Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Ide Kreatif Daur Ulang…

7 Ide Kreatif Daur Ulang Baju Kemeja Lama Anda

Punya banyak koleksi kemeja yang lama tidak terpakai padahal kualitas bahannya masih sangat bagus?. Kalau anda mau menggunakannya kembali ternyata ada banyak cara mengubah kemeja lama menjadi barang baru dan bahkan baju baru yang tidak kalah menarik dengan model baju jaman sekarang lho.

Tertarik untuk membuat kreasi produk kerajinan berbahan kemeja tapi masih bingung bagaimana cara membuatnya?. Sebagai bahan percobaan berikut kami bagikan beberapa ide daur ulang kemeja yang bisa anda coba sendiri di rumah. Supaya tidak makin penasaran, langsung saja simak tutorial berikut.

Kreasi Shirtdress Dari Kemeja Bekas

Mencari cara lain untuk tampil lebih fashionable dengan kemeja?. Anda bisa memodifikasinya menjadi shirt dress yang cantik dan pastinya bisa kombinasikan dengan berbagai macam aksesoris maupun jenis pakaian lainnya.

Peralatan yang diperlukan untuk membuat kreasi shirtdress dari kemeja bekas sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak yakni hanya berupa:

  1. Dua buah kemeja yang berlainan warna maupun motif, misal satu kemeja biasa dengan motif garis dan satu lagi kemeja polos dengan warna abu.
  2. Gunting kain.
  3. Mesin jahit, mesin obras, benang jahit dan jarum jahit.

Langkah-Langkah Membuat Kreasi Shirtdress

1. Potong bagian badan kemeja dengan menggunakan gunting kain yang tajam sesuai desain dan ukuran shirtdress yang ingin anda buat (warna abu untuk bagian bawah dan yang bermotif garis untuk bagian atas).

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

2. Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya sambungkan kedua potong baju kemeja menjadi sebuah shirtdress dengan cara menjahitnya menggunakan mesin jahit.

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

3. Dengan menggunakan mesin obras rapikan bagian kampuh sambungan shirtdress dengan kemudian selesaikan bagian belahan kancingnya. 

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

4. Tepat di bagian bawah sambungan shirtdress, tambahkan sepasang kancing dan rumah kancing pada belahan shirtdress yang anda buat. 

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

5. Sampai disini shirtdrees dari bahan kemeja bekas sudah siap untuk digunakan. 

Baju Kemeja

Sumber : https://makery.co.uk/

Kreasi Blouse Lengan Ruffle Dari Kemeja Bekas

Suka memakai busana yang dihias dengan detail ruffle?. Coba buat sendiri blouse dengan lengan ruffle dari kemeja bekas yang sudah tidak terpakai yuk. Untuk membuat model blouse yang satu ini mula-mula siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang terdiri dari:

  1. Kemeja lengan panjang yang berukuran cukup besar (bisa memakai kemeja pria).
  2. Gunting kain.
  3. Mesin jahit, mesin obras, benang jahit dan jarum jahit.
  4. Kaos lengan pendek untuk contoh ukuran blouse.

Langkah-Langkah Membuat Kreasi Blouse Lengan Ruffle

1. Pisahkan kedua lengan baju kemeja, kerah kemeja dan saku (kalau ada) dari badan kemeja serta sambungan bahunya.

2. Bentangkan kemeja di atas media yang datar kemudian potong sesuai ukuran yang anda inginkan.

  • Posisikan kemeja dalam dalam keadaan lurus dan rata lalu letakkan kaos yang anda siapkan untuk contoh ukuran blouse di atasnya.
  • Potong kemeja sampai tengah termasuk lengannya juga.
  • Setelah itu lipat badan kemeja menjadi dua dan potong sisi yang satunya agar simetris.

3. Balikkan kemeja agar bagian buruk kain berada di luar kemudian mulailah menjahit bahu dan kedua sisi sampingnya. Rapikan tepi kampuh jahitan dengan mesin obras.

4. Coba kenakan kemeja tersebut untuk membuat penyesuaian pada bagian lingkar lehernya. Setelah diperoleh ukuran yang pas lipat sedikit ujungnya sebanyak dua kali ke bagian buruk kain lalu jahit.

5. Potong lengan kemeja untuk sambungan ruffle pada ujung lengan blouse.

  • Dengan menggunakan gunting yang tajam potong lengan kemeja menjadi persegi panjang dengan lebar 10-15 cm dan panjang 30-40 cm.
  • Jelujur salah satu sisi terpanjang bahan lalu tarik benang pada jahitan tersebut pelan-pelan, hingga membentuk ruffle yang pas dengan lengan kemeja.
  • Setelahnya sambungkan ke dua sisi terpendek dari ruffle lalu jahit dan obras bagian tepi kampuhnya melalui bagian buruk kain.
  • Ulangi pada lengan satunya.

