Article

Homepage Article Desain Fesyen Perkembangan Model Little…

Perkembangan Model Little Black Dress Lengkap Dengan Cara Memilih dan Membuatnya Yang Bisa Anda Coba

Bingung menentukan pakaian yang bagus untuk menghadiri acara pesta?. Bila anda membutuhkan outfit yang bertemakan serba hitam, little black dress mungkin bisa menjadi pilihan paling tepat. Selain terkenal praktis dari segi penggunannya, dress wanita ini juga bisa memberikan kesan lebih elegan dan ramping lho.

Definisi Little Black Dress

Little black dress merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan gaun hitam berpotongan sederhana yang juga menjadi pakaian wajib setiap wanita. Sekalipun model dress yang satu ini terkesan klasik dan kuno tapi sampai saat ini little black dress tetap di sukai oleh banyak wanita dari berbagai belahan dunia.

Little Black Dress

Sumber : https://www.lilysilk.com/

Catatan sejarah menyebutkan, jauh sebelum digunakan sebagai pelengkap fashion wanita dan menjadi bagian dari dunia mode, pakaian serba hitam yang dikenal dengan nama little black dress ini konon dulu lebih banyak dipakai sebagai pakaian berkabung wanita Eropa selama 2 tahun untuk mengenang meninggalnya sang suami.

Little Black Dress

Sumber : https://poshmark.com/

Gaun yang dipakai oleh wanita di Eropa pada masa itu kebanyakan terbuat dari sutra berwarna hitam tanpa detail tertentu, hanya saja pada bagian dadanya biasa diberi tambahan pita atau bros. Sementara untuk ukuran panjangnya beberapa ada yang dibuat panjang ataupun pendek sesuai kebutuhan pemakainya. 

Little Black Dress

Sumber : http://www.shopthings.com/

Dari yang awalnya hanya dikenakan untuk suasana duka, lambat laun dress hitam wanita Eropa ini semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah desainer kondang Gabrielle Coco Chanel membuat sebuah gaun pendek berwarna hitam tanpa lengan pada tahun 1926 yang kemudian juga jadi sampul di majalah Vogue.

Little Black Dress

Sumber : https://www.pastemagazine.com/

Tidak butuh waktu lama setelah dijadikan sampul majalah vogue, dress hitam rancangan Chanel selanjutnya mulai mendapat banyak perhatian dari kalangan sosialita dan selebriti papan atas. Berangkat dari situlah sejumlah wanita kemudian juga mulai menggunakan dress hitam di berbagai acara dan kesempatan.

Little Black Dress

Sumber : https://www.vogue.com.cn/

Puncak popularitas little black dress sendiri terjadi ketika busana dengan nuansa serba hitam ini dikenakan oleh Audrey Hepburn dalam film yang terkenal sepanjang masa “At Tiffany’s Breakfast”. Bahkan sampai sekarang pun konon belum ada busana lain yang bisa mengalahkan keanggunan little black dress tersebut.

Little Black Dress

Sumber : https://id.pinterest.com/

Perkembangan Model Little Black Dress

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, little black dress sendiri pada perkembangannya juga mengalami banyak perubahan desain dan varian lho. Dari yang awalnya dibuat dengan model simple, kini ada juga beberapa model little black dress yang didesain dengan tambahan ruffle bahkan detail lain yang unik.

1. Little Black Dress Model Strapless

Little black dress model strapless merupakan dress wanita tanpa tali di bagian bahu yang dibuat pas sesuai ukuran tubuh dan diberi penyangga agar bentuknya stabil dan tidak turun bila dikenakan.

Little Black Dress

Sumber : https://www.zalora.co.id/

2. Little Black Dress Tali Spageti

Little black dress tali spageti merupakan model gaun wanita tanpa lengan yang memiliki kemiripan bentuk dengan little black dress model strapless hanya saja pada bagian atasnya diberi tambahan tali bahu.

