Article

Homepage Article Desain Fesyen Jenis-Jenis Baju Seragam…

Jenis-Jenis Baju Seragam Untuk Keperluan Sekolah, Kerja dan Olahraga Yang Wajib Anda Ketahui

Biasa mengenakan pakaian seragam ketika beraktifitas di lingkungan sekolah, kantor atau kesempatan lainnya?. Sebagai salah satu pakaian wajib yang dimiliki oleh seorang pelajar, anggota organisasi, mupun karyawan sebuah perusahaan ternyata seragam memiliki fungsi yang sangat penting lho. Jenis-jenisnya pun ada bermacam-macam.

Definisi Seragam

Seragam dapat didefinisikan sebagai seperangkat pakaian standar yang dibuat secara khusus baik dalam hal desain maupun warna dan diproduksi dalam skala kecil maupun besar oleh tailor maupun garmen. Jenis pakaian ini biasanya banyak digunakan oleh anggota suatu organisasi ketika melakukan aktivitas.

Catatan sejarah menyebutkan pakaian seragam sebenarnya telah digunakan sejak ratusan tahun sebelum masehi. Pakaian tersebut konon pertama sekali digunakan oleh legiun Sparta Yunani kuno (400 - 600 SM). Walaupun namanya mungkin bukan seragam tapi mereka sadar bahwa hal itu adalah seragam.

Setelah zaman kuno, kerajaan Romawi (30 SM - 395) selanjutnya memperkenalkan seragam militer pada satuan kekuatan utama dalam milter Romawi (Legionari). Dari yang awalnya digunakan untuk keperluan militer pakaian seragam selanjutnya mulai dikembangkan lebih lanjut dengan tujuan yang berbeda.

Meski tidak ada batasan khusus dalam penetapan pakaian seragam tapi tetap saja untuk mendapatkan seragam yang berkualitas terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, beberapa diantaranya:

  1. Pakaian seragam harus menjadi pelindung bagi pemakainya.
  2. Pakaian seragam harus berkualitas tinggi sehingga tidak mudah sobek, aus, atau pun pudar warnanya.
  3. Pakaian seragam harus menekan biaya yang efektif sehingga orang yang memakainya tidak dirugikan.
  4. Pakaian seragam harus sesuai keinginan pemakainya.
  5. Pakaian seragam harus nyaman pada saat dipakai.
  6. Pakaian seragam harus sesuai dengan persyaratan operasional.
  7. Pakaian seragam harus mencerminkan image dari organisasi, perusahaan atau instansi tersebut.

Jenis-Jenis Seragam

Berdasarkan desain dan kegunaannya sampai saat ini banyak sekali jenis pakaian seragam yang dibuat untuk bermacam-macam kegunaan. Beberapa ada yang dibuat khusus untuk seragam sekolah, seragam militer, seragam polisi, seragam olahraga, seragam bela diri dan ada juga seragam untuk orang kantoran.

Seragam Sekolah

Seragam sekolah merupakan jenis pakaian yang biasa dikenakan di lembaga pendidikan. Penggunaan pakaian seragam untuk keperluan sekolah awalnya dimulai di Inggris pada abad ke-16 untuk alasan kesetaraan sosial dan identitas kemudian diikuti oleh banyak negara lain di dunia termasuk Indonesia.

Untuk membuat seragam sekolah sebenarnya ada banyak sekali jenis kain yang dapat digunakan, tapi memang yang paling umum digunakan untuk seragam sekolah di Indonesia biasanya berupa kain katun, oxford dan TC (teteron cotton). Sedangkan untuk pilihan rok serta celana seragam, banyak menggunakan Japan Drill, Taipan Drill dan American Drill.

Khusus di negara Indonesia tiap seragam wajib yang dikenakan di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA atau SMK umumnya selalu memiliki ciri khas tersendiri. Tidak sekedar asal pilih, tapi warna-warna yang digunakan pada seragam sekolah sebenarnya juga mengandung makna yang tersirat.

Ketentuan penggunaan seragam sekolah dengan warna berbeda untuk tiap tingkat pendidikan tersebut mulai diberlakukan sejak zaman pemerintahan Soeharto tepatnya pada tahun 1982, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982.

1. Seragam Putih Merah Untuk SD

Seragam SD yang terdiri dari atasan putih bawahan merah dipilih sebagai perlambang energi dan semangat tinggi yang menunjukkan keceriaan anak dengan rentang umur seusia SD.

2. Seragam Putih Biru Untuk SMP

Seragam SMP yang terdiri dari atasan putih dan bawahan biru biasanya biru tua dipilih karena warna biru mencerminkan rasa percaya diri dan mandiri sesuai jiwa pelajar SMP yang mulai menginjak usia remaja.

