Article

Homepage Article Batik Trend Perpaduan Kain Batik…

Trend Perpaduan Kain Batik Dengan Kain Emboss Yang Menawan

Sering mengenakan pakaian bermotif batik saat menghadiri acara-acara formal seperti misalnya kondangan atau acara keluarga?. Supaya gaya busana anda tidak terkesan monoton anda bisa mengkombinasikan kain batik dengan kain emboss yang bertekstur unik lho sahabat Fitinline. Penasaran seperti apa jadinya?.

Batik Embos

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebelum membahas lebih jauh tentang kombinasi batik dan emboss cari tahu dulu yuk karakteristik dari masing-masing kain tersebut.

  • Kain emboss merupakan kain yang dibuat dengan teknik emboss, salah satu teknik dalam industri tekstil melalui berbagai proses sehingga menghasilkan kain emboss. Kain emboss ini umumnya berwarna tunggal atau satu warna.
  • Kain batik merupakan kain yang dibuat dengan teknik perintangan warna menggunakan lilin malam batik. Jenis kain yang satu ini pada prinsipnya memiliki tampilan yang lebih kaya warna, disamping warna dasar motifnya.

Batik Embos

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Dalam membuat kombinasi busana batik dan emboss, biasanya warna dasar motif batik sering dijadikan acuan untuk memilih warna kain emboss sebagai kombinasinya. Sebagai contoh untuk batik dengan warna dasar biru, pilihan warna kain emboss yang bisa anda gunakan yaitu warna putih, biru muda atau krem.

Batik Embos

Sumber : https://checkout.id/

Tidak selalu mengikuti warna dasar batiknya namun beberapa desainer ada juga yang mengikuti warna corak motif kain batik. Untuk batik berbahan dasar hitam dengan taburan motif biru terang misalnya. Kain emboss dengan biru muda masih bisa dipadukan sebagai kombinasinya.

Batik Embos

Sumber : http://grosirbatikmodern.com/

Pada busana wanita, kain emboss dan batik bisa saja dibuat dalam bentuk apapun seperti blouse, kutu baru atau model lainnya. Komposisi embossnya pun bisa dibuat lebih banyak dibandingkan dengan kain batik, bagian atas menggunakan kain batik sementara bagian bawah menggunakan kain emboss atau sebaliknya.

Batik Embos

Sumber : http://www.jogja-batik.com/

Batik Embos

Sumber : https://id.pinterest.com/

Lain halnya dengan pakaian pria yang dibuat dalam bentuk baju seperti hem atau kemeja pria, komposisi kain embossnya relatif minim karena lebih banyak menggunakan batik. Kain embos di sini hanya digunakan sebagai variasi saja seperti ditempatkan di bagian kerah, pundak, saku, atau bagian lain. 

Batik Embos

Sumber : http://www.pricenia.com/

Bagaimanapun perpaduan yang ingin anda buat anda bebas untuk berkreasi dengan dua jenis kain tersebut. Yang paling penting adalah dalam memilih kain emboss sebagai bahan kombinasi batik jangan lupa untuk pemperhitungkan kualitas kainnya:

  • Cara melihat kualitas kain emboss adalah dengan melihat warna dan teksturnya.
  • Untuk bahan kain yang paling bagus adalah katun prima dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Kain emboss dengan kualitas terbaik biasanya juga tidak mudah luntur. 

Batik Embos

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Semoga bermanfaat.

 

Mencari kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain batik kami Di Sini.

Batik Embos

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.