Little Black Dress

Sumber : https://www.luulla.com/

3. Little Black Dress Tanpa Lengan

Little black dress tanpa lengan menjadi salah satu model dress wanita yang memiliki desain simple dan elegan. Bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya, little black dress ini bisa dipakai untuk acara casual maupun formal.

Little Black Dress

Sumber : https://www.formalgownaustralia.com/

4. Little Black Dress Lengan Pendek

Little black dress lengan pendek merupakan gaun wanita yang diperoleh dari pengembangan little black terdahulu. Keberadaan lengan pada gaun wanita ini akan menambah kesan lebih sopan pada orang yang mengenakannya.

Little Black Dress

Sumber : https://www.dressestime.com/

5. Little Black Dress Lengan Panjang

Little black dress lengan panjang menjadi model dress berikutnya yang bisa anda kenakan dalam setiap kesempatan. Desainnya yang tertutup di bagian lengan akan memberikan perlindungan yang maksimal meski dipakai seharian.

Little Black Dress

Sumber : https://www.formalgownaustralia.com/

6. Little Black Dress One Shoulder

Little black dress one shoulder merupakan dress yang hanya mempunyai satu lengan, bisa di bagian kanan maupun bagian kiri saja. Tampilannya yang modis dan elegan menjadikan dress ini tampak begitu menawan saat dikenakan dalam acara pesta.

Little Black Dress

Sumber : https://lulusfashionflair.com.au/

7. Little Black Dress Off Shoulder

Little black dress off shoulder dengan potongan simple secara umum memiliki model yang terbuka dibagian pundak sehingga mengekspos seluruh bahu pemakainya. Model dress semacam ini sangat identik dengan musim panas. 

Little Black Dress

Sumber : http://www.sheprom.com/

8. Little Black Dress V Neck

Little black dress dengan potongan leher V merupakan model dress yang cocok dipakai oleh wanita dengan banyak lekuk tubuh. Desainya yang terbuka di bagian dada bisa  mengalihkan pandangan orang dan menimbulkan ilusi pinggang yang lebih sempit.

Little Black Dress

Sumber : https://www.hush-uk.com/

9. Little Black Dress Pas Badan

Little black dress dengan potongan pas badan merupakan pilihan yang tepat untuk wanita yang bertubuh mungil. Potongannya yang lurus memanjang akan membuat ilusi lebih tinggi dan ramping pada wanita yang mengenakannya.

Little Black Dress

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Little Black Dress Aksen Kerut

Little black dress dengan aksen kerut merupakan model gaun wanita yang dilengkapu dengan elastis di bagian pinggang. Desainnya yang sedemikian unik akan memberikan ilusi lebih ramping pada wanita yang mengenakannya.

Little Black Dress

Sumber : https://www.amazon.com/

Tips Memilih Little Black Dress

Menemukan sedikit kesulitan ketika harus memilih little black dress yang cocok dipakai pada acara pesta maupun acara penting lainnya?. Untuk memudahkan anda dalam memilih little black dress berikut kami bagikan tipsnya hanya untuk anda. 

Little Black Dress

Sumber : https://m.alibaba.com/

1. Pilih Model Yang Tepat

Pilih model little black dress yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai referensi anda bisa memilih satu diantara sekian banyak model little black dress yang sudah disebutkan di atas.

  • Untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya juga bila anda mencoba dan memiliki model little black dress sebanyak mungkin.
  • Hal paling penting yang harus diperhatikan yaitu pilihlah little black dress yang akan membuat anda tetap bebas duduk, berjalan, maupun bergerak.

2. Bahan Little Black Dress

Selain model perhatikan juga kualitas bahan yang dimiliki sepotong little black dress. Memilih material anti kerut dan cepat kering sangat membantu anda untuk tampil maksimal terutama saat ada acara di luar kota.

