Article

Homepage Article Jahit Menjahit DIY : Kreasi Kaos Bekas…

DIY : Kreasi Kaos Bekas Untuk Membuat Shirt Extender

Sering dibuat kesal lantaran kaos atau kemeja yang anda kenakan kerap tersingkap dan mengekspos area pinggang?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena berkat adanya shirt extender kini anda bisa lebih leluasa untuk beraktifitas tanpa perlu khawatir lagi area pinggang anda akan terlihat.

Shirt Extender

Sumber : https://www.classicdianne.com/

Penasaran seperti apa bentuk dari shirt externder tersebut?. Kalau anda pernah menjumpai potongan pakaian yang memiliki bentuk seperti halnya rok elastis namun panjangnya tidak lebih dari batas paha atau maksimal sebatas paha maka item fashion itulah yang dinamakan shirt extender. 

Shirt Extender

Sumber : https://www.ebay.com/

Tertarik untuk membuat shirt extender sendiri dengan alat dan bahan sederhana. Sebelum mulai membuat shirt extender siapkan dulu alat dan bahan sebagai berikut:

  • Kaos bekas yang masih layak pakai untuk membuat shirt extender (pilih yang ukurannya longgar).
  • Renda untuk mempercantik shirt extender.
  • Elastis untuk ban pinggang (sesuaikan panjang elastis dengan lingkar pinggang anda).
  • Perlengkapan menjahit standar seperti metlin, benang, jarum pentul, kapur kain, dan loop turner, gunting, dan mesin jahit.

Langkah-Langkah Membuat Shirt Extender Dari Kreasi Kaos Bekas

  1. Membuat pola dan memotong kain.
    • Ukur lingkar pinggang anda dengan menggunakan metlin lalu gunakan ukuran tersebut sebagai acuan untuk memotong kaos bekas anda.
    • Untuk membuat shirt extender anda bisa menggambar pola berbentuk persegi panjang secara langsung di bagian depan dan belakang kaos anda dengan ketentuan sebagai berikut.
      • Panjang = ½ Lingkar pinggang + 5 cm
      • Untuk lebarnya anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Lebar kain ini nantinya akan menjadi panjang shirt extender.
    • Setelah pola selesai dibuat anda tinggal memotong kaos bekas menggunakan gunting yang tajam, tapi ingat jangan lupa tambahkan kampuh pada tiap sisi pola ya.
  2. Menjahit kreasi kaos bekas menjadi shirt extender.
    • Tumpuk dua lembar potongan kain yang telah diperoleh dari kaos bekas anda dengan posisi bagian baiknya saling berhadapan.
    • Jahit tepi kanan dan kiri kain yang pendek dengan pola jahitan berbentuk lurus sehingga hasilnya tampak seperti pipa. Rapikan tepi jahitan dengan obras.
    • Buat tempat elastis pada salah satu ujung pipa dengan menyisakan sedikit celah untuk memasukkan karet elastis.  
  3. Masukkan karet elastis ke dalam lubang yang telah dibuat pada langkah sebelumnya dengan bantuan loop turner atau peniti. Setelah elastis berhasil terpasang selanjutnya jahit kedua ujung elastis menjadi satu agar tidak terlepas.
  4. Rapikan bagian bawah shirt extender dengan cara melipat kecil bagian bawahnya kemudian jahit dengan pola jahitan berbentuk lurus. Kalau mau lebih bagus anda juga bisa menambahkan renda di bagian bawah shirt extender hasil kreasi kaos bekas anda.
  5. Sekarang shirt extender dari kreasi kaos bekas anda siap untuk digunakan.

Shirt Extender

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selamat mencoba tips kreasi kaos bekas dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.