Article

Homepage Article Fashion Design Pemanfaatan Buah Apel Sebagai…

Pemanfaatan Buah Apel Sebagai Bahan Pembuatan Vegan Leather

Dari waktu ke waktu, inovasi dalam dunia fashion terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu buktinya bisa dilihat dari kemunculan vegan leather dari buah apel yang dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan kulit hewan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apa Itu Vegan Leather

Vegan leather adalah bahan alternatif yang digunakan untuk menggantikan kulit hewan dalam pembuatan berbagai produk seperti tas, sepatu, pakaian, aksesoris dan produk fashion yang lain. Bahannya pun berasal dari berbagai material sintetis atau alami, jadi tidak mengandung unsur hewani sama sekali.

Vegan Leather

Sumber : https://www.dezeen.com/

Karena tidak mengandung unsur hewani, bahan kulit imitasi / artificial leather inipun umumnya juga menawarkan banyak keunggulan yang tidak dimiliki kulit binatang asli. Walaupun memang kualitas dan daya tahan vegan leather dapat bervariasi tergantung pada jenis bahan dan teknik produksi yang digunakan.

Vegan Leather

Sumber : https://www.fastcompany.com/

Beberapa keunggulan yang dimiliki vegan leather diantaranya:

  • Vegan leather menjadi pilihan yang lebih etis bagi mereka yang peduli dengan kesejahteraan hewan.
  • Vegan leather memberikan manfaat tambahan dalam hal pengurangan limbah.
  • Vegan leather menawarkan alternatif yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan dibandingkan dengan proses penyamakan kulit hewan yang memerlukan banyak bahan kimia berbahaya.
  • Vegan leather dapat diproduksi dalam berbagai tekstur, warna dan pola, sehingga memungkinkan lebih banyak kreativitas dalam desain produk.
  • Vegan leather cenderung lebih mudah dibersihkan dibanding kulit binatang asli, serta tidak memerlukan perawatan khusus seperti penggunaan pelembab kulit.

Pembuatan Apple Leather

Dilihat dari bahan baku utamanya, vegan leather sendiri sebenarnya dapat diciptakan dari berbagai jenis material yang berbeda, salah satu bahan yang dimaksud yakni berupa sisa kulit dan daging buah apel yang menghasilkan “apple leather”.

Vegan Leather

Sumber : https://en.pinkoi.com/

Untuk mengolah sisa kulit dan daging buah apel menjadi “apple leather” sendiri prosesnya bisa dibilang cukup panjang. Berikut gambaran singkat mengenai proses produksi apple leather yang menjadi produk sampingan dari industri jus apel dan saus apel.

  • Pertama sisa-sisa buah apel termasuk kulit dan daging buahnya yang sudah bersih dan bebas dari biji dikumpulkan.
  • Sisa-sisa buah apel yang sudah dikumpulkan selanjutnya dikeringkan dan digiling biar halus.
  • Bahan tersebut kemudian dapat dicampur dengan poliuretan dan dilaminasi pada kain katun atau poliester daur ulang untuk membantu memberikan struktur dan elastisitas pada apple leather.
  • Campuran dari seluruh bahan lalu diproses lebih lanjut untuk membuat lembaran apple leather sesuai dengan kepadatan dan ketebalan yang diinginkan.
  • Apple leather yang sudah berbentuk lembaran selanjutnya dapat diberi pewarna alami ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk banyak kebutuhan.

Vegan Leather Vegan Leather

Sumber : https://www.rahui.com/, https://melinabucher.com/

Penggunaan Apple Leather

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, apple leather sendiri bisa digunakan untuk membuat berbagai produk fashion, furniture dan berbagai produk lainnya. Banyaknya pilihan warna yang ada, memungkinkan pengguna untuk mengolah apple leather sesuai kebutuhan desain.

  • Untuk pelengkap keperluan fashion apple leather dapat dimanfaatkan untuk membuat sepatu, tas, dompet, ikat pinggang, pakaian, label dan aksesoris.
  • Untuk pelengkap keperluan rumah tangga apple leather dapat dimanfaatkan untuk membuat kulit sofa, sarung bantal sofa dan masih banyak lagi.

Vegan Leather

Sumber : https://appleleather.com/

Berbicara mengenai apple leather, baru-baru ini brand MARHEN.J asal Korea Selatan diketahui berhasil membuat kemajuan dalam industri fashion ramah lingkungan dengan menggunakan apple leather sebagai bahan utama pembuatan tas.

  • Tas apple leather buatan MARHEN.J diproduksi menggunakan teknologi dari Italia dan dirancang oleh desainer terbaik.
  • Tas apple leather buatan MARHEN.J dikombinasikan pula dengan bahan polyester untuk memaksimalkan kinerja tas supaya lebih awet dan kuat.
  • Tas apple leather buatan MARHEN.J sangat mudah dibersihkan dengan menggunakan tisu basah untuk mengusap noda atau cipratan air hujan.
  • Tas apple leather buatan MARHEN.J memiliki karakter lembut, ringan, tahan air dan tahan lama.

Vegan Leather

Sumber : https://thesmartlocal.kr/

Selain membuat tas, MARHEN.J juga membuat gantungan unik untuk menghias tas yang dibentuk seperti kaktus, tulip dan apel.

Vegan Leather

Sumber : https://thesmartlocal.kr/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai kelebihan dari vegan leather dan bagaimana cara pemanfaatan buah apel sebagai bahan pembuatan kulit imitasi. Selain memberikan alternatif berkelanjutan untuk kulit hewan, menggunakan vegan leather juga bisa membantu mengurangi limbah makanan dengan cara yang kreatif dan ramah lingkungan.

Butuh bahan kulit berkualitas untuk membuat kulit sofa dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kulit Sintetis terbaik yang kami miliki.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.