  • Untuk memudahkan anda saat melakukan pencucian akan lebih bagus bila anda memilih little black dress yang bahannya mudah dicuci.
  • Utamakan untuk memilih little black dress yang berbahan ringan namun tidak mudah robek meski sudah dipakai berulang kali.
  • Saat cuaca panas pilih little black dress yang nyaman, mudah menyerap keringat, serta tidak membuat gerah ketika dikenakan untuk beraktifitas.

3. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Pastikan ukuran dress yang anda pilih sesuai dengan ukuran badan anda. Meski little black dress membuat penampilan menjadi aman dan memberi kesan lebih ramping namun penting bagi anda untuk selalu memilih little black dress yang ukurannya pas, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.

  • Ukuran little black dress yang terlalu longgar akan membuat badan anda tenggelam dalam baju yang anda pakai.
  • Sebaliknya ukuran little black dress yang terlalu ketat juga akan membuat tubuh anda kesempitan dan sulit bernafas.

4. Utamakan Kualitas

Untuk anda yang berencana membeli little black dress, penting bagi anda untuk selalu mengutamakan kualitas ketimbang kuantitasnya. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan harga dress yang murah lantas anda mengorbankan rasa nyaman yang segarusnya anda dapatkan ketika mengenakan dress tersebut.

5. Jahitan Little black dress

Untuk memastikan bahwa little black dress yang anda beli memang berkualitas baik perhatikan bentuk jahitannya. Little black dress yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan little black dress yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi little black dress harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap lainnya.

Tutorial Membuat Little Black Dress

Lebih tertarik untuk membuat little black dress sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat menghadiri acara pesta maupun acara lainnya?. Khusus untuk anda yang berminat membuat little black dress sendiri berikut kami bagikan sedikit tips yang bisa anda terapkan dalam membuat little black dress.

1. Siapkan Referensi Model Dress

Siapkan referensi model little black dress yang anda inginkan. Supaya lebih mudah anda bisa browsing di internet atau mencari inspirasi dari majalah fashion.

  • Untuk masalah model atau desain little black dress sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Usahakan untuk membuat desain dress wanita yang cocok dengan usia anda.
  • Pastikan desain dan model little black dress wanita yang anda pilih tidak terlihat terlalu tua atau bahkan kekanak-kanakan.

2. Pilih Bahan Kain Yang Sesuai

Untuk membuat little black dress yang berkualitas pilih bahan kain yang sesuai dengan desain little black dress anda. Selain itu perhatikan pula beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Pastikan bahan kain yang akan anda gunakan untuk membuat little black dress memiliki daya serap keringat yang baik dan tidak membuat tubuh anda kepanasan.
  • Untuk membuat little black dress yang transparan tambahkan furing yang nyaman saat dikenakan dan dapat menyerap keringat. Samakan ukuran furing ini dengan ukuran little black dress.

3. Tetapkan Ukuran Dress

Buat little black dress sesuai ukuran badan anda agar little black dress tersebut terasa lebih nyaman saat dikenakan. Untuk membuat sebuah little black dress yang berkualitas dan terasa nyaman saat dikenakan perlu dilakukan pengukuran yang tepat.

  • Usahakan untuk tidak mendesain little black dress dalam ukuran yang sangat ketat, agar tubuh anda tetap mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.
  • Usahakan untuk membuat little black dress dengan ukuran yang agak longgar apalagi jika anda ingin mengenakannya dengan hijab.

4. Membuat Pola Little Black Dress

Selesai melakukan pengukuran selanjutnya anda tinggal membuat pola little black dress sesuai model yang anda inginkan.  Pola little black dress yang sudah disiapkan selanjutnya diperiksa kembali sesuai prosedur sebagai berikut.

  • Hitung jumlah pola little black dress  kemudian periksa tanda-tanda polanya, termasuk arah serat bahan serta tanda pola little black dress bagian muka dan pola little black dress bagian belakang.
    • Pola little black dress bagian muka hendaknya digambar dengan pensil merah atau diberi keterangan “pola muka”.
    • Pola little black dress bagian belakang hendaknya digambar dengan pensil biru atau diberi keterangan “pola belakang”.
  • Untuk kampuh dan kelim pada little black dress besarnya bisa berbeda-beda.
  • Lakukan pengecekan ulang ukuran pola untuk meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan.

