Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Bahan Spandek…

Ciri Khas Bahan Spandek Balon dan Pemanfaatannya Pada Produk Pakaian

Mencari alternatif bahan kain yang bersifat halus dan lembut, tidak mudah berkerut, serta memiliki elastisitas tinggi untuk membuat gamis wanita, manset, jilbab instan, celana legging dan berbagai jenis pakaian lainnya?. Sebagai referensi anda bisa memanfaatkan bahan spandek balon yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Spandek Balon

Bahan spandek balon termasuk ke dalam salah satu jenis kain dari keluarga spandek yang dihasilkan dari campuran serat polyester dan serat spandek. Dari kombinasi keduanya terciptalah bahan yang memiliki elastisitas tinggi, bahan kain yang ringan, cenderung tipis dibanding bahan spandek yang lainnya tetapi tidak menerawang.

Bahan Spandek Balon

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan pembuatan pakaian yang berkualitas bahan spandek balon umumnya juga dapat dibedakan dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

  • Untuk bahan spandek balon yang tebal gramasi atau berat bahan bahannya antara 200 sampai dengan 220 gram/m2.
  • Untuk bahan spandek balon yang tipis gramasi atau berat bahan bahannya antara 150 sampai dengan 200 gram/m2.

Karakteristik Bahan Spandek Balon

Sebagai salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi bahan spandek balon secara umum juga memiliki sejumlah ciri khusus yang membedakannya dengan bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari bahan spandek balon diantaranya:

  • Bahan spandek balon memiliki elastisitas yang tinggi.
  • Permukaan bahan spandek balon cenderung mengkilap pada salah satu sisinya.
  • Bahan spandek balon bahannya terbilang ringan, tipis tapi tidak menerwang.
  • Bahan spandek rayon lebih fleksibel di badan karena cukup mudah melar.
  • Bahan spandek balon mudah melepaskan panas jadi sangat cocok dipilih sebagai bahan pakaian sehari-hari.
  • Bahan spandek balon dapat di printing atau di sublim.

Pemanfaatan Bahan Spandek Balon

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion bahan spandek rayon sendiri secara umum dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam model pakaian wanita. Produk pakaian yang dimaksud diantaranya yakni berupa gamis wanita, manset, jilbab instan, celana legging dan baselayer.

1. Gamis Wanita

Gamis wanita termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang banyak memanfaatkan kain spandek balon sebagai bahan utamanya. Gamis yang dibuat dari bahan inipun umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni berbentuk terusan lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Bahan Spandek Balon

Sumber : https://shanehijab.com/

Tertarik untuk membuat gamis wanita dari bahan kain spandek tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

2. Manset

Selain menjadi pilihan bahan untuk gamis wanita, kain spandek balon juga sering digunakan dalam pembuatan manset. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan manset diantaranya:

  • Menutup aurat wanita dengan lebih sempurna ketika mengenakan pakaian yang tipis dan menerawang.
  • Menangkal sinar matahari langsung supaya tidak mengenai kulit.
  • Menyerap kelebihan keringat dan menjaga kelembaban kulit.

Bahan Spandek Balon

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Manset dari bahan spandek balon bisa juga digunakan sebagai baselayer atau inner suit untuk pelengkap pakaian olahraga dan jersey. Selain menjaga permukaan kulit agar tetap kering dan nyaman saat berolahraga, baselayer sendiri sebenarnya juga memiliki sejumlah fungsi penting.

  • Menjaga suhu tubuh supaya tetap netral dengan cara mempertahankan kelembaban dan temperatur dalam tubuh.
  • Melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan sinar ultra-violet yang dapat menyebabkan kulit terbakar.
  • Sebagai pelindung tubuh dari sengatan serangga.

3. Jilbab Instan

Produk pelengkap fashion berikutnya yang cocok dibuat dari kain spandek balon yakni berupa jilbab instan yang dibuat dalam model khimar dan bergo. Selain nyaman dipakai, cara pengggunaan dari kedua jilbab instan tersebut juga sangatlah mudah.

  • Khimar

Khimar merupakan jilbab instan yang memiliki desain lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher dan menjulur hingga dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk tulang selangka).

  • Bergo

Bergo merupakan model jilbab instan dengan bantalan busa di bagian atasnya dan dapat dikenakan secara langsung tanpa memerlukan tambahan peniti maupun jarum pentul.

Berdasarkan pada besar kecilnya ukuran pet atau bantalan spons jilbab bergo sendiri dapat dibedakan dalam berbagai macam varian yang berbeda lho.

  • Basic pet bergo dengan variasi pet sepanjang 35 cm dan lebar 9,5 cm.
  • Short pet bergo dengan variasi pet sepanjang 35 cm dan lebar 8 cm.
  • Long pet bergo dengan variasi pet sepanjang 40 cm dan lebar 9.5 cm.
  • Ekstra pet bergo dengan variasi pet sepanjang 40 cm dan lebar 14 cm.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat jilbab bergo yang memiliki bantalan busa di bagian atasnya?. Simak kembali pembahasannya mengenai Tutorial Membuat Jilbab Bergo pada artikel Fitinline terdahulu.

4. Celana Legging

Dengan karakteristik bahannya yang ringan dan mengikuti bentuk tubuh, kain spandek balon juga sangat ideal untuk digunakan sebagai bahan celana legging.

  • Celana legging yang dibuat dari bahan spandek balon sangat sesuai jika dikenakan sebagai pakaian olahraga serta dalaman ketika memakai gamis maupun rok.
  • Dengan memakai celana legging berbahan spandek balon inipun anda tidak perlu merasa menggunakan pakaian bertumpuk-tumpuk.

Bahan Spandek Balon

Sumber : https://www.pricenia.com/

Kesimpulan Bahan Spandek Balon

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan spandek balon dan pemanfaatannya pada berbagai jenis item fashion modern yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan material yang tepat untuk produk pakaian yang ingin anda buat ya.

Butuh bahan kain spandek balon berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung harus membelinya dimana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain spandek balon dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.