Article

Homepage Article Desain Fesyen Kenali Ciri Khas, Kelebihan…

Kenali Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cornskin Serta Pemanfaatannya Pada Hijab Segi Empat

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat hijab tapi belum menemukan bahan yang tepat?. Kalau anda termasuk orang yang cenderung lebih suka memakai hijab berbahan ringan, nyaman, warnanya kalem dan mudah di bentuk mungkin anda bisa memilih bahan cornskin yang menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Bahan Cornskin

Bahan cornskin dapat dikategorikan ke dalam jenis kain yang unik dan berbeda dari bahan yang lainnya. Keunikan dari bahan yang satu ini terletak pada tampilannya yang tampak berongga-rongga seperti halnya serat jagung sehingga banyak orang yang kemudian menyebutnya dengan nama cornskin.

Hijab Cornskin

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai bahan kain yang cukup populer bahan cornskin sendiri belakangan begitu diminati para wanita muslim untuk dijadikan bahan hijab karena pilihan warna pastelnya yang beragam, tidak mudah kusut dan memudahkan saat pemakaian jarum pentul atau peniti lantaran tidak akan menimbulkan bekas pada hijab.

Hijab Cornskin

Sumber : https://shopee.co.id/

Karakteristik Bahan Cornskin

Tidak jauh berbeda dengan bahan hijab yang lainnya bahan cornskin secara umum juga memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan kain yang lain lho. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan bahan cornskin yang berkualitas kenali dulu yuk ciri-cirinya.

  1. Bahan cornskin memiliki permukaan berserat.
  2. Serat bahan cornskin hampir mirip seperti kulit jagung tapi lebih halus dan lembut saat diraba dengan telapak tangan.
  3. Bahannya yang mirip dengan kulit jagung menjadikan kain ini dinamakan cornskin, gabungan dari kata corn yang berarti jagung dan skin yang berarti kulit.
  4. Bahan cornskin cukup adem dan tidak panas saat dikenakan.
  5. Bahannya tidak mudah kusut saat dipakai.
  6. Bahan cornskin dapat dijumpai dalam warna-warna polos sehingga tekstur seratnya jadi lebih terlihat dan terkesan manis saat dikenakan.

Hijab Cornskin

Sumber : https://lozy.id/

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cornskin

Dari beberapa ciri khas bahan cornskin yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin juga men-jadi kelebihan tersendiri dari bahan cornskin. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang kelebihan dari bahan kain cornskin anda bisa menyimak pembahasan berikut.

  1. Bahan conskin tidak mudah lecek sehingga sangat cocok digunakan untuk anda yang malas menyetrika.
  2. Pilihan warnanya sangat banyak jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Bahannya adem jadi tidak akan membuat anda merasa kegerahan saat mengenakannya.
  4. Bahan cornskin relatif ringan dan sangat nyaman dikenakan dalam segala aktivitas baik itu bagi para pelajar, mahasiswa, karyawan dan pegawai kantor.
  5. Dari segi harga bahan ini cukup bersahabat bagi kantong mahasiswa dan pelajar karena termasuk ke dalam kategori bahan hijab yang berharga murah tapi terkesan mewah.
  6. Dalam bentuk hijab bahan cornskin memiliki bentuk yang tegak mengikuti bentuk wajah.
  7. Kainnya yang berserat tidak mudah kusut meskipun dipakai saat menggunakan helm.

Hijab Cornskin

Sumber : https://yelena.ph/

Untuk membingkai wajah bahan cornskin cukup bisa diandalkan untuk membuat ujung hijab runcing. Hanya saja anda harus sering-sering merapikan hijab agar selalu tampil maksimal lantaran bahan ini seringkali memiliki tampilan bergelombang yang sulit dirapikan sehingga membuat tampilannya menjadi bulat bukan runcing.

Hijab Cornskin

Sumber : https://lozy.id/

Pemanfaatan Bahan Cornskin

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion jadi bahan cornskin sediri sampai saat ini memang lebih banyak dipakai untuk membuat hijab salah satunya hijab dengan model segi empat yang memiliki desain dan tampilan paling standar yaitu berbentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya.

Meskipun terbilang sangat sederhana namun model hijab yng satu ini justru banyak disukai oleh para wanita muslimah karena mudah dipakai dalam berbagai gaya lho. Beberapa keistimewaan yang ditawarkan model hijab segi empat antara lain:

  1. Hijab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal, semi formal maupun acara casual sekalipun.
  2. Desainnnya yang tidak terlalu ribet menjadikan model hijab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.
  3. Model hijab segi empat bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian apapun baik itu gamis, kaftan, tunik, baju blus wanita maupun pakaian yang lainnya.