5. Pemotongan Bahan Kain

Setelah menentukan ukuran dan membuat pola little black dress sekarang saatnya bagi anda untuk memotong bahan kain dengan menggunakan gunting khusus kain.

  • Mulailah memotong bahan yang paling dekat dengan tepi terlebih dahulu. Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Potong bahan kain dari bagian pola yang besar baru pola yang.
  • Supaya hasil guntingan yang didapatkan terkesan tampak rata dan halus gunakan gunting yang tajam.

6. Menjahit Little Black Dress

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya anda tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain hingga membentuk dress wanita yang cantik.

Cara Padupadan Little Black Dress

Sudah menemukan little black dress yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda tapi masih bingung bagaimana padupadannya?. Sebagai bahan pertimbangan, penting bagi anda untuk memadupadankan little black dress dengan aksesoris yang tepat agar penampilan anda menjadi makin stylish dan trendy.

1. Headband atau Bando Lebar

Saat menghadiri acara yang tidak terlalu resmi, kenakan little black dress dengan headband atau bando lebar yang memiliki efek berkilau. Dengan cara ini anda tidak perlu menambahkan aksesoris lain sebagai pelengkapnya.

2. Sarung Tangan dan Kalung Mutiara

Tampil memukau dalam balutan little black dress yang dipadukan dengan sarung tangan berwarna senada dan kalung mutiara putih di bagian leher masih menjadi salah satu gaya legendaris hingga sekarang.

3. Kalung Bertumpuk

Untuk mempertegas garis leher supaya terkesan sedikit lebih jenjang, tambahkan kalung yang memiliki model bertumpuk. Selain menambah kesan jenjang busana yang anda kenakan juga tidak akan terlihat membosankan.

4. Gelang Bertumpuk

Gelang bertumpuk dan little black dress menjadi perpaduan yang sempurna untuk tampil gaya dalam acara pesta. Hal yang perlu diingat adalah jangan menggenakan kalung bertumpuk dengan gelang yang juga sama-sama bertumpuk.

5. Anting Panjang

Sebagai alternatif lain, kenakan anting berukuran panjang atau anting berbentuk bulat yang didesain dalam warna-warna metalik seperti emas atau perak. Pastikan saja ukuran dan bentuk anting tidak terlalu ramai supaya tampilan anda tidak terkesan berlebih.

6. Sepatu

Memfokuskan penampilan pada pemilihan sepatu bisa anda lakukan jika tidak ingin memakai aksesori berlebihan. Dalam hal ini anda bisa mengenakan sepatu high heels dengan detail ornamen, sepatu berwarna terang, atau sepatu berdetail glitter.

7. Jaket Kulit

Punya jaket kulit yang sudah lama tidak terpakai?. Untuk anda yang suka bereksperimen, memadukan model jaket seperti ini dengan dress pendek berwarna hitam mengubah tampilan semi formal menjadi super casual.

8. Jaket Denim

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jaket denim yang dipadukan dengan warna hitam bisa menjadi kombinasi yang sangat casual sekaligus trendy. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih klasik anda bisa juga memilih denim jacket distressed yang berwarna pudar.

Berencana untuk membuat jaket denim sendiri untuk keperluan pribadi?. Anda bisa mendownload pola jaket denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual dari kami Di Sini. Berikut standar ukuran untuk jaket denim di Fitinline.

Standar Ukuran Jaket Denim

Untuk membeli bahan kainnya anda juga bisa melihat-lihat dulu koleksi kain denim kami Di Sini.

Demikian pembahasan singkat mengenai evolusi model little black dress lengkap dengan tips memilih, membuat dan padupadannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar desain fahion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.