3. Seragam Putih Abu Untuk SMA

Seragam SMA dengan warna putih abu dipilih untuk menunjukkan kedewasaan dan ketenangan. Dimana pada masa ini para pelajar berkesempatan untuk mulai mengenal atau mencari jati diri mereka.

Pakaian Seragam

Sumber : https://shopee.co.id/

Sekalipun pemilihan warna seragam sudah diatur oleh pemerintah tapi ada juga sekolah dasar di Indonesia yang siswanya tidak berseragam putih merah melainkan memakai putih hitam sebagai lambang kejujuran yang harus dipatuhi sedangkan warna putih sebagai lambang penerangan.

Sekolah yang dimaksud yaitu Sekolah Dasar Negeri 351 yang berada di kawasan Adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Dengan seizin pemerintah daerah, para pelajar di sekolah tersebut akhirnya diperbolehkan memakai seragam wajib yang berwarna putih hitam.

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.brilio.net/

Selain memakai seragam yang polos tanpa corak kebanyakan sekolah di Indonesia juga memiliki seragam batik. Jenis seragam ini umumnya terdiri dari kemeja batik lengan pendek atau panjang yang dipadukan dengan celana panjang untuk pria dan rok panjang atau pendek untuk wanita. 

Pakaian Seragam

Sumber : http://baju-seragam-batik.blogspot.com/

Untuk membuat seragam sekolah yang berkualitas hendaknya dipilih bahan kain yang bagus, bersifat sejuk dan dapat menyerap keringat dengan mudah seperti halnya kain katun. Namun jika sahabat Fitinline ingin membeli seragam yang harganya lebih murah, anda bisa memilih seragam sekolah murah yang terbuat dari bahan poliester.

  1. Sebelum memutuskan untuk membeli seragam sekolah, periksa terlebih dahulu kerapian jahitan pakaian dan pastikan tidak ada benang yang terlepas atau terurai.
  2. Periksa pula bagian kancing dan resleting yang terpasang pada pakaian supaya dapat digunakakan sebagai mana mestinya.
  3. Perhatikan kesesuaian detail rona baju dengan warna seragam yang ditetapkan oleh pihak sekolah, khususnya untuk celana atau rok.
  4. Selain kesesuaian bahan, warna, dan jahitan, salah satu hal paling penting yang tidak boleh dilewatkan yaitu kesesuaian seragam dengan ukuran badan.
  5. Untuk alasan kenyamanan sahabat Fitinline bisa memilih seragam yang pas di badan atau sedikit lebih longgar.

Seragam Olahraga

Pemanfaatan pakaian seragam sebagai kostum olahraga tepatnya untuk pemain bola dimulai di negara Inggris pada abad ke-18. Tujuan digunakannya seragam sepak bola saat bertanding tidak lain adalah sebagai simbol identitas sekaligus pembeda antara klub sepak bola yang satu dengan klub sepak bola yang lain. 

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.beinsports.com/

Sejalan dengan perkembangan zaman kini seragam sepak bola bukan hanya berfungsi sebagai identitas dan pembeda tetapi juga menjadi sebuah kebanggan bagi pemain dan fansnya. Bahkan pengikut setia sebuah klub selalu memburu jersey terbaru yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Butuh bahan kain kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat seragam olahraga?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Sebagai pelengkapnya, setiap seragam pemain bola biasanya juga selalu disertai dengan nomor punggung. Penggunaan nomor ini konon sudah diperkenalkan sejak lama tepatnya pada tanggal 25 Agustus 1928. Dua tim raksasa yang mempopulerkan penggunaan nomor punggung yakni Arsenal dan Chelsea.

Meski terlihat simpel namun pembagian nomor punggung pada kostum pemain bola ternyata menyimpan sejarah yang cukup panjang lho sahabat Fitinline. Untuk mengetahui asal usulnya anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Sejarah Penggunaan Nomor Punggung Pada Kostum Pemain Bola.

Selain pemain bola sebenarnya ada juga cabang-cabang olahraga lain yang menggunakan pakaian seragam ketika berlatih atau bertanding. Jenis olahraga yang dimaksud diantaranya ada olahraga basket, volly, baseball, tennis meja, tennis lapangan, bulutangkis, golf dan masih banyak lagi. 

Pakaian Seragam

Sumber : https://urusandunia.com/

Pakaian Seragam

Sumber : https://sport.tempo.co/

Seragam Militer

Seragam militer merupakan pakaian seragam yang biasa digunakan untuk para tentara. Pakaian ini konon mulai masuk ke Indonesia pada saat jaman penjajahan. Tujuan utama digunakannya seragam militer ini tidak lain adalah untuk membedakan mana kawan dan mana lawan. 

