Article

Homepage Article Fesyen Muslim 7 Tips Memilih Baju Gamis…

7 Tips Memilih Baju Gamis Pria Baik Dari Segi Model, Ukuran Hingga Kualitas Jahitan

Bingung memilih busana muslim pria yang bagus dikenakan pada acara pengajian, silaturahmi, idul fitri dan idul adha?. Mungkin mengenakan jubah atau gamis pria bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba. Buat anda yang membutuhkan masukan dalam memilih baju gamis perhatikan beberapa kriteria penting sebagai berikut.

Pengertian Gamis Pria

Jubah atau gamis pria merupakan sejenis pakaian muslim pria yang dominan digunakan di Timur Tengah dan negara Islam sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari maupun busana resmi. Khusus di Arab jubah atau gamis ini biasa disebut dengan tsaub, disydasya dan kandurah sementara di Somalia lebih populer dengan nama khomis.

Baju Gamis Pria

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ditinjau dari desain dan tampilannya, gamis sendiri sebenarnya lebih tampak seperti baju kurung yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan berlengan panjang, serupa dengan jubah, kaftan atau tunik. Cara penggunaan gamis ini seringkali dipadukan dengan izaar (sarung) atau bantholun (celana pantalon) di bagian dalamnya.

Baju Gamis Pria

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Selain dikenakan dengan izaar maupun bantholun pada perkembangannya pakaian muslim pria ini juga sering dipadukan dengan sirwal, semacam celana pria yang berpotongan cingkrang, berbentuk lebar dan memiliki panjang diatas mata kaki. Kadang ditambahkan pula bisht (mantel panjang) yang berwarna gelap.

Baju Gamis Pria

Sumber : https://www.muslimarket.com/

Tips Memilih Gamis Pria

Berkeinginan untuk mengenakan gamis pria sebagai pelengkap gaya penampilan tapi masih bingung harus memilih gamis yang seperti apa?. Sebelum membeli gamis pria sebaiknya pertimbangkan dengan baik model dan bahannya agar gamis yang pilih benar-benar nyaman dipakai ketika beraktivitas.

1. Model Gamis Pria

Pilih baju gamis pria yang modelnya cocok dengan tubuh dan penampilan agar anda bisa lebih percaya diri ketika mengenakan gamis tersebut.

  • Baju gamis yang ideal biasanya memiliki saku pada sisi kiri dan kanan serta bagian depan, baik itu didepan dada bagian kiri maupun sebelah kanan.
  • Model baju gamis untuk pria yang trendy biasanya memiliki kancing yang tampak atau tidak tampak dengan tambahan bordir di bagian dada dan leher serta lengan.
  • Untuk gamis pria yang dibuat tanpa tambahan bordir, kombinasi warna kain dan motifnya juga bisa menjadikan gamis tampak trendy.

Baju Gamis Pria

Sumber : https://www.blanja.com/

2. Panjang Gamis Pria

Biasanya pakaian muslim pria dengan dengan model gamis memiliki panjang dari bahu sampai mata kaki. Tapi kalau anda ingin memakai model baju gamis yang panjangnya hanya sampai diatas mata kaki maka anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan sarung atau celana panjang.

  • Sesuaikan panjang gamis dengan tinggi badan sehingga bagian bawahnya tidak kepanjangan atau kependekan.
  • Memilih gamis yang sesuai dengan tinggi badan jika akan membuat anda lebih nyaman dan percaya diri.

Baju Gamis Pria

Sumber : https://www.instagram.com/teukuwisnu/

3. Warna Gamis Pria

Ketika memilih baju gamis pria utamakan untuk memilih yang berwarna putih karena warna putih ini merupakan warna yang dicintai oleh Rasulullah. Meskipun demikian tidak ada larangan juga bila anda ingin memilih warna yang cocok dengan warna kulit.

a. Kulit Putih Cerah

Untuk anda yang memiliki warna kulit putih anda bisa menggunakan busana muslim pria dengan warna apapun.

b. Kulit Sawo Matang

Khusus untuk anda yang memiliki kulit sawo matang sebaiknya pilih warna baju gamis pria yang sedikit cerah.

c. Kulit Gelap

Bagi anda yang memiliki kulit gelap hindari memakai pakaian muslim pria dengan warna yang gelap pula karena cara ini akan membuat kulit anda jadi tampak kusam.

d. Kulit Kuning Langsat

Untuk anda yang memiliki kulit kuning langsat anda bisa memilih warna gamis yang cukup bervariasi mulai dari warna terang hingga gelap sesuai dengan selera anda masing-masing.

4. Bahan Gamis Pria

Terkait dengan bahan kain yang dipakai untuk membuatnya, sangat disarankan bagi anda untuk memilih bahan gamis pria yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan mudah. Tujuan utamanya tidak lain agar gamis yang anda miliki tetap nyaman ketika dipakai untuk beraktifitas seharian.

