Article

Homepage Article Desain Fesyen 9 Detail Aplikasi Untuk…

9 Detail Aplikasi Untuk Mempercantik Tampilan Kebaya

Di antara sekian banyak busana tradisional yang ada di Indonesia kebaya memang menjadi salah satu jenis busana yang sangat dekat dengan para wanita. Terlebih semenjak kebaya tersebut ditetapkannya sebagai “Busana Nasional Wanita Indonesia”.

Kesan kuno yang dulu melekat pada kebaya pun berangsur-angsur mulai berubah karena kini kebaya juga bertransformasi dari model yang sederhana menjadi model busana dengan banyak variasi material maupun asesoris untuk memberikan kesan glamour.

Detail Kebaya

Sumber : https://pxhere.com/

Untuk mempercantik tampilan kebaya tidak sedikit pula desainer yang sengaja menambahkan berbagai jenis detail aplikasi pada kebaya rancangannya. Beberapa diantaranya yaitu berupa bordir, sulam, tempel brokat, payet dan mote, beads, kristal, serat alam, bulu, serta batu mulia.

Detail Kebaya

Sumber : http://thebridedept.com/

Bordir

Bordir dapat didefinisikan sebagai hiasan berbahan benang yang dijahit di atas kain atau bahan-bahan lain dengan menggunakan mesin bordir. Untaian benang yang dijahitkan di atas bahan kebaya sebagian besar didominasi oleh motif flora yang cantik. 

Detail Kebaya

Sumber : https://buy2wear.wordpress.com/

Sulam

Sulam merupakan teknik membentuk motif dengan benang atau pita yang dilakukan secara manual dengan tangan. Motif sulaman yang sering terlihat pada busana kebaya yaitu berupa bunga atau dedaunan.

Detail Kebaya

Sumber : https://singaporebrides.com/

Tempel Brokat

Selain digunakan untuk bahan dasar kebaya, brokat sebenarnya dapat juga digunakan sebagai aksen tempel pada kebaya. Caranya yaitu dengan menggunting pola brokat dan menempelkan kembali hingga membentuk hiasan kebaya yang indah.

Detail Kebaya

Sumber :  https://www.bukalapak.com/

Payet dan Mote

Payet dan mote merupakan ornamen yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan kebaya maupun busana wanita. Fungsi utamanya yaitu untuk memberikan efek berkilau dan glamour. Payet dengan kualitas terbaik saat ini adalah payet Jepang.

Detail Kebaya

Sumber : http://koleksibajumantendanpakaianmanten.blogspot.co.id/

Beads

Sama halnya dengan payet dan mote, beads sebenarnya juga berfungsi untuk memberikan efek glamour pada kebaya. Bedanya ukuran beads ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan payet dan mote.

Detail Kebaya

Sumber : http://izzulalynn.blogspot.co.id/

Kristal

Kristal merupakan sejenis bahan buatan yang terbuat dari kaca atau bahan tiruan dari plastik transparan. Kristal ini biasanya lebih banyak digunakan pada kancing atau ornamen kebaya.

Serat alam

Serat alam seperti serat nenas, pelepah pisang atau serat batang pohon dewasa terkadang juga digunakan untuk memberikan sentuhan suasana etnik yang unik dan khas pada busana kebaya. 

Detail Kebaya

Sumber : http://modelkebayamodernterbaru.com/

Bulu

Sekalipun jarang digunakan namun detail berbahan bulu kadang juga masih digunakan sebagai aplikasi pada kebaya. Sebagai contoh untuk memberikan kesan modern, feminin dan mewah.

Batu Mulia

Meski jarang digunakan sebagai aplikasi pada kebaya karena harganya yang mahal, namun batu semi mulia seperti kecubung dan safir muda terkadang juga masih digunakan untuk mempercantik kebaya. 

Detail Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau sahabat Fitinline sendiri lebih suka yang mana?. Dengan banyaknya alternatif dan pilihan aplikasi yang ada, anda bebas untuk memilih bahan seperti apa yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang segala hal yang berhubungan dengan kebaya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Kebaya

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.