Article

Homepage Article Tenun/Lurik Mengenal Kain Tenun Kamen,…

Mengenal Kain Tenun Kamen, Kain Tradisional Khas Jepara Yang Memiliki Tampilan Unik dan Menarik

Sebagai salah satu negara yang terdiri atas beragam suku bangsa, Indonesia tidak hanya terkenal karena keindahan alam dan budayanya, namun dibalik itu semua juga memiliki kekayaan lain berupa kain tradisional (wastra) dari seluruh Nusantara. Salah satunya yakni berupa kain tenun kamen khas Jepara yang terkenal unik dan menarik.

Pengenalan Kain Tenun Kamen

Kain tenun kamen merupakan salah satu kain tradisional Indonesia dari daerah Jepara yang diproduksi oleh para seniman asli Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara dengan menggunakan ATBM (alat tenun bukan mesin). Kain ini secara umum bisa dijadikan variasi dalam fashion mode atau sekedar koleksi saja.

Kain Tenun

Sumber : https://kingdomofshadowking.blogspot.com/

Keunikan dari kain tradisional tenun kamen sendiri terletak pada motif dan corak yang digunakan pada kain. Jika biasanya motif kain trasisional cenderung monoton maka motif kain tenun kamen justru mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu kain tenun dari Jepara ini cocok untuk dikenakan sehari-hari dalam berbagai jenis aktivitas.

Kain Tenun

Sumber : https://deskgram.co/

Tidak hanya terbatas pada acara adat maupun acara lain yang kental dengan nuansa tradisional tapi kain tenun kamen yang diciptakan dalam berbagai motif dan warna yang berbeda pada prinsipnya juga dapat dikenakan ketika pergi ke kantor, menghadiri acara rapat, acara pernikahan, acara keluarga atau acara-acara yang lainnya.

Kain Tenun

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Sejarah Kain Tenun Kamen

Dilihat dari sejarahnya kain tenun kamen sebenarnya masih sangat dekat hubungannya dengan kain tenun asli Jepara yaitu kain troso yang berasal dari satu daerah yang sama. Karena itulah tidak heran bila kain tenun kamen sering juga disebut sebagai kain troso motif kamen padahal kedua kain ini berbeda ciri dan motifnya.

Kain Tenun

Sumber : https://kingdomofshadowking.blogspot.com/

Alat Produksi Kain Tenun Kamen

Terkait dengan alat produksi yang digunakannya, untuk membuat kain tenun kamen pada dasarnya diperlukan semacam alat tenun tradisional bukan mesin yang biasa dikenal sebagat ATBM. Fungsi utama dari ATBM sendiri yaitu sebagai tempat untuk memasang benang lungsin sementara proses penenunannya tetap mengandalkan tenaga manusia.

  1. ATBM (alat tenun bukan mesin) merupakan semua bentuk perlatan yang dapat digunakan untuk membuat kain tenun.
  2. ATBM dapat digunakan sambil berdiri maupun duduk (biasa pada industri tekstil kecil dan tradisional).
  3. Untuk alat tenun yang berukuran kecil biasa digunakan menenun sambil duduk.
  4. Untuk alat tenun yang berukuran besar biasa digunakan menenun sambil berdiri.
  5. Dalam industri tekstil skala besar ATBM tidak mungkin digunakan karena kapasitas produksinya sangat terbatas.
  6. Untuk mengoperasikan ATBM sepenuhnya diperlukan tenaga manusia karena cara kerja dari mesin tenun ini masih sangat manual.
  7. Bentuk dan mekanisme alat tenun dapat berbeda-beda namun fungsi dasarnya tetap sama dengan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Kain Tenun

Sumber : http://tutorialmembuatkerajinan.blogspot.com/

Pembuatan kain tenun secara manual tentunya memiliki ciri khas dan unsur seni tersendiri yang membedakannya dengan jenis kain yang lain. Jadi sangatlah wajar jika kain tenun ATBM dipasaran biasa dijual dengan harga yang sangat mahal karena memang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Motif Kain Tenun Kamen

Sebagai salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat populer sebenarnya motif tenun kamen tergolong sederhana, namun dibalik kesederhanaannya itulah terdapat keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan kain tenun kamen hanya dibuat motif pada sisi kanan dan sisi kirinya saja sementara bagian  lainnya dibuarkan polos. 

Kain Tenun

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sekalipun hanya bagian sisi kainnya saja yang bermotif sementara sisi lain selebihnya  dibiarkan tidak ada motif sama sekali, namun tetap saja kain tenun kamen memiliki daya tarik bagi penggemar kain tenun tradisional di Indonesia. Banyaknya variasi motif tumpal membuat kain tenun kamen bersifat fleksibel dan sangat dinamis.