6. Pasangkan ruffle pada lengan kemeja kemudian jahit. Jangan lupa juga untuk menjahit bagian ujung lengan lonceng agar rapi.

7. Setelah semua proses menjahit selesai dilakukan anda bisa menyeterika blouse yang sudah jadi agar hasil jahitannya terlihat lebih rapi dan profesional.

Baju Kemeja

Sumber : http://www.cottonandcurls.com/

Kreasi Off Shoulder Dari Kemeja Bekas

Masih ingat blouse off shoulder yang sangat identik dengan musim panas?. Tanpa harus membeli baju baru anda juga bisa mendapatkan blouse off shoulder yang berpotongan terbuka dibagian pundak dengan cara memodifikasi kemeja lama anda lho.

Untuk membuat blouse off shoulder sendiri mula-mula siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang terdiri dari: 

  1. Kemeja lengan panjang yang berukuran cukup besar.
  2. Gunting kain.
  3. Penggaris dan kapur kain.
  4. Mesin jahit, mesin obras, benang jahit dan jarum jahit.
  5. Benang elastis untuk membuat detail shiring.

Langkah-Langkah Membuat Blouse Off Shoulder

1. Ambil kemeja yang sudah anda siapkan kemudian letakkan di atas media yang datar. Supaya lebih mudah posisikan agar bagian depan kemeja menghadap ke bawah.

2. Dengan menggunakan garis yoke sebagai acuan untuk batas atas blouse off shoulder, buat garis horisontal yang memanjang pada bagian belakang kemeja hingga ke bagian lengan.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

3. Potong kemeja sesuai garis penanda dilanjutkan dengan memotong lengan kemeja mengikuti garis tengah bekas lipatannya.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

4. Lipat kecil bagian batas atas blouse off shoulder sebanyak dua kali kemudian tindas dengan mesin jahit.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

5. Bentuk bagian lengan blouse off shoulder agar terlihat lebih menarik setelahnya sambungkan kembali potongan bagian tengah lengannya dan rapikan.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

6. Untuk memberikan efek kerut yang menarik anda bisa menambahkan detail shiring pada bagian bukaan atas blouse dengan benang karet supaya menghasilkan kerutan-kerutan yang dapat membentuk tubuh. 

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

Dalam proses pembuatan detail shiring dengan benang karet, jalur benang yang digunakan sebenarnya sama saja seperti saat menjahit kain pada umumnya yang membedakan yaitu spul yang biasanya diisi benang jahit biasa harus diganti dengan benang karet.

  • Cara pemasangan benang atas pada mesin jahit sama dengan pemasangan benang biasa. Tetapi untuk mengisi benang bawah gulungan spul harus diisi secara manual menggunakan tangan.
  • Ketika menjahit dengan karet elastis setelan sekoci harus lebih dikendorkan sedikit dan  kekencangannya juga harus disesuaikan dengan kekencangan karet yang dinginkan.
  • Semakin longgar setelan sekocinya maka jahitan yang dihasilkan akan semakin longgar (tidak terlalu kencang).
  • Sebelum digunakan untuk menjahit, setting mesin jahit untuk membuat pola jahitan berbentuk lurus. Ubah pula pengaturan jarak setikan ke arah yang paling panjang.
  • Jahit dengan posisi bagian baik kain menghadap ke arah atas sementara bagian buruknya menghadap ke bawah.
  • Untuk mendapatkan kerutan yang cantik buat beberapa garis jahitan secara berderet.
  • Ketika membuat jahitan kerut tarik salah satu ujung kain ke arah keluar, sementara pangkal kain harus ditahan supaya jalannya kain yang sedang dijahit tetap mengikuti gerakan mesin jahit yang digunakan.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

7. Rapikan bagian ujung lengan blouse off shoulder dengan cara melipat ujung kainnya sebanyak dua kali ke arah buruk kain kemudian tindas dengan mesin jahit.

8. Terakhir selesaikan bagian lengan blouse dengan cara menambahkan sebaris jahitan lurus dengan benang elastis untuk memberikan efek kerut yang cantik.

Baju Kemeja

Sumber : https://byhandlondon.com/

Kreasi Sleveless Shirt Dari Kemeja Bekas

Bosan dengan kemeja lengan panjang anda yang terkesan jadul?. Jangan buru-buru membuangnya ya sahabat Fitinline, dengan sedikit kreatifitas anda bisa memodifikasinya menjadi slveless shirt alias kemeja tanpa lengan yang cantik.

