Article

Homepage Article Fashion Design 7 Dampak Buruk Menggunakan…

7 Dampak Buruk Menggunakan High Heels dan Cara Untuk Mengatasinya

Jadi salah satu alas kaki yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, menambah jenjang bagian kaki dan memberi kesan lebih tinggi, high heels atau sepatu hak tinggi ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah serius mulai dari nyeri pada kaki hingga gangguan postur tubuh juka digunakan terlalu sering lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang High Heels

High heels adalah alas kaki dengan hak tinggi di bagian belakang yang sering dipakai oleh para wanita untuk menambah tinggi badan, memperpanjang tampilan kaki dan memberikan gaya tertentu. Beberapa karakteristik paling menonjol yang membedakan high heels atau sepatu hak tinggi dengan model alas kaki yang lain yaitu:

  • High heels memiliki tinggi hak yang bervariasi, mulai dari 3 cm hingga lebih dari 10 cm.
  • High heels wanita tersedia dalam berbagai desain dan bahan, mulai dari kulit, suede, hingga bahan sintetis.
  • High heels sangat cocok dipakai dalam konteks formal atau semi-formal, termasuk acara-acara seperti pesta, pernikahan dan tempat kerja.

High Heels

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita biar lebih modis dan stylish, high heels pun dapat dijumpai dalam berbagai model yang beragam. Beberapa model sepatu hak tinggi atau high heels wanita yang dimaksud antara lain berupa:

  • Stiletto yang memiliki hak sangat tipis dan tinggi, sehingga sering dianggap sebagai jenis high heels yang paling feminin dan seksi.
  • Kitten heels yang lebih pendek dan tipis, biasanya sekitar 3 cm hingga 5 cm.
  • Block heels yang memiliki hak lebih lebar dan stabil untuk memberikan lebih banyak dukungan dan kenyamanan pada kaki.
  • Wedges yang haknya menyatu dengan sol sepatu sehingga menawarkan stabilitas lebih karena permukaan hak yang lebih besar.
  • Platform heels yang memiliki tambahan sol tebal di bagian depan sepatu untuk mengurangi kemiringan kaki.

High Heels

Sumber : https://www.blibli.com/

Meskipun dapat memberi kesan jenjang dan tinggi pada tubuh terutama untuk acara-acara khusus, penggunaan high heels atau sepatu hak tinggi yang teralu sering dan terlalu lama faktanya juga dapat menyebabkan beberapa masalah serius lho.

Dampak Buruk High Heels

Berikut adalah beberapa dampak buruk baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dari penggunaan high heels wanita atau sepatu hak tinggi yang penting untuk kamu ketahui.

1. Masalah Pada Kaki

Menggunakan high heels terlalu sering dapat menyebabkan masalah pada kaki, seperti halnya bunion, hammertoe, corns dan calluses.

  • Bunion sendiri merupakan pembesaran sendi di pangkal ibu jari kaki, yang dapat sangat menyakitkan.
  • Hammertoe merupakan kondisi di mana jari kaki berbentuk melengkung seperti cakar karena terlalu sering terkena tekanan dari high heels.
  • Sementara corns dan calluses merupakan penebalan kulit yang sering disebabkan karena gesekan kaki dan high heels.

High Heels

Sumber : https://www.herzindagi.com/

2. Masalah Pergelangan Kaki dan Betis

Penggunaan high heels meningkatkan risiko cedera pada pergelangan kaki karena kurangnya stabilitas. Selain itu pemakaian high heels secara rutin juga dapat menyebabkan otot betis memendek yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat berjalan tanpa heels.

High Heels 

Sumber : https://ace-pt.org/

3. Masalah Pada Lutut

Penggunaan high heels dapat mempercepat degenerasi sendi dan meningkatkan risiko osteoarthritis pada bagian lutut karena beban yang diterima sendi lutut menjadi berlebihan saat berjalan dengan high heels.

High Heels 

Sumber : https://www.drscholls.com/

4. Masalah Pinggul dan Tulang Belakang

High heels dapat mengubah pusat gravitasi tubuh dan menyebabkan postur tubuh jadi tidak alami, belum lagi ditambah dengan tekanan tambahan pada tulang belakang dan pinggul. Karena alasan itu juga, beberapa orang sering mengalami nyeri di bagian punggung.

5. Masalah Keseimbangan dan Mobilitas

Menggunakan high heels yang terlalu sering dapat mengurangi stabilitas dan keseimbangan, serta meningkatkan risiko jatuh dan cedera. Selain itu high heels juga dapat membatasi kemampuan seseorang untuk bergerak bebas dan menyebabkan kelelahan lebih cepat.

High Heels

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Masalah Otot dan Sendi

Menggunakan high heels yang terlalu sering bisa membuat otot dan sendi di kaki serta bagian tubuh lainnya berubah dari posisi alami, karena harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan posisi baru.

7. Masalah Umum Lainnya

Selain menyebabkan berbagai masalah serius seperti yang sudah disebutkan di atas, penggunaan high heels yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan rasa nyeri, kelelahan pada kaki dan penebalan jaringan di sekitar saraf antara jari kaki, bahkan setelah high heels dilepas.

High Heels

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karena penggunaan high heels yang terlalu sering dan terlalu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti nyeri kaki, kerusakan sendi dan postur tubuh, maka lebih baik pilihlah model alas kaki dengan hak yang lebih rendah untuk mengurangi risiko cedera.

Tapi kalaupun kamu masih ingin menggunakan high heels, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

  • Pertama gunakan high heels hanya pada kesempatan tertentu dan tidak untuk penggunaan sehari-hari.
  • Pilihlah sepatu high heels dengan hak yang lebih rendah dan stabil.
  • Pastikan sepatu yang kamu pakai memiliki bantalan yang cukup untuk mendukung kaki.
  • Lakukan peregangan dan latihan untuk menguatkan otot kaki dan betis.

Simak juga 4 Model Celana dan Rok Yang Cocok Dikenakan Bersama Kitten Heels.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi jika kamu terlalu sering menggunakan high heels. Dengan mengetahui dampak buruk dari penggunaan high heels semoga kamu bisa lebih bijak untuk memilih dan menggunakan alas kaki yang tepat sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau kamu punya ketertarikan tersendiri dengan dunia fashion atau ingin menambah wawasan kamu tentang fashion design, download E-Book Mendesain dari kami yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.