Article

Homepage Article Kain 5 Jenis Bahan Kain Terbaik…

5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Sukajan

Sebagai salah satu jenis jaket yang keren dan sangat kental dengan nuansa Jepang, jaket sukajan memang sangat layak dijadikan sebagai hot item yang wajib dimiliki oleh para pecinta fashion di seluruh dunia. Untuk mendapatkan jaket sukajan yang benar-benar berkualitas kenali jenis-jenis bahannya terlebih dahulu yuk.

Jaket sukajan merupakan sebuah jaket yang memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok. Karena dikenakan di bagian terluar tubuh maka bahan yang digunakan untuk membuatnya minimal harus memiliki karakteristik kuat, awet, mudah kering, ringan dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Jaket Sukajan

Sumber : https://eqcreativeplus.com/

Beberapa fakta menarik yang perlu anda ketahui tentang jaket sukajan diantaranya.

1. Warisan Perang Dunia II

Dilihat dari namanya jaket sukajan sebenarnya merupakan singkatan dari Yokosuka dan Janpaa “jan” yang berarti jumper (jaket) dalam bahasa Jepang. Yokosuka sendiri adalah nama kota di wilayah Greater Tokyo yang menjadi pangkalan perang angkatan laut Amerika pada Perang Dunia II.

2. Mengadopsi Bentuk Jaket Varsity

Dari segi desain jaket sukajan sebenarnya banyak mengadopsi bentuk jaket varsity. Jaket sukajan juga menggunakan bur pada bagian lengan, leher dan pinggang. Biasanya warna bur yang digunakan pada jaket sukajan selalu di sesuaikan atau dipadukan dengan warna kain jaketnya.

3. Memiliki Kesan Vintage dan Simple

Jaket sukajan yang asli kebanyakan memiliki desain bordiran yang terkesan vintage dan terlihat lebih simpel, karena di kerjakan secara manual (handmade). Jaket ini biasanya hanya menampilkan bordiran hewan-hewan atau kebudayaan yang ada di Jepang.

4. Identik Dengan Image Gengster

Motif bordir yang terdapat pada jaket sukajan kebanyakan memiliki ornamen yang sama persis dengan tatoo para Yakuza di Jepang, karena alasan itulah jaket sukajan ini kadang juga sering dikaitkan dengan Yakuza, salah satu organisasi mafia terbesar di Jepang.

5. Diproduksi Ulang Oleh High-Brand

Berpadu dengan model jaket bomber milik satuan militer, jaket sukajan kini telah menjelma menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh para pecinta fashion. Koleksi tersebut menandai percampuran subkultur antara Amerika dan Jepang.

Berbicara mengenai desain bordiran pada jaket sukajan, motif yang ditampilkan biasanya merupakan representasi dari kepercayaan dalam budaya Jepang sendiri, seperti mite dan legenda. Berikut penjelasan arti atau makna dari beberapa desain bordiran yang paling sering digunakan pada jaket sukajan.

1. Peta Jepang

Peta Jepang merupakan gambar yang menjelaskan tentang wilayah yang ada di Jepang. Biasanya tercantum nama-nama kota besar di dalamnya beserta ornamen khas Jepang lainnya.

2. Naga

Khusus di wilayah Asia timur yang mendapat banyak pengaruh oleh budaya Cina, naga di percaya melambangkan sifat baik, murah hati dan kebijaksanaan.

3. Harimau

Sama seperti sifat aslinya, Harimau dipercaya melambangkan kekuatan dan keberanian, melindungi dari roh jahat dan nasib buruk serta penyakit.

4. Ikan Koi

Ikan Koi dipercaya sebagai simbol keberuntungan serta tekad dan kemauan yang kuat menuju kesuksesan.

5. Bunga Sakura

Sebagaimana bunga sakura yang indah namun cepat memudar dan berserakan, bunga sakura kerap dijadikan sebagai lambang kehidupan yang fana, mewakili kematian, cinta dan juga kecantikan. Bunga sakura juga dianggap sebagai pertanda baik

Bahan Jaket Sukajan

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jaket sukajan sebenarnya bisa dibuat dari bahan apapun termasuk bahan yang biasa anda lihat untuk pakaian wanita. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa referensi bahan kain terbaik yang biasa dipakai untuk membuat jaket sukajan.

