Article

Homepage Article Desain Fesyen Newtro : Inspirasi Fashion…

Newtro : Inspirasi Fashion Ala Korea Yang Lagi Trend di Tahun 2020

Membutuhkan inspirasi gaya busana untuk look yang baru dan berbeda dari biasanya?. Mungkin anda bisa mulai mencoba tampilan newtro yang belakangan tengah booming di Korea. Style newtro sendiri merupakan perpaduan antara new dan retro yang diilhami dari gaya retro era 90-an dan gaya modern tahun 2000-an.

Pengertian Newtro

Ditinjau dari asal bahasanya istilah newtro sebenarnya didapatkan dari kombinasi kata “new” yang artinya baru dan “retro” yang bermakna “kebalikan atau kecenderungan ke masa lalu”. Secara sederhana dua kata ini menunjukkan trend fashion yang identik dengan budaya pop dan modern namun terkesan old fashion.

Newtro Style

Sumber : https://www.instagram.com/

Dengan tampilan di era tahun 90-an sampai awal 2000-an, riasan yang menonjol dari style newtro yakni berupa bibir semi-matte, smokey eye, bulu mata lentik tebal dan pipi yang pink di bagian bawah mata. Sementra untuk busananya, newtro kurang lebih mirip dengan gaya streetstyle dengan sedikit sentuhan grunge.

Newtro Style

Sumber : https://www.shutterstock.com/

Lebih jauh lagi trend newtro banyak mengangkat fungsi benda di masa lalu dan menambahkan unsur kekinian, seperti teknologi dan trend modern yang sedang berkembang. Dengan tampilannya yang unik newtro juga akan membawa nostalgia kepada generasi tua pada trend yang pernah populer puluhan tahun lalu.

Newtro Style

Sumber : https://www.habkorea.net/

Satu hal yang menjadi karateristik dari gaya newtro, style ini menawarkan konsep yang beragam, termasuk sexy, kekanak-kanakan, girly dan bad girl. Kalau ingin mendapatkan look atau tampilan yang unik, anda bisa memadupadakankan beberapa konsep berbusana menjadi satu gaya yang terkesan eksklusif.

Newtro Style

Sumber : https://www.pinterest.com/

Inspirasi Newtro Style

Terinspirasi untuk mengaplikasikan newtro style ke dalam gaya busana anda sehari-hari tapi masih bingung harus memilih item fashion yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih pakaian yang tepat dan menentukan padupadannya, simak yuk pembahasan mengenai item fashion yang identik dengan newtro style.

Pleated Skirt

Buat anda yang ingin tampil lebih cute dan menggemaskan anda bisa memadupadankan pleated skirt yang didesain dalam ukuran pendek dengan blouse atau kemeja berwarna polos. Selain memberikan kesan girly, pleated skirt sendiri juga bisa membuat kaki lebih panjang dan jenjang.

  • Pleated skirt termasuk ke dalam jenis rok yang memiliki bentuk cukup unik dan pastinya cantik. Model rok wanita yang dikenal pula dengan nama rok rempel ini umumnya memiliki aksen lipatan dalam jumlah banyak.
  • Beberapa pleated skirt ada pula yang dilengkapi dengan aksen kerut di bagian pinggangnya.

Newtro Style

Sumber : http://www.yesstyle.com/

Berdasarkan teknologi pembuatannya, teknik yang diterapkan untuk menciptakan efek lipit pada pleated skirt sendiri secara garis besar dapat dibagi menjadi dua macam yaitu dengan cara manual dan dengan mesin otomatis.

Untuk membuat efek lipit secara manual prinsip pembuatannya bisa dilakukan dengan menyemprotkan obat plisket, melipat kain kemudian mengepresnya.

  • Tuang obat plisket ke dalam tempat penyemprotan tanpa perlu ditambah air kemudian semprotkan obat plisket tersebut pada bahan kain.
  • Untuk membuat lipit plisket yang besarnya sama persis sahabat Fitinline bisa mensiasatinya dengan membuat garis bantu terlebih dahulu pada kain.
  • Gunakan setrika panas untuk membentuk lipatan pada kain sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Untuk bahan yang tipis seperti georgete atau chiffon berilah lapisan diatasnya dengan kain erro atau kain mori.
  • Teruslah melipat dan menyetrika kain sampai ujung terakhir.

Untuk membuat efek lipit dengan mesin anda hanya perlu memasukkan kain pada mesin dan biarkan kain terlipat secara otomatis.

  • Masukkan kain ke dalam mesin yang sedang berjalan.
  • Saat kain sudah masuk, secara otomatis kain akan dilipat-lipat oleh pisau kemudian melewati 3 buah rol pemanas yang sudah diselubungi kain katun.
  • Tahapan ini memerlukan kertas berupa roll yakni kertas yang bisa digulung dan dipakai berulang-ulang sebagai feeder/pembawa kain agar masuk ke mesin sekaligus pelapis yang tahan terhadap panas atau suhu tinggi.
  • Adapun alat penggulungnya biasanya sudah 1 paket dengan mesin, jarak antar lipatan bisa disetting sendiri tergantung keperluan.

