Article

Homepage Article Kain Tekstil Ciri Khas Bahan Kain Scuba,…

Ciri Khas Bahan Kain Scuba, Kelebihan dan Kekurangan Serta Pemanfaatannya Dalam Industri Sandang

Mencari bahan kain yang berkualitas untuk membuat baju renang, celana olahraga dan berbagai produk fashion lainnya. Jika anda membutuhkan bahan kain yang memiliki karakteristik cukup tebal namun tetap bersifat lentur, kuat dan halus mungkin anda bisa menjatuhkan pilihan pada kain scuba yang menawarkan banyak keunggulan. 

Pengenalan Kain Scuba

Kain scuba merupakan salah satu jenis bahan kain yang berserat lembut dan bersifat lentur karena dibuat dari benang filamen yang sangat halus dan dirajut secara padat dengan menggunakan mesin rajut datar. Pada saat proses produksi berlangsung, mesin rajut tersebut akan bekerja membentuk rajutan dua lapis yang disatukan.

Kain Scuba

Sumber : https://www.amazon.com/

Kain scuba yang original umumnya memiliki rajut ganda atau dua lapisan yang dapat dilihat secara langsung dari tepi kain. Karena itulah jika dibandingkan dengan jenis kain rajut biasa yang hanya terdiri dari satu layer, maka kain scuba ini jelas memiliki kualitas yang lebih baik dan tingkat elastisitasnya lebih terkontrol. 

Kain Scuba

Sumber : https://www.amazon.com/

Sebagai bahan kain yang berkualitas tinggi, kain scuba sendiri umumnya memiliki kemampuan merenggang secara vertikal maupun horizontal hingga 40% dan melebar mencapai 58 inches. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik tidak heran bila kain ini banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk pakaian.

Kain Scuba

Sumber : https://www.amazon.com/

Meski kerap disama artikan dengan kain neopene karena keduanya tampak mirip namun sebenarnya kain scuba dan kain neoprene tetaplah dua kain yang berbeda. Beberapa hal paling mendasar yang membedakan kain scuba dan kain neoprene diantaranya:

  1. Neoprene memiliki lapisan busa yang terletak di antara dua lapisan bahan polyester rajut. Lapisan busa membuat bahan neoprene terasa hangat sehingga banyak digunakan untuk membuat kostum olahraga air, termasuk scuba diving.
  2. Berbeda dari kain neoprene, bahan scuba tidak memiliki lapisan busa sehingga terasa lebih dingin di kulit. Dalam dunia mode kain scuba ini lebih dikenal sebagai versi khusus dari bahan neoprene yang dapat digunakan untuk membuat beragam jenis busana.

Ciri Khas Kain Scuba

Tidak jauh berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya kain scuba  ini pada prinsipnya juga memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan kain yang lainnya. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan kain scuba yang berkualitas, kenali dulu yuk seperti apa ciri-cirinya. 

Secara sederhana bahan kain scuba yang banyak dijual di pasaran bisa di identifikasi melalui karakter dan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Kain scuba memiliki dua lapisan kain.
  2. Kain scuba bisa melar seperti halnya bahan kain spandek.
  3. Tekstur kainnya cukup tebal.
  4. Kain scuba akan terasa sangat halus ketika disentuh.
  5. Kain scuba memiliki sifat yang sangat kuat dan tidak mudah kusut.
  6. Adem dan nyaman ketika dikenakan.
  7. Memiliki daya serap keringat yang sangat baik.
  8. Cara merawatnya juga sangat mudah.

Kelebihan Kain Scuba

Dari beberapa ciri khas kain scuba yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin yang juga menjadi kelebihan dari kain scuba. Selain terkenal karena daya recovery dan daya elastisitas yang cukup baik kain scuba ini juga masih memiliki keunggulan yang lain.

  1. Kain scuba memiliki karakteristik yang cukup tebal, bahan kain tidak tembus pandang dan sifat kainnya tidak terlalu jatuh.
  2. Rajutan kain sangat rapat sehingga walaupun kain ditarik tidak terlihat transparan.
  3. Bahan kainnya cepat kering, tekstur kainnya halus, tahan terhadap noda dan terasa empuk (spoingy).
  4. Kain scuba memiliki sifat khusus yakni lebih tebal dan lebih kuat sehingga kainnya tidak mudah sobek.
  5. Kain scuba umumnya terasa halus dan empuk saat digunakan. Hal ini membuat jenis busana apa pun yang dibuat dari bahan scuba akan terasa nyaman dikenakan.
  6. Kain scuba juga tahan terhadap cuaca ekstrim. Meskipun tebal kain ini sangat cocok dikenakan di negara tropis seperti Indonesia.
  7. Kain scuba memiliki keunggulan lain yaitu bahannya cepat kering dan tekstur kainnya halus.
  8. Bahan kain scuba juga tahan terhadap noda dan terasa empuk ketika digunakan.