Hijab Cornskin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain digunakan sebagai bahan hijab anda sebenarnya juga bisa berkreasi untuk membuat berbagai macam produk pelengkap fashion yang tidak kalah unik dengan memakai bahan kain yang satu ini. Kalau ingin membuat pakaian jangan lupa untuk menambahkan furing sebagai pelapis dalamnya ya biat tidak terlalu menerawang ya.

Terinspirasi untuk membuat gamis, kaftan maupun baju blus wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola baju gamis, kaftan dan baju blus wanita siap pakai yang ada di Fitinline.

1. Gamis

Sebagai pakaian muslim yang cukup populer di dunia fashion, secara umum gamis banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar sampai ke mata kaki. Buat anda yang mau mencoba membuat gamis download saja pola baju siap pakai dari kami.

2. Kaftan

Biasa digunakan sebagai baju andalan untuk acara religi seperti puasa, lebaran dan sejenisnya, kaftan sebenarnya juga dapat digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari lho. Buat anda yang mau mencoba membuat kaftan download saja pola baju siap pakai dari kami.

3. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita merupakan busana penutup tubuh bagian atas yang memiliki desain cukup simple dan sederhana yakni bagian bawah blusnya menggantung. Buat anda yang mau mencoba membuat baju blus wanita download saja Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI dari kami.

Tips Memilih Hijab Cornskin

Tertarik untuk menggunakan hijab segi empat berbahan cornskin sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung bagaimana cara memilihnya?. Untuk memastikan bahwa hijab berbahan cornskin yang anda pilih memang benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebaiknya perhatikan tiga hal penting sebagai berikut.

  • Untuk mendapatkan hijab cornskin yang berkualitas memang lebih baik langsung melihat langsung bahannya. Dengan cara ini anda juga bisa menilai sendiri bagus tidaknya bahan kain yang dipakai untuk membuat hijab.
  • Sesuaikan ukuran hijab segi empat dengan proporsi tubuh anda. Biasanya semakin lebar ukuran hijab maka semakin syar’i pula tampilan yang dihasilkan karena hijab tersebut dapat menutup bagian dada.
  • Bagi anda yang bertubuh mungil dan pendek sebaiknya pilih hijab segi empat yang ukurannya cenderung kecil agar tubuh anda tidak tenggelam dalam hijab yang anda kenakan.
  • Sebaliknya bila anda memiliki postur tubuh yang cenderung tinggi sebaiknya pilih hijab yang ukurannya cukup besar agar bagian dada tertutup dengan sempurna.

Secara umum hijab dengan model segi empat banyak diproduksi dalam beberapa ukuran yang berbeda, mulai dari 110 x 110 cm, 115 x 115 cm, 130 x 130 cm hingga 150 x 150 cm.

  • Dalam memilih hijab sesuaikan warnanya dengan busana yang akan dipakai. Selain mempertimbangkan kesesuaian warna hijab dengan warna pakaian, perhatikan pula kesesuaian warna hijab dengan warna kulit wajah bila anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

Hijab Cornskin

Sumber : https://www.blibli.com/

Kreasi Hijab Cornskin

Setelah berhasil menemukan hijab cornskin yang sesuai dengan kebutuhan sekarang saatnya bagi anda untuk mulai berkreasi dengan hijab pilihan anda. Untuk memudahkan anda dalam membuat  kreasi hijab segi empat yang unik dan tidak kalah menarik dari hijab cantik lainnya siapkan beberapa perlengkapan sebagai berikut.

  1. Hijab dari bahan kain cornskin berbentuk segi empat yang sesuai dengan selera anda baik dari segi warna dan ukuran.
  2. Peniti dan jarum pentul untuk mengikat rangkaian hijab segi empat.
  3. Ciput atau inner hijab untuk membungkus rambut dan kepala. Menggunakan ciput atau dalaman hijab sangatlah penting untuk menjaga hasil kreasi hijab segi empat anda agar lebih rapi dan tahan lama.
    • Untuk anda yang memiliki bentuk wajah tembem anda bisa memakai ciput antem (anti tembem) untuk memberikan kesan wajah yang tirus.
    • Sementara kalau anda memiliki wajah yang cenderung tirus anda bisa menggunakan semua jenis ciput.
  4. Untuk memakai hijab segi empat dapat pula ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti bross, bandana, anting hijab, pin, jarum karakter dan aksesoris lainnya.

Selesai melakukan persiapan sekarang saatnya bagi anda untuk mulai bereksperimen dan mencoba berbagai kreasi model hijab sesuai dengan kesempatan pemakaiannya.

1. Hijab Segi Empat Formal

Hijab segi empat formal merupakan bentuk kreasi hijab yang sangat cocok dikenakan untuk keperluan bekerja, kuliah atau keperluan lain yang sifatnya formal. Untuk mencoba style ini lakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut. 

