Article

Homepage Article Fashion Muslim 11 Kelebihan Gamis Wanita…

11 Kelebihan Gamis Wanita Yang Dibuat Dari Kain Balotelli

Mencari rekomendasi gamis wanita yang cocok digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan formal maupun casual?. Untuk anda yang lebih suka tampil simple namun tetap mengutamakan kenyamanan dalam hal berbusana, mungkin anda bisa memilih gamis berbahan balotelli yang menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Kain Balotelli

Kain balotelli merupakan salah satu jenis bahan kain yang memiliki ciri khas sangat kuat, berserat rapat, tebal tapi ringan, tidak menerawang dan bermotif kotak-kotak. Dengan serat kainnya yang rapat dan bermotif cantik, kain balotelli sangat cocok dijadikan untuk berbagai keperluan termasuk bahan pembuatan gamis wanita.

Dilihat dari bahan penyusunnya, kain balotelli sendiri sebenarnya dapat digolongkan sebagai bahan tekstil dari keluarga kain katun. Tetapi lantaran ada beberapa perbedaan sifat antara keduanya, maka sebagian besar orang lebih sering menyebutnya sebagai bahan balotelli atau kain balotelli saja tanpa menambahkan kata “katun”.

Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain balotelli hadir dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Pertama ada jenis kain balotelli original, kedua ada jenis kain balotelli grade A dan ketiga ada jenis kain balotelli grade A+.

1. Kain Balotelli Original

Kain balotelli original umumnya memiliki tingkat ketebalan yang standar seperti jenis kain balotelli pada umumnya. Yang membedakan adalah karakteristik bahan kainnya karena cenderung agak kaku. Kain balotelli jenis ini lebih cocok digunakan untuk membuat model gamis kombinasi.

2. Kain Balotelli Grade A

Kain balotelli grade A kualitasnya jauh lebih bagus dari pada jenis kain balotelli original. Ketika disentuh atau diraba kain ini lebih terasa harus dan tidak kaku walaupun secara kasat mata tekstur kainnya terlihat sama saja dengan balotelli original dan hampir tidak dapat dibedakan.

  • Kain balotelli grade A termasuk ke dalam jenis kain yang mutunya sedang, dalam artian tidak terlalu unggul tapi juga tidak terlalu buruk secara kualitas.
  • Kain balotelli dengan grade A ini diperkirakan mewarisi sifat kain balotelli grade original dan kain balotelli grade A+ yang sangat bagus.
  • Secara kualitas tentu kain balotelli grade A masih di bawah kain balotelli grade A+.

3. Kain Balotelli Grade A+

Kain balotelli grade A+ merupakan varian dari kain balotelli yang mempunyai grade terbaik dan unggul. Kain balotelli grade A+ ini biasanya juga kerap disebut dengan nama lain Ar-Raihan.

  • Kain balotelli grade A+ sangat halus, adem, jatuh dan juga lembut.
  • Kain balotelli grade A+ memiliki jenis tekstur kain yang terkesan lebih jatuh.
  • Kain balotelli grade A+ mampu memberikan rasa nyamanan yang lebih apabila dibandingkan dengan kain balotelli yang biasa.

Dari ketiga grade kain balotelli yang sudah disebutkan diatas, hampir dapat dipastikan bahwa kain balotelli dengan grade A+ memiliki harga bahan yang paling mahal namun tetap terjangkau bila dibandingkan jenis kain balotelli grade A ataupun kain balotelli original.

Butuh bahan kain balotelli berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai macam model gamis wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Balotelli dari kami.

Kelebihan Gamis Balotelli

Dengan memanfaatkan kain balotelli sebagai bahan utamanya, gamis wanita yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan gamis wanita yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari gamis balotelli yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Bahannya Sangat Kuat

Gamis wanita yang dibuat dari kain balotelli umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan pemakaian yang tepat, gamis berbahan balotelli bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

  • Gamis balotelli pada prinsipnya memiliki jenis kain yang kuat dan tidak mudah sobek.
  • Gamis kain balotelli juga cenderung tidak mudah luntur ataupun berubah warna.
  • Gamis balotelli bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya asal dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

Gamis Balotelli

Sumber : https://muslimore.com/

2. Serat Kainnya Lebih Rapat

Gamis yang dibuat dari kain balotelli memiliki serat kain yang lebih rapat dan padat, dengan demikian saat dipakai tidak akan menerawang. Meski serat kainnya rapat tapi gamis yang dihasilkan akan tetap jatuh dan memberikan nuansa anggun tersendiri.