Untuk membuat kreasi kemeja tanpa lengan ini alat dan bahan yang perlu anda siapkan diantaranya:

  1. Satu buah baju kemeja yang sudah tidak terpakai, bisa dipilih yang memiliki lengan panjang ataupun pendek.
  2. Gunting kain.
  3. Penggaris dan kapur kain.
  4. Mesin jahit, mesin obras, benang jahit dan jarum jahit.

Langkah-Langkah Membuat Kreasi Sleveless Shirt

1. Ambil kemeja bekas yang sudah anda siapkan sebelumnya kemudian pisahkan kedua lengannya dari bagian badan dengan menggunakan gunting yang tajam.
2. Pisahkan pula badan bagian depan dan belakang kemeja dengan cara memotong kedua sisinya secara memanjang ke arah bawah.

Baju Kemeja

Sumber : https://makeanddohandmade.wordpress.com/

3. Jahit kembali bagian sisi kemeja dengan menambahkan belahan sepanjang kurang lebih 20 cm agar tampilannya terkesan lebih menarik saat dikenakan.

  • Dari bagian ujung bawah kemeja buat tanda sejauh 20 cm.
  • Jahit bagian sisi kemeja dari ketiak sampai batas tanda belahan kemeja.
  • Lipat kecil bukaan belahan kemeja sebanyak dua kali kemudian tindas dengan mesin jahit.
  • Lakukan hal yang sama untuk belahan kemeja yang lainnya.

Baju Kemeja

Sumber : https://makeanddohandmade.wordpress.com/

4. Terakhir selesaikan bagian kerung lengan kemeja dengan cara melipat sedikit bagian tepi kainnya sebanyak dua kali lalu tindas dengan mesin jahit. 

Baju Kemeja

Sumber : https://makeanddohandmade.wordpress.com/

5. Sekarang kreasi sleveless shirt yang anda buat sudah siap untuk digunakan. Khusus untuk sahabat Fitinline yang berhijab, anda bisa mengenakan kemeja ini sebagai outer dengan cara menambahkan mansat lengan panjang sebagai dalamannya. 

Baju Kemeja

Sumber : https://makeanddohandmade.wordpress.com/

Kreasi Rok Pendek Dari Kemeja Bekas

Kreasi rok pendek yang dilengkapi dengan karet elastis pada bagian pinggangnya menjadi item fashion berikutnya yang juga bisa anda buat dari baju kemeja bekas. Untuk membuat rok ini beberapa alat dan bahan yang anda butuhkan diantaranya terdiri dari:

  1. Satu buah kemeja pria, pilih yang memiliki ukuran cukup besar.
  2. Gunting kain.
  3. Mesin jahit, mesin obras, benang jahit dan jarum jahit.
  4. Elastis untuk ban pinggang rok.

Langkah-Langkah Membuat Kreasi Rok

1. Bentangkan baju kemeja di atas meja yang datar dengan posisi bagian depan kemeja menghadap ke atas. Bagian depan kemeja ini nantinya akan menjadi bagian depan rok.

2. Ukur seberapa panjang rok yang ingin anda buat kemudian tandai bagian badan kemeja sesuai hasil pengukuran yang sudah anda lakukan.

3. Potong badan kemeja sesuai garis penanda yang sudah anda buat dengan menggunakan gunting yang tajam kemudian obras bekas potongan kemeja untuk merapikan sisa benang yang terurai.

4. Potong karet elastis kemudian pasangkan pada bahan utama rok.

  • Potong elastis dengan rumus panjang setengah dari lingkar pinggang lalu jahit dan sambungkan kedua ujungnya.
  • Pasang elastis pada lingkar pinggang rok.
  • Gunakan jahitan lurus panjang atau jahitan zig-zag saat menjahit elastis langsung ke kain.

Baju Kemeja

Sumber : https://www.lanaredstudio.com/

5. Kreasi rok buatan anda sekarang siap untuk digunakan.

Baju Kemeja

Sumber : https://www.lanaredstudio.com/

Selain menerapkan cara di atas anda sebenarnya juga bisa membuat kreasi rok pendek dari kemeja bekas yang elastisnya disembunyikan atau di pasangkan di dalam jahitan pinggang rok. Untuk membuat model rok elastis yang satu ini cara membuatnya juga sangat mudah.

