Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Apa Itu Spec Sheet…

Mengenal Apa Itu Spec Sheet dan Fungsinya di Industri Garment

Sama-sama menjadi dokumen penting di industri garmen karena keduanya saling berhubungan satu sama lain, spec sheet dan tech pack sebenarnya merupakan dua lembar kerja yang berbeda lho. Untuk mengetahui apa fungsi spec sheet dan elemen yang terdapat di dalam spec sheet simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Spec Sheet

Spec sheet dapat didefinisikan sebagai lembar spesifikasi yang menjelaskan informasi lebih detail dari Tech Pack, khususnya yang berkaitan dengan pengukuran. Jadi kalau kamu melihat tanda kurung dan angka di atas gambar di teck pack maka itu adalah contoh keterangan untuk diidentifikasi pada spec sheet atau lembar spesifikasi. 

  • Spec sheet (lembar spesifikasi) merupakan dokumen penting yang berisi rincian teknis mengenai suatu pakaian atau produk tekstil.
  • Spec sheet (lembar spesifikasi) berfungsi sebagai panduan komprehensif untuk memastikan bahwa produk akhir sesuai dengan desain dan standar kualitas yang diinginkan.
  • Spec sheet (lembar spesifikasi) diperlukan sebagai alat komunikasi agar semua pihak yang terlibat dalam produksi, memiliki pemahaman yang sama tentang produk yang akan dibuat.

Meski terkadang tech pack bisa juga disebut dengan spec sheet, tetapi spec sheet tidak bisa disebut dengan tech pack karena dokumen ini tidak mempunyai informasi lengkap seperti tech pack atau intinya tetap saja terdapat komponen-komponen yang berbeda di dalam spec sheet.

Simak juga Definisi, Fungsi, Isi dan Cara Pembuatan Tech Pack Dalam Industri Garmen.

Elemen Penting Spec Sheet

Berbicara mengenai spec sheet, lantas apa saja informasi penting yang biasa dicantumkan pada spec sheet fashion?. Berikut adalah elemen-elemen yang perlu dimasukkan untuk melengkapi spec sheet  di industri garmen / spec sheet in garment industry.

1. Deskripsi Rinci Produk

Pertama ada deskripsi rinci dari produk atau kode, termasuk nama dan nomor model produk yang ditetapkan. Nomor model yang ada pada spec sheet nantinya akan digunakan untuk melacak produk di seluruh proses produksi dan pengiriman.

Spec Sheet

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Diagram Rinci Teknis

Kedua ada diagram rinci teknis / sketsa teknis yang menampilkan bagian depan, bagian belakang pakaian / garment beserta detail khusus yang diperlukan untuk membuat Pola Baju.

Spec Sheet

Sumber : https://www.onlineclothingstudy.com/

3. Nama dan Keterangan Bahan

Ketiga ada nama dan keterangan bahan yang diperlukan dalam pembuatan pakaian, termasuk:

  • Jenis dan komposisi bahan yang digunakan, mulai dari kain utama, lining dan bahan pelengkap lainnya.
  • Detail penjelasan tentang warna yang digunakan, biasanya sesuai dengan kode warna atau referensi pantone.
  • Contoh Sampel (Swatch) atau potongan kecil kain yang menunjukkan bahan dan warna yang digunakan.
  • Komponen apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan pakaian, misal resleting, kancing dan komponen lainnya.

4. Jumlah Potongan dan Jenis Jahitan

Keempat ada rincian jumlah potongan bahan untuk membuat pakaian, serta detail tentang teknik jahitan yang digunakan, jenis jahitan yang digunakan dan spesifikasi teknis lainnya terkait konstruksi pakaian.

5. Ukuran Rinci Pakaian

Kelima ada pengukuran rinci untuk setiap ukuran pakaian yang diproduksi. Ukuran yang dimaksud yakni berupa ukuran penting dari pakaian, seperti panjang baju, lingkar dada, panjang lengan dan lainnya.

Selain itu pada spec sheet disertakan pula informasi tentang ukuran yang tersedia dan panduan grading untuk setiap ukuran, hingga batas toleransi yang dapat diterima dari setiap variasi ukuran untuk memastikan konsistensi produk.

Spec Sheet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pengukurannya sendiri harap di perhatikan karena ada berbagai jenis unit pengukuran yang biasa digunakan di industri garmen.

  • Negara-negara Eropa dan Asia biasa menggunakan satuan cm untuk pengukuran.
  • Sementara negara-negara AS biasa menggunakan satuan inci.

6. Informasi Kemasan dan Tampilan Garmen

Keenam ada informasi tentang kemasan atau tampilan garmen, termasuk instruksi tentang cara pakaian harus dilipat, dikemas dan dikirim.

7. Tanggal dan Versi

Ketujuh ada tanggal pembuatan dokumen dan nomor versi untuk melacak perubahan. Untuk mengembangkan sampel proto, nantinya lembar spesifikasi dapat direvisi setelah dilakukan pengecekan sampel FIT dan konstruksi garmen.

Pada setiap tahap persetujuan sampel, pembeli dapat menambahkan komentar untuk dimasukkan dalam pengembangan sampel berikutnya dan produksi massal. Spec sheet yang direvisi dan disetujui selanjutnya dirujuk untuk pemeriksaan kualitas internal dan pemeriksaan pengiriman akhir.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai apa itu spec sheet dan elemen penting di dalam spec sheet fashion. Meski berbeda dengan tech pack, yang pasti keberadaan kedua dokumen tersebut dapat membantu kita untuk mempermudah proses produksi, meminimalisir kegagalan produksi atau kesalahan produksi pakaian.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.