Kain Tenun

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa motif yang sering dipakai pada kain tenun kamen sendiri bisa dibilang cukup eksklusif. Beberapa contoh motif atau ragam hias kain tenun kamen yang paling populer antara lain berupa motif toraja, lurik, bunga-bunga dan masih banyak lagi. Tidak jarang motif kain tenun kamen ini juga dibuat sesuai perkembangan zaman.

Keistimewaan Kain Tenun Kamen

Kain tenun kamen biasanya terbuat dari bahan benang katun kualitas premium maupun benang semi cotton. Kerena dibuat dari bahan benang yang berkualitas jadi bahan kain yang dihasilkan biasanya juga memiliki sejumlah keistimewaan tersendiri antara lain:

  1. Permukaan kain tenun terasa sangat lembut dan halus dikulit sehingga akan terlihat sangat bagus bila dibuat pakaian.
  2. Bahan kainnya kuat, tidak mudah menyusut dan tidak mudah robek.
  3. Nyaman dipakai dan dapat menyerap keringat dengan mudah.
  4. Motif tenun kamen yang begitu indah sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai produk pakaian dan produk pelengkap fashion yang lainnya. 

Pemanfaatan Kain Tenun Kamen

Kain tenun kamen khas Jepara kebanyakan dibuat dengan ukuran kurang lebih 100 x 220 cm sehingga sangat cocok di gunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja, blus wanita, blazer, dress maupun berbagai macam ragam jenis pakaian. Selain itu tenun kamen juga sangat cocok bila dikombinasikan dengan kebaya dan batik.

1. Kemeja

Kemeja merupakan sejenis pakaian pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Selain memiliki desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja rupanya juga sangat bervariasi termasuk kain tenun kame khas Jepara.

Kain Tenun

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar pola dan teknik menjahitnya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video Cara Membuat Pola Kemeja dan Teknik Menjahit Kemeja dari kami. Kalau anda ingin membuat kemeja dengan pola yang sudah jadi anda bisa juga mendownload pola kemeja siap pakai yang sudah Fitinline sediakan.

a. Pola Kemeja Pria (Standar)

Pola kemeja pria standar merupakan pola kemeja pria standar yang umumnya memiliki potongan relatif lebih longgar.

b. Pola Kemeja Kasual Slimfit

Pola kemeja pria kasual slimfit merupakan pola kemeja pria yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.

c. Pola Kemeja Kasual Reguler

Pola kemeja kasual reguler merupakan pola kemeja pria yang memiliki cukup longgar dan sangat cocok dipakai untuk membuat kemeja yang diperuntukkan pada kesempatan casual.

d. Pola Kemeja Pria Dewasa SNI

Pola kemeja pria dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola kemeja lengan panjang dan lengan pendek dengan ukuran sesuai SNI. 

2. Blus Wanita

Blus merupakan busana penutup tubuh bagian atas wanita yang memiliki desain cukup simple dan sederhana. Dari segi tampilan baju blus wanita ini memang sangat cocok dipakai untuk berbagai kesempatan apalagi bila dibuat dari bahan kain tenun kamen karena dapat memberikan kesan rapi dan elegan bagi orang yang memakainya.

Kain Tenun

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa ciri-ciri khusus dari baju blus wanita yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  1. Blus wanita tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  2. Baju blus wanita tidak selalu menggunakan manset.      
  3. Beberapa blus ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  4. Bentuk kerah yang ada pada baju blus wanita sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  6. Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  7. Bagian bawah baju blus wanita menggantung.

Lebih tertarik untuk membuat busana wanita dengan model blus tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola blus wanita dari kami.

a. Pola Blus Wanita

Blus wanita yang satu ini secara umum memiliki desain yang cukup simple karena dibuat sesuai pola dasar blouse.

b. Pola Blus Variasi Ala Raisa

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola blus wanita yang dilengkapi dengan aksen godet pada bagian bawahnya untuk menambah kelonggaran sekaligus sebagai variasi baju blus wanita.

c. Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI

Pola blus wanita dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola blus wanita lengan panjang yang dibuat dengan ukuran sesuai SNI.

3. Blazer

Blazer merupakan salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Sebagai pelengkap gaya casual blazer sendiri tidak harus selalu dipadukan dengan kemeja atau celana bahan tapi bisa juga dikenakan dengan jeans maupun celana pendek.

4. Dress

Model pakaian wanita berikutnya yang juga terlihat sangat bagus jika dibuat dari kain tenun kamen yakni berupa dress. Khusus untuk sahabat Fitinline yang ingin membuat dress mungkin anda bisa memilih satu di antara 25 Model Dress Sesuai Proporsi Tubuh Yang Dapat Anda Pilih Untuk Menyempurnakan Penampilan.

