Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Unik dan Menarik…

6 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jaket Puffer

Merasa cukup familiar dengan jaket puffer yang memiliki tampilan sangat khas yakni tampak menggelembung atau puffy?. Mungkin banyak di antara anda yang tidak menyangka jika sejarah puffer jacket atau jaket puffer ini ternyata berkaitan dengan nyawa seseorang lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Puffer

Puffer jacket atau jaket puffer termasuk ke dalam salah satu model jaket yang memiliki karakteristik bervolume karena ada lapisan di dalamnya. Selain digunakan untuk menahan udara dingin serta menjaga tubuh agar tetap hangat ditengah cuaca ekstrim, jaket puffer pada prinsipnya bisa juga diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Fakta Menarik Jaket Puffer

Layaknya jaket penghangat tubuh yang diciptakan dalam model lain, jaket puffer ini pada prinsipnya juga memiliki banyak fakta unik yang sayang jika anda lewatkan. Beberapa diantaranya:

1. Ditemukan Oleh Eddie Bauer

Puffer jacket atau jaket puffer pertama kali ditemukan oleh Eddie Bauer, seorang pengusaha berbakat yang juga menyukai kegiatan berburu dan olahraga menembak.

Jaket Puffer

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Sejarah Eksistensi Jaket Puffer

Penemuan puffer jacket atau jaket puffer sendiri konon berawal dari sebuah kejadian naas yang dialami Eddie Bauer pada tahun 1935 ketika sedang memancing ikan di Barat Laut Pasifik. Sejarahnya kala itu Eddie Bauer sempat mengalami hipotermia dan nyaris tewas karena hanya memakai waterlogged wool jacket.

Tidak ingin mengulang hal yang sama Eddie Bauer kemudian mulai membuat jaket musim dingin dan berhasil mematenkan quilted down jacket karyanya bernama “Skyliner” pada 1940. Jaket Skyliner yang ia buat pada 1936 ini pun mulai terkenal di pasaran sebagai kebutuhan kegiatan outdoor.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.ebay.com/

Download Pola Jaket Puffer siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat jaket puffer dengan pola yang sudah jadi.

3. Metamorfosis Puffer Jaket

Sejak pertama kali ditemukan, puffer jacket versi Eddie Bauer cukup memberi pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan jaket musim dingin. Bahkan seorang desainer bernama Charles James diketahui sempat mengkreasikan ulang puffer jacket yang lebih fashionable pada 1937.

  • Jaket puffer buatan Charles James yang terkenal dengan nama Evening Jacket sukses menyentuh kaum kelas atas di Inggris.
  • Jaket puffer buatan Charles James desainnya memang terlihat unik, dengan material quilted satin dan cutting yang tak biasa.
  • Jaket puffer buatan Charles James kini menjadi sejarah dan dipajang di Victoria & Albert Museum, UK.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Dari yang awalnya hanya dibuat untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin, puffer jacket atau jaket puffer pada perkembangan selanjutnya juga melewati berbagai perubahan dari segi desain hingga fungsi.

Kalau di awal fungsi puffer jacket atau jaket puffer adalah membuat pemakainya tetap merasa hangat, namun di era modern saat ini puffer jaket atau jaket puffer justru lebih banyak dipakai sebagai statement dalam penampilan.

Simak juga 5 Manfaat Jaket Puffer Yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

4. Puffer Jacket Versi Sleeping Bag

Setelah Charles James merilis puffer jacket atau jaket puffer yang terkenal dengan nama Evening Jacket, muncul pula jaket puffer dalam versi sleeping bag coat yang pertama kali dibuat oleh Norma Kamali karena terinspirasi dari pengalaman pribadinya saat camping.

Jaket Puffer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kala itu Norma Kamali merasa sangat tertolong berkat sleeping bag yang ia pakai lalu tercetuslah ide membuat prototipe model jaket dari sleeping bag pada 1979. Karena desainnya dinilai sangat fenomenal jaket puffer inipun banyak dilirik selebritas seperti Cher dan Elton John.

5. Jaket Puffer di Tangan Desainer

Memasuki tahun 80-an hingga 90-an inovasi jaket puffer yang lebih modern pu mulai bermunculan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rapper ternama seperti Tupac, P Diddy dan Salt-n-Pepa yang terlihat mengenakan puffer jacket, bubble coats dan padded varsity jacket.

Tidak berhenti sampai di situ, pada musim AW99 desainer ternama seperti Maison Margiela dan Alexander McQueen juga diketahui merilis “duvet coat” yang panjang dan tebal. Desainnya yang sedemikian unik membuat puffer jacket atau jaket puffer jadi terlihat tak biasa.

Turut ambil bagian dalam F/W 2016/2017, Balenciaga pun juga merilis jaket puffer versi mereka dalam tampilan yang lebih kasual. Berkat tangan dingin sang desainer Demna Gvasalia, jaket puffer Balenciaga memberi kesan fresh, effortless dan cool.

6. Pilihan Bahannya Bervariasi

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, dewasa ini bahan yang bisa dipakai untuk membuat jaket puffer bisa dibilang cukup beragam.

  • Jaket puffer yang dijual di pasaran kebanyakan dibuat dari bahan kain nylon, down dan bahan parasut yang memiliki karakteristik lembut dan empuk.
  • Untuk memberi kesan bervolume, pada bagian dalam jaket biasa ditambahkan kain furing quilting padding yang dijahit menyatu dengan bahan utama jaket.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Meski demikian tidak menutup kemungkinan juga jika kedepannya akan ada jenis-jenis puffer jacket atau jaket puffer yang dibuat dari bahan lain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang jaket puffer yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang jaket puffer jadi semakin bertambah.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket puffer?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain parasut yang kami miliki.

Selain menyediakan bahan parasut, Fitinline juga menjual berbagai jenis bahan jaket lainnya termasuk Kain Furing Quilting (2 oz). Untuk pemesanan anda bisa menghubungi customer service online kami.

Kalau anda mau tahu lebih detail lagi tentang cara pembuatan jaket puffer download juga e-book Cara Mudah Menjahit Jaket Puffer yang berisi tentang panduan cara menjahit jaket puffer secara rinci dan disertai gambar-gambar untuk setiap langkah yang mudah dipahami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.