Article

Homepage Article Cara Menjahit Kreasi Taplak Meja Dari…

Kreasi Taplak Meja Dari Kain Perca Yang Bisa Anda Coba

Butuh inspirasi ide yang unik dan kreatif untuk mendaur ulang kain perca?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memanfaatkan kain perca tersebut untuk membuat taplak meja / table cloth yang menarik dan memiliki nilai seni tinggi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Taplak Meja

Taplak meja / table cloth merupakan salah satu produk home decor yang biasa digunakan untuk menutupi serta membantu melindungi meja dari goresan dan noda, sekaligus menambahkan nilai estetika pada suatu ruangan.

Untuk membuat taplak meja / table cloth sendiri pada prinsipnya ada banyak sekali bahan yang dapat digunakan. Selain dibuat dari kain katun, kain satin dan kain linen, taplak meja bisa juga dibuat dari bahan kain perca yang tidak terpakai.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan dari taplak meja / table cloth berbahan kain perca diantaranya:

  • Taplak meja dari kain perca memiliki tampilan yang unik dan eksklusif.
  • Taplak meja dari kain perca termasuk ke dalam produk kerajinan yang bernilai seni.
  • Taplak meja dari kain perca memiliki nilai jual yang tinggi.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Ingin membuat kreasi taplak meja sendiri dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya?. Untuk membuat taplak meja / table cloth dari kain perca pertama-tama siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain perca (bisa berupa kain perca yang bermotif ataupun polos).
  • Kain katun atau bahan lain untuk melapisi bagian bawah taplak meja.
  • Karton untuk membuat jiplakan pola perca.
  • Kapur kain untuk memberi tanda pada kain.
  • Gunting kain untuk memotong kain.
  • Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan kain.
  • Bisban untuk membingkai tepi taplak meja berbahan kain perca.
  • Benang sulam untuk menghias taplak meja.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai menjahit taplak meja dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Menentukan Ukuran

Untuk membuat taplak meja dari kain perca, mula-mula tentukan terlebih dahulu seberapa besar ukuran taplak meja yang ingin anda buat.

2. Membuat Pola Pada Karton

Buat gambar jiplakan berbentuk geometris seperti segitiga, segiempat, segilima dan bentuk-bentuk lainnya yang terukur pada kain karton untuk polanya. Pola ini berperan penting sebagai acuan dalam memotong kain.

3. Memotong Kain Perca

Jiplak pola pada kain perca dengan menggunakan kapur kain lalu potong kain perca sesuai ukuran dan bentuk yang anda inginkan. Saat memotong kain jangan lupa tambahkan kampuh sebesar 1/4 inchi diluar batas jahitan untuk menyambungnya.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber : https://shopee.sg/

4. Menyambung Kain Perca

Susun potongan kain perca dengan motif yang berbeda-beda di atas lantai atau meja kerja kemudian gabungkan satu persatu dengan mesin jahit hingga membentuk lembaran kain berukuran besar sesuai ukuran taplak meja yang anda inginkan.

Biar proses menjahitnya jadi lebih mudah, ganti sepatu jahit standar yang biasa anda pakai dengan Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci (1/4 Inch Seam Presser Foot). Fungsi sepatu lurus jahitan 1/4 inci ini yaitu untuk membuat jahitan yang jaraknya 1/4 inchi dari tepi kain.

  • Dengan sepatu sepatu lurus jahitan 1/4 inci jahitan yang dihasilkan akan tampak lebih rapi, lurus dan teratur.
  • Keuntungan lainnya yaitu proses penyambungan kain juga dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber : https://www.stitchintheditch.com/

5. Rapikan Belakang Jahitan

Selesai dijahit, rapikan sisa-sisa benang yang ada pada bagian belakang hasil jahitan lalu press bagian kampuh menggunakan setrika supaya tampilannya jadi lebih tertata dengan baik.

6. Lapisi Dengan Kain Polos

Lapisi bagian belakang jahitan kain perca dengan lembaran kain polos, kemudian jahit seluruh bagian tepinya dengan pola jahitan berbentuk lurus. Untuk melapisinya anda bisa menggunakan kain katun atau bahan lain.

7. Memasang Bisban

Pasang bisban pada keempat sisi tampak meja yang anda buat untuk membingkainya agar lebih rapi.

  • Bisban sendiri merupakan sepotong kain kecil atau pita panjang yang berfungsi untuk penutup pinggiran kain supaya tampilannya menjadi tampak makin manis dan rapi.
  • Selain digunakan untuk melengkapi penyelesaian jahitan bisban sebenarnya juga memiliki fungsi dekoratif.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber : https://www.allpeoplequilt.com/

Simak juga Tutorial Membuat Bisban dan Teknik Menjahitnya Yang Mudah Untuk Anda Praktekkan.

8. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir anda bisa juga menambahkan hiasan berupa jahitan dari benang yang berwarna kontras, bordir atau sulaman tangan untuk mempercantik tampilan taplak meja / table cloth supaya makin menarik.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber : https://www.walmart.com/

Untuk menghias jahitan taplak meja berbahan perca, salah satu contoh sulaman tangan yang bisa anda pilih yakni berupa sulaman sashiko yang sangat terkenal di negara Jepang.

  • Sulaman sashiko cenderung sederhana dan mudah untuk dibuat.
  • Sulaman sashiko dapat dibuat dari jahitan jelujur dengan jarak sama atau konsisten.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Selain sulaman tangan anda bisa juga menambahkan aplikasi berupa benang hias yang dijahit pada tiap-tiap sambungan kain perca untuk memberi efek timbul.

Taplak Meja Dari Kain Perca

Sumber :  https://www.amazon.com/

Download E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami kalau Sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menghias kain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat kreasi taplak meja dari bahan kain perca mulai dari proses desain hingga cara menjahitnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Kalau sahabat Fitinline ingin membuat kreasi kerajikan berbahan perca yang lainnya, misal dalam bentuk tas jangan lewatkan tutorial Membuat Tas Serut Dari Kain Perca dan Kreasi Tote Bag Dari Bahan Sisa Kain Perca.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.