Kekurangan Kain Scuba

Dibalik sejumlah keunggulan yang ditawarkannya kain scuba sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Sekalipun keunggulan kain scuba lebih banyak dibanding kelemahannya, tetapi tidak ada salahnya juga bila anda mengetahui kelemahan dari jenis kain yang satu ini.

Walaupun termasuk ke dalam jenis kain yang kuat tapi kain scuba yang terbuat dari serat sintetis atau polyester sangat tidak tahan terhadap benda panas. Jadi apabila anda tidak ingin merusak serat kainnya sebaiknya jauhkan kain scuba dari air panas.

Pemanfaatan Kain Scuba

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia, pada mulanya kain scuba memang lebih banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga, seperti baju renang, pakaian selam dan kostum senam. Namun seiring waktu, penggunaan bahan inipun kian meluas berkat kreativitas para perancang busana.

Banyaknya pilhan warna kain scuba yang sangat beragam tidak dapat dipungkiri membuat anda bisa menggunakan material scuba dalam membuat pakaian olahrga, busana resmi untuk pergi bekerja maupun pakaian santai.

1. Baju Renang

Pakaian renang atau baju renang termasuk ke dalam jenis pakaian yang didesain dan digunakan khusus untuk aktivitas berenang. Keunggulan baju renang yang terbuat dari material scuba yakni bersifat lentur, kuat dan halus sehingga lebih awet, tahan lama dan sangat nyaman saat digunakan untuk aktifitas renang.

Kain Scuba

Sumber : https://poshmark.com/

2. Baju Selam

Baju selam saat ini banyak digunakan oleh orang-orang yang sering beraktivitas di laut, misalnya penyelam profesional, penjaga pantai atau atlet olahraga air. Pakaian selam berbahan scuba membantu mengurangi hambatan di dalam air sehingga menjadikan pergerakan yang dilakukan penggunanya lebih efisien.

Kain Scuba

Sumber : https://www.amazon.com/

3. Celana Olahraga

Celana olahraga dapat dikategorikan ke dalam jenis celana super nyaman yang bisa dipakai untuk pelengkap penampilan saat berolahraga maupun untuk kegiatan lain yang bersifat casual. Dilihat dari segi bentuk dan desain dasarnya, celana olahraga berbahan scuba sendiri kebanyakan diciptakan dengan potongan yang cukup longgar dan tidak ketat.

  • Celana olahraga pada prinsipnya termasuk ke dalam jenis celana super nyaman yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan seperti bersantai di rumah maupun berolahraga.
  • Dari segi bentuk celana olahraga memiliki ukuran yang longgar dan tidak ketat sehingga mampu memberikan fleksibilitas dan kenyamanan saat dipakai.
  • Celana olahrga kebanyakan dibuat dari bahan yang memiliki daya serap keringat cukup baik sehingga terbilang nyaman saat dikenakan.

Kain Scuba

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat celana olahraga sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Celana Training dari kami.

4. Gamis Wanita

Gamis merupakan busana wanita yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Selain dibuat daam model yang sangat simple ada juga gamis yang dilengkapi dengan detail tertentu untuk mempercantik tampilannya.

Kain Scuba

Sumber : http://www.gamishargagrosir.com/

Tertarik untuk membuat gamis wanita dari bahan kain spandek tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

5. Rok Wanita

Rok wanita merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Selain dibedakan berdasarkan siluetnya, rok wanita ini secara umum juga memiliki nama yang berbeda-beda berdasarkan ukuran panjangnya.

  • Berdasarkan siluetnya, rok wanita dapat dibedakan menjadi rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit dan rok bertingkat.
  • Berdasarkan ukuran panjangnya, rok wanita dapat dibedakan menjadi rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.

Kain Scuba

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin menjahit rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video tutorial menjahit rok dan cara membuat pola rok dari kami Di Sini.

6. Blus Wanita

Blus merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dibuat khusus dengan model mengantung di bagian bawahnya. Salah satu model blus wanita berbahan kain scuba yang paling populer yakni berupa blus wanita model peplum yang memiliki detail mengembang di bagian pinggang.

Kain Scuba

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain memberikan tampilan yang lebih anggun dan elegan pada suatu busana, penambahan aksen peplum yang memiliki tampilan mengembang dibagian bawahnya ini juga dipercaya mampu membuat tampilan pemakainya menjadi sedikit lebih berisi.

