Article

Homepage Article Tenun/Lurik Keistimewaan Kerajinan Sulam…

Keistimewaan Kerajinan Sulam Tumpar Khas Kutai Barat Kalimantan Timur

Berkesempatan untuk mengunjungi kabupaten Kutai Barat, salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur?. Jika anda ingin mencari buah tangan yang berkesan untuk keluarga atau sahabat terdekat barangkali anda bisa memilih kerajinan sulam tumpar yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. 

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://www.pinterest.com/

Penasaran seperti apa bentuk dari kerajinan sulam tumpar tersebut?. Sesuai dengan namanya kerajinan sulam tumpar pada dasarnya termasuk ke dalam jenis kerajinan tangan yang berupa bordiran atau sulaman hias. Sulam tumpar ini umumnya dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang.

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : http://www.puanpertiwi.com/

Kain tenun ulap doyo yang juga merupakan kain tradisional khas Kutai Barat menjadi salah satu kain yang banyak dihias dengan kerajinan sulam tumpar. Adapun bahan utama yang biasa digunakan untuk menyulam sendiri sebagian besar yaitu berupa benang wool yang berwarna-warni. 

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://kaindanbatik.com/

Motif dari kerajinan sulam tumpar bisa bermacam-macam, ada yang berupa motif tumbuh-tumbuhan, hewan, hingga pola gabungan dari keduanya. Misalnya bentuk naga, bentuk ayam, bentuk corak dayak dan berbagai bentuk lainnya yang khas serta mempunyai warna-warna cerah di setiap motifnya.

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://sportourism.id/

Jika sebelumnya kerajinan sulam tumpar hanya diaplikasikan untuk mempercantik kain tradisional saja, kini kerajinan sulam tumpar juga dapat ditemukan pada pakaian, kerajinan tas rotan, hiasan dinding yang cantik, hingga berbagai aksesoris yang matching dengan outfit sehari-hari.

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://inacraftmall.com/

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://www.webstagram.one/

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain didominasi oleh sulaman benang, hiasan yang diaplikasikan pada sulam tumpar ini ada juga yang menggunakan bahan-bahan lain seperti potongan logam, manik-manik, mutiara, dan bulu burung. Yang membuat sulaman ini begitu istimewa yaitu kombinasi warna dan bentuk hiasanya yang unik. 

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://www.facebook.com/

Kisaran harga dari sebuah produk yang dihias dengan kerajinan sulam tumpar sangat bervariasi, bergantung pada tingkat kerumitan motif serta cara pembuatan sulam tumpar itu sendiri. Semakin rumit dan sulit pola sulamannya, bisa dipastikan akan semakin mahal pula harga sulaman tersebut.

Kerajinan Sulam Tumpar

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.