Article

Homepage Article Jahit Menjahit Jenis-Jenis Potongan Kain…

Jenis-Jenis Potongan Kain Dalam Dunia Patchwork

Membuat kerajinan patchwork menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang biasa anda lakukan untuk mengisi waktu luang. Kalau sahabat Fitinline menyukai jahit-menjahit, tidak ada salahnya anda mulai mempelajari teknik patchwork.

Potongan Patchwork

Sumber : http://www.ebay.com.au/

Sedikit berbeda dengan seni menyatukan kain perca pada umumnya, bahan kain yang dipakai dalam seni patchwork ini secara keseluruhan disusun dengan sangat terencana sehingga membentuk suatu gambar atau bahkan “bercerita”. 

Potongan Patchwork

Sumber : http://www.mymommystyle.com/

Bahan kain yang digunakan dalam teknik patchwork pun bukan berasal dari sembarang kain sisa melainkan didapat dari kain utuh yang kemudian dipotong sesuai dengan pola. Setelah dipotong lembaran-lembaran kain tersebut kemudian dijahit hingga membentuk desain yang diinginkan. 

Potongan Patchwork

Sumber : http://sew-fantastic.blogspot.co.id/

Supaya produk patchwork yang dihasilkan lebih bagus, kain yang dijahit tersebut kemudian dilapisi silikon lembaran dan kain utuh sebagai backing. Setelah ketiga lapisan itu disusun, barulah dijahit dengan teknik quilting. 

Potongan Patchwork

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Satuan metric yang umum digunakan dalam dunia patchwork adalah inches (1 inch = 2,54 cm).
1 Yard = 36 inches (91,4 cm)
Lebar kain : 42-44 inches

Potongan Patchwork

Sumber : https://www.thespruce.com/

Bentuk potongan kain yang biasa dipakai untuk patchwork sendiri ada bermacam-macam. Dimana jenis-jenis potongan kain yang umum digunakan dalam dunia patchwork secara garis besar dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

Meteran (yardage)

Fat Quarter

Yang dimaksud dengan Fat Quarter adalah 1 meter x lebar kain atau 1 yard x lebar kain dipotong menjadi 4 bagian dengan ukuran kurang lebih 50 x 56 cm (18/20 x 22 inches), sedangkan 1/4 meter yang umumnya dikenal adalah kain ukuran 25 cm x 112 cm (9 x 45 inches)

Fat Eight : 1/2 Fat Quarter

Precut

Bundelan kain yang sudah dipotong menurut ukuran tertentu ().

  • Layer Cakes merupakan bundelan potongan kain yang memiliki ukuran sebesar 25,4 x 25,4 cm (10 x10 inches)/lembar
  • Charm Packs merupakan bundelan potongan kain yang memiliki ukuran masing-masing sebesar 12,7 x 12,7 cm (5 x 5 inches)/lembar
  • Jelly Roll merupakan bundelan potongan kain yang memiliki ukuran masing-masing sebesar 7 x 112 cm (2,5 x 44 inches)/lembar
  • Honey Buns merupakan bundelan potongan kain yang memiliki ukuran masing-masing sebesar 4 x 112 cm (1,5 x 44 inches)/lembar
  • Turnover merupakan bundelan potongan kain segitiga yang dipotong dari kain ukuran 16 cm persegi (half square triangle). Potongan kain jenis ini umumnya terdiri atas 2 segitiga dengan print yang berbeda. Jumlah total potongan kain 2 x lipat jumlah print.

Potongan Patchwork

Sumber : http://manchesterquilters.com/

Potongan Patchwork

Sumber : https://www.meandmysisterdesigns.com/

Bergantung pada proyek patchwork yang akan anda buat, anda bisa memilih sendiri jenis potongan kain perca yang akan anda gunakan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.