Kain Tenun

Sumber : https://deskgram.co/

Dari yang semula hanya digunakan untuk produk pakaian kini warisan kain tradisional khas Jepara ini juga bisa ditemukan pula pada tas dan aksesoris yang menambah nilai jual produk itu sendiri. Selain itu kain tenun kamen ada juga yang dipakai sebagai kain pelapis mebel atau penghias interior rumah lho.

Tips Memilih Kain Tenun Kamen

Berkeinginan untuk menjadikan kain tenun kamen khas Jepara sebagai koleksi pribadi anda?. Tentu sahabat Fitinline tidak maukan jika mendapatkan kain tenun yang mahal tapi ternyata palsu. Supaya tidak dirugikan simak dulu yuk tips dan trik memilih kain tenun ATBM yang memiliki kualitas baik.

1. Periksa Keaslian Kain Tenun

Amati kain tenun yang akan anda beli dengan teliti. Ingat bahwa perbedaan kain asli dan sintetis terletak pada kerapatan benang, kecerahan warna kedua permukaan kain yang sama, serta keteraturan pola kain.

2. Perhatikan Permukaan Kain

Pilih kain tenun yang permukaannya tidak kasar, tapi jangan salah kasar berbeda dengan tebal. Kain yang baik biasanya menggunakan benang yang seratnya kecil sehingga permukaan kain akan terasa lembut.

3. Periksa Kelunturan Kain

Gunakan tisu basah untuk mengetahui apakah kain yang akan anda beli luntur atau tidak. Caranya lap permukaan kain dengan menggunakan tisu basah, jika warna tidak menempel berarti kain yang akan anda beli tidak luntur.

4. Perhatikan Rekomendasi Toko

Jika anda masih ragu sebaiknya beli kain tenun ditoko yang memang hanya menjual kain tenun asli. Jika kebetulan anda ingin memesan kain tenun secara online maka  atau anda dapat membaca testimoni atau review dari website toko di internet.

Merawat Kain Tenun Kamen

Sudah berhasil menemukan kain tenun kamen yang anda inginkan?. Untuk memastikan bahwa kain tenun kamen yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagimana mestinya usahakan untuk selalu merawat kain tersebut dengan cara yang baik dan benar agar kain tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya ya.

Perawatan kain tenun kamen secara umum tidak jauh berbeda dengan kain tenun pada umumnya hanya saja cara penyimpanannya akan lebih baik jika tidak dilipat melainkan digantung supaya serat kain tenunnya tidak kusut. Beberapa hal paling penting yang harus diperhatikan untuk merawat kain tenun kamen yaitu:

  1. Pencucian kain tradisional kamen khas Jepara dapat dilakukan secara manual (dengan tagan) maupun menggunakan mesin cuci. Tapi kalau bisa sebaiknya cuci kain tenun dengan menggunakan tangan.
  2. Hindari penggunaan detergen yang berbahan keras karena bisa merusak serat kain, sebagai gantinya gunakan sabun cair saja.
  3. Jangan merendam kain tenun kamen terlalu lama, air yang dipakai untuk merendam pun sebaiknya dipilih air yang bersuhu hangat.
  4. Untuk menjaga kelembutan kain tenun kamen penggunaan pelembut pakaian masih diperbolehkan.
  5. Selesai melakukan pencucian segera jemur kain tenun kamen yang anda miliki. Keringkan kain tenun kamen dengan hati-hati, apabila dijemur usahakan agar tidak terpapar sinar matahari langsung.
    • Jemur kain tenun kamen di tempat yang teduh dan terhindar dari panas matahari supaya warnanya tidak mudah pudar atau rusak.
    • Supaya tekstur kainnya tidak berubah sangat dianjurkan untuk menjemur kain tradisional kamen dengan cara digantung atau dibentangkan di tali jemuran.
  6. Jika diperlukan anda juga bisa menyetrika kain tenun kamen agar tampilannya jadi makin rapi dan menarik untuk dilihat.
    • Sebelum menyetrika kain kain tenun kamen atur temperatur setrika pada suhu yang ideal untuk menyetrika kain katun.
    • Lapisi bagian atas kain tenun dengan selembar kain tipis baru setelah itu disetrika hingga licin.
    • Selain itu anda juga bisa menyetrika kain tenun kamen dari bagian buruk kain supaya warna alaminya tidak cepat pudar.
  7. Usai disetrika sebaiknya simpan kain tenun kamen dengan cara digantung agar tampilan kain tenunnya tetap rapi.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian, sejarah, pemanfaatan kain tenun kamen khas Jepara serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Mau tahu lebih banyak lagi tentang Teknik dan Ragam Tenun Ikat?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book dari kami Di Sini.

Kalau anda kebetulan sedang mencari bahan kain tradisional Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau untuk membuat pakaian maupun produk kerajinan jahit lainnya maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain tradisional kami Di Sini.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.