Blus Longgar

Loose blouse alias blus longgar menjadi item fashion berikutnya yang bisa anda pakai untuk menyempurnakan penampilan. Loose blouse yang dipadukan dengan celana denim berukuran pendek sangat cocok dikenakan untuk memberikan tampilan yang lebih fresh dengan nuansa summer dan beach vibe.

Newtro Style

Sumber : https://www.yaaku.com/

Sesuai konsep newtro setidaknya terdapat dua cara paling mudah yang bisa anda terapkan untuk memakai loose blouse.

  • Anda bisa memasukkan ujung blus eanita ke dalam celana untuk memberikan kesan yang rapi.
  • Menciptakan tampilan yang berantakan dengan hanya memasukkan blouse di bagian depan saja.

Tertarik untuk membuat blus wanita sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Blus Wanita dari kami.

Slip Dress dan Kaos

Kombinasi kaos dan dress memang selalu terlihat keren lucu dan feminin, dalam hal ini anda bisa mencoba slip dress yang memiliki tali kecil di bagian bahu. Dengan cara semacam ini anda bisa menunjukkan seperti apa kepribadianyang anda miliki melalui gaya berpakaian.

  • Slip dress sendiri sepintas memiliki bentuk seperti tank top panjang dan biasanya memang dipakai sebagai pakaian dalam oleh para wanita ketika memakai dress berbahan ringan dan transparan.
  • Meski awalnya hanya dipakai sebagai pakaian dalam, namun kini slip dress mulai dikembangkan menjadi dress yang dapat dikenakan sebagai pakaian luar dari t-shirt atau kaos.

Newtro Style

Sumber : https://sg.carousell.com/

Blus Ruffle

Blus wanita dengan aksen ruffle di bagian leher dan pergelangan tangan sangat cocok digunakan untuk memberi kesan sedikit old fashion. Tapi jika anda merasa cukup percaya diri, blus ruffle ini justru akan terlihat apik dan cantik serta membuat penampilan jadi lebih elegan asal padupadannya juga sudah tepat.

Newtro Style

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Ingin memakai blus ruffle tapi masih bingung bagaimana cara memilih dan menentukan padupadannya?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan ke dalam gaya busana anda.

  • Blus wanita dengan aksen ruffle akan semakin manis jika panjangnya di bawah pinggul, dengan begitu tampilan anda jadi tidak terlihat semakin penuh.
  • Blus ruffle akan memberikan tampilan yang lebih berisi di bagian atas, karena itu lebih baik kenakan busana penutup tubuh bagian bawah yang lebih ramping.
  • Untuk memberikan kesan sedikit lebih rapi padupadankan blus ruffle dengan celana kulot. Mainkan warna untuk membuat penampilan makin fresh.

Buat anda yang ingin membuat blus ruffle sendiri jangan lewatkan pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Membuat Ruffle : Dengan Tangan, Mesin Jahit Biasa dan Sepatu Jahit Khusus.

Wide Collar

Untuk anda yang suka gaya klasik sesekali anda wajib memasukkan kemeja atau blouse berkerah lebar atau wide collar ke dalam gaya busana anda. Selain terkesan klasik item fashion yang dihias dengan wide collar juga bisa mengubah penampilan anda menjadi lebih feminim dan kasual.

Newtro Style

Sumber : https://best.aliexpress.com/

Maxi Dress Floral

Sebagai pelengkap gaya sehari-hari anda bisa memakai memakai one-pice dress yang didesain sedikit longgar tanpa harus memamerkan lekuk tubuh bahkan kulit. Dalam hal ini anda bisa memilih maxi dress motif floral untuk memaksimalkan sisi girly, feminin dan juga flirty.

Maxi dress sendiri merupakan salah satu model busana terusan bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki. Meski pada awalnya pemakaian maxi dress hanya terbatas pada acara-acara formal seperti pesta pernikaha, namun sekarang ini maxi dress juga dapat dikenakan untuk melengkapi gaya berbusana casual.

Newtro Style

Sumber : https://www.luulla.com/

Ingin mencoba memakai maxi dress sebagai pelengkap gaya penampilan anda. Supaya tidak salah pilih simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan ketika memilih maxi dress.

  • Dalam memilih maxi dress usahakan untuk selalu memilih model maxi dress yang sesuai dengan bentuk tubuh terutama bagian badan dan lengannya.
  • Untuk alasan kenyamanan pilih bahan maxi dress yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas ketika digunakan untuk waktu lama.
  • Pilih ukuran maxi dress yang sesuai dengan ukuran tubuh, baik itu dari segi ukuran panjangnya, lingkar lengannya maupun lingkar badannya.

Blouse V-Neck

Blouse V-neck juga menjadi busana penutup tubuh bagian atas yang sering dipakai oleh wanita Korea. Tipe blus wanita yang satu ini umumnya bisa dikenakan secara kasual maupun event-event semi formal jika anda ingin mendapatkan tampilan yang berbeda walau hanya satu hari.