3. Motifnya Kainnya Sangat Khas

Gamis balotelli memiliki motif yang sangat khas yakni berupa motif kotak-kotak dan bergaris. Untuk membuktikan keberadaan motif kotak-kotak ini ada bisa meraba permukaan bahan gamis.

  • Kain balotelli umumnya memiliki ciri khas berupa tekstur kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis.
  • Bila pola garis-garis tersebut dilihat dari kejauhan maka akan kembali membentuk skema kotak-kotak yang lebih besar.
  • Skema kotak-kotak tersebut juga membentuk pola yang tersusun secara teratur.

Gamis Balotelli

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Bahannya Tidak Menerawang

Gamis balotelli termasuk ke dalam jenis gamis yang bahannya berserat rapat dan cukup tebal, dengan begitu tampilannya jadi tidak menerawang saat digunakan.

  • Kain balotelli seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
  • Kain baloelli juga memiliki tingkat ketebalan yang ideal jadi cenderung tidak menerawang saat digunakan.
  • Penggunaan kain furing pada gamis balotelli pun sifatnya juga tidak wajib (bisa memakai furing bisa juga tidak). Tapi kalau anda merasa tekstur kain balotelli masih kurang tebal untuk gamis jangan ragu untuk menambahkan furing sebagai dalamannya.

Gamis Balotelli

Sumber : https://bergaya.id/

Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat dibuat dari bahan kain balotelli diantaranya:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis wanita lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan seperti layaknya blouse hanya saja ukurannya jauh lebih panjang.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.
  • Gamis cape yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.

5. Tebal Tapi Tetap Ringan

Gamis balotelli juga memiliki bahan yang sedikit tebal namun tetap ringan. Walaupun menggunakan banyak bahan atau layer sekalipun, model gamis wanita yang dibuat dari kain balotelli jadi tidak akan terasa berat saat digunakan untuk beraktifitas.

  • Gamis balotelli bisa dikatakan cukup tebal namun bahan kainnya akan tetap ringan saat digunakan.
  • Dengan karakteristiknya yang tebal tapi ringan gamis balotelli banyak dicari para Muslimah agar mereka bisa menggunakan busana muslim yang sesuai dengan syariat.

Gamis Balotelli

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Tidak Panas Saat Digunakan

Gamis balotelli memiliki kesan yang adem dan nyaman saat dipakai terutama untuk jenis kain yang gradenya yang paling tinggi. Semakin tinggi gradenya maka semakin adem dan nyaman pula gamis yang dihasilkan dari bahan kain tersebut.

Dengan karakteristik bahannya yang tidak panas, gamis balotelli juga aman digunakan untuk berbagai cuaca tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi. Hal itu dikarenakan bahan balotelli benar-benar aman digunakan untuk membuat bermacam-macam model gamis wanita.

  • Kain balotelli tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun.
  • Kain balotelli mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

7. Tidak Membentuk Lekuk Tubuh

Gamis balotelli sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari karena bahannya tidak membuat lekukan tubuh jadi terlihat. Selain nyaman digunakan seharian gamis balotelli umumnya juga bisa dikenakan ketika menghadiri acara keagamaan seperti pengajian hingga lebaran.

  • Gamis yang dibuat dari kain balotelli jatuhnya tidak melekat di tubuh jadi saat digunakan akan terlihat sangat cantik.
  • Gamis balotelli juga memenuhi syarat pakaian ala Muslimah yakni tidak membentuk lekuk tubuh.

Gamis Balotelli

Sumber : https://www.blibli.com/

8. Pilihan Warnanya Banyak

Gamis balotelli dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya karena warna kain balotelli sendiri juga cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi warna kain balotelli ada juga yang dibuat lebih lembut, cantik dan sangat anggun.