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.kaskus.co.id/

Tidak hanya didominasi oleh pakaian yang berwarna loreng saja tetapi seragam militer ini sebenarnya juga memiliki banyak variasi warna dan motif yang berbeda tergantung satuan tugas dan kesempatan pemakaiannya.

1. Seragam TNI AD

TNI AD (Angkatan Darat) biasanya mengenakan seragam dengan motif loreng khas tentara, yang dilengkapi dengan baret dengan warna yang disesuaikan dengan paduan warna hijau, hitam, dan coklat tua.

2. Seragam TNI AU

TNI Angkatan Udara memiliki 6 kategori berpakaian, yaitu pakaian dinas upacara (PDU), harian (PDH), pesiar (PDP), pakaian dinas lapangan (PDL), drumband (PDD) dan olahraga (POR). Dari 6 kategori tersebut dibagi lagi menjadi beberapa seragam sesuai dengan kegiatan.

  • Pakaian Dinas Upacara TNI AU.
  • Pakaian Dinas Harian TNI AU.
  • Pakaian Dinas Harian Lapangan biasa dikenakan saat upacara tanggal 17 setiap bulannya.

3. Seragam TNI AL

Seragam TNI Angkatan Laut juga dibedakan menjadi PDH Upacara, PDH Penerbang, PDH Penerbang SAR, PDH Pomal dan PDH Layar.

Seragam Polisi

Seragam polisi merupakan jenis seragam yang biasa dikenakan oleh para petugas kepolisian. Di balik seragam polisi sebenarnya terdapat kekuatan nilai hukum tersendiri dan menjadi ciri kepribadian yang mengenakannya tanpa terlalu dipengaruhi oleh tempat dimana pemakai seragam polisi itu berada.

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.sbnews.co.id/

Karena dalam struktur organisasi itu polisi memiliki bermacam-macam unit dan satuan kerja maka jenis pakaian yang digunakan umumnya juga berbeda-beda.

1. Seragam Sabhara

Seragam yang paling dikenal masyarakat yakni seragam Sabhara PDLT lengkap dengan baretnya, sabhara sendiri adalah singkatan dari Samapta Bhayangkara.

2. Seragam Brimob

  • Seragam cokelat dengan baret biru adalah seragam harian Brimob yang dikenal sebagai Korps Baret Biru dalam tubuh Kepolisian Negara Republik indonesia.
  • Seragam brimob warna hitam biasa digunakan untuk pergerakan malam hari dan antiteroris.
  • Seragam loreng digunakan untuk acara besar dan operasi di hutan.
  • Sedangkan seragam kehijauan digunakan untuk pelatihan khusus di hutan.

3. Seragam Polair

Berbeda dengan seragam polisi yang dominan warna cokelat, polisi perairan justru dominan warna biru.

4. Seragam Provos

Seragam propam (dulu lebih dikenal dengan nama provos) memiliki ciri khas berupa kopel putihnya.

5. Polisi Pariwisata

Seragam cokelat dengan les dan dasi merah menjadi seragam paling khas dari polisi pariwisata.

6. Seragam Satlantas

Seragam satlantas memiliki ciri khasnya berupa kopel putih, tali kur putih dan penutup kepala putih.

Seragam PDL dan PDH

PDL dan PDH merupakan jenis seragam yang biasa digunakan oleh ABRI, TNI, POLRI, Security, PNS, Satpol PP, Dishub, Linmas/Hansip, Damkar serta dinas lainnya ketika melaksanakan tugas. Fungsi dari seragam tersebut tidak lain adalah sebagai identitas untuk mempermudahkan masyarakat untuk membedakannya. 

Pakaian Seragam

Sumber : https://berkahkonveksi.com/

Perbedaan paling mencolok yang bisa dilihat dari PDL dan PDH yaitu:

  • PDL dibuat untuk digunakan saat melaksanakan tugas pada area yang banyak berhubungan dengan kegiatan dilapangan dan sejenisnya.
  • PDH didesain untuk dikenakan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari dilingkungan kerja, pada area tertutup.

Karena dibuat untuk tujuan yang berbeda bahan kain yang dimanfaatkan untuk membuat PDL dan PDH umumnya juga memiliki sejumlah perbedaan meski beberapa ada yang bisa digunakan untuk keduanya. Salah satu jenis kain yang bisa dipakai untuk keduanya yaitu berupa kain drill.

