Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Kain Parasut Ripstop…

Ciri Khas Kain Parasut Ripstop dan Pemanfaatannya

Kain pararut ripstop dengan tekstur kotak-kotak dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis kain yang memiliki keistimewaan tersendiri. Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang ciri khas kain parasut ripstop dan pemanfaatannya simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Parasut Ripstop

Kain parasut ripstop / bahan parasut ripstop dapat dikategorikan ke dalam jenis kain berbahan dasar serat poliester yang dilengkapi dengan coating (lapisan anti air) bening/transparan pada bagian dalamnya sementara bagian luarnya memiliki tektur kotak-kotak yang khas.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut ripstop umumnya bersifat water resistant, alias tahan terhadap rembesan air dalam waktu kontak yang cukup lama. Meski tidak 100% menahan air, dalam taraf wajar kain ini masih mampu menahan air agar tidak mudah menyebar saat mengenai kain.

  • Kain parasut ripstop memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air diatas permukaan kain (non spreading) tanpa merembes melewati bahan.
  • Dengan cara ditiup secara perlahan butiran air yang terdapat pada permukaan kain tersebut mudah dihilangkan tanpa membasahi kain.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Parasut Ripstop

Sama halnya dengan kain parasut yang lainnya, kain parasut ripstop ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas tersendiri. Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada kain parasut ripstop / bahan parasut ripstop yaitu:

  • Kain parasut ripstop bersifat tipis dan ringan.
  • Kain parasut ripstop memiliki tekstur 3-dimensi berbentuk kotak-kotak.
  • Kain parasut ripstop memiliki rasio strength-to-weight yang sangat baik.
  • Kain parasut ripstop dapat disablon maupun disublim.
  • Kain parasut ripstop bersifat water resistant.
  • Kain parasut ripstop dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna.
  • Kain parasut ripstop mudah untuk dicuci dan dikeringkan.

Pemanfaatan Kain Parasut Ripstop

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain parasut ripstop / bahan parasut ripstop umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik. Tidak hanya terbatas pada produk jaket, tapi kain ini bisa juga dijadikan bahan tas hingga apron.

1. Jaket Windbreaker

Untuk pelengkap kabutuhan sandang, kain parasut ripstop biasanya banyak digunakan untuk membuat jaket windbreaker.

  • Jaket windbreaker termasuk ke dalam salah satu jenis jaket yang memiliki ciri khas berupa karet di pergelangan tangan.
  • Jaket windbreaker yang dibuat dari kain parasut ripstop dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari udara dingin dan hujan ringan.

Kain Parasut

 

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tas

Selain jaket, kain parasut ripstop juga sangat ideal untuk membuat tas serut, tas belanja, tas ransel dan tas pinggang.

  • Tas Serut

Tas serut alias drawstring bag merupakan sejenis tas yang dilengkapi dengan tali penarik pada bagian atasnya untuk untuk menutup lubang tas. Tas serut ini sangat cocok digunakan untuk banyak keperluan, misalnya saja:

  • Membawa sepatu, botol minum dan baju ganti saat berolahraga.
  • Mengorganisir barang-barang dalam koper saat travelling agar tidak tercampur satu sama lain.

Kain Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Tas Belanja

Untuk membawa barang-barang saat belanja ke supermarket, kain parasut ripstop yang kuat juga dapat dijadikan sebagai bahan tas belanja / grocery bag. 

Kain Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Tas Ransel

Berikutnya ada tas ransel yang dapat dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu.

Kain Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Tas Pinggang

Tas dengan ukuran kecil yang dipakai di pinggang cocok digunakan traveler selama bepergian.

Kain Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Cover Bag

Selain dijadikan bahan tas, kain parasut ripstop / bahan parasut ripstop juga cukup populer untuk membuat cover bag (rain cover).
Cover bag sendiri merupakan salah satu pelengkap tas yang memiliki peran cukup penting yaitu melindungi tas dari debu atau paparan sinar matahari.

  • Dengan adanya cover bag warna tas jadi tidak mudah pudar.
  • Saat turun hujan cover bag ini juga berfungsi untuk melindungi tas beserta seluruh isinya agar tidak basah.

Kain Parasut

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Sajadah Travel

Sajadah travel yang biasa diandalkan untuk pelengkap beribadah saat bepergian karena lebih mudah dibawa kemana-mana belakangan juga banyak dibuat dari kain parasut ripstop.

5. Rompi

Berikutnya kain parasut ripstop juga dapat dipakai untuk pembuatan rompi. Dengan karakteristik bahannya yang bersifat water resistant, rompi dari kain parasut ripstop cukup aman untuk melindungi tubuh dari hujan ringan.

Kain Parasut

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Topi Olahraga

Tak kalah menarik dari produk sebelumnya kain parasut ripstop bisa juga dijadikan sebagai bahan topi olahraga.

7. Apron

Untuk melindungi baju agar tidak terkena noda maupun ciptaran minyak, kain parasut ripstop bisa dijadikan bahan apron yang berbentuk seperti dress panjang dibagian depan sementara bagian belakangnya terbuka dengan tali di bagian pinggang maupun leher.

Kain Parasut

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk anda yang ingin membuat apron sendiri anda bisa mendownload Pola Apron (Celemek Masak) dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik dari kain parasut ripstop dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Butuh bahan kain parasut ripstop berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai pelengkap kebutuhan sehari-hari?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.