Article

Homepage Article Desain Fesyen 6 Ciri Khas Baju Bodo Khas…

6 Ciri Khas Baju Bodo Khas Sulawesi Selatan dan Bahan Kain Untuk Membuatnya Yang Perlu Anda Ketahui

Mencari alternatif model baju yang bagus untuk dipakai ketika menghadiri acara pernikahan?. Bila selama ini anda sudah biasa memakai gamis, kebaya maupun dress batik, tidak ada salahnya bila sesekali anda mencoba untuk mengenakan baju bodo khas Sulawesi Selatan yang memiliki desain dan potongan cukup unik.

Pengertian Baju Bodo

Baju bodo merupakan sejenis blus wanita berpotongan longgar, berongga besar pada bagian lengan dan menggelembung pada bagian punggungnya yang biasa dikenakan oleh perempuan Bugis, Makasar dan Mandar yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan. Untuk pelengkapnya baju ini dapat dikenakan dengan sarung.

Baju Bodo

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai busana penutup tubuh bagian atas, model blus tradisional yang digunakan pada pakaian adat Sulawesi Selatan ini dahulu biasa dipakai tanpa dalaman. Namun seiring dengan masuknya pengaruh Islam di daerah setempat baju yang tadinya memperlihatkan aurat pun lambat laun mengalami perubahan. 

Baju Bodo

Sumber : https://id.carousell.com/

Selain dikenakan bersama dengan sarung terdapat pula berbagai macam pernak pernik lain seperti bando, ikat pinggang, anting panjang, kalung, gelang sampai hiasan berbentuk mahkota dari bahan perak dan tembaga yang dapat dimanfaatkan menjadi pelengkap dari pakaian khas Sulawesi Selatan tersebut.

Baju Bodo

Sumber : https://id.carousell.com/

Ciri Khas Baju Bodo

Sedikit berbeda dengan pakaian modern yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia, baju bodo sendiri sebenarnya memiliki ciri yang sangat khas dan mungkin tidak dapat dijumpai pada jenis pakaian lain. Beberapa ciri paling khas dari baju bodo diantaranya:

  1. Baju bodo biasanya didesain dalam bentuk segi empat, bagian bawah terbuka dan bagian atas ada lubang leher.
  2. Garis lingkar lubang leher baju bodo menggunakan garis V yakni bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas.
  3. Bentuk lengan pada baju bodo adalah lengan setali (unmounted) yang tidak memiliki sambungan jahitan pada bagian bahu. Kesan menggelembung terbentuk karena pada saat pemakaian agak disingsingkan ke atas.
  4. Sisi samping blus wanita yang dikenal dengan baju bodo dijahit dari ujung lengan sampai ujung badan bagian bawah.
  5. Bentuk bagian badan blus menggelembung karena letak lingkar lubang leher tidak pada lipatan kain namun di letakkan pada bagian atas lapisan kain bagian muka..
  6. Memakai hiasan berupa kepingan-kepingan logam berbentuk bulat berwarna emas di seluruh pinggiran dan permukaan blus.

Baju Bodo

Sumber : https://www.hipwee.com/

Warna Baju Bodo

Terkait dengan warna-warna yang dipilih untuk membuatnya, setiap warna yang digunakan pada baju bodo khas Sulawesi Selatan pada prinsipnya juga memiliki makna tersendiri sehingga tidak boleh sembarangan. Berikut arti warna pada baju bodo berdasarkan penuturan tokoh adat dan masyarakat setempat.

  1. Warna jingga dipakai oleh perempuan umur 10 tahun.
  2. Warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun.
  3. Warna merah darah digunakan oleh remaja usia 17-25 tahun.
  4. Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun.
  5. Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan.
  6. Warna ungu dipakai oleh para janda.

Dari yang awalnya hanya boleh dipakai untuk kalangan tertentu sekarang penggunaan baju bodo justru sudah agak bebas, tidak lagi terikat pada warna. Buktinya kini makin banyak juga orang Makassar maupun Bugis yang memilih warna baju bodo bukan lagi karena maknanya tetapi lebih ke selera pribadi.

  1. Di masa lalu pakaian tradisional yang populer dengan nama baju bodo lebih sering digunakan untuk acara adat seperti upacara kematian dan pernikahan.
  2. Untuk sekarang penggunaan baju bodo mulai meluas pada berbagai kegiatan lain misalnya lomba menari, upacara penyambutan tamu kehormatan dan kondangan.

Cara Membuat Baju Bodo

Tertarik untuk memakai baju bodo sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih belum menemukan model dan ukuran yang tepat?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan hemat tidak ada salahnya kalau sahabat Fitinline mencoba untuk menjahit baju bodo sendiri sesuai desain dan ukuran yang anda inginkan.

1. Tentukan Desain Baju Bodo

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat baju bodo yaitu siapkan referensi model baju baju bodo yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Baju bodo biasanya memiliki garis leher berbentuk O maupun V yang bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas sehingga membuat  leher terlihat lebih panjang.
  • Untuk model lengannya baju bodo biasanya dilengkapi dengan lengan setali yakni lengan baju yang menyatu dengan bagian badan.