7. Blazer Wanita

Blazer merupakan salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Karena memiliki ketebalan yang cukup serta sangat halus kain scuba umumnya juga sangat cocok untuk bahan jas atau blazer wanita.

Kain Scuba

Sumber : https://www.shopbop.com/

Sebagai pelengkap gaya casual, blazer sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model. Beberapa model blazer yang dimaksud antara lain terdiri dari blazer tanpa kerah, blazer boxy, blazer model crop, fitted blazae hingga blazer panjang.

  • Blazer tanpa kerah bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian atas (bahu dan punggung) dari pada tubuh bagian bawah.
  • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang lurus dan nyaris tanpa lekukan, anda bisa memilih blazer model boxy yang dilengkapi garis tegas pada bagian bahu.
  • Blazer model crop merupakan pilihan paling pas yang dapat dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh mungil.
  • Fitted blazer termasuk ke dalam jenis blazer yang dapat digunakan untuk memperindah bentuk tubuh dan menonjolkan lekukan pinggang.
  • Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir alias memiliki pinggul besar.

8. Masker Penutup Wajah

Sejak merebaknya virus covid-19 di Indonesia kain scuba memang menjadi salah satu kain yang paling dicari oleh masyarakat untuk produksi masker wajah.

  • Masker wajah yang terbuat dari kain scuba tebal, elastis dan lembut sehingga tetap nyaman dipakai.
  • Bahan dasar masker wajah dilengkapi bahan berteknologi filter berpori dapat menahan debu, serbuk sari, asap kendaraan, asap rokok dan tahan air.
  • Masker wajah berbahan scuba bisa digunakan dan dicuci berulang kali, dianjurkan agar mencucui masker seteleh 2 hingga 3 hari penggunaan agar polusi yang terserap hilang.
  • Untuk merawat masker wajah agar tetap awet cukup cuci menggunakan tangan dan jangan disetrika.

Kain Scuba

Sumber : https://jadistore.com/

Kalau anda ingin membuat masker wajah sendiri untuk keperluan pribadi, donasi atau dijual kembali anda juga bisa mendownload Pola Masker Motor dan Pola Masker Kain dari kami.

Butuh bahan kain scuba berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju renang, selam, celana olahraga, gamis wanita, rok wanita, blus wanita, blazer maupun masker penutup wajah?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain scuba dari kami Di Sini.

Tips Merawat Kain Scuba

Tertarik untuk mengoleksi sejumlah produk pakaian yang dibuat dari bahan kain scuba. Untuk memastikan agar pakaian yang anda miliki kelak dapat betahan lama dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda mempelajari lebih dulu seperti apa perawatan yang dianjurkan untuk bahan tersebut.

Sekalipun bahan kain yang nyaris sempurna ini tidak membutuhkan perawatan khusus seperti halnya kain brokat namun tetap saja anda perlu berhati-hati saat mencuci karena scuba sangat elastis sehinggga mudah molor jika teknik mencucinya tidak tepat.

  1. Untuk mencuci pakaian berbahan scuba anda bisa menggunakan mesin cuci dengan putaran pelan atau menggunakan tangan.
  2. Terlepas dari cara apapun yang anda pilih sebaiknya selalu gunakan air yang bersuhu dingin.
  3. Kain scuba tahan terhadap noda sehingga bisa dicuci bersama busana lain yang berwarna senada.
  4. Supaya serat pakaian yang terbuat dari kain scuba lebih awet jangan terlalu lama merendamnya menggunakan deterjen.
  5. Jangan khawatir untuk menyikat kain scuba. Jika dirasa perlu anda bisa menyikat kain ini menggunakan deterjen atau sabun colek sampai kotoran benar benar hilang.
  6. Saat menjemur pakaian berbahan scuba jangan menempatkannya di bawah terik matahari langsung. Lebih baik jemur pakaian scuba di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  7. Kain scuba sebenarnya juga tidak mudah kusut walaupun tidak di setrika, namun jika ingin menyetrika jangan gunakan suhu yang terlalu panas.

Hal terpenting yang harus anda ingat adalah untuk mengeringkan pakaian berbahan scuba gunakan gantungan yang besar dan kuat karena kain ini pada prinsipnya memiliki daya serap air yag sangat kuat sehingga akan menjadi sangat berat ketika dicuci.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain scuba, kelebihan dan kekurangan kain scuba, serta pemanfaatan kain scuba dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat

Comments 1

Leave a Comment
1

dian12

2 days ago
Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat. ijinkan saya untuk membagikannya ke semua orang. serta jangan lupa untuk berkunjung kembali di tutorial sablon kaos

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.