Article

Homepage Article Kain Karakteristik Kain Perca…

Karakteristik Kain Perca dan Pemanfaatannya Untuk Berbagai Kerajinan Tangan

Mencari peluang bisnis bermodal rendah tetapi tetap mendatangkan banyak manfaat bagi lingkungan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mencoba untuk mengolah kain perca menjadi berbagai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Dengan cara ini tidak ada lagi limbah kain yang dapat mencemari lingkungan. 

Pengertian Kain Perca

Kain perca dapat didefinisikan sebagai sisa-sisa potongan kain tak beraturan yang berasal dari bahan kain yang leih besar. Meski termasuk ke dalam jenis limbah, potongan kain perca yang sebagian berukuran kecil pada prinsipnya masih dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk kreasi kain perca yang unik dan bernilai jual tinggi.

Dilihat dari sejarahnya kerajinan dari kain perca sendiri dapat dikategorikan ke dalam jenis kerajinan yang paling tua. Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajinan perca yang dibuat dengan pola jahitan yang abstrak konon sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Cina Kuno tepatnya sekitar 5000 tahun yang lalu.

Pada masa abad pertengahan, kerajinan dari kain perca juga digunakan sebagai kain pelapis untuk baju perang yang terbuat dari baja. Seiring berjalannya waktu seni kerajinan perca ini kemudian mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia dan akhirnya semakin banyak pula kreasi dan motif penggabungan kain yang tercipta.

Untuk dapat membuat kerajinan berbahan perca anda perlu memahami teknik menjahit tambal sulam yang benar. Jika anda dapat mempelajari teknik menjahit kain perca yang tepat, maka anda dapat membuat berbagai kerajinan yang menarik dan unik.

  • Proses pembuatan kreasi kein perca sendiri bisa dilakukan dengan cara dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan.
  • Banyaknya teknik yang dapat diterapkan pada kerajinan dari kain perca memungkinkan anda untuk lebih bebas berkreasi sesuai dengan kebutuhan.

Karakteristik Kain Perca

Berbicara mengenai kain perca, jadi sebagai salah satu bahan baku produk kerajinan yang bernilai tinggi kain perca ini prinsipnya juga memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri yang membedakannya dari bahan kain lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan beberapa karakteristik kain perca yang perlu anda ketahui.

1. Berukuran Kecil

Kain perca merupakan kain sisa jadi ukurannya cenderung lebih kecil. Bila anda ingin membuat kerajinan tangan dari bahan ini anda bisa menggabungkan beberapa potongannya untuk mendapatkan motif yang lebih menarik.

Kain Perca

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Berbentuk Potongan

Kain perca terdiri atas potongan-potongan kain yang tidak beraturan satu sama lain. Jadi anda harus menggabungkan bagian-bagian tersebut menjadi kerajinan yang unik.

Kain Perca

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Motifnya Beragam

Kain perca kebanyakan memiliki warna dan motif yang berbeda-beda. Maka dari itu untuk membuat kerajinan perca atau kreasi kain perca anda perlu memahami teknik dan cara yang tepat untuk menjadikannya kerajinan yang memiliki manfaat lain.

Kain Perca

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Ukurannya Tidak Sama

Kain perca memiliki banyak variasi ukuran karena kain ini pada prinsipnya terbuat dari sisa kain yang tidak digunakan. Sisa garis potongan tidak selalu sesuai dan dapat menyebabkan pola kain tidak rata.

Kain Perca

Sumber : https://peponina.wordpress.com/

Sekalipun termasuk ke dalam jenis limbah yang tidak berguna dan tidak bisa lagi digunakan, kain perca sebenarnya juga memiliki nilai lebih karena menawarkan banyak sekali keuntungan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari pemanfaatan kain perca diantaranya:

  • Dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan kerajinan anda bisa menghasilkan karya yang berkualitas dan bernilai seni tinggi.
  • Gabungan kain perca yang kecil-kecil dan motifnya juga berbeda-beda dapat membentuk suatu kerajinan yang sangat menarik.
  • Memanfaatkan kain perca sebagai bahan kerajinan dapat mengurangi limbah dan lebih efektif dapat mendaur ulang produk jadi.
  • Kain perca sangat mudah didapatkan dari berbagai penjahit atau pusat konveksi dan dari segi harga juga cenderung lebih murah karena sebenarnya terbuat dari sisa-sisa kain yang digunakan.
  • Untuk membuat kerajinan kain perca atau kreasi kain perca anda tidak perlu menggunakan banyak modal karena bahan utamanya memiliki harga yang sangat ekonomis.

