Article

Homepage Article Kain Jenis-Jenis Kain Ceruti…

Jenis-Jenis Kain Ceruti dan Aplikasinya Pada Berbagai Busana Muslim

Sudah sering menemukan atau bahkan memakai jilbab dari bahan kain ceruti?. Selain dimanfaatkan sebagai bahan jilbab, kain ceruti yang dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat gamis wanita, tunik dan beberapa item pelengkap fashion muslim lainnya lho.

Pengertian Kain Ceruti

Kain ceruti termasuk ke dalam jenis kain yang mempunyai ciri khusus layaknya sifon hanya saja teksturnya cenderung lebih mirip dengan kulit jeruk yang memiliki bintik-bintik halus berukuran kecil. Para fashion desainer biasa sering memanfaatkan kain ini untuk menciptakan busana wanita yang cantik dan menawan.

Sebagai salah satu bahan kain yang banyak diminati kaum hawa pastinya kain ceruti juga memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas dari kain ceruti yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Tekstur Kainnya Menarik

Kain ceruti memiliki tekstur yang unik, menarik dan berbeda dengan kebanyakan kain pada umumnya. Kain ini juga tersusun atas serat yang membentuk suatu gelombang layaknya kabut dan awan.

Kontur atau permukaan kain ceruti pada dasarnya memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kulit jeruk namun cenderung lebih halus dan terdapat bintik-bintik kecil.
Jika diterawang akan terlihat serat yang membentuk gelombang seperti awan atau kabut

2. Lembut dan Elastis

Kain ceruti memiliki bahan yang terkesan lembut dan elastis, ciri inilah yang membuat banyak orang menyukai kain ceruti. Selain menimbulkan kenyamanan lantaran kelembutannya, kain ceruti juga sangat elastis dan mudah dibentuk.

3. Bahannya Terkesan Jatuh

Kain ceruti memiliki massa yang sedikit berat, jadi ketika digunakan sebagai bahan pakaian terkesan lebih jatuh. Meski demikian kain ceruti ini tidak akan melayang ketika digunakan.

4. Memiliki Tampilan Elegan

Kelebihan kain ceruti yang awal yaitu tampilan jilbab dari bahan kain ceruti cukup elegan . Teksturnya yang jatuh membuatnya tampak mewah saat dipakai. Maka jenis jilbab ini akan sangat sesuai bila dipakai di acara pernikahan atau acara formal lainnya.

5. Banyak Pilihan Warna

Kain ceruti dapat dijumpai dalam berbagai warna yang cukup beragam. Bahkan hampir semuanya memiliki warna yang lebih cerah dan hidup karena bahan ceruti sendiri dikenal lebih mudah mengikat warna.

  • Kain ceruti mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Kain ceruti mampu mengikat warna dengan baik sehingga warna kainnya jadi lebih hidup.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

6. Tidak Mudah Melar

Kain ceruti tidak mudah melar karena sifatnya yang sedikti kaku tapi lembut. Selain itu kain ceruti juga mudah untuk dicuci dan tidak mudah luntur warna kainnya.

7. Terlihat Tipis Tapi Kuat

Sepintas kain ceruti terlihat tipis dan melayang, tetapi kain ceruti sebenarnya cukup kuat dan tidak panas saat dipakai.

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kain ceruti sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari kain ceruti yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Mudah Terbawa Angin

Kekurangan kain ceruti yang pertama yaitu bahannya sangat mudah terbawa angin dan kurang kuat untuk menahan hembusan angin.

2. Mudah Mengkerut Saat Disetrika

Kain ceruti sangat mudah mengkerut saat disetrika karena kemampuannya untuk menahan panas cenderung rendah dan akhirnya menjadi rentan terbakar saat disetrika.

3. Memerlukan Tambahan Furing

Ketika digunakan untuk membuat busana wanita, kain ceruti membutuhkan tambahan kain dalam atau biasa disebut dengan furing.

  • Struktur kain ceruti yang menerawang akan membuat anggota tubuh terlihat.
  • Untuk mensiasati hal tersebut dibutuhkan furing atau inner untuk mempercantik tampilan produk.

Jenis-Jenis Kain Ceruti

Berbicara mengenai kain ceruti jadi berdasarkan karakteristik bahannya, kain ini sebenarnya masih dapat dibedakan lagi ke dalam berbagai macam jenis. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain ceruti premium, kain ceruti georgette, kain ceruti babydoll, kain ceruti diamond, kain ceruti ultimate dan kain ceruti amunzen.

