Article

Homepage Article Fashion Design 7 Alasan Mengapa Mock Up…

7 Alasan Mengapa Mock Up Begitu Penting Dalam Desain Produk Kaos

Di masa modern seperti sekarang ini keberadaan mock up kaos seolah tidak dapat dipisahkan dari industri fashion. Selain memberikan gambaran nyata akan suatu desain produk koos, mock up ini juga berfungsi untuk memudahkan proses revisi sebelum desain kaos akhirnya benar-benar dieksekusi lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Mock Up

Mock up merupakan istlah yang biasa digunakan untuk menyebutkan bentuk visualisasi dari sebuah konsep desain “datar” yang diberikan efek tertentu sehingga hasilnya tampak nyata atau menyerupai wujud sebenarnya. Dengan adanya mock up ini anda bisa tahu apakah suatu desain layak masuk tahap produksi atau tidak.

Dalam kontes desain kaos distro misalnya, mock up sendiri juga bisa digunakan sebagai media presentasi bagi desainer untuk menarik hati calon klien agar memilih konsep desain yang diajukannya. Dengan begitu proses finalisasinya juga akan menjadi lebih efektif karena tidak perlu mengulang desain yang salah.

Pentingnya Mock Up Kaos

Beberapa manfaat yang juga menjadi alasan mengapa keberadaan mock up menjadi sangat penting dalam proses pembuatan kaos distro diantaranya:

1. Kreasi Tanpa Batas

Seorang desainer dapat mengaplikasikan dan mengkreasikan desainnya kedalam mock up sebanyak mungkin. Selain itu, dengan memakai mock up seorang desainer bahkan bisa membuat contoh produknya sebanyak mungkin tanpa memproduksinya terlebih dahulu.

Mock Up Kaos

Sumber : https://www.anthonyboyd.graphics/

2. Memberikan Gambaran Realistis

Mock up dapat digunakan untuk memberikan gambaran serta perspektif yang lebih realistis atas suatu karya desain saat diproduksi. Dengan demikian proses finalisasi suatu produk juga akan menjadi lebih efektif.

Mock Up Kaos

Sumber : https://mockupmark.com/

3. Lebih Murah dan Hemat Anggaran

Untuk membuat mock up kaos, biaya yang dikeluarkan relatif murah dan terjangkau karena tidak perlu mencetak desain yang belum pasti. Dalam hal ini anda hanya perlu menyiapkan seperangkat komputer dan ditambah software editing gambar.

Selain itu dengan memastikan tidak ada kesalahan lagi saat desain sudah difinalisasi, biaya produksi akan lebih murah dibanding harus memperbaiki desain dan mengulang dari awal jika melakukan proses desain produk tanpa mock up.

Mock Up Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Lebih Menghemat Waktu

Tah hanya hemat dari segi biaya, mock up juga memungkinkan anda untuk membuat contoh desain kaos dengan lebih cepat dibandingkan harus membuat atau mencetak preview desain secara langsung.

Dengan menggunakan mockup, anda dapat menciptakan puluhan desain kaos dalam hitungan menit karena hanya perlu menggeser posisi desain pada kaos, mengatur ukuran, warna dasarnya hanya dalam hitungan menit.

Mock Up Kaos

Sumber : https://mockupden.com/

5. Memudahkan Proses Revisi / Perbaikan

Dengan adanya mock up proses revisi / perbaikan desain jadi lebih mudah untuk dilakukan bahkan hingga detail terkecil sekalipun. Dalam hal ini anda bisa melihat langsung bagian-bagian yang perlu diperbaiki, sebelum akhirnya benar-benar dieksekusi.

6. Pedoman Teknis Perancangan Desain

Sebagai pedoman teknis perancangan desain mock up berperan penting untuk mengontrol serta menjaga tampilan desain supaya tidak melenceng dari konsep awal.

  • Penggunaan mock up akan menghasilkan satu desain atau gambar preview produk yang seragam.
  • Walaupun beda warna secara tidak langsung mock up dapat memberikan sebuah keteraturan pada tampilan desain kaos yang diajukan kepada client.

Untuk menciptakan desain yang konsisten anda tidak perlu memotret kaos berkali-kali dengan posisi yang sama. Tinggal unduh saja template mock up kemudian masukkan desain yang anda inginkan.

Mock Up Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Sebagai Media Presentasi

Sebagai media presentasi mock up berperan penting untuk memberikan gambaran yang lebih nyata kepada client ketika produk tersebut digunakan. Dengan begitu kedua belah pihak bisa lebih mudah untuk menyamakan perspektif, dibanding harus berimajinasi mengenai kaos yang nantinya akan dihasilkan.

Contoh Desain Mock Up

Terkait dengan aplikasinya pada produk kaos, anda bisa membuat mock up kaos digital dengan cara mengunduh template mockup lalu menggabungkannya dengan desain kaos yang anda inginkan dengan software edit foto.

Gambaran singkat mengenai cara pembuatan mock up kaos secara sederhana bisa anda lihat melalui penjelasan berikut.

  • Untuk membuat desain kaos langkap pertama yang harus anda lakukan yaitu mengunduh template mockup gratis terlebih dahulu.
  • Carilah model kaos yang sesuai dengan kebutuhan dan produk yang ingin anda lihat previewnya.
  • Untuk mendapatkan banyak referensi cobalah mengunduh beberapa macam mock up.
  • Semakin banyak template, semakin banyak pula variasi gambaran bentuk produk yang nantinya anda dapatkan.
  • Buka adobe photoshop kemudian pilih buat projek baru.
  • Jika sudah Klik file lalu klik open. Pilih template gambar yang sudah anda unduh.
  • Pada pilihan layer klik layer dengan nama apa saja, misalnya “Mockup”. Dari sini akan terbuka tab baru berisi kertas kosong yang ukurannya sudah disesuaikan dengan template.
  • Selanjutnya klik file, kemudian open dan masukkan desain yang ingin anda lihat previewnya.
  • Posisikan letak desain dan ubah ukurannya sesuai yeinginan anda. Jika sudah cobalah kembali ke tab awal.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang desain kaos yang anda buat sudah secara otomatis masuk ke template mock up.

Mock Up Kaos Mock Up Kaos

Sumber : https://unblast.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat mock up dalam proses desain kaos distro. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan, seberapa pentingnya pemahaman seorang desainer dalam mendesain mock up dan mengaplikasikannya dalam karya yang dibuat.

Ingin membuat kaos sendiri tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kaos siap pakai dari kami.

Tapi kalau anda lebih membutuhkan bahan kaos distro yang berkualitas dan dari segi harga cukup terjangku anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.