Article

Homepage Article Fashion Design 5 Langkah Mudah Menghias…

5 Langkah Mudah Menghias Tote Bag Kanvas Dengan Teknik Lukis

Mencari alternatif kegiatan yang menyenangkan tapi tetap bermanfaat untuk mengisi waktu libur anda di akhir pekan?. Khusus untuk anda yang punya ketertarikan tersendiri dengan seni lukis, mungkin ide menghias tas tote bag kanvas polos dengan menggunakan teknik lukis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beberapa point penting yang akah dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tote Bag

Tas tote bag termasuk ke dalam salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya. Dalam bahasa Indonesia istilah tote bag memiliki arti membawa, sementara menurut Kamus Mode Indonesia berarti tas serbaguna.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://www.streaksnstrokes.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita yang trendy, tas tote bag kanvas sendiri umumnya banyak diciptakan dalam berbagai macam varisi warna dan motif yang menarik lho. Untuk keperluan kerajinan bahkan ada juga tote bag yang memang sengaja didesain polos tanpa motif.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://www.streaksnstrokes.com/

Cara Menghias Tote Bag

Tertarik untuk membuat tote bag kanvas lukis sendiri dengan menggunakan alat dan bahan sederhana yang ada disekitar anda?. Untuk menghias tote bag kanvas polos siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan berikut ini. 

  • Tas tote bag polos yang berwarna putih sebagai bahan utamanya.
  • Setrika dan papan setrika untuk menyetrika tote bag kanvas.
  • Cat akrilik untuk mewarnai bahan kain.
  • Palet untuk mencampur cat akrilik.
  • Kuas lukis untuk mengaplikasikan cat kain pada tas tote bag.
  • Pensil dan kertas untuk membuat sketsa gambar.
  • Alas untuk menggambar.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, sekarang anda bisa mulai menghias tote bag kanvas polos.

1. Menyetrika Tote Bag

Untuk menghias tote bag kanvas polos, mula-mula setrika terlebih dahulu tas jinjing tersebut untuk menghilangkan kerutan-kerutan dan lipatan-lipatan yang mungkin nampak pada permukaan tas.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Membuat Sketsa Gambar

Buatlah sketsa gambar pada kertas terlebih dahulu sebelum anda menuangkannya pada tas tote bag kanvas. Setelah sketsa yang anda buat dirasa bagus, maka anda bisa memindakannya pada tas tote bag dengan pensil tipis-tipis saja.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Menyiapkan Peralatan Lukis

Selanjutnya siapkan peralatan lukis yang akan anda pakai untuk mewarnai tas tote bag. Biar mudah tuangkan cat akrilik pada palet warna lalu berilah air secukupnya.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://www.hobbycraft.co.uk/

Beberapa karakteristik paling khas dari cat akrilik yang penting anda ketahui diantaranya:

  • Cat akrilik berbentuk menyerupai pasta (meski ada juga yang liquid dan spray).
  • Cat akrilik baunya tergolong aman untuk hidung dibandingkan cat minyak.
  • Cat akrilik memiliki pigment transparant dan opaque.
  • Cat akrilik lebih cepat kering (hitungan jam), jika dibandingkan dengan cat minyak.
  • Cat akrilik dapat diaplikasikan pada semua permukaan termasuk pada bahan kain kanvas.

Untuk mencegah agar cat tidak menetes ke pegangan kuas dan mengotori lukisan yang anda buat taruh selembar lap kertas atau kain bekas di dekat palet dan biasakan oles kuas anda pakai setelah mengangkatnya dari cat akrilik.

Jangan lupa juga selipkan selembar kertas di dalam tote bag polos supaya catnya tidak tembus saat melukis.

4. Mewarnai Tas Tote Bag

Mulailah menyapukan cat warna dengan menggunakan kuas pada bagian sketsa gambar yang sudah anda buat sebelumnya.

  • Untuk anda yang baru pertama melukis dengan cat, anda bisa berlatih terlebih dahulu pada kain yang sekiranya tidak terpakai.
  • Sapukan kuas perlahan-lahan agar hasil lukisannya terlihat rapi.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : http://sgvarts.blogspot.com/

Untuk mengaplikasikan cat akrilik pada permukaan tas tote bag kanvas polos mulailah bereksperimen dengan beberapa teknik melukis akrilik yang sudah ada. Beberapa teknik yang bisa anda coba diantaranya:

  • Drybrushing

Drybrushing merupakan teknik paling sederhana yang dapat anda pilih untuk mengaplikasikan cat secara langsung ke atas permukaan tas tote bag polos.

  • Drybrushing akan memberi blok warna yang solid untuk dimanipulasi dengan kuas anda.
  • Drybrushing bagus untuk membingkai lukisan atau menambahkan elemen yang lebih besar pada gambar.
  • Detailing

Detailing merupakan teknik yang memungkinkan anda membuat detail lebih halus pada permukaan tas tote bag kanvas serta menambahkan detail kecil lainnya pada gambar. Dalam hal ini ibutuhkan kuas khusus untuk detailing.

  • Layering

Layering merupakan proses menambahkan lapisan pada gambar untuk menciptakan kesan yang lebih tebal. Caranya setelah cat mengering tnambahkan lapisan ekstra untuk menciptakan efek yang diinginkan.

  • Stippling

Stippling merupakan teknik melukis sejumlah titik kecil pada tas kanvas polos untuk menciptakan efek visual yang menarik.

  • Splattering

Splattering merupakan teknik melukis yang dapat dilakukan dengan cara memercikkan cat akrilik dari kuas ke permukaan kain.

Karena cat akrilik terkenal cepat mengering, sesekali semprotkan air ke lukisan/palet untuk menjaga agar cat tetap lembap. Alternatif lain anda juga bisa menambahkan acrylic Retarder untuk memperlambat proses pengeringan cat sehingga proses aplikasinya jadi lebih mudah.

5. Mengeringkan Cat Akrilik

Untuk mengeringkan cat akrilik diamkan tas tote bag kanvas selama setidaknya 24 jam.  Jika sudah setrika tas tote bag dengan suhu yang tidak terlalu panas untuk melindungi cat akrilik agar tidak mudah terlepas dan menempel lebih kuat pada permukaan tas.

Tote Bag Kanvas Polos

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai langkah-langkah sederhana yang bisa anda coba untuk menghias tote bag kanvas dengan teknik lukis. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk lebih kreatif dalam membuat kreasi tote bag polos sendiri di rumah ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tote bag kanvas polos?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kanvas / Kain Kanvas yang kami miliki.

Kalau anda mau mencoba cara menghias tote bag polos yang lainnya simak juga pembahasan mengenai 4 Langkah Mudah Menghias Tote Bag Kanvas Polos Dengan Teknik Block Printing dan 7 Langkah Mudah Menghias Tas Tote Bag Kanvas Polos Dengan Teknik Stencil.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.