Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Membuat Kreasi…

Cara Mudah Membuat Kreasi Dompet, Backpack, Rucksack dan Tote Bag Dari Bahan Suede

Produk fashion yang dibuat dari bahan suede saat ini memang menjadi primadona yang sangat diminati banyak orang. Buat anda yang kebetulan sedang ingin membeli dompet dan tas dari bahan serupa tapi belum menemukan warna yang pas mungkin menjahit dompet dan tas sendiri bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa diandalkan.

Pengertian Bahan Suede

Bahan suede dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan yang memiliki permukaan berbulu halus. Berdasarkan asal bahasanya istilah suede sendiri konon diambil dari bahasa Perancis “Gants de Suede” yang memiliki arti sarung tangan dari Swedia karena jenis kulit ini memang pertama kali dihasilkan di Swedia sebagai bahan sarung tangan.

Bahan Suede

Sumber : http://www.knipidee.nl/

Untuk menciptakan bahan suede yang berkualitas tinggi, bahan baku yang digunakan sebagai material utamanya kebanyakan diambil dari bagian dalam kulit hewan seperti halnya sapi, kambing, domba dan kerbau yang dekat dengan daging sehingga tekstur lapisan yang dihasilkan jadi terkesan sangat halus dan juga lembut.

Bahan Suede

Sumber : https://shopee.co.id/

Jika sebelumnya bahan suede hanya tersedia dalam warna-warna tertentu seperti warna kulit alami kini ada juga bahan kulit sintetis yang warnanya dibuat lebih cerah seperti hijau, biru, kuning, pink dan orange. Dengan tampilannya yang sedemikian unik bahan inipun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk fashion.

Bahan Suede

Sumber : https://www.hcfcontractfurniture.co.uk/

Pemanfaatan Bahan Suede

Terkait pemanfaatannya dalam dunia fashion bahan kulit sintetis sejenis suede sebenarnya dapat dikreasikan menjadi apa saja termasuk untuk membuat dompet dan tas yang cantik. 

1. Dompet Suede

Dompet dari bahan kulit suede merupakan item fashion legendaris yang banyak dicari oleh para pecinta fashion. Tidak hanya populer dikalangan pria saja tetapi dompet ini juga diminati oleh para wanita karena dapat memberikan kesan mewah.

2. Tas Suede

Selain dompet dewasa ini telah banyak juga produk tas dari material suede yang bisa dipakai untuk membawa banyak barang ketika bepergian. Dari segi fashion tas berbahan suede juga akan membuat penampilan anda menjadi lebih elegan dan menarik.

Beberapa model tas yang banyak dibuat dari bahan kulit sintetis sejenis suede yakni berupa backpack, rucksack, tote bag dan berbagai macam jenis tas lainnya.

a. Backpack

Backpack merupakan model tas punggung yang biasa didesain dalam ukuran sedang dan dilengkapi dengan resleting. Untuk memaksimalkan fungsinya beberapa backpack biasaada juga yang diberi tambahan ruang penyimpanan laptop di dalamnya.

b. Rucksack

Rucksack merupakan model tas punggung yang memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut. Dari segi desain rucksack ini sepintas memang terkesan kuno tapi justru disitulah nilai seninya.

c. Tote Bag

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atas atau lebih tepatnya di bagian tengah masing-masing sisi.

Tertarik untuk membuat kreasi dompet dan tas sendiri dari bahan suede tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Sebagai langkah awal anda bisa mulai membuat pola dompet dan juga tas kemudian menjiplak dan mengembangkannya sesuai desain yang anda inginkan. Besar kecil ukuran dompet atau tasnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. Buatlah satu atau dua buah pola standar lalu modifikasi pola tersebut sesuai desain yang anda inginkan.
  2. Dari pola yang sudah ada anda tinggal menggunakannya sebagai acuan untuk menciptakan dompet dan tas yang cantik.

Khusus bagi anda yang kebetulan sedang mencari alternatif bahan kulit sintetis yang lebih murah, lebih tahan lama, tahan noda dan tahan terhadap air maka anda dapat menggunakan Kain Double Suede dan Bahan Real Suede yang diproduksi dari bahan sintetis. Cara perawatan bahan ini juga tergolong lebih mudah lho.

