakan adalah motif bunga.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.alohaoutlet.com/

Lumberjack Shirt

Lumberjack shirt merupakan model baju wanita yang diadaptasi dari kemeja bermotif kotak-kotak tebal dengan bukaan depan yang biasa di pakai oleh para penebanag pohon di kanada.

Model Blus Wanita

Sumber : http://wheretoget.it/

Mexsikan

Mexsikan merupakan model baju wanita berbentuk kemeja yang diadaptasi dari model kemeja pengantin pria mexiko. Busana penutup tubuh bagiana tas ini biasanya dibuat dari bahan katun putih serupa blacu dengan hiasan dekoratif berwarna merah yang sangat khas pada kerah serta mansetnya.

Model Blus Wanita

Sumber : https://poshmark.com/

Blus Middy

Blus midi termasuk ke dalam jenis busana bernuansa vintage yang masih eksis sampai sekarang. Busana wanita dengan model kerah kelasi (matrus) ini umumnya terdiri dari blus panjang dengan model lengan panjang yang menambah kesan klasik pada tampilannya.

Model Blus Wanita

Sumber : https://raleighvintage.com/

Blus Micro

Blus micro merupakan blus yang memiliki ukuran paling pendek dibandingkan dengan blus lainnya, yakni panjangnya hanya sampai tepat dibawah dada sehingga kalau dikenakan akan mengekspose bagian perut. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Pirate Shirt

Pirate shirt merupakan model baju wanita berbentuk kemeja longgar yang memiliki kerutan pada panel pundaknya. Untuk mempercantik tampilannya pirate shirt ini juga dilengkapi dengan lengan yang sangat khas yakni lengan model bishop yang panjang.

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.armorvenue.com/

Blus Surplice

Blus surplice merupakan model blus wanita yang paling seksi karena memiliki garis leher berbentuk V yang cenderung rendah. Dengan bentuk kerahnya yang sedemikian unik blus wanita ini sangat sesuai untuk memberikan kesan sedikit lebih tinggi dan langsing pada tampilan pemakainya. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.vickerey.com/

Tunic

Tunik merupakan model baju wanita yang ukurannya dibuat lumayan panjang sampai melewati batas panggul. Desain dan tampilannya yang elegan menjadikan tunik sebagai busana multi fungsi yang dapat dikenakan pada berbagai acara formal maupun casual.

  • Pada kesempatan formal tunik bisa dikenakan dengan sabuk yang melingkari bagian pinggang.
  • Ketika dipakai untuk bersantai di rumah tunic bisa dibiarkan longgar tanpa pengikat. 

Model Blus Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Blus Beraksen Godet

Blus dengan aksen godet menjadi salah satu jenis blus yang cukup populer di kalangan para wanita. Godet sendiri umumnya dibuat dari potongan kain berbentuk segitiga yang dipasangkan pada bagian utama keliman sebuah busana. Tujuan utamanya yaitu untuk menambah volume pakaian dan memberikan kesan penuh.

Untuk menghias sebuah blus wanita, godet bisa dibuat dari bahan kain yang sama atau berlainan dengan bahan blus baik dari segi warna maupun tekstur bahannya.

  • Pilih aksen godet yang sesuai dengan warna blus jika anda lebih suka memakai busana dengan detail simple.
  • Pilih aksen godet yang berwarna kontras dengan warna blus jika anda lebih suka memakai busana yang ramai.

Dengan tampilannya lumayan unik blus beraksen godet ini sangat coco dipakai dalam berbagai kesempatan, baik itu kesempatan formal maupun semi formal.

Model Blus Wanita

Sumber : http://www.idzyanismail.com/

Kalau anda tertarik untuk membuat blus beraksen godet ini anda bisa mendownload Pola Blus Dengan Aksen Godet dari kami Di Sini.

Blus Lengan Lonceng

Blus lengan lonceng yang yang memiliki lengan berbentuk mengembang atau membesar dibagian bawah menjadi salah satu model blus yang cukup banyak digemari oleh para pecinta fashion dalam beberapa waktu terakhir.

Model Blus Wanita

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai tips Membuat Lengan Lonceng (Bell Sleeve) pada artikel Fitinline terdahulu kalau anda ingin tahu lebih banyak mengenai bagaimana cara pembuatan lengan lonceng.

Nah itu dia pembahasan mengenai model blus yang dapat anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan baik saat bekerja, kuliah maupun sekedar bersantai.

  • Untuk keperluan formal seperti bekerja atau kuliah, anda bisa memakai blus dengan rok atau celana bahan sebagai pasangannya.
  • Sementara untuk mendapatkan tampilan yang lebih casual anda bisa memakai blus dengan jeans.
  • Supaya kesan yang terlihat jadi makin stylish dan trendy, jangan pernah takut untuk mencoba memakai blus yang berwarna cerah atau bermotif unik.

Bila harus memilih satu di antara sekian banyak model blus wanita yang ada, kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana?. Share ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.