  • Ketika memilih bahan kain yang cocok untuk gamis anda tetap harus mempertimbangkan berat kainnya, jangan sampai terlalu tebal dan terlalu berat.
  • Ketebalan bahan kain untuk baju gamis yang cocok yaitu tidak sampai “tembus pandang” ketika dilihat dari luar.
  • Pastikan bahan yang dipakai untuk membuat gamis memiliki daya serap keringat yang cukup baik dan tidak membuat tubuh kepanasan.
  • Secara sederhana idealnya bahan baju gamis yang berkualitas tersusun atas komposisi 80% polyester dan 20% cotton (katun).
  • Susunan bahan yang seperti ini sangat cocok untuk memberikan kenyamanan bagi anda, karena bahannya yang ringan dan sejuk dikenakan.
  • Untuk memudahkan anda saat melakukan pencucian akan lebih bagus bila anda memilih gamis pria yang bahannya mudah dicuci.

Sama halnya dengan baju koko pria, bahan yang digunakan untuk membuat gamis pria sendiri pada prinsipnya juga mengalami banyak perkembangan. Beberapa jenis bahan yang dimaksud yakni berupa kain rayon, kain katun biasa, kain katun toyobo, kain poplin, kain linen, kain chambray, kain supernova serta kain balotelli.

a. Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang diperoleh dari serat hasil regenerasi selulosa. Karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya, jadi kain rayon ini biasa disebut sebagai serat semisintesis.

b. Kain Katun Biasa

Kain katun biasa merupakan jenis bahan kain yang bagus digunakan untuk membuat baju gamis pria. Dibandingkan dengan jenis katun yang lain, bahan ini kebanyakan memiliki daya serap keringat yang lumayan baik.

  • Kain katun juga terkenal adem, sangat lembut dan halus saat digunakan.
  • Bahan yang dimiliki oleh kain katun otton ini sangat ringan dan enteng.
  • Bahannya yang tidak terlalu tebal sangat cocok digunakan di lingkungan yang panas sekalipun.
  • Kain katun memiliki sifat yang sangat kuat dan tidak mudah sobek
  • Kain katun cenderung tidak mudah luntur ataupun berubah warna. Meski sudah dipakai selama bertahun-tahun akan tetap awet.

c. Kain Katun Toyobo

Kain katun toyobo merupakan salah satu jenis katun jepang yang mempunyai permukaan halus, lembut dan agak mengkilap, sangat cocok digunakan untuk kemeja, baju gamis pria.

  • Serat kain katun toyobo cenderung kuat dan rapat, serta serabut benangnya tidak mudah terurai.
  • Kain katun toyobo memiliki karakteristik adem, halus, lembut, ringan dan agak mengkilap.
  • Ketahanan kain katun toyobo tidak perlu diragukan lagi begitu pula dengan keawetan warnanya.
  • Ketebalan kain katun toyobo sangat pas untuk membuat berbagai model baju gamis pria karena bahannya tidaklah menerawang.

d. Kain Poplin

Kain poplin merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun. Sebagai bahan pakaian yang berkualitas kain poplin ini bisa dijumpai dalam dua varian yang berbeda yakni dalam bentuk Kain Poplin Plat dan Kain Poplin Stretch yang lentur.

  • Kain poplin plat secara umum bersifat tidak stretch (melar). Kain ini juga mempunyai kelembutan yang sempurna sehingga sangat cocok dipakai di daerah tropis.
  • Kalau anda menghendaki baju koko yang memiliki tingkat kelenturan  tinggi dan bersifat stretch maka kain poplin stretch bisa dijadikan pilihan yang tepat.

e. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua dari serat alami tumbuhan linen yang memiliki karakteristikistimewa yakni bertekstur sangat halus jika disentuh. Variasi lain dari linen yang juga bagus untuk membuat baju gamis yaitu berupa Kain Linen Rami.

  • Kain linen rami tahan terhadap bakteri maupun jamur.
  • Permukaan kain linen rami agak kasar dan cenderung terlihat serat kainnya.
  • Kain linen rami mampu menyerap molekul air yang baik sehingga cepat kering jika basah.
  • Sifat rami yang terkenal kuat membuat bahan tenunan rami sangat berkilau, tahan cuci dan warnanya tidak mudah berubah oleh sinar matahari.
  • Kain linen rami juga nyaman dipakai, tidak panas dan tidak transparan.

f. Kain Chambray

Kain chambray merupakan kain yang memiliki tampilan fisik seperti denim namun cenderung lebih tipis sehingga tetap nyaman dan dingin saat dikenakan. Kain ini sebenarnya juga ada yang bermotif fantasi denim ada pula yang bermotif oxford.

g. Kain Supernova

Kain supernova merupakan salah satu jenis kain katun yang bahannya halus, lembut, adem dan tidak tembus pandang kecuali untuk supernova warna putih. Dalam satu lembar kain supernova bisa dijumpai adanya 2 warna secara bersamaan.

