Article

Homepage Article Fashion Design Ketahui 3 Perbedaan Jaket…

Ketahui 3 Perbedaan Jaket Sukajan Original dan Fan Made

Jaket sukajan dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang tidak hanya bagus dipakai untuk menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin dan berangin, namun juga dapat diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan. Khusus untuk anda yang mau membelinya, kenali dulu ciri-ciri jaket sukajan original asli Jepang dan fan made.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan sebuah jaket yang memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok. Istilah sukajan sendiri diperoleh dari penggabungan dua singkatan kata yaitu “suka” kependekan dari nama kota di Jepang yakni Yokusuka dan “jan” dari kata Janpaayang yang berarti jaket dalam bahasa Jepang.

Jaket Sukajan

Sumber : https://www.pinterest.jp/

Dari segi desain jaket sukajan sebenarnya banyak mengadopsi bentuk jaket varsity. Jaket sukajan juga menggunakan bur pada bagian lengan, leher dan pinggang. Biasanya warna bur yang digunakan pada jaket sukajan selalu di sesuaikan atau dipadukan dengan warna kain jaketnya.

Jaket Sukajan

Sumber : https://www.pinterest.jp/

Meski memiliki banyak kemiripan dengan jaket varsity namun tentunya tetap terdapat hal yang berbeda dari kedua jenis tersebut.

  • Jaket sukajan tidak menggunakan kancing sebagai penutup jaket melainkan menggunakan ritsleting atau zipper.
  • Jaket sukajan yang reversible atau dapat dipakai bolak balik resleting yang dipakai juga dibuat bolak-balik.

Bordir Pada Jaket Sukajan

Berbicara mengenai bordiran pada jaket sukajan, motif yang ditampilkan biasanya merupakan representasi dari kepercayaan dalam budaya Jepang sendiri, seperti mite dan legenda. Beberapa desain bordiran yang paling populer diantaranya:

1. Peta Jepang

Peta Jepang merupakan gambar yang menjelaskan tentang wilayah yang ada di Jepang. Biasanya tercantum nama-nama kota besar di dalamnya beserta ornamen khas Jepang lainnya.

2. Naga

Khusus di wilayah Asia timur yang mendapat banyak pengaruh oleh budaya Cina, naga di percaya melambangkan sifat baik, murah hati dan kebijaksanaan.

3. Harimau

Sama seperti sifat aslinya, Harimau dipercaya melambangkan kekuatan dan keberanian, melindungi dari roh jahat dan nasib buruk serta penyakit.

4. Ikan Koi

Ikan Koi dipercaya sebagai simbol keberuntungan serta tekad dan kemauan yang kuat menuju kesuksesan.

5. Bunga Sakura

Bunga sakura kerap dijadikan sebagai lambang kehidupan yang fana, mewakili kematian, cinta dan juga kecantikan. Bunga sakura juga dianggap sebagai pertanda baik.

Bordiran pada jaket sukajan sendiri awalnya dikerjakan secara manual atau disulam satu persatu dengan tangan. Tapai sekarang jaket sukajan kebanyakan di produksi menggunakan mesin jahit dan di desain menggunakan komputer.

Faktor Penentu Kualitas Jaket

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita yang modis dan stylish jaket sukajan sendiri secara umum juga bisa dijumpai dalam banyak versi. Salah satunya yakni berupa jaket sukajan fan made yang banyak dijual di Indonesia.

Lantas apa bedanya jaket sukajan original dengan jaket sukajan fan made tersebut ya?. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak dulu yuk pembahasan mengenai hal-hal apa saja yang membedakan keduanya.

1. Motif Jaket

Dari segi motif terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara jaket sukajan original asli Jepang dengan jaket sukajan fan made.

  • Jaket sukajan asli biasanya memiliki desain bordiran yang full atau penuh. Selain itu kombinasi motif yang ada pada jaket pun juga sangat beragam.
  • Jaket sukajan fan made biasanya memiliki motif yang cenderung mainstream dan tidak terlalu rami. Misal motif naga saja atau bunga saja.

2. Merk Jaket

Jaket sukajan yang berasal langsung dari Jepang biasanya memiliki merk yang sudah cukup terkenal. Sementara untuk jaket fan made beberapa tidak memiliki merek.

  • Khusus di negara Jepang sendiri terdapat merk-merk tertentu yang dianggap sebagai merk sukajan yang top dan mengeluarkan jaket sukajan berkualitas high end.
  • Beberapa contoh merk jaket yang dimaksud antara lain berupa Regulus, Satori, Karakuri, Dogtown, Japanese Script dan Horishime.

Pada jaket sukajan yang asli dibuat di Jepang lalu diekspor ke seluruh dunia biasanya dicantumkan pula negara asal pembuatan jaket. Cara mudah untuk membedakannya bisa dilihat dari kodenya.

3. Harga

Untuk masalah harga terdapat perbedaan yang signifikan antara jaket sukajan original asal Jepang dan jaket sukajan fan made buatan Indonesia. Harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti merek jaket, motif jaket dan desain jaket (bisa dipakai bolak balik atau tidak).

  • Jaket sukajan fan made asal Indonesia biasanya dijual dengan harga ratusan ribu.
  • Jaket sukajan original terutama yang memiliki motif langka harganya bahkan bisa sampai jutaan rupian.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jaket sukajan sebenarnya bisa dibuat dari bahan apapun termasuk bahan yang biasa anda lihat untuk pakaian wanita. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain taslan, kain kain mayer, kain micro, kain parasut dan juga kain satin.

  • Kain Taslan

Kain taslan merupakan salah satu bahan jaket yang bagus dan ditenun secara modern dengan menggunaan teknologi tinggi. Kain ini umumnya memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet dan mudah kering sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap.  Kain mayer bersifat hidrofobik sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat jaket karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

  • Kain Micro

Bahan jaket micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil, permukaan kainnya licin dan agak tipis karena benang yang dipakai untuk membuat kain ini sangat halus.

  • Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket sukajan, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan.

  • Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Bahan jaket yang satu ini umumnya memiliki permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket sukajan?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu 5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Sukajan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah faktor penentu kualitas jaket sukajan yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk menemukan jaket sukajan yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.