  1. Potong bagian badan kemeja sesuai desain rok yang anda rencanakan kemudian obras bekas potongan kemeja untuk merapikan sisa benang yang terurai.
  2. Bentuk ban pinggang rok dengan cara melipat bagian atas kain sesuai lebar ban pinggang yang ingin anda buat lalu tindas dengan mesin jahit. Jangan lupa untuk menyisakan sedikut celah sebagai jalan memasukkan karet elastis.  
  3. Masukkan karet elastis pada ban pinggang dengan bantuan peniti atau loop turner kemudian sambungkan kedua ujung karet elastisnya agar tidak terlepas.
  4. Terakhir selesaikan bagian pinggangnya dengan tusuk jelujur.

Mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

1. Cara Membuat Pola Rok

Video ini menjelaskan cara membuat pola rok, mulai dari cara membuat pola dasar rok kemudian dikembangkan menjadi pola rok lurus, pola rok A, pola rok span dan pola rok setengah lingkaran.

2. Teknik Menjahit Rok Span

Video ini menjelaskan cara menjahit rok span termasuk penyelesaian bagian belahan belakang, pemasangan risleting, pemasangan ban pinggang serta penyelesaian berupa sum dan pemasangan kancing.

Kreasi Tote Bag Dari Kemeja Bekas

Sering kerepotan saat membawa buku atau barang belanjaan ketika ke supermarket?. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa membuat kreasi totebag serbaguna dari kemeja bekas yang bisa anda bawa kemana saja. Untuk membuat kreasi tote bag ini yang perlu anda siapkan diantaranya:

  1. Kemeja yang sudah tidak terpakai.    
  2. Gunting kain.
  3. Mesin jahit, benang jahit dan jarum jahit.
  4. Tali untuk gantungan tote bag.

Langkah-Langkah Membuat Tote Bag

1. Tentukan seberapa besar ukuran tote bag yang akan anda buat.

  • 30 x 35 cm untuk tote berukuran sangat kecil.
  • 35 x 40 cm untuk tote berukuran sedang.
  • 60 x 50 cm untuk tote berukuran besar.

2. Potong kemeja sesuai ukuran yang telah anda tetapkan, hingga diperoleh dua lembar kain berbentuk segi empat dengan ukuran yang sama.

3. Gabungkan dua buah potongan bahan kemeja dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan kemudian jahit sisi kanan kiri dan bawahnya menggunakan mesin jahit.

4. Balikkan badan tote bag supaya bagian baiknya berada di luar kemudian rapikan bagian atasnya.

5. Lipat kantung tote bag ke dalam tiga bagian secara memanjang, kemudian tandai dengan kapur kain.

6. Buat tali tote bag dari sisa kain yang masih ada lalu pasangkan gantungan tote bag pada bagian yang telah di tandai sebelumnya.

7. Untuk mempermanis tampilan tote bag anda juga bisa menambahkan detail berbentuk dasi pada tote bag kreasi anda.

Baju Kemeja

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Kreasi Sarung Bantal Dari Kemeja Bekas

Sarung bantal dari bahan kemeja bekas menjadi produk daur ulang berikutnya yang bisa anda pakai untuk menghias tempat tidur, kursi, atau sofa. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi sarung bantal ini secara umum terdiri dari:

  1. Kemeja yang sudah tidak terpakai, modelnya bisa apa saja asal lebih besar dari ukuran bantal anda.    
  2. Gunting kain.
  3. Mesin jahit, benang jahit dan jarum jahit.

Langkah-Langkah Membuat Sarung Bantal

  1. Buat pola di atas bahan sesuai ukuran bantal dengan menambahkan kelebihan sekitar 1 cm pada tiap-tiap sisinya kemudian potong dengan menggunakan gunting.
  2. Posisikan agar kedua bagian baik bahan kemeja saling berhadapan kemudian jahit semua sisinya dengan menggunakan mesin jahit.
  3. Buka kancing yang terdapat pada belahan kemeja agar bagian baik sarung bantal berada di luar.
  4. Sampai di sini sarung bantal dari kemeja bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Baju Kemeja

Sumber : https://id.pinterest.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah mendaur ulang kemeja bekas yang dapat anda prektekkan sendiri di rumah. Selain lebih hemat biaya, cara ini juga bisa anda lakukan untuk mengurangi limbah baju bekas yang kian hari kian bertambah lho. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Ingin membuat kemeja sendiri dengan cara yang lebih praktis?. Anda juga bisa mendownload pola kemeja pria dari kami. Beberapa contoh pola kemeja pria yang bisa anda pakai diantaranya:

  1. Kemeja Pria (Standar)
  2. Pola Kemeja Kasual Slimfit
  3. Pola Kemeja Kasual Reguler

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.