  • Kain supernova umumnya juga memiliki tekstur misty (seperti motif gerimis).
  • Tekstur misty yang terdapat pada kain supernova ini bisa dilihat secara jelas dari foto close up yang diambil dari kain supernova warna black atau mocca.
  • Untuk variasinya dikenal dua jenis karakter kain supernova.
  • Kain supernova sedang yang tampilannya agak jatuh.
  • Kain supernova tebal yang teksturnya sedikit kaku di bandingkan yang sedang.

h. Kain Balotelli

Kain balotelli merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik padat, bertekstur ringan, terkesan jatuh dan tidak menerawang. Dengan tampilannya yang halus, ringan, jatuh dan bertekstur khas kain ini layak menjadi salah satu bahan dari baju gamis terbaik.

  • Kain balotelli memiliki karakteristik padat, bertekstur ringan, terkesan jatuh, dan tidak menerawang.
  • Sepintas tekstur kain baloteli terlihat sangat mirip dengan kain satin, tetapi jika diamati secara detail sebenarnya sedikit lebih kasar.
  • Kain balotelli tersedia dalam berbagai macam warna yang menarik.

5. Ukuran Gamis Pria

Memaksakan diri untuk membeli baju yang ukurannya tidak pas memiliki efek yang tidak baik terutama bila dikaitkan dengan faktor kenyamanan. Karena itulah untuk alasan kenyamanan pastikan baju gamis pria yang anda pilih ukurannya benar-benar pas dan sesuai dengan bentuk tubuh.

  • Memilih baju gamis pria yang ukurannya terlalu kecil atau ketat hanya akan membuat tubuh anda merasa sesak dan sulit untuk bergerak.
  • Sebaliknya jika baju gamis pria yang anda pilih ukurannya terlalu besar yang ada tubuh anda akan tenggelam dalam baju yang anda kenakan.
  • Selalu ingat bahwa antara baju gamis pria dari brand yang satu ukurannya bisa saja berbeda dengan brand pakaian lain. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membelinya pastikan bahwa ukurannya memang sudah sesuai dengan kebutuhan. Kalau masih ragu bandingkan dengan produk lain yang sejenis.
  • Saat membeli sebuah pakaian lihat dulu label yang tertera pada produk tersebut agar anda tidak salah dalam memilih ukuran.  
  • Jangan pernah berani membeli sebuah pakaian kalau tidak memiliki keterangan size atau ukuran yang lengkap, bahkan tidak memiliki keterangan size sama sekali.

6. Harga Gamis Pria

Sesuaikan baju gamis pria yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya kerena ingin tampil gaya dengan baju bermerek mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

  • Untuk anda yang berencana membeli gamis pria, penting bagi anda untuk selalu mengutamakan kualitas ketimbang kuantitasnya.
  • Tidak masalah bila anda mencari baju gamis pria yang murah asal bahannya berkualitas pasti pakaian muslim pria tersebut akan tampak mewah dan berkelas.
  • Untuk memastikan bahwa baju gamis pria yang anda pilih memang berkualitas coba bandingkan baju gamis pria yang bahannya sejenis di toko lain.
  • Dengan membandingkan baju gamis pria, peluang untuk menemukan gamis pria yang harganya jauh lebih murah tapi kualitasnya tetap sama bagus bisa lebih besar.

7. Kualitas Jahitan Gamis

Sama halnya dengan jenis pakaian lain, untuk memastikan bahwa gamis pria yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan detail dan bentuk jahitanya. Gamis pria yang bagus paling tidak harus dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan gamis pria yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan pada gamis pria maka semakin halus dan rapat juga hasil jahitan yang ditampilkannya.
  • Obrasan pada tepi gamis pria harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap pakaian lainnya.

Lebih tertarik untuk membuat jubah atau gamis pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Jubah/Gamis Pria siap pakai dari kami Di Sini. Standar ukuran untuk jubah atau gamis pria di Fitinline adalah sebagai berikut.

Ukuran Gamis Pria

Pola jubah atau gamis pria yang ada di Fitinline merupakan pola yang dibuat untuk konsumsi rumahan dalam bentuk file PDF. Setelah dicetak, pola baju gamis pria ini harus disusun sesuai dengan ukuran nomor yang tertera di halaman. Panduan penyusunan halaman ada di lembar panduan yang ada di dalam paket pola.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana dalam memilih gamis pria yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dijadikan referensi dalam memilih model busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.