1. Kain Ceruti Premium

Kain ceruti premium merupakan sejenis kain yang memiliki serat namun tetap bertekstur halus dan lembut saat dipegang. Dibandingkan dengan bahan ceruti lainnya, kain ceruti premium umumnya agak sedikit menerawang namun tetap termasuk bahan yang kuat.

  • Kain ceruti premium halus, lembut dan tentunya flowly.
  • Kain ceruti premium terbilang sedikit menerawang, namun tekstur kain yang dimiliki tidak mudah pecah ketika dijahit dan tetap kuat.
  • Kain ceruti premium bisa digunakan dalam pembuatan gamis wanita ataupun jilbab.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Kain Ceruti Georgette

Kain ceruti georgette teksturnya sangat halus dan mirip dengan kain ceruti premium. Karena teksturnya yang halus tersebut, maka jenis kain yang satu ini akan terasa sangat nyaman ketika dikenakan sebagai bahan pakaian sehari-hari.

  • Kain ceruti georgette umumnya memiliki bahan yang halus, jatuh dan flowly .
  • Selain tteksturnya yang halus, kain ceruti georgette juga sangat lentur dan sedikit melar namun tidak mengikuti lekukan tubuh.
  • Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain ceruti georgette sangat cocok dijadikan sebagai bahan jilbab.

Kain Ceruti

Sumber : https://id.carousell.com/

3. Kain Ceruti Babydoll

Berikutnya ada kain  ceruti babydoll yang memiliki karakteristik cukup unik dan berbeda dari varian kain ceruti yang lainnya.

  • Kain ceruti babydoll memiliki ciri khas tidak mudah kusut, cenderung lentur dan sangat nyaman ketika dipakai.
  • Kain ceruti babydoll terkenal sangat lembut, transparan dan tidak mengkilap tapi sayangnya memiliki kemampuan menyerap keringat yang kurang baik.

Kain Ceruti

Sumber : https://pusatjilbabterbaru.com/

Sebagai salah sat bahan kain yang memiliki ciri khas tersendiri, kain ceruti babydoll kini tengah populer digunakan untuk bahan khimar dan gamis wanita.

  • Khusus untuk pembuatan khimar kain ceruti babydoll biasanya dirangkap dua agar tidak menerawang.
  • Sedangkan untuk digunakan bahan gamis wanita agar tidak menerawang biasanya menggunakan lapisan furing didalamnya.

4. Kain Ceruti Diamond

Kain diamond ceruti merupakan varian kain ceruti yang memiliki sifat sangat khas yakni ringan, mudah dibentuk, sedikit melar, sejuk dan tidak licin. Seperti halnya kain ceruti pada umumnya, kain ceruti jenis ini juga memiliki permukaan yang tidak rata.

Kain Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Kain Ceruti Ultimate

Kain ceruti ultimate tidak berbeda jauh dengan jenis kain ceruti lainnya. Kain ceruti ultimate umumnya akan terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk jilbab maupun rok wanita dan dari segi harga biasanya juga sangat terjangkau.

Kain Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Kain Ceruti Amunzen

Kain ceruti amunzen merupakan varian kain ceruti yang banyak digunakan sebagai cadar. Kain ini umumnya sangatlah mudah menyerap keringat dan akan tetap terasa sejuk saat dikenakan meski kondisi sekitar panas.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Pemanfaatan Kain Ceruti

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, kain crepe sendiri pada prinsipnya dapat digunakan untuk membuat berbagai produk busana muslim wanita mulai dari gamis wanita, tunik, rok wanita, jilbab segi empat, pashmina ceruti, khimar dan cadar.

1. Gamis Wanita

Gamis wanita menjadi salah satu produk busana muslim wanita yang banyak dibuat dari kain ceruti. Dalam hal ini bahan kain yang digunakan untuk membuat gamis wanita bisa berupa kain kain ceruti premium, kain ceruti georgette, kain ceruti babydoll, kain ceruti diamond, kain ceruti ultimate.

  • Gamis ceruti umumnya memiliki tampilan kain yang sangat elegan.
  • Gamis ceruti memiliki bahan yang kuat meski cenderung sedikit tipis.
  • Gamis ceruti tidak terasa panas saat dikenakan sehingga sangat cocok digunakan sebagai busana seharri-hari.
  • Gamis ceruti mudah dicuci dan tidak mudah melar.
  • Gamis ceruti memiliki massa yang sedikit berat, jadi ketika digunakan terkesan lebih jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh.

Kain Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat baju gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya.

Khusus untuk anda yang ingin membuat gamis wanita dari bahan ceruti jangan lupa selalu tambahkan kain furing sebagai pelapis bagian dalam gamis, karena seperti yang sudah dijelaskan di awal kain ceruti ini sebenarnya agak tipis dan sedikit menerawang.

