Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Kerja dan Cara Mengembalikan…

Cara Kerja dan Cara Mengembalikan Daya Rekat Velcro Tape

Jadi salah satu komponen pelengkap yang biasa dijumpai pada produk fashion, peralatan medis dan berbagai perlengkapan rumah tangga, velcro tape atau velcro perekat bisa dibilang memiliki cara kerja yang cukup unik dan berbeda dengan alat penutup lainnya lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Velcro Tape

Velcro tape yang biasa disebut juga dengan nama velcro perekat dapat didefinisikan sebagai serangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua komponen utama yakni “hook” alias bagian kait yang kasar  dan “loop” yang halus seperti rambut. 

  • Hook  merupakan komponen pada velcro tape / velcro perekat yang kasar.
  • Hook pada velcro sering kali terbuat dari plastik atau bahan yang mirip kawat halus.
  • Saat dilihat dari dekat bagian “hook” umumnya memiliki bentuk seperti kait atau duri kecil.

Velcro Tape

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sementara loop merupakan komponen pada velcro tape / velcro perekat yang memiliki tampilan berbulu atau sekilas seperti rambut halus.

  • Loop pada velcro biasanya banyak terbuat dari bahan kain atau nilon yang fleksibel.
  • Saat dilihat dari dekat bagian “loop” umumya tampak seperti sekumpulan serat-serat kecil yang menempel.

Velcro Tape

Sumber : https://www.hcbrands.com/

Dalam kehidupan sehari-hari, velcro tape yang bisa disebut juga sebagai velcro perekat pun sebenarnya telah banyak digunakan untuk berbagai aplikasi karena kemudahan dalam penggunaannya.

  • Dalam dunia fashion misalnya, velcro tape kerap dijadikan sebagai alternatif pilihan yang populer untuk menggantikan kancing, resleting bahkan tali pengikat pada sepatu.
  • Velcro tape cocok diguakan oleh anak-anak atau orang tua yang mungkin memiliki kesulitan dalam mengoperasikan kancing atau resleting.
  • Velcro tape memungkinkan orang dengan keterbatasan fisik untuk lebih mudah mengenakan dan melepaskan pakaian atau sepatu.
  • Pada produk pelengkap rumah tangga velcro tape dapat dimanfaatkan sebagai pengencang gorden, cushion sofa dan berbagai alat rumah tangga lainnya.
  • Dalam bidang medis, velcro tape biasa digunakan pada berbagai peralatan dan perangkat medis seperti gips, peralatan ortopedi dan perangkat penjepit pada pakaian medis.
  • Dalam industri otomotif velcro tape kerap digunakan dalam interior mobil seperti panel pintu, jok dan karpet mobil.
  • Sementara dalam dunia militer velcro tape sering digunakan untuk menyatukan perlengkapan taktis dan memungkinkan personel militer mengakses peralatan mereka dengan cepat.

Cara Kerja Velcro Tape

Berbicara mengenai velcro tape, lantas bagaimana sebenarnya cara kerja dari velcro tape itu sendiri?. Dilihat dari segi desainnya, velcro tape sebenarnya memiliki prinsip kerja yang cukup unik yakni berdasarkan pada adhesi yang terjadi antara serat-serat kecil pada kedua bagian velcro.

Velcro Tape

Sumber : https://www.etsy.com/

1. Melekatkan Velcro

Untuk melekatkan velcro tape / velcro perekat kamu hanya perlu menekan kedua bagian velcro secara bersamaan. Dengan begitu kait-kait pada velcro akan masuk ke dalam serat dan saling mengencangkan / menciptakan ikatan yang kuat di antara keduanya.

Velcro Tape

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Membuka Velcro

Untuk membuka velcro tape / velcro perekat kamu hanya perlu memisahkan kedua bagian velcro secara perlahan sampai serat-serat kecil pada bagian “hook” terlepas dari serat-serat kecil pada bagian ”loop” dan menimbulkan suara sobekan yang khas.

Velcro Tape

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jika daya rekat yang dimiliki velcro sudah mulai menurun kamu pun bisa dengan mudah mengembalikan daya rekat velcro menggunakan cara berikut.

  • Pertama gunakan jari tangan untuk mengambil serat dan benda lain yang tejebak atau menempel pada bagian “hook” alias kait velcro tape.
  • Kedua gunakan pinset untuk mengambil kotoran atau mencabut serat yang tidak dapat dijangkau jari-jari tangan kamu.

Velcro Tape

Sumber : https://acleanbee.com/

  • Ketiga selipkan benda kecil yang tipis dan tajam (seperti jarum) di sela-sela deretan pengait lalu angkat perlahan untuk mengeluarkan kotoran dari velcro tape.
  • Keempat hilangkan kotoran dari velcro tape dengan menggunakan sisir yang bergigi halus.
  • Kelima gunakan sikat gigi kering untuk mengangkat kotoran pada velcro. Tapi agar strukturnya tidak berubah pastikan kamu menggerakkan sikat searah dengan serat velcro.

Velcro Tape

Sumber : https://www.statelinetack.com/

Untuk mencegah agar kotoran tidak melekat pada velcro tape / velcro perekat lakukan pula beberapa trik sederhana sebagai berikut.

  • Selalu tutup velcro tape jika tidak digunakan, agar tidak ada benda-benda asing seperti rambut, serat dan kotoran lain yang terjebak di antara dua bagian velcro.
  • Tutup velcro tape pada pakaian sebelum kamu mencucinya untuk mencegah benda apa saja yang mengambang di air masuk ke sela-sela bagian velcro.

Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara untuk mengembalikan daya rekat velcro atau memulihkan daya cengkeraman velcro seperti yang sudah disebutkan di atas tapi tidak juga berhasil, maka solusi terakhir sebaiknya ganti saja velcro tape tersebut dengan yang baru.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai cara kerja velcro tape / velcro perekat yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan kamu tentang cara kerja velcro dan bagaimana cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan daya rekat velcro yang sudah mulai menurun.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, celana, rok, jaket, tas dan berbagai produk jahit menjahit yang lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bis melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.