Bila anda ingin membuat seragam PDL dan PDH yang berkualitas tapi tidak ingin memakai kain drill maka anda bisa memanfaatkan berbagai jenis kain yang lain untuk membuat seragam dinas. Beberapa bahan kain yang dimaksud diantaranya  berupa kain poliester, twill cotton, kanvas dan masih banyak lagi.

Seragam Bela Diri

Seragam bela diri merupakan jenis seragam yangbiasa digunakan oleh para pecinta olahraga bela diri. Pada berbagai latihan bela diri seperti karate, silat, taekwondo, judo maupun seni bela diri lainnya pemakaiaan seragam bela diri bisa dikatakan menjadi suatu hal yang wajib dipatuhi oleh para anggota.

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Bergantung pada jenis kain yang digunakan, seragam bela diri bisa dibedakan menjadi tiga tingkatan yakni berbahan standard, ekslusif dan super ekslusif.

  • Untuk seragam bela diri standar biasa menggunakan kain China drill atau savana.
  • Untuk seragam seragam bela diri beladiri eksklusif biasa mengunakan kain American drill.
  • Untuk seragam beladiri  super eksklusif biasa menggunakan kain Japan drill.

Seragam Kantoran

Pakaian kantoran merupakan salah satu atribut kerja yang biasa dipakai oleh karyawan sebuah perusahaan. Selain difungsikan sebagai busana penutup tubuh seragam kantoran ini sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai identitas perusahaan.

Pakaian Seragam

Sumber : https://www.indiamart.com/

Beberapa hal lain yang menjadi alasan mengapa keberadaan pakaian seragam saat ini menjadi sangat penting diantaranya:

  1. Seragam kerja bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membantu mempromosikan nama perusahaan dan menarik perhatian konsumen baru.
  2. Penggunaan seragam kerja akan menjadikan perusahaan terlihat lebih bonafit dan profesional.
  3. Sebagai penanda identitas personal, seragam dapat digunakan untuk meningkatkan rasa bangga bagi karyawan yang mengenakannya.
  4. Kepatuhan mengenakan seragam menjadi cermin kedisiplinan dan penghargaan karyawan kepada perusahaan.
  5. Seragam dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkatan pekerjaan di lingkungan tertentu.

Supaya seragam kantoran yang dibuat bisa lebih pas dan nyaman saat dikenakan, sebisa mungkin seragam tersebut harus dibuat berdasarkan ukuran badan masing-masing calon pemakainya. Jenis bahan kain yang dipakai untuk membuatnya pun harus dipilih yang berkualitas.

Khusus untuk seragam kantoran sendiri beberapa jenis bahan kain yang dapat digunakan diantaranya berupa bahan kain drill, kain oxford, kain polyester dan kain katun yang memiliki keunggulan tersendiri.

Kain Drill

Kain drill merupakan kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis kain ini biasanya memiliki permukaan yang berbeda antara bagian depan dan belakangnya, selain itu tenunannya juga lebih rapat dan kuat.

Kain Oxford

Kain oxford dapat dikategorikan kedalam salah satu jenis bahan kemeja yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Merek oxford yang banyak digunakan untuk kemeja yaitu berupa taipan tropical.

Kain Poliester

Poliester merupakan sejenis kain tekstil yang dibuat dari bahan dasar benang poliester. Kain ini biasa digunakan untuk menambah kualitas jenis kain tertentu, seperti resistensi terhadap kerutan.

  1. Kain poliester dikenal tidak mudah kusut dan lebih cepat kering sehingga sangat sesuai jika digunakan sebagai seragam kantoran.
  2. Kain poliester terbilang lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah susut ataupun melar.
  3. Kain poliester mempunyai ketahanan tinggi terhadap pencucian, sehingga warna kainnya tidak mudah luntur.
  4. Pakaian seragam yang dibuat dari bahan dasar kain poliester sangat sesuai jika dikenakan sebagai seragam kerja di lingkungan yang ber-AC atau bersuhu rendah.

Kain Katun

Kain katun merupakan bahan seragam kantoran yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton. Karena dibuat dari serat alami maka kain katun ini akan terasa dingin di kulit saat dikenakan. Ciri paling khas dari kain katun yang biasa digunakan sebagai bahan utama celana diantaranya:

  1. Kain  katun memiliki tekstur yang halus, lembut serta kuat dan tahan lama.
  2. Ketika digunakan akan terasa nyaman di badan dan tidak panas.
  3. Kain katun dapat menyerap keringat dengan baik dan mudah kering.
  4. Kain katun tidak luntur untuk bahan berwarna.
  5. Kain katun lebih mudah dirawat dan tidak membuat alergi.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah singkat seragam dan jenis-jenis seragam yang biasa digunakan di Indonesia. Simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.