  • V-neck merupakan model garis leher yang bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas menyerupai bentuk huruf V.
  • Potongan leher seperti ini mampu membuat anda tampak lebih ramping dengan leher yang terlihat lebih panjang dan tipis serta memberikan kesan lebih berisi pada bagian dada.

Newtro Style

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Oversized Hoodie

Oversized hoodie menjadi item fashion berikutnya yang bisa anda pakai untuk tampil keren newtro juga identik banget dengan oversized hoodie. Selain nyaman busana penutup tubuh bagian atas ini juga mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis celana hingga rok.

  • Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, hoodie jumper bisa digunakan untuk berbagai aktivitas apapun.
  • Bagi anda yang ingin tetap tampil santai saar di rumah anda juga bisa menambahkan hoodie jumper ini sebagai busana andalan anda asal pemilihan padupadannya juga harus tepat.

Newtro Style

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kalau anda kebetulan ingin membuat hoodie jumper untuk keperluan pribadi maupun keperluan produksi tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya maka anda bisa mendownload pola siap pakai dari kami.

Perbedaan paling mendasar dari hoodie jumper lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Casual Blazer

Buat anda yang ingin selalu tampil rapi tapi tapi tidak terkesan sangat formal mungkin anda bisa mengenakan casual blazer. Selain dikenakan sebagai statement fashion saat kuliah maupun kerja, outer ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pelengkap penampilan saat hangout bersama teman.

Newtro Style

Sumber : https://www.lazada.com.my/

Sebagai pelengkap gaya casual, blazer sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model. Beberapa model blazer yang dimaksud antara lain terdiri dari blazer tanpa kerah, blazer boxy, blazer model crop, fitted blazae hingga blazer panjang.

  • Blazer tanpa kerah bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian atas (bahu dan punggung) dari pada tubuh bagian bawah.
  • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang lurus dan nyaris tanpa lekukan, anda bisa memilih blazer model boxy yang dilengkapi garis tegas pada bagian bahu.
  • Blazer model crop merupakan pilihan paling pas yang dapat dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh mungil.
  • Fitted blazer termasuk ke dalam jenis blazer yang dapat digunakan untuk memperindah bentuk tubuh dan menonjolkan lekukan pinggang.
  • Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir alias memiliki pinggul besar.

Ripped Jeans

Ripped jeans yang minimalis, simple dan jauh dari kesan berlebihan menjadi salah satu jenis item fashion yang sangat sesuai dengan konsep newtro. Untuk anda yang ingin memakai ripped jeans anda bisa mengkombinasikannya dengan kaos ataupun blus wanita yang sama-sama berdesain simple.

  • Celana jeans berdetail ripped sangat cocok digunakan untuk hampir semua aktivitas kecuali acara formal resmi.
  • Celana jeans yang ripped (sobek) membuat tampilan anda semakin kasual, mengarah ke street style.
  • Aksen ripped alias sobek yang terdapat pada celana jeans dapat memberikan kesan rebel yang keren.
  • Keberadaan detail sobek dan tidak rapi ini akan membuat penampilan anda jadi terlihat no basic saat mengenakannya.

Newtro Style

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat ripped jeans sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Kalau mau sedikit lebih hemat maka anda bisa mencoba tips sederhana sebagai berikut.

  • Mula-mula tandai bagian celana jeans yang ingin diberi efek ripped. Supaya lebih gampang pilih saja bagian celana jeans yang memang sudah berlubang.
  • Dengan menggunakan jarum, tarik serat kain denim yang mengarah vertikal hingga menyisakan serat jeans yang berbentuk horizontal.
  • Jika sahabat Fitinline mengalami kesulitan saat menarik serat kain denim, maka anda bisa menariknya dengan bantuan pinset.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut untuk membuat efek ripped pada bagian celana jeans lainnya. Hasilnya akan diperoleh tampilan yang lebih fresh dan trendy.

Selain membuat efek robekan yang alami pada ripped jeans dengan memakai gunting dan pinset, alat pencukur pun ternyata juga bisa dipakai agar proses pembuatan ripped jeans menjadi lebih cepat dan mudah lho.

  • Mula-mula buat guratan tipis (bukan robekan) di bagian celana.
  • Selanjutnya gosokkan alat pencukur di bagian celana tersebut sampai terbentuk efek ripped sesuai yang dikehendaki.
  • Untuk membuat efek robekan yang lain dari biasanya anda juga bisa memanfaatkan parutan keju yang terbuat dari bahan stainless. Caranya gesekkan parutan keju secara beraturan pada bagian tertentu dari celana jeans hingga benang-benang jeans menjadi terlihat.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dan memadupadankan busana yang tepat bila anda ingin mencoba tampilan newtro. Semoga dengan mengombinasikan nuansa vintage dan modern anda bisa mendapatkan look yang berbeda tanpa terlihat berlebihan untuk gaya sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.