Dibalik sejumlah keunggulan yang di tawarkannya, pemanfaatan kain perca sebagai bahan kerajinan ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan.

  • Untuk mengubah kain perca menjadi produk kerajinan, diperlukan pengetahuan yang cukup untuk mengelolanya dengan baik.
  • Semakin kecil dan tidak teratur potongan kain yang tersedia, maka akan semakin sulit pula cara menggabungkannya.
  • Waktu yang diperlukan untuk mengolah kain perca juga tidak bisa dibilang singkat, jadi dari segi produktifitas terbilang sangat rendah.
  • Biasanya seorang pengrajin hanya bisa menjual beberapa jenis kerajinan dalam periode tertentu dan menggunakan sistem PO untuk membuat kerajinannya.

Tips Membuat Kerajinan Kain Perca

Berencana untuk membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya?. Untuk memudahkan anda dalam membuat kreasi kain perca berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda coba.

1. Temukan Ide Kerajinan

Untuk lebih fokus pada suatu produk anda perlu menentukan jenis kerajinan yang akan dibuat. Supaya lebih mudah dalam menemukan modelnya anda bisa browsing di internet atau mencari inspirasi dari buku-buku kerajinan.

2. Siapkan Peralatan Menjahit Yang Diperlukan

Untuk membuat kreasi kain perca siapkan beberapa perangkat pendukung sesuai dengan jumlah produksi target anda. Beberapa jenis peralatan yang diperlukan untuk membuat kerajinan dari kain perca diantaranya:

  • Mesin Jahit

Mesin jahit merupakan peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit potongan bahan kain perca yang sudah di pola.

  • Mesin Obras

Mesin obras merupakan mesin yang digunakan untuk membuat jahitan pada tepian kain supaya benang yang menyusun kainnya tidak mudah terurai.

  • Jarum Jahit

Berikutnya diperlukan pula jarum jarum pentul, jarum tangan dan jarum mesin jahit yang memiliki fungsi berbeda satu sama lain.

  • Jarum pentul berfungsi untuk menyemat kain. Jarum pentul yang berkualias baik adalah jarum yang bagian kepalanya berbentuk bulat besar, memiliki logam jarum yang panjang dan berujung tajam.
  • Jarum tangan digunakan untuk melakukan pekerjaan menjahit yang menggunakan tangan.
  • Jarum mesin jahit digunakan untuk menjahit menggunakan mesin.
  • Rader

Rader merupakan salah satu perlengkapan menjahit yang berfungsi untuk memberi tanda jahitan sesuai garis pola pakaian yang diinginkan. Dalam pembuatan tanda jahitan atau garis pola tersebut, rader biasa dipasangkan dengan karbon jahit.

  • Karbon Jahit

Karbon jahit (tracing paper) diperlukan saat merader kain/bahan. Sebagai alat yang biasa dipasangkan dengan rader jahit, karbon jahit ini biasanya lebih sering digunakan untuk memberi tanda pola pada bahan yang bertekstur sedang dan tebal.

  • Bidal (Tudung Jari)

Bidal atau tudung jari merupakan alat bantu menjahit berbahan plastik atau logam yang memiliki fungsi utama untuk melingungi jari tangan agar tidak terasa sakit atau terluka karena menekan jarum.

  • Pita Ukur

Pita ukur atau metlin merupakanalat berbentuk pita, dengan panjang biasanya 150 cm yang umumnya digunakan untuk melakukan pengukuran.

  • Gunting Kain

Gunting kain merupakan jenis gunting yang didesain khusus untuk menggunting kain. Gunting kain yang baik biasanya sedikit lebih berat dari pada gunting kertas.

3. Pelajari Teknik Menjahit Kain Perca

Pelajari juga teknik-teknik yang dapat digunakan untuk menjahit kain perca agar anda bisa lebih mudah megembangkan produk kerajinan yang ingin and abuat. Dengan demikian anda dapat memproduksi barang-barang yang unik dan mempunyai nilai jual tinggi.

