Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Light Academia…

Mengenal Light Academia Style dan Busana Yang Identik Dengan Gaya Tersebut

Serupa tapi tak sama dengan gaya preppy yang memberikan kesan nerdy khas anak sekolahan, berikut beberapa ciri khas dari light academia style yang kembali digilai para generasi Z. Untuk mengetahui detailnya seperti apa langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Academia Style

Academia style merupakan ikon untuk gaya nerdy namun tetap mempertahankan gaya modis ala para akademisi. Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, academia style sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa sub kategori, mulai dari light academia, dark academia, romantic academia, art academia hingga chaotic academia.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://www.storytellerscottage.com/

Hanya saja dari berbagai sub kategori yang sudah disebutkan di atas, style light academia memang menjadi salah satu style yang paling terkenal dan paling banyak mencuri perhatian para fashion enthusiast khususnya generasi Z untuk kembali mengulik elemen-elemen klasik yang identik dengan gaya tersebut.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karakteristik Light Academia

Sebagai salah satu cabang dari “academia style” atau subkultur yang mengandalkan pengaruh intelektual dan budaya, estetika light academia dapat didefinisikan sebagai bagian kehidupan dari siswa yang hangat dan positif dan menyenangkan. Beberapa karakteristik paling khas dari light academia yang membedakannya dengan style lain yaitu:

  • Light academia banyak terinspirasi dari pakaian retro ivy-league yang dikenakan siswa di abad ke-19 dan ke-20.
  • Light academia mengedepankan earth tone dengan nuansa yang lebih terang dan menenangkan, seperti warna nude, cream, cokelat muda, ivory, taupe, hingga off white.
  • Light academia lebih banyak menggambarkan penampilan yang anggun dan lembut.

Untuk pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish terdapat pula beberapa fashion item yang harus anda miliki jika ingin mengusung estetika light academia ke dalam gaya sehari-hari. Beberapa fashion item yang dimaksud antara lain berupa:

1. Knited Sweater

Knited sweater menjadi salah satu basic fashion item yang sangat identik dengan light academia. Untuk pilihan warnanya anda boleh memilih knited sweater yang berwarna netral, tapi pastikan bahannya tetap lightweight alias ringan agar tidak menimbulkan rasa gerah di tubuh.

Sementara dari segi desain atau modelnya, beberapa model sweater yang bisa anda jadikan sebagai light academia outfit antara lain berupa:

  • Sweater O neck atau sweater crew neck yang memiliki lubang leher bulat.
  • Sweater V neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.
  • Sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://labourunion-1986.com/

2. Knited Vest

Selain knitted sweater ada pula knited vest alias vest rajut yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa benang rajut dan biasa dilengkapi dengan kerah berbentuk V yang lancip di bagian bawah. Untuk pelengkap light academia knited vest ini sangat cocok dijadikan sebagai outer dari kemeja atau blus.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://labourunion-1986.com/

Simak juga 4 Tips Padupadan Vest Rajut Untuk Berbagai Gaya dan 5 Cara Mudah Merawat Vest Rajut Supaya Tidak Mudah Rusak.

3. Turtleneck

Selanjutnya ada turtleneck yang didesain dalam bentuk ketat untuk menutupi dan menghangatkan seluruh bagian leher pemakainya. Dinegara-negara empat musim seperti Korea, Jepang, dan Cina, turtleneck ini seringkali dikenakan sebagai pakaian hangat saat musim salju dan musim dingin tiba.

Sebagai salah satu light academia outfit yang cukup populer, turtleneck sendiri dapat dijadikan sebagai inner andalan atau baju dalam ketika mengenakan blazer. Tapi biar tidak gerah pilihlah turtleneck yang bahannya ringan dan mudah menyerap keringat.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://www.kohls.com/

4. Long Sleeved Blouse

Tak kalah menarik dari beberapa fashion item yang sudah disebutkan di atas, long sleeved blouse alias blus lengan panjang juga termasuk ke dalam fashion item yang bisa diandalkan untuk pelengkap light academia.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://aestheticclothes.shop/

5. Tweed Outer dan Blazer

Untuk pelengkap gaya layering kenakan tweed outer (outer dari bahan tweed) dan blazer kotak-kotak. Tweed outer dan blazer kotak-kotak tersebut akan tampak sempurna jika dipadupadankan dengan kaos, turtleneck atau baju dalaman yang tidak terlalu tebal.

Adapun untuk pilihan warnanya, pastikan anda memilih tweed outer dan blazer yang sesuai dengan skema warna terang. Salah satu alasannya yaitu warna-warna terang lebih mudah menampilkan estetika academia style.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Celana Chino

Berikutnya ada celana chino yang memiliki bentuk dasar seperti trouser namun kini juga banyak dikembangkan dalam model lain yang lebih modern. Untuk membuat celana chino ini bahan yang digunakan pun biasanya berupa bahan khusus bernama kain twill yang menawarkan banyak keunggulan.

Light Aesthetic Style

Sumber : https://www.orvis.com/

Butuh bahan twill berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana chino?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain twill yang kami miliki.

Simak juga 7 Fakta Menarik Tentang Celana Chino.

7. Sepatu Klasik

Selain didominasi sejumlah fashion item yang sudah di sebutkan di atas, untuk menyempurnakan light academia outfit supaya makin keren tambahkan pula sepatu klasik seperti oxford shoes atau loafers shoes.

  • Oxford Shoes

Oxford shoes merupakan sepatu bertali (lacing system) yang memiliki hak pendek dan tingginya dibawah mata kaki.

  • Oxford shoes umumnya memiliki desain yang formal dan klasik
  • Oxford shoes cocok dikenakan untuk acara formal dan ke kantor.
  • Loafers Shoes

Loafers shoes merupakan sepatu model slip on yang cara pakainya sangat mudah yakni dengan memasukkan kaki langsung ke sepatu.

  • Loafers shoes umumnya memiliki desain yang lebih santai dan kasual
  • Loafers shoes cocok untuk acara-acara santai atau sehari-hari.

Sementara untuk pilihan aksesori terdapat banyak sekali pilihan aksesori yang identik dengan light academia outfit. Beberapa aksesoris yang dimaksud antara lain berupa dasi, messenger bag dari material kulit atau kacamata baca yang nerdy namun tetap ada sentuhan “terang” pada fashion item tersebut.  

Kesimpulan

Demikian pembasan singkat mengenai karakteristik paling khas dari light academia dan beberapa fashion item yang identik dengan gaya tersebut. Terlepas dari apapun sub kategorinya, yang pasti academia style masih tetap berkisar pada gaya-gaya yang klasik tetapi tetap fokus pada estetika fisik fashion dari pada gaya hidup di sekitar trend.

Dengan mengetahui banyaknya pilihan fashion item yang dapat digunakan untuk pelengkap light academia semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan fashion item yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.