  • Pilih hijab cornskin yang berwarna senada dengan pakaian anda.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan hijab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang kemudian sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang kedua ujung hijab lalu silangkan di depan dada.
  • Tarik ujung hijab ke arah belakang leher lalu ikat kedua ujungnya sambil dirapikan ke bagian dalam hijab.

Hijab Cornskin

Sumber : https://www.blibli.com/

2. Hijab Segi Empat Casual

Hijab segi empat casual merupakan bentuk kreasi hijab yang sangat cocok dikenakan untuk keperluan hangout maupun keperluan lain yang sifatnya tidak resmi. Untuk mencoba style ini lakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut. 

  • Siapkan hijab segi empat berbahan cornskin yang ingin anda kenakan.
  • Kenakan ciput yang nyaman untuk membungkus kepala anda.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan hijab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang lalu sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang bagian sisi kanan hijab lalu bawa ke arah pundak kiri. Biarkan bagian ujungnya berada di belakang pundak.
  • Ambil sisi kiri hijab lalu bawa bagian tersebut melalui depan dada ke arah bahu kanan, kemudian tarik hingga ke atas kepala dan sematkan jarum pentul di bagian atasnya.

Hijab Cornskin

Sumber : https://lozy.id/

3. Hijab Segi Empat Semi Formal

Hijab segi empat semi formal merupakan style hijab yang bisa anda pilih untuk tampil cantik pada acara-acara yang sifatnya tifak begitu formal. Untuk mencoba style ini lakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Kenakan ciput atau inner hijab yang berbahan nyaman.
  • Lipat hijab cornskin segi empat secara diagonal lalu letakkan hijab di atas kepala dengan posisi sisi kiri sedikit lebih panjang dari sisi kanan.
  • Ambil sisi kanan hijab ke belakang leher kiri dan keluarkan lewat bahu kanan. Sematkan dengan jarum pentul di rahang sebelah kanan.
  • Rapikan bagian kiri hijab lalu semat dengan jarum pentul.
  • Tarik bagian sisi kiri hijab ke arah pundak kanan lalu sematkan jarum pentul atau biarkan sisi kiri hijab bebas menjuntai.

Hijab Cornskin

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Hijab Segi Empat Simple

Model hijab segi empat simple merupakan bentuk kreasi hijab sederhana yang bisa anda aplikasikan ke dalam gaya sehari-hari. Untuk mencoba style ini lakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut. 

  • Kenakan ciput atau inner hijab yang berbahan nyaman.
  • Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian lalu letakkan hijab di atas kepala dengan panjang sama antara kanan dan kiri.
  • Sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Ambil sisi hijab yang berada di sebelah kanan lalu atur posisinya agar menyamping di bagian depan dada.
  • Sematkan jarum pentul atau peniti agar lebih rapi.

Hijab Cornskin

Sumber : https://mimamim.com/

Merawat Hijab Berbahan Cornskin

Punya sejumlah koleksi hijab segi empat berbahan cornskin?. Penting untuk diketahui bahwa hijab berbahan cornskin sebenarnya tidak bisa disetrika dengan suhu yang panas. Maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara-cara khusus supaya kualitas bahannya tetap terjaga dengan baik.

Hijab Cornskin

Sumber : https://id.carousell.com/

  1. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat hijab berbahan cornskin.
  2. Hijab yang dibuat dari bahan cornskin sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci.
  3. Untuk membersihkan hijab segi empat berbahan cornskin anda cukup  merendamnya sebentar dalam larutan detergent kemudian menguceknya secara perlahan. Rendam hijab secukupnya jangan terlalu lama.
  4. Selesai melakukan proses perendaman bilas hijab cornskin dengan air bersih. Jika dibutuhkan tambahkan pula pelembut pakaian agar hasilnya menjadi lebih maksimal.
  5. Untuk mengeringkan hijab berbahan cornskin anda bisa menjemurnya dengan cara menggantung hijab menggunakan hanger baju.
  6. Setelah kering hijab berbahan wolvis tersebut bisa langsung disimpan dalam alamari tanpa harus disetrika terlebih dahulu.
  7. Jika hijab kesayangan anda sudah terlanjur terlipat dan menjadi kusut, anda bisa menyetrikanya dengan cara dilapisi dengan kain tipis agar suhu panas yang terdapat pada setrika tidak merusak permukaan hijab.

Semoga dengan menerapkan cara perawatan yang baik dan benar, hijab berbahan cornskin yang anda miliki akan menjadi awet dan selalu terlihat baru ya.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas bahan cornskin, kelebihan dan kekurangan, pemanfaatan serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Mau tahu lebih banyak lagi tentang Ragam Model dan Jenis-Jenis Kain Untuk Hijab, sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.