Ditinjau dari cara pembuatannya, konstruksi jahit kerajinan kain perca sendiri dapat dibagi kedalam beberapa macam varian. Beberapa teknik jahit yang dimaksud antara lain berupa:

  • Cara Acak (Tak Beraturan)

Jahit perca cara acak (tak beraturan) dilakukan dengan menggabungkan potongan kain dalam bentuk dan ukuran yang tidak sama sesuai dengan desain.

  • Cara Jiplakan Pola (Template)

Jahit perca teknik jiplakan pola dilakukan dengan menggabungkan potongan kain yang dipola terlebih dahulu selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana.

  • Cara Tumpang Tindih (Overlapping)

Jahit perca teknik tumpang tindih dilakukan dengan menggabungkan potongan kain yang di pola terlebih dahulu, kemudian diletakkan pada bagian tengah kain dan dijahit bagian tepinya. Pola tersebut selanjutnya ditindih dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dari arah ke bagian tepi secara keseluruhan.

  • Cara Pola Geometris

Teknik jahit perca geometris dilakukan untuk menggabungkan guntingan kain yang dipotong dalam bentuk geometris (segitiga, segiempat, segilima dan bentuk-bentuk lainnya) yang terukur sesuai dengan rancangan desain.

  • Cara Jahit Jelujur

Jahit jelujur biasanya digunakan untuk menggabungkan potongan kain perca sekaligus memberi kesan keindahan pada produk jahitan. Jahit jelujur dapat diterapkan pada teknik acak, teknik template, teknik overlapping, maupun teknik pola geometris.

4. Bangun Kerja Sama Dengan Pemasok Kain Perca

Untuk mendapatkan kain perca yang stabil dan dari segi harga juga lebih murah cobalah bekerja sama dengan garment, pusat konversi dan berbagai bisang industri lain yang bersesuaian. Dengan demikian peluang anda untuk bisa mendapatkan bahan baku secara teratur dan kualitatif jadi lebih besar.

Contoh Kerajinan Kain Perca

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri kerajinan tangan, sampai saat ini terdapat banyak sekali produk kerajinan berbahan kain perca yang dapat jadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari kain perca yang cukup diminati oleh banyak orang.

1. Selimut

Selimut termasuk ke dalam jenis produk pelengkap rumah tangga yang dapat dibuat dari kain perca polos maupun kain perca yang bermotif. Tanpa harus membeli selimut baru anda bisa membuat kreasi selimut berbahan kain perca sebagai pengganti selimut lama yang sudah usang.

  • Dengan bentuknya yang memiliki seni tinggi selimut berbahan perca bisa membangkitkan mood orang yang menggunakannya.
  • Selimut berbahan perca bisa dipakai untuk menghangatkan tubuh serta membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.
  • Untuk membuat selimut anda bisa mencari beberapa bahan kain perca yang memiliki tekstur sama agar selimut yang dihasilkan lebih terasa nyaman dan lembut.

Kain Perca

Sumber : https://www.fastfurnishings.com/

2. Sarung Bantal

Sarung bantal menjadi produk pelengkap rumah tangga berikutnya yang juga bisa dibuat dari kain perca. Untuk anda yang mau belajar membuat sarung bantal perca anda bisa menggunakan kain perca polos maupun kain perca yang bermotif.

  • Sarung bantal motif kain perca ini wajib ada jika anda punya kamar tidur dengan gaya vintage atau shabby chic.
  • Keanekaragaman warna dan gambar dari sejumlah kain perca ini merupakan poin utamanya.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk membuat sarung bantal sederhana dari bahan kain perca?. Simak kembali pembahasan mengenai cara Membuat Sarung Bantal Dari Kain Perca.

3. Karpet Lantai

Buat karpet sederhana dari berbagai gabungan kain perca dalam aneka motif dan warna kemudian jadikan sebagai hiasan untuk lantai rumah anda. Selain lebih hemat pemanfaatan kain perca sebagai bahan karpet ini juga efektif untuk mengurangi penumpukan sampah kain.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Hiasan Dinding

Supaya ruang tamu atau ruang keluarga anda makin terlihat berwarna, anda juga bisa menghiasnya dengan menggunakan hiasan dinding dari kain perca bekas.

