Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Meletakkan Pola di…

Cara Meletakkan Pola di Atas Bahan Kain

Memastikan bahwa potongan-potongan pola yang anda letakkan di atas bahan kain sudah berada pada posisi yang tepat menjadi salah satu hal paling penting yang harus dilakukan sebelum memotong bahan. Sebab sedikit saja kesalahan dalam meletakkan potongan pola dapat mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal.

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://yhc.co.za/

Supaya hasil potongan kain yang didapatkan bisa sesuai dengan ukuran busana  yang telah direncanakan minimal anda harus memperhatikan ukuran lebar kain, corak bahan, serta arah serat kain dalam meletakkan pola pada baahan (rancangan bahan). 

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://www.itsalwaysautumn.com/

Bergantung pada konstruksi kainnya terdapat tiga tipe penempatan pola yang dapat diaplikasikan pada kain.

  • Penempatan secara acak, biasanya dilakukan pada kain non woven.
  • Penempatan pola yang seharusnya mengikuti arah kain, tetapi polanya harus terbalik mengikuti arah kain, misalnya pada kain lapisan atau linning.
  • Penempatan pola kain yang harus mengikuti arah kain dan peletakannya juga harus searah, misalnya pada kain salur/corduroy.

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://somuchsewing.com/

Selain memperhatikan arah pola pada kain, dalam penempatan pola pakaian perlu di perhatikan pula kesesuaian motif kainnya. Beberapa aturan yang perlu dijadikan bahan pertimbangan diantaranya:

  • Keseimbangan motif bagian kiri dan kanan baju.
  • Kesesuaian jalur supaya bisa serasi, baik ke arah vertical maupun arah horizontal.
  • Keserasian motif yang berulang.

Untuk bahan kain yang memiliki motif satu arah, pola semestinya diletakkan searah dengan motif. Untuk bahan kain yang memiliki motif dua arah, pola bisa diletakkan bersilang (menghadap dua arah yang berlawanan).

Sementara untuk kain yang bermotif garis atau kotak motif bahan harus ditemukan kemudian disemat dengan jarum pentul pada beberapa tempat agar bahan (motif) tidak bergeser. 

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://www.doinaalexei.com/

Meletakkan Pola Diatas Bahan

  • Letakkan pola-pola yang besar terlebih dahulu baru kemudian disusul dengan potongan pola-pola yang kecil supaya lebih hemat bahan. Biasanya pola besar diletakkan disudut bahan setelah dilipat dua.
  • Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum pentul menghadap ke dalam sementara ujungnya menghadap keluar.

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://www.peekaboopages.com/

Langkah-Langkah Meletakkan Pola

  • Lipat lebar bahan menjadi dua bagian. Usahakan agar bagian baik bahan berada diluar, sementara bagian buruknya berada di dalam supaya proses meradernya lebih mudah.
  • Bentangkan bahan di atas meja atau tempat yang rata kemudian letakkan pola sesuai arah serat dan motif bahan kain.
  • Berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit.

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://servicio.mercadolibre.com.ve/

Setelah semua pola di letakkan diatas bahan kain, selanjutnya bahan kain tersebut tinggal dipotong dengan menggunakan gunting khusus kain. Mau tahu bagaimana cara mudah yang dapat dilakukan untuk memotong bahan kain?. Simak kembali pembahasan mengenai Memotong Bahan Kain Dengan Cara Yang Tepat.

Meletakkan Pola Pada Kain

Sumber : http://bootangs.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline juga bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.