Article

Homepage Article Fashion Design 6 Keunggulan Pakaian Dengan…

6 Keunggulan Pakaian Dengan Label UPF Yang Punya Fungsi Pelindung Sinar UV

Pilih pakaian yang memiliki fungsi proteksi sinar ultraviolet dan dilengkapi dengan nilai UPF (Ultraviolet Protection Factor) tinggi jika kamu biasa melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Selain efektif melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, pakaian tersebut sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan lain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pakaian UPF

Pakaian dengan label Ultraviolet Protection Factor (UPF) adalah salah satu jenis sun-protective clothing alias pakaian yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraiolet (UV) dan mengurangi jumlah radiasi UV yang mencapai kulit.

  • UPF (Ultraviolet Protection Factor) sendiri merupakan standar yang digunakan untuk mengukur perlindungan kulit dari sengatan matahari.
  • UPF (Ultraviolet Protection Factor) juga menunjukkan jumlah radiasi ultraviolet yang dapat menembus kain dan mencapai permukaan kulit.

Pakaian UPF

Sumber : https://www.amazon.ca/

Untuk mengukur seberapa efektif sebuah pakaian dalam melindungi kulit dari radiasi UV, UPF (Ultraviolet Protection Factor) sendiri memiliki rentang angka 15 hingga 50+, dengan indeks angka yang lebih tinggi menunjukkan perlindungan yang lebih besar.

  • UPF 15-20 menawarkan tingkat perlindungan matahari yang baik.
  • UPF 25-35 menawarkan tingkat perlindungan matahari yang ideal.
  • UPF 40-50+ memberikan tingkat perlindungan matahari yang sangat baik.

Pakaian UPF

Sumber : https://www.blibli.com/

Dari penjelasan di atas bisa dilihat, bahwa UPF 50+ menjadi peringkat UPF tertinggi yang dapat dicapai suatu produk pakaian karena dapat melindungi kulit lebih lama dari pada kondisi kulit terbuka. UPF 50+ juga menunjukkan bahwa hanya 2% sinar UV yang dapat menembus pakaian.

Keunggulan Pakaian UPF

Mau tahu apa saja nilai lebih dari pakaian yang memiliki label UPF?. Buat kamu yang ingin tahu jawabannya, berikut kami bagikan beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus menggunakan pakaian UPF saat beraktivitas di luar ruangan terutama ketika cuaca panas. 

1. Punya Perlindungan Yang Maksimal

Pakaian dengan label UPF dapat meminimalisir radiasi UV yang mencapai kulit sekaligus memberikan perlindungan yang lebih maksimal dibanding tidak memakai perlindungan anti UV apa pun.

Pakaian UPF

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Lebih Praktis dan Tahan Lama

Pakaian dengan label UPF menawarkan solusi yang lebih praktis dan tahan lama untuk melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV yang dihasilkan sinar matahari. Dengan begitu kamu tidak perlu repot mengaplikasikan sunscreen berkali-kali ketika beraktivitas di luar ruangan.

3. Nyaman Digunakan Seharian

Pakaian dengan label UPF biasanya terbuat dari bahan yang memiliki serat rapat, memiliki lapisan khusus atau ditambah dengan teknologi khusus untuk meningkatkan perlindungan UV. Berkat kemajuan teknologi tekstil, pakaian dengan label UPF pun kini jadi lebih ringan, breathable dan terasa lebih nyaman saat digunakan. 

  • Serat alami seperti katun dapat diberi perlakuan khusus untuk meningkatkan UPF.
  • Sementara serat sintetis seperti poliester atau nylon sering kali sudah memiliki tingkat perlindungan UV yang lebih tinggi.

Pakaian UPF

Sumber : https://www.amazon.de/

4. Bisa Mencegah Kerusakan Kulit

Pakaian dengan label UPF dapat digunakan untuk membantu mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, termasuk penuaan dini dan kanker kulit terutama bagi mereka yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.

5. Cocok Untuk Berbagai Aktifitas

Pakaian dengan label UPF cocok untuk segala usia dan berbagai tingkat aktivitas, termasuk aktivitas olahraga. Orang-orang yang bisa mendapatkan keuntungan dari pakaian dengan label UPF ini diantaranya:

  • Anak-anak yang sulit untuk diolesi tabir surya.
  • Orang yang sering beraktifitas di lingkungan perairan dan tidak mungkin sering-sering mengaplikasikan sunscreen.
  • Orang dengan riwayat kanker kulit dan berbagai penyakit kulit lainnya.
  • Siapa saja yang bekerja di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

Pakaian UPF

Sumber : https://www.amazon.de/

Sementara untuk keperluan olahraga, pakaian dengan label UPF dapat juga dijadikan sebagai outfit andalan saat bermain golf, sepak bola, bola voli, lari, bersepeda dan renang.

6. Minim Perawatan

Pakaian dengan label UPF kebanyakan sangat mudah dicuci dan dibersihkan, sehingga kamu tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk memberikan perawatan khusus. Tapi untuk menjaga efektivitas pakaian UPF, lebih baik gunakan deterjen yang lembut dan bebas bahan pemutih.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat menenai beberapa keunggulan yang ditawarkan pakaian UPF. Selain melindungi dan mengurangi efek kerusakan kulit jangka pendek maupun panjang akibat paparan sinar matahari, pakaian dengan label UPF juga bisa meningkatkan kinerja dan memungkinkan kamu untuk lebih banyak beraktifitas di luar ruangan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.