  • Hiasan dinding dari kain perca dapat merupakan jenis kerajinan yang cukup sederhana untuk anda buat.
  • Hiasan dinding dari kain perca sangat cocok dibuat untuk proses belajar.
  • Ketika anda pertama kali ingin mencoba membuat hiasan dinding dari kain perca maka sebaiknya buatlah yang berukuran kecil terlebih dahulu.
  • Hiasan dinging dari kain perca yang berwarna warni sangat unik untuk memperindah ruang tamu, ruang keluarga maupun kamar tidur.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Taplak Meja

Produk kerajinan tangan berikutnya yang dapat dibuat dari kain perca yakni berupa taplak meja yang unik dan estetik.

  • Teknik jahit yang dapat digunakan untuk membuat taplak meja berbahan kain perca yakni berupa teknik patchwork.
  • Untuk menutup meja ruang makan ukuran taplaknya tinggal dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Kalung Kain Perca

Terdapat beberapa teknik yang bisa anda pelajari agar bisa membentuk kreasi dari kain perca, salah satunya yaitu dengan membuat kalung. Bagi para pecinta aksesoris, tentu kalung perca ini memiliki daya tarik tersendiri untuk melengkapi gaya berpakaian.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk membuat kalung sederhana dari bahan kain perca?. Simak juga pembahasan mengenai DIY : Kreasi Kalung Cantik Dari Kombinasi Beads dan Kain Perca.

7. Tas Dari Kain Perca

Kain perca belakangan juga banyak dimanfaatkan untuk membuat tas handmade. Selain menarik dari segi tampilan tas dari kain perca ini umumnya juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri.

  • Tas dari kain perca selalu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.
  • Tas dari kain perca dapat dipakai untuk menyimpan barang ataupun aksesoris fashion.
  • Tas dari kain perca termasuk ke dalam produk kerajinan yang bernilai seni jadi memiliki nilai jual yang tinggi. 

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Keset Dari Kain Perca

Keset menjadi salah satu alat pembersih yang dapat dibuat dari kin perca dan biasanya terpasang atau terikat menjadi satu bagian tipis.

  • Keset kain perca termasuk ke dalam jenis produk kerajinan tangan yang unik dan menarik.
  • Keset dari kain perca dapat dimanfaatkan untuk pelengkap sekaligus dekorasi rumah.
  • Keset dari kain perca dapat dikreasikan menjadi berbagai macam model mulai dari bentuk persegi panjang, bentuk hati, bentuk buah dan berbagai bentuk lainnya.

Kain Perca

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat keset dari kain perca?. Simak kembali pembahasan mengenai Tutorial Membuat Keset Dari Kain Perca.

9. Pinchusion

Pincushion merupakan sebuah bantalan jarum yang didesain khusus untuk menempatkan jarum agar tertata rapi dan tidak mudah hilang. Pincushion sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan, salah satunya bahan kain perca polos maupun kain perca bermotif.

Kain Perca

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk membuat pinchusion dari kain perca?. Simak kembali pembahasan mengenai Cara Membuat Pinchusion Bunga Sederhana Dari Bahan Kain Perca.

10. Bros Dari Kain Perca

Sifat kain perca yang mudah dibentuk dan memiliki banyak variasi warna sangat cocok digunakan untuk menghasilkan berbagai macam model bros.

  • Bros dari kain perca yang sangat identik dengan perempaun sangat cocok digunakan sebagai aksesoris hijab.
  • Bros dari kain perca umumnya memiliki pilihan warna dan motifnya yang menarik.
  • Bros dari kain perca bisa dibuat dari kain perca polos maupun kain perca motif.
  • Bros dari kain perca sangat mudah untuk dibuat dan biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya tidaklah mahal.

Kain Perca

Sumber : https://www.diadona.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat kain perca dan berbagai contoh kerajinan tangan yang dihasilkan dari kain tersebut. Dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya anda pun bisa membantu mengurangi penumpukan limbah dan sampah sekaligus meminimalisir besarnya biaya produksi.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.