1. Kain Taslan

Kain taslan merupakan salah satu bahan jaket yang bagus dan ditenun secara modern dengan menggunaan teknologi tinggi. Sebagai bahan pembuatan jaket kain ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet dan mudah kering sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain taslan diantaranya:

  • Kain taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca karena memang diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih. Selain itu bahannya juga cukup tebal dan memiliki tesktur yang lentur.
  • Kain taslan akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain taslan termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan dengan cara dilap dengan kain lembab. Proses pengeringan kain taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain taslan bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain taslan sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan dan bersifat water-resistant.

Kain taslan milky merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).

Kain taslan risptop MG merupakan kain taslan yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) yang mempunyai lapisan coating bening yang anti air (water repellent).

Kain taslan salur WP (RYT) merupakan jenis bahan jaket yang bagus karena terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis) dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama. Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Kain taslan milky (MG) merupakan jenis kain taslan produksi lokal yang memiliki lapiaan anti air berwarna putih (milky). Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Jaket Sukajan Jaket Sukajan

Sumber :  https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

2. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap.  Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat jaket karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain mayer diantaranya:

  • Kain mayer termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus, awet dan mampu bertahan di segala cuaca meski bahannya relatif tipis, lembut dan lemas.
  • Kain mayer sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket karena mampu akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat ketika berada di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain mayer mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain mayer tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain mayer bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan mayeryang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain mayer sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain mayer mempunyai sifat yang lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya ketebalannya medium. Kain ini tidak mempunyai sifat anti air.

Kain mayer lokal (MG) memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku, tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna. Kelebihan lainnya kain ini memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik.

Jaket Sukajan Jaket Sukajan

Sumber :  https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

3. Kain Micro

Bahan jaket micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil, permukaan kainnya licin dan agak tipis karena benang yang dipakai untuk membuat kain ini sangat halus.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain micro diantaranya:

  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat bahan ini sangat halus dan lembut.
  • Kain micro memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin sekalipun permukaannya tampak lembut.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan pembuatan jaket biasanya tidak mudah kusut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket yang bagus dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan.

Kain micro WP merupakan sejenis bahan micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof). Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang  halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Jaket Sukajan Jaket Sukajan

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

4. Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain parasut diantaranya:

  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga bisa dipakai sepanjang hari. Setelah dicuci jaket parka cukup dilipat atau digantung dengan rapi tanpa harus disetrika.
  • Kain parasut bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain parasut sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain parasut milky mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir) karena dilengkapi dengan coating milky (warna putih susu).

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

Kain parasut loreng biway mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

Kain parasut metalik merupakan bahan jaket yang bagus, bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

Jaket Sukajan Jaket Sukajan

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.frozenshop.com/

5. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Tujuan utama diterapkannya teknik tenun ini adalah untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain satin diantaranya:

  • Serat kain satin cenderung rapat sehingga tidak transparan saat dikenakan.
  • Kain satin memiliki permukaan yang mengkilap dan licin di bagian baik kain sementara bagian buruknya nampak kasar.
  • Kain satin memiliki tampilan yang sangat mewah dan elegan dari kilauan benang yang digunakannya.
  • Kain satin termasuk ke dalan jenis kain yang kuat, ringan dan tidak panas jika dipakai.
  • Kain satin mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain satin sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

  • Kain Satin Bridal (Duchesse)

Kain sain satin bridal termasuk ke dalam jenis kain satin berkualitas tinggi yang sering dipakai untuk gaun pengantin tapi juga bagus untuk membuat jaket sukajan.

Kain satin silk atau satin sutra merupakan kain yang memiliki ciri khas lebih lembut, tipis dan glossy. Dalam bentuk pakaian kain satin akan terlihat menarik dan nyaman digunakan karena sifat kainnya yang sejuk.

Jaket Sukajan Jaket Sukajan

Sumber : https://fitinline.com/, https://koisea.com/

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan jaket sukajan di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Yang terpenting adalah selalu gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat, awet, mudah kering, ringan dan membuat tubuh tetap nyaman jika anda ingin mendapatkan jaket sukajan yang berkualitas bagus.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan jaket yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jaket atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.