Tutorial Membuat Dompet Suede

Untuk membuat dompet suede siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  1. Dua lembar bahan kain suede dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan misal ukuran 18 cm x 13 cm.
  2. Dua lembar bahan kain yang lebih tipis untuk bagian dalam pouch dengan ukuran sama 18 cm x 13 cm
  3. Resleting dengan panjang 18 cm untuk membuka dan menutup belahan dompet.
  4. Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa menjahit dompet suede mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Letakkan potongan bahan suede di atas meja yang datar dengan posisi bagian baiknya menghadap anda kemudian tempatkan resleting di salah satu sisi terpanjang kain dalam keadaan terbalik sehingga bagian baik bahan dan resleting saling berhadapan.
  2. Letakkan potongan kain pelapis dompet diatasnya dengan posisi terbalik sehingga bagian baiknya berada di bawah. Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.
  3. Jahit resleting dan bahan kain secara bersamaan supaya lebih mudah gunakan bantuan sepau jahit khusus resleting biasa.
  4. Dengan cara yang sama, jahit bahan kain dan ritsleting yang terdapat pada sisi lain dari dompet.
    • Tempatkan hasil jahitan yang diperoleh dari langkah sebelumnya diatas potongan bahan kain bagian dalam dompet yang lain dengan posisi bagian baiknya menghadap keatas.
    • Letakkan satu lagi potongan kain terluar dari pouch diatasnya dengan posisi terbalik.
    • Dengan menggunakan sepatu jahit khusus untuk menjahit ritsleting, jahit tumpukan bahan kain beserta ritsleting tersebut secara bersamaan.
  5. Tindas sepanjang tepi ritsleting dengan kain pelapis dompet supaya terkesan lebih rapi.
  6. Bentangkan kedua sisi dompet kemudian atur agar bagian baik bahan utama dompet saling berhadapan begitu pula dengan bahan pelapisnya.
  7. Jahit sepanjang bagian tepi bahan menggunakan sepatu jahit biasa dengan menyisakan sedikit celah  pada sisi bagian dalam dompet untuk memudahkan anda ketika membalik dompet.
  8. Rapikan sisa benang dan kain yang bertiras dengan menggunakan bantuan gunting, kemudian balikkan bahan utama dan pelapis dompet secara bertahap.  
  9. Setelah berhasil membalikkan dompet sekarang anda bisa menutup celah kainnya dengan menggunakan tusuk jelujur kemudian memasukkan pelapis dompet ke bagian dalam.
  10. Sampai disini dompet cantik dari bahan suede yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Bahan Suede

Sumber : https://www.notonthehighstreet.com/

Tutorial Membuat Backpack Suede

Untuk membuat backpack suede siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  1. Dua lembar bahan kain suede berukuran 45 x 34 cm untuk badan bagian depan dan belakang backpack. Supaya bentuk tas yang dihasilkan lebih luwes bagian atas tas bisa di potong lengkung.
  2. Dua lembar bahan kain berukuran 76 x 8 cm untuk dipasangkan pada bagian kiri dan kanan atas resleting.
  3. Satu lembar bahan kain berukuran 16 x 51 cm untuk sambungan sisi samping bawah tas sekaligus alas tas.
  4. Untuk kantung depan backpack siapkan bahan kain yang seukuran dengan bahan utama backpack dikurangi 1/3 bagian atas pola badan backpack.
  5. Bahan kain katun atau bahan lain yang sejenis sebagai pelapis bagian depan, belakang dan bagian sisi backpack (samakan ukurannya dengan bagian utama backpack).
  6. Bisban untuk menutup jahitan dalam backpack.
  7. Resleting untuk menutup dan membuka belahan kantung depan serta bagian utama backpack.
  8. Webbing tas sebagai tali backpack sekaligus sebagai bahan untuk mempercantik tampilan backpack.
  9. Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai menjahit satu persatu bagian backpack dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pasangkan resleting pada bagian kantung depan backpack selanjutnya jahit kantung tersebut dengan bagian utama backpack bagian depan.
  2. Pasangkan resleting pada potongan bahan kain yang diperuntukkan sebagai penutup bagian atas backpack.
  3. Jahit bahan kain yang telah diberi tambahan resleting dengan potongan kain yang anda siapkan untuk sambungan sisi samping bawah backpack sekaligus alas backpack.
  4. Lapisi seluruh bagian dalam backpack dengan bahan kain yang anda siapkan untuk pelapis dalam backpack.
  5. Jika sudah pasangkan webing pada bagian belakang backpack sebagai talinya. Ukuran tali ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Gabungkan seluruh bagian-bagian backpack sesuai desain yang sudah anda rencanakan sebelumnya kemudian jahit hingga menjadi satu kesatuan backpack yang utuh. Supaya lebih rapi tutp seluruh jahitan sambungan backpack dengan menggunakan bisban.
  7. Rapikan sisa benang dengan menggunakan bantuan gunting, kemudian balikkan backpack agar bagian baiknya berada di luar.
  8. Sampai disini kreasi backpack dari bahan suede yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Bahan Suede