Baju Bodo

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Menyiapkan Bahan Baju Bodo

Setelah menemukan model baju bodo yang tepat selanjutnya anda perlu mempersiapkan bahan dasar baju bodo serta bahan lain yang mungkin diperlukan untuk menyempurnakan baju bodo. Dalam memilih bahan utama baju bodo perhatikan beberapa hal berikut.

Pastikan bahan kain yang akan anda gunakan untuk membuat baju bodo memiliki kualits bahan yang baik.
Untuk menghadiri acara semi formal hingga formal sebaiknya pilih bahan baju bodo yang tidak mudah kusut.

Beberapa contoh bahan kain yangbiasa dipakai untuk membuat baju bodo ini diantaranya:

a. Kain Muslin

Baju bodo sering dianggap sebagai salah satu busana tertua di dunia. Perkiraan itu didukung oleh sejarah kain muslin yang banyak dipakai sebagai bahan dasar baju bodo. Jeninyapun ada banyak mulai dari yang ringan dan halus sampai yang berat dan kasar.

Baju Bodo

Sumber : https://www.indiamart.com/

b. Kain Organza

Organza termasuk ke dalam jenis bahan kain ringan yang ditenun dengan pola pattern yang sama seperti organdi, yaitu balanced plain weave dengan menggunakan fiber twist yang erat seperti halnya chifon dan organdi.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan kain organza dengan bahan lain yaitu:

  • Kain organza memiliki tampilan yang cukup transparan dan ringan.
  • Karakteristik bahannya cenderung kaku, licin dan terasa keras jika dipegang.
  • Tidak flowing (kain melayang) dan tidak mudah kusut.

Baju Bodo

Sumber : https://bodikian-textiles.com/

c. Kain Chiffon

Kain chiffon merupakan salah satu jenis bahan kain yang memiliki tekstur sangat halus dan juga tipis. Kain chiffon biasanya terbuat dari bahan katun, sutra, nilon, rayon, maupun poliester.

  • Kain chiffon pada dasarnya bersifat tipis dan agak menerawang sehingga membutuhkan tambahan puring saat digunakan sebagai bahan pakaian.
  • Jika dipegang permukaan chiffon akan terasa licin dan seratnya cenderung halus. Karena licin bahan chiffon ini menjadi agak susah untuk di bentuk.
  • Pakaian yang terbuat dari bahan chiffon secara keseluruhan memiliki tampilan yang jatuh sehingga mampu memberikan kesan cantik pada tubuh pemakainya.

Baju Bodo

Sumber : https://www.indiamart.com/

d. Kain Crepe

Kain crepe dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang bersifat lentur dan memiliki tekstur sedikit berpasir, kasar atau terlihat berkerut pada bagian permukaannya.

Baju Bodo

Sumber : https://www.bloomsburysquarefabrics.com/

e. Kain Satin

Kain satin sebenarnya merupakan versi sintesis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Bahan sain satin ini sebenarnya punya banyak varian tapi yang paling umum dipakai untuk baju yaitu berupa bahan kain satin sutra hermes, kain satin bridal jepang, kain satin silk serta kain satin velvet.

Beberapa ciri paling khas dari bahan kain satin yang biasa dipakai untuk baju diantaranya:

  • Permukaannya bahan kain satin cenderung licin dan mengkilap di bagian luar.
  • Bahan kain satin umumnya ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga teksturnya menjadi sangat halus.
  • Bahan kain satin banyak dipilih untuk membuat baju wanita karena memberikan kesan glamour, feminim dan anggun kepada penggunanya.

Baju Bodo

Sumber : https://www.alibaba.com/

3. Menentukan Ukuran Baju Bodo

Buat baju bodo sesuai ukuran badan agar baju bodo tersebut terasa lebih nyaman saat dikenakan. Pastikan pula bagian bawah baju bodonya tidak kepanjangan atau kependekan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengambil ukuran badan antara lain berupa:

  • Pita ukur atau meteran untuk mengukur bagian badan pria.
  • Tali untuk mengikat bagian pinggang.
  • Ballpoint dan alat tulis lain untuk mencatat hasil pengukuran badan.

Sementara beberapa bagian tubuh yang perlu diukur sebagai acuan dalam membuat baju bodo  umumnya terdiri dari:

  • Panjang baju diukur dari bagian ujung pundak atas (dekat leher) sampai batas tertentu sesuai kebutuhan.
  • Lingkar badan diukur melingkar dari bawah ketiak sampai bagian dada.
  • Lingkar pinggang diukur melingkar di bagian pinggang.
  • Lebar punggung diukur dari batas tengah kerung lengan kiri sampai bagian tengah kerung lengan kanan.
  • Lebar bahu diukur dari bagian lekuk leher sampai pada ujung bahu.
  • Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai batas tertentu sesuai kebutuhan.
  • Lingkar leher diukur melingkar di bagian leher dengan sedikit dilonggarkan.