2. Tunik

Selain dibuat gamis wanita, kain ceruti juga sangat cocok digunakan untuk membuat tunik. Tunik sendiri merupakan sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

  • Ketika kain ceruti dijadikan sebagai bahan tunik maka pakaian yang dihasilkan akan memiliki kesan lebih anggun, elegan, mewah dan menawan.
  • Tunik yang diciptakan dari kain ceruti inipun juga sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai item fashion lain seperti rok plisket dan juga celana panjang.

Kain Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Rok Wanita

Sekarang rok wanita juga mulai banyak yang dibuat dari kain ceruti jenis ultimate. Untuk urusan desain atau modelnya rok wanita yang dibuat dari kain ceruti sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model yang cukup beragam.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam balutan rok tapi masih suka kesulitan untuk menemukan ukuran rok yang sesuai dengan badan anda?. Untuk anda yang mau mencoba membuat rok sendiri anda bisa menyimak video Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

4. Jilbab Ceruti

Jilbab menjadi produk terpopuler yang banyak dibuat dari kain cceruti premium, kain ceruti babydoll dan kain ceruti lainnya. Untuk urusan desain atau modelnya jilbab yang diciptakan dari kain ceruti ini secara umum juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang beragam.

Beberapa jenis jilbab yang dimaksud yakni berupa jilbab ceruti segi empat, pashmina ceruti hingga jilbab ceruti model khimar yang panjang.

  • Jilbab Segi Empat

Jilbab ceruti segi empat merupakan jenis jilbab yang memiliki karakteristik berbentuk segi empat dan berukuran sama pada keempat sisinya. Jilbab ini banyak diproduksi dalam beberapa ukuran yang berbeda, mulai dari 110 x 110 cm, 115 x 115 cm, 130 x 130 cm hingga 150 x 150 cm.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Pashmina Ceruti

Pashmina ceruti merupakan salah satu produk fashion wanita yang lebih dikenal banyak orang sebagai selendang berukuran besar. Salah satu kelebihan pashmina ceruti yaitu mudah untuk dikenakan dan dikreasikan ke dalam berbagai model jilbab yang menarik.

  • Pashmina ceruti umumnya memiliki bahan yang ringan dan adem saat dikenakan.
  • Pashmina ceruti terlihat cantik karena tersedia dalam banyak pilihan warna.
  • Meskipun tipis namun bahan kain yang dipakai untuk membuat pashmina ceruti sangat kuat.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Khimar

Khimar menjadi model jilbab berikutnya yang memiliki desain yang lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher dan menjulur hingga dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk tulang selangka).

Kain Ceruti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

5. Cadar

Cadar menjadi produk pelengkap fashion berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain ceruti,  khususnya kain ceruti amunzen. Cadar ini biasanya dikenakan untuk menutupi bagian wajah oleh sebagian kaum perempuan Muslimah sebagai kesatuan dengan jilbab ceruti.

Kain Ceruti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tips Merawat Busana Ceruti

Seperti halnya jenis busana yang dibuat dari bahan kain lainnya, untuk merawat pakaian yang diciptakan dari bahan kain ceruti sendiri ternyata dibutuhkan teknik dan perlakuan khusus. Usai digunakan sebaiknya jangan terlalu lama mendiamkan busana tersebut dalam keadaan kotor.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan selalu mencuci busana berbahan ceruti dengan menggunakan tangan. Jangan menguceknya terlalu keras jika tidak ingin busana kesayangan anda berubah bentuk dan menjadi melar.

  • Pisahkan busana ceruti dari jenis bahan pakaian lain yang berpotensi luntur. Hal ini penting dilakukan karena bahan ceruti dikenal sangat mudah menyerap warna.
  • Cuci busana berbahan ceruti dengan air sabun kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada busa sabun yang tertinggal.
  • Bila busana kesayangan anda terpapar noda minyak, anda bisa membersihkannya dengan cara menaburkan bedak saat noda masih baru kemucian cuci busana tersebut seperti biasa.
  • Untuk menghilangkan noda darah atau keringat, gunakan deterjen khusus untuk baju berbahan halus. Rendam dalam air bersuhu normal selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Keringkan busana berbahan ceruti dengan cara angin-anginkan di tempat yang bersih dan tidak terpapar terik sinar matahari secara langsung.
  • Bila anda ingin menyetrika busana berbahan ceruti disarankan untuk melapisi bagian permukaannya dengan bahan lain agar panas yang ditimbulkan dari setrika tidak langsung bersentuhan dengan permukaan kain ceruti.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain ceruti dan pemanfaatannya untuk berbagai macam produk busana muslim yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui jenis kain ceruti yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.