  • Gamis balotelli mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain baotelli juga dikenal memiliki warna yang terkesan lebih lembut, cantik dan sangat anggun dibanding bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Gamis Balotelli

Sumber : https://fitinline.com/

Selain pilihan warnanya cukup bervariasi, warna gamis balotelli umumnya juga tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan demikian warna kain balotelli yang ada pada berbagai model gamis wanita tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamaan.

9. Tidak Mudah Kusut

Gamis balotelli termasuk ke dalam jenis gamis yang tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai kegiatan, tampilan gamis wanita akan tetap rapi dan tertata.

  • Gamis balotelli memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jenis kain ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

10. Harganya Cukup Terjangkau

Gamis balotelli biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli gamis berbahan kain balotelli.

  • Gamis balotelli umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai gamis tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun gamis berbahan balotelli memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding gamis lainnya.

11. Cara Perawatannya Mudah

Gamis balotelli umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Untuk mencuci gamis balotelli sendiri anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan kedua tangan ataupun mesin cuci.

  • Gamis balotelli yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan gamis balotelli bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.
  • Khusus untuk merawat gamis balotelli yang dihias dengan banyak detail seperti halnya payet atau mutiara pencucian dengan kedua tangan lebih dianjurkan.

Gamis yang dibuat dari bahan dasar kain balotelli juga sangat mudah untuk disetrika meski tidak terlalu tahan jika terkena panas yang cukup tinggi.

  • Untuk menyetika gamis balotelli gunakan setrika yang bersuhu sedang, jika terlalu panas yang ada serat kainnya akan menjadi rusak dan hangus.
  • Jika anda memiliki setrika uap hal ini akan lebih baik lagi karena akan membuat gamis lebih cepat licin, tetap halus dan tidak kasar.

Usai disetrika anda bisa langsung menyimpan gamis balotelli dengan cara mengantungnya menggunakan gantungan baju. Penggunaan gantungan baju juga akan memudahkan anda ketika mengambil gamis dibanding dilipat dan ditumpuk dengan busana lain.

Kekurangan Gamis Balotelli

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya gamis yang dibuat dari kain balotelli sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan balotelli yang dijual di pasaran sebenarnya tersedia dalam berbagai jenis yang beragam. Untuk mencari kain balotelli yang berkualitas baik pun anda juga harus teliti.

Beberapa kekurangan dari gamis berbahan kain balotelli yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Gamis balotelli teksturnya sedikit kasar saat diraba karena memiliki motifnya yang bergaris dan kotak-kotak.
  • Gamis balotelli dengan grade yang paling bawah terkadang terasa panas saat digunakan jadi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Gamis balotelly terkadang terasa kaku saat digunakan. Meski demikian, kekurangan ini masih menjadi hal yang wajar dan bukan berarti kualitas kainnya tidak bagus.

Berkeinginan untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan gamis balotelli yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya sebagai pelengkap gaya penampilan. Sesuai karakteristik bahannya yang berserat rapat, tebal tapi ringan dan tidak menerawang, gamis berbahan balotelli secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain balotelli.

  • Gamis balotelli bahannya sangat kuat dan memiliki motif kotak-kotak yang khas, jadi sangat bagus digunakan untuk pelengkap gaya busana formal, semi formal maupun casual.
  • Gamis balotelli dianggap memenuhi standard bahan busana yang sesuai syariat yaitu tidak menerawang, dingin dan tidak mencetak lekuk tubuh saat dikenakan.
  • Gamis balotelli tersedia dalam berbagai macam warna yang lembut, cantik dan menawan. Warnanya pun tidak mudah luntur akibat pemakaian dan pencucian yang berulang.
  • Dari segi harga gamis balotelli bisa dibilang cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Jadi dengan memakai gamis ini anda bisa lebih berhemat.
  • Gamis balotelli cukup mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan. Untuk mencuci gamis balotelli sendiri anda bisa menggunakan cara manual ataupun mesin cuci.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.