4. Membuat Pola Baju Bodo

Selesai melakukan pengukuran selanjutnya anda tinggal membuat pola baju bodo sesuai model yang anda inginkan. Untuk membuat pola baju bodo anda perlu menyiapkan skala, buku kostum, penggaris pembentuk, pensil merah biru, kertas kopi atau kertas koran, kertas dorslag merah biru.

Pola pakaian wanita dengan model baju bodo pada umumnya tersusun atas sebuah pola besar yakni pola baju bagian depan yang menyatu dengan pola baju bagian belakang. Pola baju bodo yang sudah disiapkan selanjutnya diperiksa kembali sesuai prosedur sebagai berikut.

  • Periksa tanda-tanda pola, termasuk arah serat bahan serta tanda pola baju bodo bagian muka dan pola baju bodo bagian belakang.
  • Lakukan pengecekan ulang ukuran pola untuk meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan.

5. Meletakkan Pola di Atas Bahan

Pola baju bodo yang sudah selesai dibuat selanjutnya diletakkan di atas bahan yang telah dibentangkan dengan memperhatikan tanda-tanda pola seperti arah serat dan jumlah potongan pola.

  • Lipat bahan kain menurut arah memanjang kemudian semat sisinya dan diberi pemberat agar posisinya tidak bergeser.
  • Letakkan pola baju bodo pada bagian permukaan kain. Yang harus diperhatikan adalah arah serat pada pola harus sejajar dengan tepi bahan, kemudian beri kampuh dan semat pola dengan jarum pentul.

6. Memotong Bahan Kain

Setelah pola baju bodo selesai disusun pada bahan kain sekarang saatnya bagi anda untuk memotong bahan kain dengan menggunakan gunting yang tajam.

  • Mulailah memotong bahan kain yang paling dekat dengan tepi terlebih dahulu. Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Supaya hasil guntingan yang didapatkan terkesan tampak rata dan halus gunakan gunting yang tajam.

7. Memindahkan Tanda Pola Pada Kain

Proses memindahkan tanda pola pada kain juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk untuk memudahkan pekerjaan seorang penjahit dalam menyatukan bagian-bagian pola sehingga nantinya pakaian yang hasilnya dapat dijahit dengan tepat.

  • Tujuan dilakukannya proses ini yaitu untuk memberikan batas besaran kampuh pada kain serta memberi tanda batas pola pada kain.
  • Karena keberadaan tanda pola baju bodo ini menjadi suatu hal yang sangat penting maka anda harus benar-benar teliti dalam memindahkannya.

8. Menjahit Baju Bodo

Selesai melakukan pemotongan bahan baju bodo terbaru, selanjutnya anda tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain hingga menjadi sebuah baju bodo sesuai rancangan desain yang sudah anda buat sebelumnya. Dalam hal ini anda perlu menyiapkan mesin jahit dan mesin obras.

  • Prinsip utama yang harus diperhatikan ketika menjahit baju bodo yaitu utamakan untuk menjahit sambungan sisi baju bodo dengan menggunakan mesin jahit kemudian rapikan dengan mesin obras.
  • Setelah anda berhasil menyelesaikan langkah-langkah utama selanjutnya anda hanya perlu menambahkan beberapa sentuhan akhir seperti menjahit bagian garis leher baju bodo.
  • Jangan lupa juga lipat bagian bawah baju bodo dan ujung lengannya kemudian tindas dengan mesin jahit supaya lebih rapi.
  • Selesai menjahit baju bodo anda bisa menambahkan payet maupun ornamen lain untuk mempercantik tampilan baju bodo.

Baju Bodo

Sumber : https://www.instagram.com/

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu menyelesaikan proyek jahit anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin jahit dan mesin obras dari kami Di Sini.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Mudah Memasang Payet Untuk Membentuk Pola Hias Yang Cantik dan Menarik kalau anda mau tahu bagaimana cara paling praktis yang dapat dilakukan untuk memasang payetnya.

9. Mengecek Hasil Jahitan

Setelah kegiatan menjahit selesai dilakukan proses selanjutnya adalah inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.

Beberapa ciri paling khas yang menandai bahwa sebuah baju bodo yang anda buat memiliki kualitas jahitan yang bagus diantaranya:

  • Jahitan tampak halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi pakaian harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.

10. Pengepresan Baju Bodo

Jika jahitan baju bodo sudah dirasa cukup baik dan tidak ada masalah bisa dilakukan penyelesaian akhir yakni dengan pengepresan. Cara mengerjakannya yaitu:

  • Gunakan alat untuk mengepres bagian-bagian baju bodo.
  • Pres lipatan baju bodo.
  • Pres kampuh-kampuh baju bodo.
  • Pres kelim baju bodo.

Untuk memudahkan anda dalam melakukan pengepresan baju bodo gunakan alat bantu setrika bila memang sekiranya dibutuhkan.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan baju bodo lengkap dengan cara mudah untuk membuatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dilakukan untuk menjahit berbagai macam model pakaian lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.