Sumber : https://packsproject.com/

Tutorial Membuat Rucksack Suede

Untuk membuat rucksack suede siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  1. Dua lembar bahan kain suede berukuran 32 x 36 cm untuk badan bagian depan dan belakang backpack.
  2. Satu lembar bahan kain berukuran 10 x 104 cm untuk sambungan sisi sekaligus alas rucksack.
  3. Dua lembar bahan kain berukuran 32 x 12 cm untuk menutup bukaan atas ruskcask.
  4. Webbing tas dengan panjang 66 cm untuk tali rucksack, ukuran ini bisa anda tambah atau kurangi sesuai kebutuhan.
  5. Bahan kain katun atau bahan lain yang sejenis sebagai pelapis bagian depan, belakang dan bagian sisi rucksack (samakan ukurannya dengan bagian utama rucksack).
  6. Sehelai tali yang cukup besar untuk menutup bukaan rucksack.
  7. Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai menjahit satu persatu bagian rucksack mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gabungkan bahan kain suede yang anda siapkan sebagai bagian depan rucksack dengan potongan bahan untuk sisi sekaligus alas rucksack. Jika sudah gabungkan bahan bahan tersebut hingga membentuk sebuah kantung besar.
  2. Dengan cara serupa jahit bahan pelapis rucksack hingga membentuk kantung yang sama besar dengan kantung utama rucksack. Tapi ingat sisakan sedikit celah untuk membalikkan rucksack ya.
  3. Satukan bahan utama rucksack dan bahan pelapis rucksack dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan kemudian jahit sekeliling ujung rucksack yang terbuka dengan mesin jahit.
  4. Balikkan bahan utama dan pelapis rucksack secara bertahap kemudian tutup celah kain yang anda pakai untuk membalik rucksack dengan menggunakan tusuk jelujur.
  5. Pasangkan webbing tas pada bagian belakang rucksack lalu tindas dengan mesin jahit supaya lebih luat.
  6. Tandai bagian atas bukaan rucksack kemudian buat lubang sebanyak 8 buah untuk memasang tali penutup rucksack (atur jarak antara lubang satu dengan lubang yang lainnya agar lebih teratur). Jika sudah pasangkan mata ayam yang bersesuaian pada setiap lubangnya.
  7. Selesaikan rucksack dengan cara menjahit penutup bagian atas rucksack dan memasangkannya pada bagian utama rucksack.
    • Satukan dua lembar bahan kain yang anda siapkan sebagai penutup bukaan atas ruskcask dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
    • Jahit sekeliling tepi bahan dengan menyisakan sedikit celah untuk membaliknya.
    • Balikkan bahan agar bagian baiknya berada di luar lalu tindas sepanjang tepi kain dengan mesin jahit.
    • Pasangkan penutup rucksack ini pada bagian utama rucksack.
  8. Sampai disini rucksack dari bahan suede sebenarnya sudah siap untuk digunakan. Supaya lebih aman tambahkan velcro untuk mengunci bagian depan rucksack dan penutup rucksack.

Bahan Suede

Sumber : https://www.etsy.com/

Tutorial Membuat Tote Bag Suede

Untuk membuat tote bag suede siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  1. Dua lembar bahan kain suede dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sebagai referensi dalam pembuatan tote bag anda bisa mencoba beberapa ukuran berikut.
    • Pilih ukuran 30 x 35 cm jika anda ingin mendapatkan tote bag yang sangat kecil.
    • Pilih ukuran 35 x 40 cm jika anda ingin mendapatkan tote bag yang sedang.
    • Pilih ukuran 60 x 50 cm jika anda ingin mendapatkan tote bag lumayan besar.
  2. Dua lembar bahan kain sebagai tali tote bag dengan ukuran 6 x50 cm.
  3. Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.
  4. Mesin obras untuk merapikan tepi kain.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa menjahit tote bag suede mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Menjahit Kantung Tote Bag

  • Untuk membuat badan tote bag gabungkan dua buah potongan kain persegi empat menjadi satu. Posisikan agar kedua bagian baik bahan kain saling berhadapan.
  • Jahit bagian sisi kiri, kanan dan bawah bahan kain dengan mesin jahit hingga menyisakan celah yang terbuka di bagian atasnya. Setelah itu obras sepanjang tepi kain agar seratnya tidak mudah terurai.
  • Balikkan kantung tote bag supaya bagian baiknya berada di luar kemudian lipat ujung kainnya kearah dalam dan tindas dengan mesin jahit.

2. Menjahit Tali Tote Bag

  • Ambil satu lembar potongan bahan kain yang sudah anda siapkan untuk tali tote bag kemudian lipat sedikit kedua ujungnya.
  • Jika sudah sekarang lipat kain secara memanjang menjadi dua bagian lali lipat lagi sisi kanan dan kiri kain ke bagian tengah agar berada dalam satu garis yang sama.
  • Untuk menahan bentuknya agar tidak berubah sematkan beberapa buah jarum pentul kemudian tindas sepanjang tepi kainnya dengan mesin jahit.

3. Memasang Tali Tote Bag

  • Lipat kantung tote bag menjadi tiga bagian sama besar secara memanjang, kemudian tandai setiap bagian lipatannya menggunakan kapur jahit.
  • Pasangkan tali tote bag pada bagian yang telah di tandai sebelumnya lalu jahit tali tersebut secara bersamaan dengan bagian utama tote bag.
  • Untuk menjamin kekuatan sambungan tali dan kantung tote bag anda bisa membuat pola jahitan berbentuk kotak yang dilengkapi dengan jahitan diagonal di dalamnya.

Sampai di sini proses pembuatan tote bag sudah selesai dilakukan. Untuk mempercantik tampilannya supaya makin menarik anda bisa menambahkan ornamen seperti bordir, sulaman atau aplikasi lain pada bagian kantung tote bag. 

Bahan Suede

Sumber : https://www.target.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat dompet dan berbagai model tas seperti backpack, rucksack serta tote bag dari bahan kulit sintetis suede yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk terus berkarya sahabat Fitinline.

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu menyelesaikan proyek jahit anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin jahit dan mesin obras dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.