Article

Homepage Article Cara Menjahit Sepatu Lurus Jahitan 1/4…

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci (1/4 Inch Seam Presser Foot)

Selamat pagi sahabat Fitinline. Kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk menyimak pembahasan mengenai salah satu jenis sepatu jahit yang biasa digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tradisional berbahan kain tekstil yang dikenal dengan nama patchwork. Fungsi utama dari sepatu lurus jahitan 1/4 inci (1/4 inch seam presser foot) adalah untuk membuat jahitan yang jaraknya 1/4 inchi dari tepi kain. Pada proses pembuatan patchwork hal ini sangat berguna untuk mempermudah seseorang dalam menyambung potongan-potongan kain patchwork.

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://www.freshlypieced.com

Besi hitam yang tersedia pada sepatu lurus jahitan 1/4 inci berfungsi sebagai penanda batas kain, sehingga sahabat Fitinline tidak perlu lagi membuat garis batas jahitan pada kain yang digunakan untuk membuat patchwork. Selama tepian kain mengikuti besi hitam yang terdapat pada sepatu jahit, maka jahitan yang dihasilkan akan berjarak 1/4 inchi.

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://amyscreativeside.com

Dengan begitu bentuk jahitan yang dihasilkan akan tampak rapi, lebih lurus dan sama pada semua bagian patchwork yang diinginkan. Selain itu proses penyambungan kain untuk pembuatan patchwork juga dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat & tepat dengan bantuan sepatu sepatu lurus jahitan 1/4 inci. 

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://sewfreshquilts.blogspot.com

Cara penggunaannya juga terbilang cukup mudah. Sahabat fitinline tinggal mengganti sepatu jahit standar mesin jahit anda dengan sepatu jahitan lurus 1/4 inci. 

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://amyscreativeside.com

Selanjutnya letakkan dua buah kain yang ditumpuk rapi pada bagian bawah sepatu jahit lurus 1/4 inci. Usahakan agar tepian kain yang akan anda jahit bersentuhan dengan besi penanda batas kain yang terdapat pada sepatu jahit. 

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://amyscreativeside.com

Mulailah menjahit seperti biasa dengan menginjak pedal mesin jahit secara perlahan. Gambar dibawah ini merupakan sebagian kecil dari komponen penyusun patchwork yang dibuat dengan sepatu lurus jahitan 1/4 inci. 

Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci

Sumber : http://amyscreativeside.com

Cukup mudah dan sederhana bukan. Sahabat Fitinline bisa mencobanya sendiri dirumah.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.